Dijamin Ampuh! Berikut Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

“Sakit sih tidak, tapi mengganggunya itu lho!”. Mungkin kata-kata ini lah yang terbesit di benak Anda, setiap kali memikirkan komedo. Hal kecil yang keberadaannya saja sudah menyebabkan pusing tujuh keliling.

Komedo sendiri adalah sebuah benjolan kecil yang muncul di sela-sela pori-pori kulit yang bisa menjadi bibit tumbuhnya sebuah jerawat. Komedo bisa ditemukan di setiap bagian wajah terutama hidung.

Eits, tapi jangan salah. Komedo juga bisa ditemukan di beberapa bagian tubuh lainnya, Seperti, bahu, punggung, dada, dan lengan.

Biasanya, si biang kerok kecil ini tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun, beda ceritanya jika komedo mengalami infeksi. 

Ada dua jenis komedo yang perlu diketahui yaitu:

  • Komedo putih (Whitehead) adalah minyak/sel kulit mati/bakteri terperangkap di dalam pori-pori dan tertutup.
  • Komedo hitam (Blackhead) adalah tersumbatnya minyak dan kulit mati pada pori-pori. Biasanya, komedo hitam bersifat “terbuka”, dan hal itulah yang menyebabkan bintik-bintik hitam ada di beberapa bagian wajah seseorang.

Baca Juga: Bikin Wajah Jadi Glowing Alami, Mulai Perbanyak Konsumsi 7 Makanan Ini

Apa Penyebab Munculnya Komedo?

komedo

Komedo

Komedo memang tidak selalu muncul setiap saat. Namun, ada beberapa saat di mana, salah satu jenis jerawat ini muncul dengan cukup subur di permukaan kulit. Berikut ini merupakan beberapa penyebab komedo.

  1. Memiliki kebiasaan merokok.
  2. Gula dan minyak berlebih yang ada di dalam makanan yang bisa memicu produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak (sebum). 
  3. Terpapar bahan kimia yang berasal dari kosmetik. Beberapa di antaranya adalah isopropyl myristate atau propylene glycol.
  4. Kulit yang terlalu lembap. Biasanya terjadi karena penggunaan pelembap kulit yang berlebihan. Beberapa juga terjadi karena cuaca atau udara sekitar yang sedang lembap-lembapnya.
  5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Terutama yang mengandung kortikosteroid, lithium, atau pil KB.
  6. Berubahnya hormon di dalam tubuh. Biasanya perubahan hormon terjadi ketika pubertas dan menstruasi. 
  7. Iritasi pada pori-pori kulit. Ada beberapa hal yang bisa memicu iritasi yaitu mencuci wajah dengan kasar, efek samping dari peeling, hingga meningkatnya produksi minyak.
  8. Meningkatnya bakteri pada permukaan kulit yang disebabkan oleh cara cuci muka yang salah dan tidak rutin.

Anda bisa mengambil langkah preventif untuk mencegah munculnya komedo. Jika datang ke dokter, mungkin Anda akan diberi resep krim atau gel berbahan kimia. Namun, jika memang tidak terlalu parah, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di sekitar rumah, seperti.

Baca Juga: Pasti Ampuh! Inilah Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

7 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Komedo

  1. Minyak Kelapa

    Selain untuk menggoreng makanan, ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi komedo. 

    Minyak kelapa dapat digunakan untuk pembersih wajah setiap harinya yang ampuh membersihkan beberapa polutan tertentu. Seperti sisa riasan yang menempel di bagian wajah.

    Pembersihan menggunakan minyak kelapa juga bisa mencegah tersumbatnya pori-pori. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ke area yang kasar dan banyak komedo. Lalu, tunggu beberapa saat dan bilas. Cara ini bisa diulang sebanyak dua kali, sampai komedo berkurang.

  2. Oatmeal

    Menurut Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal memiliki sifat anti inflamasi, pengelupasan kulit, dan memberikan rasa sejuk di kulit.

    Hal tersebut juga memberikan efek preventif untuk mencegah munculnya komedo. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, cukup campur dua sendok makan oatmeal dengan tiga sendok makan yoghurt dan satu sendok makan minyak zaitun.

    Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata. Bukan untuk dikonsumsi. tetapi oleskan adonan tersebut di wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  3. Putih Telur

    Tidak hanya menjadi salah satu santapan yang dipilih untuk diet. Putih telur juga memberikan efek mengencangkan kulit. Hal ini membuat pori-pori yang ada di wajah mengecil dan mulai menutup. Pori-pori kecil akan meminimalisir timbulnya komedo hitam atau putih di wajah.

    Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? Anda hanya perlu mencampur tiga butir putih telur, dengan dua sendok makan air lemon. Aduk campuran ini secara merata (tidak perlu terlalu lama atau bahkan sampai berbusa).

    Setelah itu, cukup oleskan adonan masker ke area yang berkomedo dan diamkan selama 20 menit atau sampai mengering. Lalu, bilas dengan air hangat.

  4. Gula

    Tidak hanya digunakan untuk menambahkan rasa manis kepada semua makanan dan minuman. Gula juga dikenal sebagai bahan eksfoliator alami. Teksturnya yang sedikir kasar, membuat salah satu pemanis ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan terluar kulit.

    Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencampur satu gelas kecil gula putih dengan tiga sendok makan minyak zaitun atau madu asli.

    Adonan tersebut lalu menjadi sebuah scrub alami yang bisa diaplikasikan di wajah. Seperti scrub pada umumnya, Anda hanya perlu menggosokkannya ke bagian kulit yang diinginkan.

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan scrub tersebut sekali atau dua kali dalam seminggu (disesuaikan dengan jenis kulit).

  5. Lemon

    Salah satu keluarga jeruk ini, terkenal dengan manfaatnya yang bisa mengecilkan pori-pori kulit. Seperti penjelasan di atas, pori-pori kecil akan meminimalisir kehadiran komedo.

    Tidak hanya itu, air yang dihasilkan oleh buah dengan rasa asam ini juga bisa memudarkan bekas jerawat. Caranya, Anda hanya perlu mengaplikasikan air perasan lemon tersebut ke area wajah yang memiliki banyak bekas jerawat atau komedo.

    Lalu cuci area tersebut dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu mengulanginya sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

  6. Lidah Buaya

    Tidak hanya terkenal dengan khasiatnya yang bisa menyuburkan rambut. Lidah buaya juga bisa menjadi penangkal segala macam gangguan kulit, lho. Salah satunya adalah menghilangkan bruntusan dan komedo.

    Tidak hanya menghilangkan bintik hitam, ada manfaat lidah buaya lain yang sangat baik untuk kulit. Seperti, mengatasi iritasi serta membuat kulit lebih halus dan cerah.

    Caranya pun sangat simple, Anda mengoleskan gel lidah buaya di bagian yang diinginkan, lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah selesai, bilaslah sisa-sisa gel dengan air mengalir/hangat.

  7. Stroberi

    Rasa kecut yang bikin nagih dari stroberi, ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk menangkal munculnya komedo. Stroberi mengandung senyawa aktif AHA yang berguna dalam mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak dan asam salisilat yang ampuh dalam membersihkan pori-pori. 

    Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu menghancurkan beberapa stroberi hingga halus. Kemudian mencampurnya dengan lemon dan madu. Gunakan masker tersebut selama 10-15 menit dan jangan lupa untuk membilasnya.

Bye-bye Komedo

Bahan-bahan di atas adalah beberapa contoh bahan alami yang bisa digunakan untuk menumpas komedo. Bahan tersebut mungkin saja memberikan efek samping untuk kulit Anda. Maka dari itu, tetap perhatikan dan sesuaikan apapun yang digunakan dengan kondisi kulit.

Jika ternyata komedo tidak kunjung hilang atau bahkan menyebabkan iritasi, Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter segera.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 9 Makanan Murah Ini Ampuh Bikin Kulit Putih Berseri