Tertarik Investasi di Bursa Eropa? Yuk Pelajari Dulu Bursa Saham Terbesarnya, Euronext

Sebagai pusat aktivitas investasi, setiap investor pasti tidak asing dengan yang namanya bursa saham. Bahkan, tidak sedikit negara saat ini memiliki bursa sahamnya tersendiri dan mencatatkan seluruh perusahaan yang telah melantai di sana dan menawarkan sekuritasnya ke publik. Tapi, tahukah kamu jika saat ini, ada beberapa bursa saham yang sering kali menjadi kiblat investor dunia dalam menanamkan modal?

Salah satunya adalah Euronext, yaitu bursa saham yang terkemuka dan menjadi pusat aktivitas investasi di Benua Biru. Menjadi bursa saham yang berisikan emiten dan perusahaan dari beragam negara di Eropa, Euronext memiliki peran dan dampak yang signifikan terhadap sektor ekonomi. Tidak hanya di Eropa, tapi juga dunia. 

Tapi, seperti apa sih bursa saham Euronext ini dan pengaruhnya terhadap dunia investasi dunia? Juga, apa manfaat bagi investor yang berinvestasi di bursa saham terbesar di Eropa tersebut? Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu Euronext, sejarah singkat, layanan investasi, hingga manfaat investasi di sana, simak penjelasan berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Apa Itu Euronext?

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Euronext adalah grup bursa saham yang terbesar di Eropa, dan salah satu yang terbesar di dunia. Bursa ini pada awalnya didirikan melalui proses merger dari bursa saham dari Paris, Amsterdam, dan Brussel di tahun 2000. Euronext bergerak sebagai bursa saham yang independen dan tak ada sangkut pautnya dengan pihak tertentu. 

Seiring berjalannya waktu, bursa saham dari negara lain turut bergabung dan melakukan merger. Bahkan, NYSE yang merupakan bursa saham terbesar di Amerika Serikat juga turut bergabung dengan Euronext sebelum diakuisisi oleh ICE atau Intercontinental Exchange. Namun, di tahun 2014, Euronext kembali menjadi sebuah entitas yang independen. 

Sejak menjadi entitas yang independen, Euronext sebagai sebuah organisasi mulai mengembangkan kehadirannya dengan bekerja sama dengan bursa saham Irlandia dan Italia untuk membentuk Euronext Dublin di tahun 2018 serta Euronext Milan di tahun 2021. 

Bursa saham ini menetapkan kantor utamanya di Amsterdam, dengan kantor cabang di Brussel, Lisbon, London, Oslo, Dublin, Paris, dan Milan. Per tahun 2021, Euronext telah mencatatkan 1.900 perusahaan dan memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 6 triliun euro. Beberapa indeks ekuitas yang berasal dari bursa ini dan kerap menjadi tolok ukur investor dunia, antara lain:

  • AEX di Amsterdam
  • BEL 20 di Brussel
  • CAC 40 di Paris
  • PSI 20 di Lisbon
  • Euronext 100 yang merupakan indeks saham blue chip di Eropa. 

Sejarah Singkat Euronext

Rekam perjalanan dari Euronext sebagai bursa saham terpadu Eropa dimulai dari tahun 2000, tepatnya tanggal 22 September. Pasar saham ini didirikan sebagai hasil dari merger 3 bursa saham di Eropa, yaitu Amsterdam, Brussel, dan Paris dan berbasis di Amsterdam, Belanda. 

Lalu, Euronext melakukan akuisisi terhadap bursa saham Lisbon di tahun 2002. Di tahun 2007, bursa saham Eropa ini bergabung dengan NYSE dan mendirikan NYSE Euronext yang layanannya terbentang sampai Amerika Serikat. Berlanjut ke tahun 2010, Euronext London dibentuk.

Tiga tahun berselang, NYSE Euronext dibeli oleh Intercontinental Exchange, tapi kembali diakuisisi melalui IPO atau Initial Public Offering di tahun 2014. Seiring waktu, Euronext terus mengembangkan cakupan layanannya dengan membentuk Euronext Dublin di tahun 2018, dan Euronext Milan di tahun 2021. 

Secara umum, Euronext mempunyai misi yang jelas, yakni memberi aksesibilitas lebih baik untuk investor dan juga perusahaan di Eropa dalam dunia investasi. Tujuan utamanya adalah menyediakan fasilitas perdagangan instrumen investasi, termasuk saham, derivatif, obligasi, serta beragam instrumen lain dengan keadilan dan transparansi tinggi. Selain itu, visi dari pasar saham Eropa ini adalah mendukung pertumbuhan perekonomian pada regional tersebut.

Baca Juga: Jadi Tempat Transaksi Komoditas, Kenali Apa Itu Jakarta Futures Exchange atau JFX dan Fungsinya

Layanan yang Disediakan di Euronext

loader

Euronext menyediakan beragam layanan kepada perusahaan yang terdaftar bursa agar mampu memenuhi kebutuhannya terkait aktivitas investasi dan pendanaan. Secara umum, layanan yang disediakan oleh bursa saham ini pada emiten di dalamnya adalah komunikasi dan hubungan dengan para investor, serta urusan dengan pemerintah dan compliance.

Melalui layanan komunikasi dan hubungan dengan investor, bursa ini menyediakan program advisory terkait praktik ESG atau lingkungan, sosial, dan pengelolaan korporasi. Selain itu, perusahaan juga bisa terbantu untuk menarik minat investor baru dan mengembangkan profil bisnisnya pada pasar. Di samping itu, Euronext juga menyediakan analisis pemilik modal, saran terkait post listing, manajemen hubungan dengan investor, serta solusi webcast. 

Sementara untuk kategori urusan pemerintah dan compliance, bursa akan membantu perusahaan terkait catatan liabilitas, perdagangan, dan integritas. Dengan begitu, seluruh transaksi perusahaan tercatat dengan jelas dan mampu membantu perusahaan untuk menyiasati masalah regulasi sekaligus mendapatkan solusi pada papan bursa di Eropa.

Euronext juga menawarkan layanan pasca perdagangan, yang mencakup kliring, proses settlement, hingga gugatan. Tujuan dari layanan pasca perdagangan ini adalah pengamanan dan penerbitan sekuritas keuangan, serta settlement dan kliring atas seluruh transaksi. 

Layanan pasca perdagangan atau post trade ini dijamin oleh Euronext Securities dan Euronext Clearing. Melalui Euronext Securities bursa ini menyediakan solusi settlement dan gugatan yang mencakup bantuan terhadap kebutuhan pendanaan, mendukung modal pasar, sampai layanan terkait investor dan perpajakan. 

Sedangkan melalui Euronext Clearing, layanan ini berfokus pada ekuitas tunai, derivatif yang terdaftar, repo, pendapatan tetap, ETF, dan pasar komoditas. Layanan ini juga menyediakan jasa kliring di seluruh bursa di Eropa, termasuk jasa manajemen risiko dan clearing house.

Baca Juga: Mengenal FTSE, dan Indeks FTSE 100 yang Populer di Antara Investor Indonesia

Produk yang Diperdagangkan di Euronext

Euronext menawarkan 2 kategori produk utama pada bursanya, yaitu tunai atau spot, dan derivatif. Untuk kategori tunai atau spot, bursa ini menawarkan ekuitas dan saham, pendapatan tetap, obligasi, ETF, sertifikat dan jaminan, serta indeks. Sementara untuk kategori derivatif, Euronext menawarkan derivatif ekuitas, seperti opsi saham, opsi futures, opsi ETF, derivatif indeks, derivatif dividen, derivatif FX, dan komoditas.

1. Regulasi yang Berlaku di Bursa Euronext

Aktivitas di bursa Euronext dilakukan sesuai yurisdiksi Pasar Beregulasi dan mengacu pada MiFID II atau Market in Financial Instrument Directive II. Bursa ini tentu harus menyesuaikan regulasi dan aturan dengan MiFID II, dan berlaku di seluruh cabang bursa Euronext. 

Sebagai tambahan, bursa ini juga mengoperasikan sejumlah jenis market lain yang dikenal sebagai MTFs atau Multilateral Trading Facilities. Aktivitas pada jenis market tersebut juga tunduk pada aturan MiFID II dan memiliki panduan regulasi khusus sebagai acuannya. 

2. Manfaat Investasi di Euronext

Sebagai sebuah bursa efek, sebenarnya apa hal yang membuat Euronext begitu menarik di mata investor? Untuk menjawabnya, berikut adalah 3 manfaat utama yang bisa didapatkan oleh investor ketika berinvestasi di bursa Euronext. 

3. Peluang Imbal Hasil dan Pertumbuhan Aset

Dengan menanam modal di perusahaan yang terdaftar di bursa Euronext, kamu memiliki potensi meraih imbal hasil yang lebih tinggi. Pasalnya, pasar Eropa berisikan perusahaan dengan kualitas dan peluang pertumbuhan yang menjanjikan. Jadi, investasi di bursa ini juga bisa menjadi sarana yang ideal untuk menumbuhkan aset yang kamu miliki. 

4. Diversifikasi Portofolio dengan Aset Global

Selain itu, manfaat investasi di Euronext adalah menjadi opsi untuk melakukan diversifikasi portofolio. Dengan peluang imbal hasil yang menjanjikan, menambahkan aset perusahaan Eropa pada portofolio investasimu tentu menjadi langkah yang bijak untuk dilakukan. Selain itu, dengan cakupan industri yang lebih luas, kamu bisa mengurangi ketergantungan investasi di satu jenis pasar atau aset saja.  

5. Kondisi Pasar Teratur dan Stabil

Walaupun tak sepenuhnya minim risiko, bursa saham Euronext dikenal memiliki kondisi pasar yang stabil serta teratur. Dengan pangsa pasar yang jelas dan kapitalisasi pasar yang tinggi, bursa ini memiliki banyak pilihan saham dari perusahaan berkelas dunia dan tergolong blue chip. Berinvestasi di saham tersebut tentu bisa memberimu jaminan stabilitas dan potensi imbal hasil dengan rendah risiko untuk jangka panjang sekalipun. 

Jadi, Apakah Kamu Tertarik Investasi di Bursa Benua Biru Ini?

Itulah penjelasan tentang Euronext sebagai bursa saham terbesar yang ada di Eropa dan bisa menjadi kiblat untuk menanam modal di Benua Biru tersebut. Berisikan saham dari perusahaan dengan kinerja dan kapitalisasi pasar yang tak perlu diragukan lagi, investasi di bursa ini bisa menjadi alternatif jika kamu ingin mengembangkan portofoliomu. Yang terpenting, tetap lakukan analisis dan pertimbangan yang matang agar mampu menanam modal di saham yang optimal. 

Baca Juga: Exchange Traded Fund ETF, Investasi Kekinian yang Lebih Murah dari Harga Skincare