Game Developer: Definisi, Tugas, Skill, dan Peluang Karirnya

Game developer adalah orang yang bertugas untuk membuat sebuah game atau permainan. Karir game developer sendiri dianggap menjadi salah satu yang paling menjanjikan selama beberapa tahun belakangan, terutama semenjak perkembangan pesat yang terjadi di dunia game itu sendiri. 

Sama seperti bidang teknologi lainnya, dunia game memang mengalami perkembangan yang jauh lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini tentu diimbangi dengan tingginya kebutuhan akan tenaga game developer yang bisa menciptakan berbagai game baru setiap bulannya. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa itu Game Developer? 

loader

Game developer merupakan sosok pengembang software yang memiliki keahlian untuk membuat game. Peluang kerja game developer itu sendiri terbilang cerah, tergantung pada kemampuan dan skill yang dimiliki oleh yang bersangkutan di bidang pembuatan game tersebut. 

Di dalam karir game developer, yang bersangkutan akan bertugas untuk menciptakan software game, di mana game ini kelak akan bisa diakses lewat bermacam-macam device yang berbeda sekaligus, misalnya: PC/ laptop, video game, atau bahkan smartphone

Jika ingin berkarir sebagai game developer, maka dibutuhkan pemahaman yang baik terkait konsep-konsep penting atas pembuatan serta pengembangan dari aplikasi game itu sendiri. Selain itu, game developer juga harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan detail koding program game tersebut. 

Kemampuan di atas sangat dibutuhkan, sebab seorang game developer akan bekerja di bidang yang terbilang kompleks, antara lain: produksi aplikasi, desain grafis, seni visual, pembuatan audio, dan yang lainnya. Jika semua skill ini dikuasai dengan baik, maka peluang kerja game developer tentu akan semakin luas. 

Apa saja Tugas dan Tanggung Jawab Game Developer?

Sebagaimana profesi lainnya, game developer tentu memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri. Sesuai dengan namanya, seorang game developer akan memiliki tugas utama untuk mendesain konsep pembuatan sebuah game. 

Perancangan konsep ini biasanya akan diawali dengan membuat sebuah draft konsep game terlebih dahulu, di mana hal ini dimulai dari dari sebuah plot serta berbagai tingkat kesulitan yang ada di dalamnya. Hal ini tentu membutuhkan kemampuan yang baik dan juga kreatifitas yang tinggi. 

Pada tahap pembuatan konsep game ini, seorang game developer akan memiliki tugas untuk menciptakan berbagai hal sekaligus di dalam game tersebut, antara lain: desain, membuat mekanisme, membangun karakter, membuat alur cerita, dan yang lainnya. 

Selain itu, game developer juga akan memiliki tugas untuk membuat dokumentasi pada seluruh proses, hingga melakukan proses testing pada game-game yang sedang dalam proses pengembangan tersebut. Jika bisa menjalankan berbagai tugas ini dengan baik, maka karir game developer tentu akan berjalan dengan baik kedepannya. 

Baca Juga: IT Support: Pengertian, Tugas dan Skill yang Wajib Dikuasai

Apa saja Skill yang Wajib Dimiliki Game Developer? 

loader

Peluang kerja game developer memang terbilang luas, namun tingkat persaingan dalam karir yang satu ini juga cukup ketat. Penting untuk memiliki skill yang mumpuni dalam bidang yang satu ini sejak awal, agar karir game developer yang sedang ditekuni bisa berjalan dengan lancar. 

Berikut ini adalah beberapa skill yang harus dikuasai dengan baik oleh game developer: 

1. Kemampuan di Bidang IT yang Mumpuni 

Seorang game developer harus menguasai dengan baik bahasa pemrograman dan juga desain perangkat lunak, sebab ini akan dibutuhkan dalam proses pembuatan game. Selain itu, game developer juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan perangkat yang berkaitan dengan audio dan juga video. 

Pada dasarnya, game merupakan gabungan dari desain animasi dan juga grafis, sehingga game developer harus membiasakan diri dengan berbagai desain yang beragam, seperti: desain UI, desain pemandangan, desain karakter, dan yang lainnya. 

Semua skill tersebut akan membantu game developer lebih mudah untuk menciptakan game yang menarik dan terlihat “lebih hidup”, terutama jika yang bersangkutan menambahkan animasi yang tepat di dalamnya. Kemampuan IT yang baik akan membuat peluang kerja game developer terbuka dengan lebar. 

2. Kreativitas yang Tinggi

Kreativitas yang tinggi merupakan poin penting yang wajib dimiliki oleh seorang game developer. Hal ini akan mendukung yang bersangkutan lebih mudah untuk membuat rancangan, mengembangkan dan membuat game ciptaannya menjadi lebih hidup. Semua ini tentu akan terdiri dari visual yang apik, strategi dan juga tantangan yang unik di dalam game itu sendiri. 

Kreativitas juga akan diperlukan dalam membangun rangkaian cerita yang unik serta menarik untuk para gamer yang akan memainkan game tersebut. Jika rangkaian cerita sudah menarik, maka para gamer akan selalu tertarik untuk membeli setiap game yang dihasilkan dan dirilis oleh game developer. 

Bukan hanya itu saja, seorang game developer juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam membangun karakter game dengan seunik dan semenarik mungkin. Pada dasarnya, kreativitas yang tinggi akan membuat karir game developer lebih menjanjikan. 

3. Memiliki Kecintaan pada Dunia Game

Kecintaan pada dunia game itu sendiri merupakan kualifikasi dan sekaligus poin penting untuk orang yang akan berkarir sebagai game developer. Jika punya hobi bermain game, maka ini bisa jadi nilai lebih. Game developer akan membutuhkan kreativitas dan gairah dalam menciptakan game-game baru, itulah mengapa ketertarikan/ kecintaan pada game seperti ini akan sangat membantu. 

4. Kemampuan Problem Solving

Tahap pengembangan game tentu tidak akan selalu berjalan dengan mulus, di mana game developer bisa saja menemui kendala dan berbagai masalah, misalnya: adanya kode error, timbulnya bug ketika game tersebut digunakan, dan yang lainnya. 

Apapun masalah yang terjadi, game developer harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikannya. Hal ini berupa kemampuan dalam melihat masalah berdasarkan perspektif yang berbeda-beda, sehingga masalah-masalah yang timbul bisa diselesaikan dengan baik. 

5. Memiliki Manajemen Waktu

Berbagai permainan atau game adalah sebuah produk yang kompleks dan memiliki banyak bagian sekaligus di dalamnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seorang game developer wajib melakukan kerja sama dengan tim-tim lainnya, seperti tim teknis dan tim artistik yang akan membantu menyatukan bagian-bagian di dalam game itu sendiri. 

Dalam proses menghasilkan game berkualitas, seorang game developer harus mampu bekerja di dalam tekanan, memiliki disiplin tinggi dan manajemen waktu yang baik, mampu bekerja sama dengan tim, dan mematuhi deadline terkait dengan project yang sedang dikerjakan. 

Peluang Karir Game Developer

Peluang kerja game developer memang cukup menjanjikan, mengingat perkembangan dunia game di tanah air juga berjalan dengan sangat pesat. Namun hal ini tentu harus diimbangi dengan skill yang mumpuni sejak awal, sebab karir yang satu ini juga memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat. 

Berikut ini adalah beberapa peluang karir menjanjikan yang dimiliki oleh game developer: 

1. Game Designer

Game desainer adalah orang yang bertugas untuk membuat konsep karakter game, setting, plot cerita, dan juga gameplay. Seorang game designer juga akan bekerjasama dengan pengembang dan pemrogram game dalam mengubah berbagai ide tersebut menjadi bentuk kode.

2. Game Artist

Seorang game artist bertugas untuk menciptakan gambar 2D dan 3D, di mana gambar-gambar ini akan dipakai menjadi grafik pada game.

Baca Juga: UI UX Designer: Pengertian, Perbedaan, Tugas dan Skillnya

3. Animator

Animator memiliki beberapa tugas, antara lain: membangun karakter, membuat setting, alat peraga, dan berbagai objek lainnya dengan memakai  software khusus.

4. Game Programmer

Profesi ini bertugas untuk mentransfer desain game yang telah diselesaikan desainer serta tim lainnya menjadi bahasa komputer yang bisa dimainkan. 

5. Sound Engineer

Profesi ini bertugas untuk melakukan pengeditan dan penyesuaian soundtrack pada game. Hal ini bisa aja dilakukan dengan menambahkan rekaman/ efek suara, memberi musik latar, dan yang lainnya. 

6. Game Tester

Game tester bertugas untuk melakukan identifikasi pada bug dan membuat laporan atas pemeriksaan tersebut kepada game developer. 

Baca Juga: Web Developer: Jenis, Tugas, Skill dan Tips Suksesnya

Prospek Karir Game Developer Patut Dipertimbangkan 

Dunia game memang selalu menarik dan berkembang dengan pesat selama beberapa tahun belakangan. Hal ini juga sekaligus membuat peluang kerja di bidang yang satu ini semakin terbuka dengan lebar. Jika menginginkan profesi dengan prospek kerja yang menjanjikan, maka game developer menjadi salah satu yang patut untuk dijadikan pertimbangan.

Baca Juga: Account Officer: Pengertian, Skill, dan Tugas-tugasnya