Generasi Sandwich Baca Ini Dulu sebelum Beli Asuransi Kesehatan Keluarga

Generasi sandwich merupakan generasi yang bisa berasal dari generasi millennial sampai generasi Z, dimana peran mereka dalam keluarga ada sebagai pencari nafkah utama atau bisa juga yang ikut mengambil sebagian tanggung jawab dalam urusan keluarga mulai dari kesehatan sampai keuangan.

Karena bertanggung jawab baik dari sisi kesehatan dan keuangan keluarga artinya kalian yang generasi sandwich juga harus bisa mencari produk Asuransi kesehatan yang tepat untuk keluarga. Dimana produk Asuransi kesehatan tersebut tidak hanya bisa memberikan fasilitas dan manfaat yang maksimal tapi juga cocok dengan dompet kamu.

Nah, daripada nanti salah beli produk Asuransi kesehatan yuk baca dulu tips berikut ini biar bisa beli produk Asuransi yang tepat dan ramah di kantong:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Mencari Tahu Riwayat Penyakit Keluarga

loader

Dengan mengetahui riwayat penyakit keluarga, maka pencarian produk Asuransi kesehatan yang tepat pun akan semakin mudah. Kamu jadi bisa memilih produk kesehatan yang bisa memberikan perawatan kesehatan maksimal untuk jenis riwayat penyakit keluarga.

Contohnya, jika riwayat penyakit keluarga adalah tipe penyakit yang berat kamu bisa langsung membeli produk Asuransi kesehatan yang memiliki fasilitas rawat inap, pengobatan sampai konsultasi sekaligus.

Tapi kalo riwayat penyakit keluarga tCidak ada, kamu bisa tinggal menyesuaikan produk kesehatan sesuai kebutuhan masing-masing usia anggota keluarga saja.

2. Utamakan Produk Asuransi Kesehatan Cashless

loader

Produk Asuransi cashless sangat lah membantu, terutama jika sedang dalam keadaan darurat. Kamu bisa langsung melakukan pengobatan dan perawatan kepada anggota keluarga yang sakit tanpa harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu.

Khususnya untuk kamu yang berpenghasilan bulanan, produk Asuransi kesehatan sistem cashless sangatlah dianjurkan.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Perhatikan 12 Hal Ini Sebelum Membeli

3. Cari Produk Asuransi yang Memberlakukan Limit Penggabungan tanpa Limir Per Perawatan

loader

Setiap asuransi kesehatan biasanya memberlakukan limit pertanggungan. Tapi yang perlu diketahui adalah bentuk batasan yang diberlakukan antara asuransi kesehatan yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda.

Limit yang pasti ada pada setiap asuransi kesehatan adalah limit gabungan. Istilah ini sendiri merujuk ke batas nilai penggantian yang bisa diberikan oleh asuransi ke nasabahnya dan biasanya dalam waktu setahun.

Selain limit gabungan, ada juga asuransi kesehatan yang memberlakukan limit untuk tiap jenis perawatan. Contoh jenis perawatan ini adalah limit biaya konsultasi, limit biaya bedah, dan lainnya. Jadi, jumlah dari seluruh limit perawatan akan disamakan dengan limit gabungan.

Produk Asuransi kesehatan yang memberlakukan limit gabungan biasanya membuat kamu lebih minim pengeluaran ketika ada anggota keluarga yang membutuhkan penanganan medis darurat.

4. Pilih Produk Asuransi yang Menyediakan Fleksibilitas Biaya Premi sesuai Kebutuhan

loader

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda begitu juga dengan apa yang dibutuhkan dari produk Asuransi kesehatan. Karena kebutuhan yang berbeda tentu saja biayanya pun berbeda.

Jadi, meskipun menggunakan satu perusahaan Asuransi untuk produk kesehatan kamu dan keluarga pilihlah yang bisa memberikan fleksibilitas biaya premi sesuai kebutuhan.

Misalnya, anggota keluarga yang masih muda dan fisiknya masih sehat bisa menggunakan produk kesehatan tanpa manfaat penyakit kritis agar lebih murah dari produk kesehatan yang untuk anggota keluarga yang suda lansia yang lebih membutuhkannya untuk menghemat biaya preminya.

Jangan khawatir, jika produk Asuransi tersebut bisa memberikan fleksibilitas premi artinya kamu bisa kapan saja menambahkan manfaat lainnya dengan penambahan biaya premi yang bisa dinegosiasikan lagi dengan pihak Asuransi.

Intinya, agar keuangan lebih sehat tentu lebih baik menerapkan prinsip bayar yang dipakai saja daripada mengeluarkan banyak biaya untuk hal yang belum tentu digunakan 5-10 tahun kedepan.

Baca Juga: Tips Jitu Membeli Asuransi Unit Link agar Tak Merasa Ditipu

5. Memiliki Rekening Terpisah untuk Kebutuhan Keluarga dan Pribadi

loader

Memiliki rekening terpisah bisa memudahkan kamu dalam membayar biaya premi Asuransi kesehatan dan kebutuhan lain secara bulanan dengan lebih praktis.

Memiliki rekening terpisah juga memberikan kamu ruang untuk menabung dan membeli kebutuhan pribadi tanpa harus pusing melakukan pencatatan untuk rincian pengeluarannya. Jadi manajemen keuangan kamu pun menjadi lebih teratur.

Kamu tinggal mentransfer jumlah yang harus dibayarkan setiap bulan pada rekening keluarga, dan jika ada pilih sistem pembayaran dengan sistem auto debet untuk menghindari kamu melakukan tunggakan atau keterlembatan pembayaran.

6. Pilih Produk Asuransi Kesehatan dari Satu Perusahaan Asuransi

loader

Produk Asuransi untuk anak bisa berbeda dengan produk Asuransi untuk orang tua. Faktornya karena usia, riwayat penyakit dan kondisi kesehatan baik fisik dan mental. Tapi meskipun kebutuhan produk Asuransinya berbeda, usahakan untuk membelinya dari satu perusahaan Asuransi.

Ini untuk memudahkan kamu jika ingin melakukan klaim, komplain atau penambahan fasilitas/manfaat pada salah satu anggota keluarga.

7. Pilih Produk Asuransi yang sesuai Kantong

loader

Yang terpenting dari semua adalah pilih produk Asuransi yang memang sudah disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu.

Jika penghasilan masih belum bisa menanggung produk kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. Bisa menunda menggunakan produk Asuransi kesehatan kepada beberapa anggota keluarga yang masih mudah dan cukup menggunakan BPJS Kesehatan saja.

Lalu bisa juga untuk mengutamakan membeli produk Asuransi kesehatan untuk anggota keluarga yang sudah lansia karena lebih rentan mengalami penurunan kesehatan dan terserang penyakit yang membutuhkan perawatan dan penanganan kesehatan yang lebih cepat dan mahal.

Terbaik Tidak selalu yang Termahal

Untuk yang sudah pesimis dan ketakutan duluan sebelum membeli produk Asuransi kesehatan. Jangan khawatir! Dengan memahami secara baik produk, polis dan sistem pada setiap Asuransi yang direferensikan, tidak sulit kok untuk menemukan produk Asuransi yang tidak hanya memberikan perlindungan maksimal tapi juga cocok dengan situasi finansial kamu.

Intinya rajin-rajin bertanya dan mencari informasi mengenai produk Asuransi secara teliti lalu memahaminya dengan baik. Maka mendapatkan produk Asuransi kesehatan yang sesuai dengan keinginan pun bisa menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Klaim Asuransi Ditolak, Ini 10 Alasannya!