Generasi Z dan Asuransi, Perlu Gak Sih? Simak Manfaat dan Tips Pilih Asuransi yang Cocok

Generasi Z adalah sebutan untuk mereka yang lahir di antara tahun 1996-2015. Artinya, sudah banyak dari generasi Z atau gen z sudah memasuki usia produktif. Dimana mereka sudah mulai bekerja dan berpenghasilan tetap atau bahkan sudah memiliki bisnis/usaha sendiri.

Untuk itu, perlindungan terhadap keuangan juga sudah menjadi kebutuhan dan prioritas dalam perencanaan keuangan para gen z agar bisa lebih tenang ketika menghadapi krisis keuangan dimasa depan. Seperti memanfaatkan kartu kredit ketika tidak memiliki uang atau memanfaatkan asuransi untuk melindungi pengeluaran dari biaya-biaya tidak terduga.

Nah bicara soal asuransi, para gen z yang sudah berpenghasilan dan melek produk keuangan pasti sudah tahu dong betapa penting dan bermanfaatnya punya asuransi. Intinya, dengan memiliki asuransi kamu yang tepat dan sesuai kebutuhan, kamu tidak hanya bisa melindungi masa depan keuanganmu tapi juga keluargamu nanti.

Tapi jujur kadang bingung juga ya memilih produk asuransi yang pas. Sebab ada banyak pilihan produk asuransi yang bisa dengan biaya premi yang ringan dan manfaat yang maksimal, jadi sangat cocok untuk kamu para gen z yang baru saja bekerja atau yang penghasilannya masih belum tetap perbulannya.

Berikut jenis-jenis produk asuransi yang sudah cocok dan tips memilihnya khusus buat gen z agar tak salah pilih:

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan

Memang saat ini di Indonesia memiliki BPJS Kesehatan merupakan kewajiban untuk setiap orang. Dari yang baru lahir sampai yang sudah punya cicit semua terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Tapi, apakah BPJS Kesehatan saja sudah cukup?

Jawabannya tidak. Karena ada beberapa penyakit dan kondisi kesehatan yang penanganannya akan lebih cepat dan murah juga lebih baik jika menggunakan asuransi kesehatan. Selain itu, ada beberapa asuransi kesehatan sekarang memiliki sistem reimbursement yang tetap bisa diklaim ketika kamu melakukan rawat inap atau rawat jalan walaupun biayanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Premi asuransi kesehatan murni ada yang dimulai dari harga Rp80.000 – Rp150.000 per bulan. Cukup terjangkau kan untuk kantong kamu?

Baca Juga: 7 Manfaat Asuransi yang Tidak Boleh Diabaikan

2. Asuransi Jiwa

asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang terutama bagi mereka yang memiliki tanggungan.

Jadi bagi kamu yang sudah menjadi kepala keluarga atau sudah ikut menafkahi keluarga, penting sekali untuk memiliki asuransi jiwa demi melindungi keluarga kamu dari ancaman kerugian finansial jika terjadi hal buruk menimpa kamu.

Dengan menjadi peserta asuransi jiwa kamu juga menjadi lebih nyaman dan aman dalam menjalani kehidupan karena kamu dan keluarga terlindungi dari akibat risiko finansial yang bisa kapan saja terjadi karena biaya kerugian bisa ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan polis dan peraturan.

Biasanya premi asuransi jiwa dimulai dari Rp100.000 perbulan. Namun, sekarang tersedia produk asuransi yang menawarkan biaya premi hanya Rp23.000.

Tapi perlu diingat, nilai pertanggungan atau biaya yang akan di cover oleh perusahaan asuransi di sesuaikan dengan biaya preminya, jadi semakin dikit biaya preminya maka semakin dikit pula uang pertanggungan yang diberikan beserta fitur dan benefit lainnya.

3. Asuransi Unit Link

asuransi unit link

Asuransi unit link adalah produk asuransi jiwa sekaligus investasi. Dengan membeli produk asuransi unit link, kamu bisa mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan juga secara otomatis memiliki aset investasi di produk tersebut.

Biasanya premi untuk asuransi ini memang sedikit lebih mahal daripada asuransi jiwa atau kesehatan murni. Tapi, Sekarang ada produk asuransi unit link yang preminya dimulai dari Rp150.000 per bulan, cukup terjangkau kan?

Dengan asuransi unit link, kamu bisa mencairkan dana investasi mu dan keuntungannya baik 5 – 10 tahun kedepan. Tapi ingat, kamu juga harus paham adanya risiko dalam setiap investasi. Jadi pahami dulu dengan baik sebelum ambil produk asuransi berbalut investasi ini ya.

4. Asuransi Kendaraan

asuransi kendaraan

Di saat seperti ini, sepertinya sulit untuk tidak memiliki kendaraan pribadi baik itu motor atau mobil. Keberadaan kendaraan pribadi sangat lah penting untuk beberapa orang baik itu untuk keperluan bekerja atau berbisnis. Dan kamu yang termasuk generasi Z juga bisa menjadi salah satu diantaranya.

Produk asuransi kendaraan memiliki 2 jenis asuransi yaitu all risk dimana perushaan akan menanggung biaya perbaikan mobil dari hal kecil (goresan dan penyok) sampai kerusakan besar seperti tabarakan dan juga pencurian mobil.

Berikutnya adalah TLO atau total loss only, dimana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya perbaikan jika risiko yang terjadi dan terdapat kerugian yang nilainya di bawah 75 persen.

Biasanya dengan mencicil kendaraan kamu sudah otomatis menjadi peserta asuransi kendaraan. Tapi jika tidak, harga premi asuransi kendaraan biasanya dimulai dari ratusan ribu rupiah. Jika kendaraan kamu adalah hal yang sangat penting/vital untuk kamu. Maka mengasuransikan kendaraan mu juga merupakan prioritas.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Yuk Gunakan Asuransi Kendaraan

5. Asuransi Kartu Kredit

asuransi kartu kredit

Untuk kamu yang terbiasa menggunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan sehari-hari karena alasan lebih praktis dan murah. Artinya, kamu harus tahu betapa pentingnya asuransi kartu kredit untuk melindungi kamu dimasa depan nanti, jika saja kamu tertimpa musibah atau kehilangan pekerjaan yang membuat kamu sulit bahkan tidak bisa membayar tagihan kartu kredit.

Biaya premi asuransi kartu kredit biasanya dipatok 0,3% - 0,9% dari jumlah tagihan per bulan. Misalnya, tagihan kartu kredit kamu pada bulan ini sebesar Rp50.000.000 (lima puluh juta). Maka jumlah premi yang harus dibayarkan Rudi adalah:

= 0,5% x Rp50.000.000 = Rp250.000 (jumlah premi asuransi kartu kredit yang harus dibayar)

Artinya, semakin kecil tagihannya, maka semakin rendah juga premi yang harus dibayarkan. Untuk pengajuan asuransi kartu kredit, karena ini tidak wajib kamu harus langsung menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit untuk pengajuan asuransi kartu kredit.

6. Asuransi Perjalanan

asuransi perjalanan

Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak generasi z yang punya hobi jalan-jalan. Maka memiliki produk asuransi perjalanan hukumnya adalah wajib. Asuransi perjalanan melindungi kamu dari berbagai hal yang mengancam dan merugikan ketika berlibur nanti.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, liburan keluar kota atau luar negeri akan menjadi lebih aman dan nyaman karena berbagai risiko ketika liburan nanti bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Untuk premi asuransi perjalanan, biasanya dimulai dari Rp50.000. Dan umumnya asuransi perjalanan bisa dibeli ketika akan berlibur saja. Simple kan?

7. Asuransi Covid-19

asuransi covid-19

Dimusim pandemi seperti ini perusahaan asuransi telah banyak mengeluarkan produk asuransi covid-19 untuk memberikan proteksi dari kerugian finansial yang dialami apabila tertanggung terdiagnosis atau meninggal karena covid-19 dan penyakit lainnya.

Asuransi baru ini tentu saja sangatlah penting untuk kamu yang masih harus bekerja keluar rumah dimasa pandemi dimana risiko tertular virus sangatlah tinggi.

Dengan memiliki asuransi ini kamu apabila kamu tertular covid-19, kamu bisa melindungi finansial pribadi dan keluarga untuk pembiayaan yang harus dikeluarga karena harus menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Biaya premi untuk asuransi covid-19 ada yang dimulai dari Rp10.000 perbulan sampai Rp100.000 perbulan. Tinggal pilih mana yang cocok sama kebutuhan dan kantong kamu.

Sesuaikan dengan Kebutuhan, Beli Asuransi Online, Why not!

Tidak semua dari asuransi di atas harus kamu beli semua, yang ada nanti berat di kantong. Pilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu.

Pilih asuransi tak perlu ribet lagi karena bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Cek dan temukan asuransi secara online di Cermati.com.

Caranya mudah, kamu tinggal buka cermati.com dari smartphone/laptop. Pilih ‘Asuransi’ dan mulai bandingkan asuransi dari banyak perusahaan. Baca informasi produk asuransi dan harga preminya. Jika sudah setuju, kamu bisa langsung check-out dan melengkapi data diri.

Ingat ya, Asuransi tak lagi ribet. Poinnya adalah kamu tak boleh malas membaca dan mencari informasi. Jangan asal percaya beli asuransi kata orang atau teman. Harus dipahami manfaat dan fungsinya untuk kebutuhan hidupmu sendiri.

Always remember, asuransi adalah produk keuangan yang memberikan perlindungan untuk dirimu dan keuanganmu. Jadi, pahami dan bijaklah saat belanja produk asuransi.

Baca Juga: Survei: Orang RI Cuma Mau Sisihkan 10% dari Gaji Buat Bayar Premi Asuransi