7 Manfaat Asuransi yang Tidak Boleh Diabaikan

Perusahaan asuransi bisa dikatakan populer di era sekarang. Dengan metode marketing yang baik, asuransi berhasil meraup banyak nasabah dari tahun ke tahun. Bahkan produk yang ditawarkan juga semakin bervariasi, sehingga nasabah dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, perusahaan asuransi juga memberi manfaat menarik yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Berikut manfaat asuransi yang bisa didapatkan setelah sah menjadi polis.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Asuransi Memberi Kepastian

  loader

Asuransi bukanlah produk keuangan yang suka memberi harapan palsu (PHP), karena Anda mendapat kepastian keuangan setelah sah menjadi polis. Jika suatu saat Anda menanggung biaya yang besar, seperti kecelakaan, maka asuransi dapat dicairkan untuk mengcover biaya tersebut.

Jadi, biaya yang seharusnya Anda keluarkan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi. Memang tidak semua, tapi sebagian dari biayanya saja. Walaupun begitu, tetap saja menguntungkan karena Anda bisa saving atau mengalihkan biaya tersebut untuk hal-hal lain yang penting.

2. Dapat Meminimalisir Sejumlah Risiko

loader

Katakan saja saat terjadi peristiwa bencana alam, rumah Anda menjadi rata dengan tanah. Namun, Anda bisa kembali membangunnya seperti semula dengan bantuan dana dari asuransi rumah. Perusahaan akan memberi bantuan berupa uang cash untuk mengurangi kerugian akibat biaya kemalangan yang Anda hadapi.

Tanpa asuransi, maka Anda tidak bisa mengharapkan bantuan apapun, kecuali bantuan dari pemerintah. Itu juga dengan nominal yang ala kadarnya, yang sejatinya harus Anda tambah dengan uang pribadi lagi untuk bisa membangun atau membeli rumah baru.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Manfaat Asuransi Rumah yang Perlu Diketahui

3. Biaya yang Dibayar Setara dengan Manfaat yang Diperoleh

loader

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya mengenai biaya pertanggungan yang diberi oleh perusahaan asuransi. Tenang saja, karena biaya ini setimpal dengan premi yang dibayar setiap bulan. Ambil contoh, Anda membayar premi sebesar Rp1 juta per bulan, maka biaya pertanggungan yang diberi perusahaan pasti lebih besar dari jumlah yang dibayarkan.

Namun, perusahaan asuransi perlu melihat jejak media Anda terlebih dahulu. Misalnya, Anda ingin membeli asuransi kesehatan, maka perusahaan akan melihat riwayat penyakit yang pernah diderita dulu. Semakin parah penyakitnya, maka semakin besar premi yang perlu dibayar.

4. Sebagai Wadah untuk Menabung

loader

Untuk beberapa produk asuransi, seperti asuransi dwiguna, asuransi justru bermanfaat sebagai wadah menabung. Dimana polis diperkenankan menarik uang tunai yang pernah dibayarkan sejak bergabung untuk pertama kalinya. Uang ini bisa ditarik saat Anda meninggal dunia dan akan diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Sementara untuk jumlahnya, tergantung berapa besarnya premi yang dibayar dan berapa lama polis bergabung dengan asuransi. Namun, perusahaan mempunyai syarat dan ketentuan untuk proses penarikannya. Pastikan Anda mengetahuinya, jadi tata caranya bisa dijelaskan kepada keluarga untuk memudahkan proses penarikannya nanti.

5. Sebagai Modal untuk Membangun Suatu Usaha loader

Ingin membangun usaha, tapi terhalang modal? Tenang saja, premi yang sudah jatuh tempo pada hakikatnya bisa dijadikan modal untuk membuka usaha nanti. Memang, tidak bisa mengcover semua biaya untuk usaha, tapi setidaknya bisa membantu kekurangan modal.

Selain itu, Anda juga bisa mengasuransikan usaha tersebut. Jika suatu saat terjadi hal-hal yang kurang mengenakkan, seperti kebakaran, Anda akan memperoleh biaya pertanggung jawaban yang berguna untuk menutupi kerugian usaha.

Baca Juga: Pasangan Muda yang Baru Menikah, Penting Banget Punya Asuransi dan Investasi Ini

6. Opsi untuk Membayar Utang

loader

Satu cara terbaik untuk menghadapi guncangan finansial adalah berutang. Namun, besarnya biaya bunga yang dibebankan dapat memperbesar kemungkinan gagal bayar yang secara otomatis akan menambah jumlah utang itu sendiri. 

Namun berkat asuransi, utang-utang tersebut bisa dilunasi. Pelunasan dapat dilakukan setelah asuransi jatuh tempo, sehingga Anda bisa terbebas dari utang yang menyiksa. Sebisa mungkin hindarilah membuat utang baru agar kondisi keuangan tidak kembali berguncang seperti dulu.

7. Membuat Siapapun Merasa Tenang

loader

Segala kemungkinan buruk yang membutuhkan biaya, seperti kecelakaan, jatuh sakit, utang, dan bisnis yang gagal sejatinya dapat dicover oleh asuransi. Ya, Anda tidak perlu menanggung biaya atau kerugian ini sendirian, karena perusahaan asuransi siap turun tangan untuk memberi bantuan dalam bentuk reimbursement.

Hal ini otomatis akan membuat Anda merasa lebih tenang saat ditimpa bencana. Bahkan dalam kondisi tertentu dapat membuat Anda kembali bersemangat untuk menjalani hidup. Sebab, tabungan pribadi Anda tetap aman dan masih bisa dijadikan sebagai bekal keuangan dalam jangka panjang.

Asuransi Adalah Produk Keuangan yang Patut Dipertimbangkan

Memang, bergabung dengan asuransi akan menambah pengeluaran Anda setiap bulan.  Namun, melihat manfaat dan kemudahan yang bisa didapat, baik dalam proses pendaftaran, pembayaran, maupun pencairan dana, apa Anda yakin tidak mau bergabung? Pertimbangkan prospek jangka panjangnya karena bila dihitung-hitung, Anda sama sekali tidak rugi bila bergabung dengan perusahaan asuransi.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Beli Asuransi Jiwa