Musim Hujan Datang, Yuk Gunakan Asuransi Kendaraan

Untuk sebagian besar orang, memiliki asuransi telah menjadi sesuatu hal yang wajib dan penting untuk dipertimbangkan. Hal ini sangat beralasan, mengingat ada banyak sekali risiko yang mungkin saja terjadi dan menimpa diri kita sewaktu-waktu, maka dalam hal ini hanya asuransi lah yang dapat kita jadikan sebagai sebuah bentuk perlindungan.

Ada banyak bentuk dan jenis asuransi yang dijual oleh perusahaan asuransi, pada dasarnya setiap jenis asuransi telah memiliki fungsi dan manfaat masing-masing dan kita sebagai konsumen lah yang harus pintar dan jeli dalam memilih jenis asuransi mana yang kita butuhkan.

Pada banyak kasus, seringkali ditemui kesalahan penafsiran atas polis dari asuransi yang digunakan dan hal ini tentu saja akan menimbulkan banyak kerugian bagi para konsumen. Dalam kasus seperti ini, pada umumnya kesalahan akan sulit diperbaiki atau diubah karena pasal-pasal yang tertera di dalam polis asuransi adalah merupakan ketetapan yang tidak bisa diubah dengan sembarangan.

Satu-satunya langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah salah penafsiran polis asuransi adalah dengan cara mempelajarinya secara seksama dan teliti dan bila kita menemukan kesulitan dalam menafsirkannya maka tak ada salahnya bila kita menghubungi agen atau pihak perusahaan asuransi untuk meminta penjelasan yang lebih rinci atas hal tersebut.

Hal ini akan membantu kita untuk mencegah berbagai macam kerugian di kemudian hari yang bisa saja timbul karena adanya perbedaan penafsiran yang kita lakukan terhadap isi polis asuransi itu sendiri.

Beberapa perusahaan asuransi telah membuat berbagai kebijakan terkait dengan penanganan dan antisipasi atas hal seperti ini, salah satunya dengan cara membuat polis dalam bahasa yang lebih awam dan mudah dipahami oleh kebanyakan orang. Ini akan menjadi sebuah bentuk antisipasi terhadap masalah yang mungkin saja terjadi di antara konsumen dan pihak perusahaan asuransi, karena pada dasarnya tidak seorangpun pebisnis menginginkan kerugian bagi kliennya, bukan?

Pentingnya Asuransi Kendaraan

Asuransi

Asuransi Kendaraan via wordpress.com

Memiliki kendaraan pribadi telah menjadi sebuah hal yang wajib bagi sebagian besar orang, hal ini karena pada dasarnya setiap orang tentu saja selalu membutuhkan sarana transportasi yang mumpuni di dalam aktifitasnya sepanjang hari.

Kita semua tentu mengerti bagaimana kondisi dan fasilitas angkutan umum yang dimiliki oleh banyak perkotaan di Indonesia bisa dikategorikan jauh dari layak dan nyaman. Hal ini merupakan salah satu penyebab di mana pada akhirnya banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum sebagai pendukung aktivitas mereka.

Maka tak heran bila akhirnya orang berlomba-lomba untuk membeli mobil dan jenis kendaraan lainnya sebagai sarana pendukung bagi mobilitas mereka yang tinggi. Hal ini tentu saja menjadi sebuah tren positif yang akhirnya dilirik oleh perusahaan asuransi sebagai lahan bisnis yang menguntungkan bagi mereka.

Banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuansi kendaraan sebagai produk unggulan di dalam bisnis mereka. Tingginya permintaan pasar dan kesadaran para pemilik kendaraan akan risiko yang selalu mereka hadapi di jalanan, membuat asuransi kendaraan laris manis dan tak pernah sepi dari konsumen.

Beragam fitur dan layanan disiapkan oleh perusahaan asuransi sebagai bentuk komitmen mereka di dalam melayani para konsumennya. Ini tentu saja menimbulkan persaingan bisnis yang cukup ketat dan banyaknya layanan yang bisa dijadikan pilihan oleh para calon konsumen, karena itu sebagai konsumen kita harus jeli dan pintar di dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan yang akan kita gunakan jasanya.

Kenali & Pahami Asuransi Kendaraan Dengan Baik

Kenali dan Pahami

Kenali dan Pahami via autofreaks.com

Bila memiliki sebuah kendaraan telah menjadi sebuah hal wajib bagi kita, maka hal tersebut juga seharusnya berlaku dalam kepemilikan layanan asuransi terhadap kendaraan itu sendiri. Ini sangat penting untuk menjadi hal yang diprioritaskan di dalam anggaran keuangan kita, mengingat ada banyak sekali risiko yang mungkin kita alami dan jumlah kerugian yang harus kita tanggung atas hal-hal yang tidak kita perhitungkan sebelumnya, seperti: biaya perbaikan mobil pasca kecelakaan, kerugian akibat kehilangan mobil karena adanya aksi perampokan dan bentuk kerugian yang lainnya.

Selain sebagai bentuk antisipasi terhadap kerugian akibat kecelakaan dan kehilangan kendaraan, maka risiko banjir adalah salah satu hal yang menjadi alasan bagi banyak orang dalam memiliki asuransi kendaraan. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi pertimbangan, terutama bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya yang setiap tahun selalu mengalami banjir musiman.

Bukan hal yang aneh lagi bila Jakarta dan beberapa kota besar lainnya selalu mengalami banjir yang datang secara rutin di setiap musim penghujan. Tak seorangpun dapat menghindar dari hal tersebut, termasuk mobil kita yang biasanya akan segera terjebak macet dan berisiko terendam air di tengah-tengah guyuran hujan. Hal ini tentu saja membuat kita selalu was-was setiap kali hujan datang dan menimbulkan genangan air di mana-mana bukan?

Baca Juga : Prosedur Pembelian, Pengajuan Klaim, dan Penutupan Polis Asuransi

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Kendaraan 

Asuransi

Asuransi via vivekautolinks.com

Sebagai langkah cerdas yang bisa kita ambil adalah menggunakan jasa asuransi untuk melindungi kendaraan yang kita miliki. Berikut ini adalah berapa poin yang wajib kita cermati sebelum memilih asuransi kendaraan:

1. Kenali Jenis Asuransi Kendaraan

Pada dasarnya ada 2 jenis pertanggungan yang berlaku di dalam asuransi kendaraan dan hal ini merupakan layanan standar yang pada umumnya diberikan oleh perusahaan asuransi:

a) Total Loss Only adalah layanan asuransi yang hanya menanggung semua kerugian yang timbul akkibat kehilangan kendaraan dan kendaraan yang mengalami kerusakan hingga mencapai lebih dari 75%.

b) Comprehensive adalah layanan asuransi yang menanggung semua jenis kerugian yang dialami, seperti: biaya perbaikan pasca kecelakaan.

2. Pastikan asuransi kita memiliki perlindungan terhadap banjir

Ini merupakan salah satu al yang perlu menjadi perhatian khusus bagi kita, karena tidak semua asuransi kendaraan memiliki perluasan jaminan terhadap risiko banjir dan hal ini tentu akan sangat merugikan kita, terutama kita yang tinggal di wilayah yang rawan terjadi bencana banjir, seperti di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dalam kasus seperti ini, maka langkah yang dapat kita ambil adalah menghubungi kembali pihak asuransi dan membeli polis asuransi tambahan yang menyediakan layanan perluasan jaminan terhadap risiko banjir.

Jangan menyepelekan hal ini, karena ada banyak sekali kerugian yang mungkin harus kita tanggung pada saat mobil kita mengalami kerusakan akibat banjir dan hal ini bisa dicegah dengan cara membeli asuransi yang memang benar-benar memilki layanan tersebut.

3. Ketahui apa saja yang ditolak dan bisa diklaim

Memiliki sebuah asuransi kendaraan yang memiliki jaminan perluasan risiko banjir, bukan berarti semua masalah pada kendaraan kita yang timbul akibat banjir dapat ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi.

Sangat penting untuk memahami apa saja bentuk klaim yang bisa ditolak dan diterima oleh pihak asuransi, karena pada dasarnya pihak asuransi juga membuat beberapa pengecualian terhadap klaim tertentu yang sifatnya akan merugikan mereka, seperti: kerusakan kendaraan akibat dipaksa menerobos banjir pada ketinggian air yang berlebihan.

4. Ketahui Beragam Layanan Asuransi Kendaraan

Sebagai pengguna asuransi kendaraan, maka wajib hukumnya bagi kita untuk mengetahui apa saja layanan yang diberikan oleh pihak asuransi kepada kita. Hal ini dapat kita cermati pada saat mengurus polis asuransi karena biasanya kita akan diberikan info mengenai Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia (PSAKBI) yang memuat informasi mengenai jaminan kendaraan yang diberikan oleh pihak asuransi.

Klaim ditolak? Ini Sebabnya

Asuransi klaim

Klaim Asuransi via autosallon.com

Hal yang tak kalah penting untuk dimengerti adalah mengenai klaim dan penyebab kenapa sebuah klaim bisa ditolak oleh pihak asuransi. Untuk itu hindari poin di bawah ini yang biasanya menjadi penyebab kenapa klaim asuransi kita ditolak:

a) Sengaja Menerobos Banjir

Ada pasal dan ketentuan di dalam polis asuransi yang mengatakan bahwa pihak asuransi berhak menolak klaim atas kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh tindakan sengaja menerobos banjir. Karena itu hindari wilayah banjir dan jangan memaksakan kendaraan untuk melewatinya karena pihak asuransi tidak akan menanggung kerugian yang timbul.

b) Menyalakan Mesin Kendaraan Saat Terendam Banjir

Menyalakan paksa kendaraan saat terkena banjir akan berakibat kerusakan pada mesin kendaraan karena adanya air yang masuk ke dalam mesin pembakaran (water hammer).

c) Zat Kimia Berbahaya

Pihak asuransi juga akan menolak klaim bila terdapat zat kimia berbahaya yang masuk dan tercampur ke dalam kendaraan pada saat terjadi banjir.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

Pelajari Lebih Lanjut

Meskipun memiliki asuransi perluasan risiko banjir, Anda tetap harus berhati-hati dan menghindari banjir karena pihak asuransi hanya akan menanggung klaim yang tertulis di dalam polis. Ada baiknya Anda benar-benar mempelajari bagaimana dan apa saja yang bisa Anda klaim melalui asuransi kendaraan yang Anda miliki saat musim hujan.

Baca Juga : Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana?