Musim Hujan Datang, Yuk Gunakan Asuransi Kendaraan

Bagi sebagian besar orang, asuransi menjadi salah satu hal penting yang wajib dimiliki. Hal ini sangat beralasan, mengingat dalam hidup ini ada banyak sekali risiko yang mungkin saja terjadi dan menimpa diri kita sewaktu-waktu. 

Jika musibah sudah terjadi tanpa permisi, tentu hanya asuransi yang dapat jadikan sebagai sebuah perlindungan. Kini ada banyak jenis asuransi yang dijual oleh perusahaan asuransi. Umumnya, setiap jenis asuransi memiliki fungsi dan manfaat masing-masing.

Musibah yang mungkin saja terjadi ialah musibah banjir di musim hujan. Banjir bisa datang tanpa diundang, banjir sering terjadi karena hujan lebat atau air kiriman atau air sungai yang meluap tiba-tiba.

Tentu, di saat genting ini, Anda pasti sibuk menyelamatkan diri, keluarga serta barang-barang berharga Anda. Lalu bagaimana dengan nasib kendaraan Anda? Bagaimana mobil atau motor Anda bisa selamat dari banjir? Disinilah Anda perlu mengenal tentang Asuransi Kendaraan yang bisa melindungi mobil atau motor Anda dari musibah banjir.

Cermati.com akan mengulas lengkap tentang asuransi mobil/motor yang penting untuk dimiliki. 

Apa itu Asuransi Kendaraan?

asuransi kendaraan

Memiliki kendaraan pribadi menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Alasannya beragam, utamanya sebagai sarana transportasi pribadi dan keluarga. Terlebih, tidak semua orang menyukai fasilitas angkutan umum karena harus berdesak-desakan. Mobil atau motor pribadi menjadi pilihan bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan dan kecepatan.

Tak heran jika banyak orang kini punya motor dan mobil sebagai sarana pendukung utama mobilitas yang tinggi. Disisi lain, banyak perusahaan asuransi mengeluarkan produk asuransi kendaraan sebagai produk unggulan.

Asuransi Kendaraan ialah suatu jenis asuransi yang khusus untuk kendaraan, di mana risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan akan dialihkan kepada perusahaan asuransi. 

Para pemilik kendaraan harus paham akan risiko kecelakaan maupun risiko lainnya seperti pencurian, musibah banjir, longsor, gempa bumi atau tsunami. 

Oleh sebab itu, disinilah peranan asuransi kendaraan penting untuk dimiliki. Karena semua risiko kerugian yang menimpa kendaraan Anda akan diganti rugi oleh perusahaan asuransi kendaraan. 

Ada beragam fitur dan layanan ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dari sisi konsumen, tentu Anda harus jeli dan pintar di dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan yang akan kita gunakan jasanya agar tak salah pilih dan merugi. 

Bisa dibilang punya asuransi kendaraan di zaman now itu penting. Kenapa begitu? 

Sebab dalam hidup ini ada yang namanya risiko. Risiko yang mungkin kita (akan) alami dan jumlah kerugian yang harus kita tanggung atas hal-hal yang tidak kita perhitungkan sebelumnya. 

Contohnya, biaya perbaikan mobil pasca kecelakaan, kerugian akibat kehilangan mobil karena adanya aksi perampokan dan bentuk kerugian yang lainnya.

Jadi asuransi kendaraan bisa dijadikan sebagai bentuk antisipasi terhadap kerugian akibat kecelakaan, kehilangan kendaraan, bahkan risiko banjir. 

Banjir Bikin Stres, Apa Asuransi Kendaraan Cover Banjir?

banjir

Asuransi kendaraan yang mengcover banjir perlu banget dimiliki. Hal ini tergolong penting, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jabodetabek atau daerah yang rawan banjir.

Banjir itu musibah yang terkadang setiap tahun rutin datang di musim penghujan. Tak seorangpun dapat menghindar dari hal tersebut, termasuk mobil yang biasanya terjebak macet dan berisiko terendam air di tengah-tengah guyuran hujan.

Atau parahnya, mobil Anda langsung tenggelam dan ikut hanyut terbawa arus banjir seperti kejadian di awal tahun 2020. Banjir besar di Jakarta dan sekitarnya menyebabkan banyak mobil hanyut dan terbawa arus air banjir yang datang tiba-tiba. 

Jadi, pastikan mobil Anda sudah terlindungi asuransi kendaraan. Biar Anda tak stres dan keuangan jadi bangkrut karena mobil / motor rusak. Ingat! tidak semua asuransi kendaraan memiliki perluasan jaminan terhadap risiko banjir. Pastikan Anda membeli asuransi mobil yang benar, jangan sampai merugi karena Anda tidak tahu informasi ini. 

Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi ini biar Mobil Kena Banjir Ditanggung Asuransi

 

Berikut ini adalah berapa poin yang wajib kita cermati saat memilih asuransi kendaraan:

Kenali Jenis Perlindungan 

Pada dasarnya ada 3 jenis pertanggungan yang berlaku di dalam asuransi kendaraan dan hal ini merupakan layanan standar yang pada umumnya diberikan oleh perusahaan asuransi:

1. Total Loss Only adalah layanan asuransi dengan jaminan ganti rugi yang menanggung semua kerugian yang timbul akkibat kehilangan/kerusakan total pada kendaraan (kerusakan lebih dari 75%) akibat kejatuhan benda, kebakaran, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas. 

2. Comprehensive adalah layanan asuransi dengan jaminan ganti rugi yang menanggung semua jenis kerugian/kerusakan/kehilangan sebagian atau keseluruhan pada kendaraan. Seperti, biaya perbaikan pasca kecelakaan, peramparan, tabrakan, pencurian hingga kecelakaan lalu lintas lainnya. 

3. Perluasan Jaminan Asuransi adalah jenis layanan asuransi dengan jaminan ganti rugi yang diakibatkan oleh bencana alam seperti banjir, tsunami, gempa bumi, badai, tanah longsor, gunung meletus, hingga huru-hara atau terorisme. 

Ketahui Apa Saja yang Ditolak dan Bisa Klaim

jenis perlindungan

Memiliki sebuah asuransi kendaraan dengan jaminan perluasan risiko banjir, bukan berarti semua masalah pada kendaraan kita yang timbul akibat banjir dapat ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi.

Pahami apa saja bentuk klaim yang bisa ditolak dan diterima oleh pihak asuransi. Ingat, Anda harus tahu bahwa pihak asuransi juga membuat beberapa pengecualian terhadap klaim tertentu yang sifatnya akan merugikan mereka.

Ini adalah hal umum penyebab kenapa klaim asuransi mobil bisa ditolak:

a) Sengaja Menerobos Banjir

Ada pasal dan ketentuan di dalam polis asuransi yang mengatakan bahwa pihak asuransi berhak menolak klaim atas kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh tindakan sengaja menerobos banjir. 

Jadi sebisa mungkin hindari wilayah banjir dan jangan memaksakan kendaraan untuk melewatinya karena pihak asuransi tidak akan menanggung kerugian yang timbul.

b) Menyalakan Mesin Kendaraan Saat Terendam Banjir

Menyalakan paksa kendaraan saat terkena banjir akan berakibat kerusakan pada mesin kendaraan karena adanya air yang masuk ke dalam mesin pembakaran (water hammer).

c) Zat Kimia Berbahaya

Pihak asuransi juga akan menolak klaim bila terdapat zat kimia berbahaya yang masuk dan tercampur ke dalam kendaraan pada saat terjadi banjir.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

Lakukan Ini Saat Beli Asuransi Mobil:  

  • Baca kembali polis asuransi mobil yang akan anda beli. Perhatikan poin PERLUASAN dan baca dengan teliti apa saja pertanggungan kerusakan mobil akibat banjir.
  • Jika sudah ada perluasan banjir, silahkan dibeli asuransinya. 
  • Anda bisa membeli asuransi mobil secara online melalui cermati.com. Anda bisa membandingkan berbagai produk asuransi mobil dan memilih produk asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Ingat jangan tergoda hanya dengan harga asuransi yang murah tapi ternyata tidak ada perluasan banjir. Anda sama saja merugi.

Jika sudah terlanjur beli asuransi mobil tanpa perluasan banjir? 

Pastikan dulu dan segera cek kembali asuransi mobil/motor Anda. Jika belum, segera hubungi pihak asuransi dan belilah polis asuransi tambahan yang menyediakan layanan perluasan jaminan terhadap risiko banjir. Tentunya, ada biaya tambahan yang harus Anda bayar untuk perluasan ini. 

Jeli Memilih Asuransi Mobil 

Anda, sebagai konsumen, harus pintar dan jeli dalam memilih jenis asuransi mana yang kita butuhkan agar konsumen tidak merugi akibat salah beli asuransi. 

Pasalnya, kasus yang seringkali ditemui dilapangan hingga saat ini ialah masih banyak kesalahan penafsiran atas isi polis dari asuransi yang digunakan.

Jika hal ini terlanjur terjadi dan asuransi sudah dibeli, tentu kesalahan akan sulit diperbaiki atau diubah. Sebab, pasal-pasal yang tertera di dalam polis asuransi adalah merupakan ketetapan yang tidak bisa diubah dengan sembarangan.

Satu-satunya langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah salah penafsiran polis asuransi adalah dengan cara mempelajarinya secara seksama dan teliti.

Jangan ragu untuk bertanya apabila Anda menemukan kesulitan dalam menafsirkannya. Hubungi agen atau pihak perusahaan asuransi terkait untuk meminta penjelasan yang lebih rinci atas hal tersebut.

Baca Juga : Penjelasan dan Cara Klaim Asuransi Banjir untuk Mobil

Anda Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik!