Hemat Rp1 Juta Per Bulan, Mau? Kurangi atau Hilangkan 4 Pengeluaran Gaya Hidup Ini!

Mengelola keuangan kerap menjadi hal yang tidak mudah untuk semua orang. Anggaran yang ketat terkadang sulit untuk dieksekusi, apalagi jika Anda termasuk orang yang kurang disiplin dalam membelanjakan uang. Namun jika dibiarkan terus berlangsung bisa berdampak buruk pada keuangan

Tidak harus selalu dalam bentuk yang luar biasa, beberapa perubahan kecil bahkan bisa saja membawa dampak yang cukup besar di dalam keuangan Anda. Misalnya menekan atau menghilangkan pengeluaran gaya hidup yang tidak begitu penting. Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat keuangan, bahkan bisa mencapai Rp1 juta dan bisa dialihkan ke tabungan.

Berikut beberapa kebiasaan gaya hidup yang harus ditekan atau dihilangkan untuk menghemat pengeluaran.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Batasi minum kopi

kopi
Batasi minum kopi

Menikmati secangkir kopi yang hangat di sela-sela kesibukan merupakan hal yang sudah sangat biasa bagi kebanyakan pegawai kantoran. Selain mengunjungi gerai kopi terdekat, memesan secara online juga sudah begitu mudah dilakukan.

Jika Anda termasuk salah satu peminat kopi seperti ini, maka Anda tentu sudah paham berapa banyak uang yang habis untuk sekedar membeli kopi setiap bulannya. Misal, harga secangkir kopi kekinian mulai Rp18 ribu - Rp 50 ribuan, tergantung jenis kopi. Jika dalam sepekan, bisa mengkonsumsi kopi 5 kali, maka setidaknya uang yang keluar untuk kopi sekitar Rp360 ribu - Rp1 juta setiap bulannya. 

Mulailah membatasi atau bahkan menghentikan kebiasaan minum kopi seperti ini, agar Anda bisa mengurangi pengeluaran dan menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya.

2. Berhenti merokok

Dengan harga rokok di kisaran Rp 30 ribuan, setidaknya akan menghabiskan sekitar Rp 400 ribu setiap bulannya, jika membeli 3 bungkus rokok dalam sepekan.  Ini tentu jumlah yang cukup besar dan menguras uang untuk sekedar menikmati sesuatu yang tidak berguna sama sekali, bahkan hanya merusak kesehatan.

Anda bisa berhenti merokok dan uang bisa ditabungkan, meskipun ini tidak selalu mudah untuk dilakukan. Jika cukup sulit, maka mulailah mengurangi jumlah rokok secara bertahap. Dengan begitu, keuangan akan menjadi lebih hemat dan tubuh juga sehat.

Baca Juga: Hemat Uang dengan Menerapkan 6 Langkah Gaya Hidup Minimalis

3. Hindari minuman bersoda dan energy drink

minuman soda
Minuman bersoda

Aktifitas yang padat kerap membuat sebagian orang lebih rajin untuk mengkonsumsi minuman bersoda dan juga energy drink. Tidak masalah jika ini Anda lakukan sesekali. Namun jika terlalu sering, minuman seperti ini tentu akan membuat Anda mengkonsumsi lebih banyak gula. Resiko gangguan kesehatan sangat mungkin terjadi, apalagi jika mengkonsumsi minuman yang tidak jelas kandungannya.

Selain resiko kesehatan yang memburuk, kondisi keuangan juga bisa memburuk dengan mengkonsumsi berbagai minuman tersebut. Anda bisa saja menghabiskan cukup banyak uang, apalagi minuman bersoda atau energy drink ini sudah menjadi kebutuhan harian. Mulailah menghentikan kebiasaan mengkonsumsinya, agar Anda bisa menghemat pengeluaran dan memperbaiki kualitas kesehatan.

Baca Juga: Gaya Hidup ini Bisa Membuat Kantong Sehat

4. Nikmati akhir pekan tanpa alkohol

Akhir pekan kerap menjadi alasan banyak orang untuk menikmati berbagai hal yang berbeda, termasuk untuk mengunjungi bar. Anda tidak akan menghabiskan banyak uang, jika hanya melakukan hal ini sesekali saja. 

Namun jika dilakukan setiap akhir pekan, maka Anda akan merogoh uang hingga ratusan ribu bahkan bisa mencapai jutaan setiap bulannya. Lebih baik, ganti rutinitas akhir pekan yang hanya membuang-buang uang lebih banyak dengan aktivitas yang lebih bermanfaat. Hal ini, keuangan akan menjadi lebih hemat.

Ubah Kebiasaan Buruk dan Lebih Banyak Nabung

Mulailah mengubah berbagai kebiasaan buruk yang kerap menghabiskan banyak uang dengan percuma. Dengan begitu, menabung lebih banyak uang setiap bulannya bisa dilakukan dengan mudah. Dijamin, dalam waktu sebulan saja Anda sudah bisa mengerem pengeluaran dan mengalokasikan lebih banyak uang ke dalam rekening tabungan.

Baca Juga: 20 Cara Mudah Hemat Uang