Berisi Saham Pilihan, Kenali Apa Itu Indeks PEFINDO25 dan Daftar Sahamnya

Untuk bisa mencari produk saham yang terbaik dan memiliki peluang kinerja menjanjikan di masa depan, setiap investor biasanya akan melakukan analisis terlebih dulu, baik secara fundamental atau teknikal. Akan tetapi, dengan banyaknya emiten yang terdapat pada bursa, tidak mungkin investor menganalisis setiap saham satu per satu. Guna memudahkannya memilih saham yang layak untuk dianalisis, umumnya investor akan memanfaatkan indeks saham yang diterbitkan oleh lembaga terpercaya.

Salah satunya adalah indeks PEFINDO25 yang merupakan indeks nilai saham keluaran lembaga rating PEFINDO dan Bursa Efek Indonesia atau BEI. Sebagai bentuk kerja sama dari kedua lembaga terpercaya tersebut, indeks PEFINDO25 secara resmi tercatat pada BEI dan dapat menjadi pedoman investasi untuk pemilik modal atau investor.

Tentunya, sebelum menjadikan indeks ini sebagai acuan dalam berinvestasi, kamu perlu mengenali terlebih dulu seputarnya secara cermat. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah penjelasan tentang apa itu indeks PEFINDO25, kriteria seleksi, serta daftar seluruh saham yang terdapat di dalamnya. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tentang Indeks PEFINDO25

loader

Seperti yang sempat dibahas sedikit sebelumnya, indeks PEFINDO25 adalah indeks saham yang dibentuk sebagai hasil dari kerja sama antara Bursa Efek Indonesia atau BEI dan PEFINDO. Bagi yang belum tahu, PEFINDO adalah sebuah lembaga rating atau pemeringkat efek di Indonesia yang didirikan sebagai inisiatif dari Bapepam LK serta Bank Indonesia. 

Tugas dari lembaga pemeringkat tersebut utamanya adalah untuk melakukan peringkat serta pendapat terhadap surat utang maupun obligasi yang diluncurkan oleh penerbit dalam negeri. Lembaga pemeringkat PEFINDO sendiri telah berdiri dan aktif beroperasi sejak tanggal 21 Desember tahun 1993. Semenjak pertama kali beroperasi sampai sekarang, lembaga ini sudah menilai hingga lebih dari seribu perusahaan serta pemerintah daerah.

Selanjutnya tentang PEFINDO25, indeks saham ini adalah salah satu indeks saham yang ada di Indonesia dan diterbitkan pada tanggal 18 Mei tahun 2009. Sesuai namanya, indeks PEFINDO25 berisi cerminan atau representasi dari nilai 25 saham atau emiten yang secara khusus dipilih melalui beragam proses pertimbangan menyesuaikan sejumlah kriteria tertentu. 

Dalam menyeleksi saham yang akan dimasukkan pada indeksnya, PEFINDO25 akan mengecek total atau jumlah aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, serta tingkat pengembalian modalnya atau Return of Equity alias ROE. Selain itu, kriteria seleksi saham juga dilakukan dengan melihat opini dari para akuntan publik terhadap kinerja atau peluang suatu emiten di waktu mendatang. 

Di samping itu, faktor lain yang menjadi bahan pertimbangan terkait suatu saham agar bisa dimasukkan pada indeks ini adalah mengenai likuiditas serta jumlah dari saham yang dipunyai publik. Sehingga, saham atau emiten yang masuk pada daftar indeks ini pasti memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi dan bisa dijadikan sebagai acuan atau pedoman bagi investor saat ingin memilih produk investasi di portofolionya. 

Secara khusus, indeks ini diterbitkan dengan tujuan untuk memberi tambahan informasi kepada pemilik modal atau investor dalam memilih saham. Terlebih, jika investor mengincar saham dari emiten kecil maupun menengah, alias Small Medium Enterprise atau SME, indeks ini berisikan saham dari kelompok tersebut. Sehingga, investor bisa mempertimbangkannya dengan tetap menyesuaikan strategi dan tujuan investasi. 

Proses Seleksi Awal di Indeks PEFINDO25

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saham atau emiten yang akan dimasukkan pada indeks PEFINDO25 harus lebih dulu melalui proses seleksi khusus. Dengan melakukan proses seleksi tersebut, pada akhirnya akan terpilih sebanyak 25 saham atau emiten sesuai dengan kriteria dan karakteristik yang sudah ditentukan. 

Sebagai langkah pertamanya, berikut adalah proses seleksi awal yang dilakukan oleh indeks ini guna memilih saham dengan potensi menjadi konstituen indeks.

1. Mengecek Total Aset

Kriteria total aset ini mempresentasikan ukuran dari perusahaan atau emiten SME, yakni emiten yang mempunyai jumlah aset kurang dari 1 triliun rupiah, sesuai dengan informasi di laporan finansial tahunan yang sudah diaudit.

2. Mencermati Tingkat Pengembalian Modal atau ROE

Selain itu, tingkat pengembalian terhadap modal atau Return on Equity alias ROE juga menjadi kriteria indeks PEFINDO25 dalam menyeleksi saham. ROE dari emiten yang tergolong pada kriteria tersebut ialah emiten yang mempunyai ROE setara ataupun lebih besar dibanding rerata ROE dari emiten pada Bursa Efek Indonesia.

3. Melihat Opini dari Akuntan Publik

Selanjutnya, opini dari akuntan publik terhadap laporan finansial auditan merupakan WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian.

4. Tercatat pada Bursa Efek Indonesia

Tidak hanya itu, proses seleksi awal ini juga mengecek apakah emiten sudah tercatat pada BEI atau Bursa Efek Indonesia. Setidaknya, emiten harus telah tercatat pada BEI selama paling tidak 6 bulan. 

Setelah melalui seluruh proses seleksi awal tersebut, kemudian akan didapat sebanyak 25 emiten atau saham yang akan dimasukkan pada indeks PEFINDO25. Selanjutnya, guna menentukan 25 saham atau emiten yang terbaik, akan dilakukan proses pemeringkatan lebih lanjut. Proses ini dilakukan dengan mempertimbangkan sejumlah aspek, seperti likuiditas serta nilai saham yang dipunyai publik alias free float.  

Baca Juga:  Indeks Sektoral Saham – Pengertian, Daftar dan Tips Memilih Emiten Terbaik pada Indeks Saham

Mengenai Seleksi Umum dan Pemilihan Konstituen Indeks PEFINDO25

loader

Selain seleksi awal, ada pula proses seleksi umum pada indeks PEFINDO25. Sejumlah kriteria pada proses seleksi umum ini antara lain:

  • Total aset wajib setara atau kurang dari 25 triliun rupiah.
  • Aspek koefisien dari stok beta, di mana paling  mendekati nilai 1
  • Terkait aspek hukum, yang berarti tak ada UMA atau Unusual Market Activities serta suspended selama 6 bulan belakangan sebelum melakukan rebalancing, serta wajib tercatat pada BEI dalam kurun waktu enam bulan terakhir. 

Lalu, ada pula pemilihan konstituen dari indeks ini yang dilakukan dengan menggunakan sejumlah kriteria tertentu, antara lain:

  • Aspek bisnis yang dilakukan dengan memakai indikator ROI dan juga ROA emiten
  • Aspek likuiditas yang mencakup volume transaksi, termasuk frekuensi dan nilainya, serta jumlah hari transaksi atau perdagangan maupun jumlah floating shares. 

Seluruh proses seleksi ini nantinya akan terus dilakukan secara berkala guna mengevaluasi saham yang terdapat pada indeks PEFINDO25. Biasanya, proses evaluasi dan juga penggantian saham yang terdapat pada perhitungan indeks ini dilakukan tiap 6 bulan sekali, yaitu di bulan Februari serta bulan Agustus. 

Daftar Seluruh Konstituen di Indeks PEFINDO25

Sesuai namanya, indeks PEFINDO25 berisikan 25 saham khusus yang dipilih melalui proses seleksi menyesuaikan kriteria tertentu. Pada periode Agustus 2022 hingga Januari 2023, berikut adalah daftar seluruh konstituen atau saham yang terdapat di indeks PEFINDO25. 

  • ABM Investama
  • Ace Hardware Indonesia
  • Bank Artos Indonesia
  • Bank Neo Commerce
  • BFI Finance Indonesia
  • Bank QNB Indonesia
  • Bumi Resources Minerals
  • Intiland Development
  • Delta Dunia Makmur
  • Dharma Satya Nusantara
  • Energi Mega Persada
  • Erajaya Swasembada
  • Harum Energy
  • PP London Sumatra Indonesia
  • Multipolar
  • Mega Manunggal Property
  • Media Nusantara Citra
  • Mitra Pinasthika Mustika
  • Mayora Indah
  • Cikarang Listrindo
  • Siloam International Hospital
  • Surya Semesta Internusa
  • Sawit Sumbermas Sarana
  • Tempo Scan Pacific
  • Unilever Indonesia

Baca Juga:  Mengenal Investasi Reksadana Indeks dan ETF

Cara Lihat Indeks PEFINDO25 pada Platform Investasi Digital

Sebagai indeks resmi yang tercatat pada BEI, informasi mengenai indeks PEFINDO25 bisa dilihat di sejumlah platform investasi digital agar lebih praktis. Setiap aplikasi investasi digital mungkin memiliki langkah yang sedikit berbeda untuk mengecek informasi indeks ini. Tapi, secara umum, pengecekan indeks PEFINDO25 via platform investasi digital bisa dilakukan melalui cara sebagai berikut.

  • Buka aplikasi atau platform investasi digital
  • Di halaman utama, pilih menu Search, lalu ketik kata kunci PEFINDO25
  • Lalu, pilih indeks PEFINDO25 untuk melihat daftar saham yang terdapat di dalamnya

Indeks PEFINDO Merupakan Representasi Nilai 25 Saham dengan Kriteria SME

Mengacu dari penjelasan di atas, bisa dipahami jika indeks PEFINDO25 adalah cerminan atau representasi nilai saham dari sebanyak 25 emiten terpilih melalui proses seleksi khusus. Perlu dicermati jika seluruh saham di dalam indeks ini merupakan saham dari emiten kecil hingga menengah, atau termasuk ke dalam kategori SME. Sehingga, investor harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan strategi investasinya jika menjadikan indeks ini sebagai pedoman atau acuan. 

Baca Juga: Definisi Indeks Bisnis 27, Kriteria dan Daftar Sahamnya