Ingin Buka Pet Shop? Perhatikan Tips Ini Biar Cuan Melimpah

KOMPAS.com - Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing tentunya membutuhkan perawatan khusus. Namun, terkadang pemiliknya tidak punya banyak waktu luang untuk melakukannya sendiri.

Kondisi itu pun memunculkan peluang bisnis pet hotel and grooming alias penitipan hewan dan perawatan. Belakangan bisnis tersebut cukup populer. Terlebih di kalangan para pemilik hewan peliharaan yang memang suka merawat hewan kesayangannya dengan detail.

Pet Hotel merupakan istilah sebuah tempat penitipan atau hotel untuk hewan-hewan peliharaan. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk para pemilik hewan yang akan berpergian lama.

Misalnya saja ketika sedang berlibur ke luar kota atau luar negeri, melakukan perjalanan bisnis, perjalanan dinas dan sebagainya. Layanan ini tentu akan sangat membantu, terutama saat di rumah tidak ada orang lain yang bisa dipercaya untuk merawat hewan kesayangan.

Hewan peliharaan tersebut akan dirawat oleh para petugas profesional dan dijaga sesuai SOP yang mereka miliki. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika ingin bepergian jauh dalam waktu yang lama. Berbicara dari segi bisnis, peluang usaha pet hotel ini tentunya sangatlah menjanjikan.

Lalu, apa itu pet grooming? Ini merupakan layanan perawatan untuk hewan peliharaan, baik memandikan, pijat, cukur bulu dan lain sebagainya. Biasanya, jasa pet grooming ini menyediakan layanan panggilan ke rumah atau home service.

Pada dasarnya, ruang lingkup layanan yang ditawarkan jasa ini seputar perawatan hewan peliharaan. Terutama untuk hewan peliharaan yang memang memerlukan perawatan khusus dari orang yang terlatih.

Bisnis perawatan dan penginapan khusus untuk hewan peliharaan biasanya tergabung menjadi satu. Karena layanan ini saling berkesinambungan dan berkaitan satu sama lain.

Untuk membangun tempat perawatan dan penitipan hewan peliharaan, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Mulai dari dokter hewan, perawat atau pengasuh hewannya, kandang, tempat bermain, makanan hingga vitamin sesuai kebutuhan.

Meskipun terlihat sederhana, tapi menjalankan bisnis ini tidak semudah yang terlihat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan persiapkan.

Nah, berikut ini beberapa tips menjalankan bisnis perawatan dan penitipan hewan peliharaan seperti dilansir Cermati.com:

1. Persiapkan Lokasi dan Tempat

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah lokasi dan tempatnya. Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Pastikan juga kondisi lingkungannya kondusif, tenang, tidak berisik, dan aman untuk hewan. Untuk luas bangunannya beragam, bisa Anda sesuaikan dengan lokasi dan budget.

Semakin luas semakin bagus karena akan ada lebih banyak ruang dan free space di dalamnya.

2. Pilah Kandang dan Ruang-Ruang Khusus

Ketika membuka jasa penitipan hewan, hal yang wajib dipersiapkan adalah kandangnya. Pisahkah kandang untuk kucing, anjing, dan hewan peliharaan jenis lainnya. Pastikan kandangnya juga nyaman, semi terbuka, dan tentunya bersih.

Selain kandang, jangan lupa untuk menyiapkan ruangan-ruangan yang lain. Seperti ruangan untuk bermain, ruang perawatan, ruang isolasi steril untuk penanganan hewan yang terluka, dan banyak jenis ruangan yang lainnya.

Pastikan shared room seperti tempat bermain hewan peliharaan yang dititipkan dipisahkan sesuai jenis dan kondisi hewan peliharaan tersebut.

Baca juga: Sayang sama Hewan Peliharaan Bisa Jadi Cuan, Begini Cara Sukses Mulai Bisnis Pet Shop

3. Rekrut Dokter Hewan dan Caretaker

Sebagai pemilik tentunya tidak bisa menjaga semua hewan tersebut seorang diri. Jadi, merekrut dokter hewan yang handal dan caretaker (pengasuh) yang kompeten bisa jadi opsi terbaik untuk menjalankan bisnis secara profesional.

Pastikan caretaker yang direkrut memiliki sifat dan perasaan sayang terhadap hewan dan mau menjaga hewan-hewan titipan dengan sepenuh hati. Untuk masalah gaji, bisa disesuaikan dengan kompetensi dan anggaran bulanan.

4. Sediakan Makanan, Minuman, Perlengkapan Kebersihan

Jangan sampai lupa untuk menyediakan makanan, minuman, dan perlengkapan kebersihan untuk hewan peliharaan yang dititipkan. Untuk makanannya bisa menggunakan dry food, wet food, atau kombinasi pakan lainnya.

Akan lebih baik juga jika pemberian pakan disesuaikan berdasarkan saran dokter hewan atau ahli gizi.

Untuk minumannya sediakan minuman bersih steril. Perhatikan untuk menyiapkan sampo untuk mandi, handuk khusus, pengering, dan bahkan mainan agar hewan peliharaan tidak mudah bosan.

5. Perhatikan Kesehatan Hewan

Ketika membuka jasa penitipan hewan, pastikan untuk selalu bertanggung jawab secara penuh atas kondisi hewan tersebut. Mulai dari memandikannya secara rutin, memberikan vitamin atau pengobatan khusus jika hewan tersebut sakit.

Pastikan hewan tersebut tidak stres karena ditinggal pemiliknya sementara waktu, karena bisa menyebabkan hewan cepat sakit. Pastikan juga hewan peliharaan yang dititipkan tersebut tidak berkelahi dengan hewan lainnya.

6. Tambah Layanan Penunjang Lainnya

Tambah juga layanan penunjang lain selain perawatan dan penginapan hewan agar lebih lengkap. Misalnya, klinik hewan 24 jam, pet shop yang menyediakan aksesoris hingga makanan hewan dan sebagainya.

Makin lengkap layanannya, semakin bagus pula hasilnya. Karena pelanggan akan semakin tertarik untuk berkunjung setelah melihat apa yang ditawarkan.

7. Lakukan Promosi

Langkah paling penting agar bisnis yang dijalankan lebih banyak dikenal dan mendatangkan pelanggan adalah melakukan promosi. Ini penting untuk meningkatkan brand awareness bisnis yang sedang dikembangkan.

Promosi ini dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Misalnya saja dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook maupun Twitter hingga TikTok.

8. Tarif Layanan

Untuk pet hotel atau layanan penginapan khusus hewan peliharaan tarifnya bisa dihitung perhari dengan menggunakan sistem check in dan check out. Bisa juga dibuat paket menginap khusus yang harganya lebih terjangkau untuk menarik minat pelanggan.

Sementara untuk pet grooming, tarifnya dapat disesuaikan dengan jenis layanan yang diminta oleh pelanggan. Sistem bisnisnya sangat sederhana dengan pembayaran di awal atau di akhir ketika hewan peliharaan diambil pemilik.

Bisnis perawatan dan penginapan khusus untuk hewan peliharaan adalah jenis bisnis yang sedang booming belakangan ini. Namun, untuk menjalankan bisnis ini perlu dilakukan cek dan ricek atau riset pasar, agar bisa lebih terhubung dengan calon pelanggan.

Satu lagi yang terpenting adalah minat dan punya kasih sayang dengan hewan, agar layanan yang diberikan lebih maksimal. Tertarik mencoba bisnis satu ini?