Ingin Liburan Ke Luar Negeri? Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini, Ya!

Mendekati akhir tahun, pasti banyak orang berbondong-bondong pergi berlibur. Destinasinya pun beragam, baik di dalam maupun luar negeri. Liburan ini dilakukan untuk sekadar melepas penat sebelum menyambut tahun baru atau dengan tujuan tertentu. 

Nah, jika destinasi yang kamu pilih adalah luar negeri, pastikan membawa semua perlengkapan yang diperlukan. Tak melulu soal baju atau makanan, hal yang tak boleh luput dari perhatian tentu saja dokumen pribadi. Pasalnya, identitas diri akan menjadi hal krusial yang akan diperiksa saat tiba di negara tujuan.

Lalu, apa saja dokumen pribadi yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

Dokumen yang Wajib Dibawa saat Liburan ke Luar Negeri

loader

Dokumen yang Wajib Dibawa saat Liburan ke Luar Negeri

  1. Kartu Tanda Pengenal

    Kartu tanda pengenal merupakan dokumen nomor satu yang wajib dibawa. Pasalnya, kartu tanda pengenal berfungsi sebagai identitas diri. Di sana terdapat informasi dasar yang dibutuhkan dalam pendataan atau pemeriksaan identitas seseorang.

    Dengan membawa dokumen ini, petugas di negara tujuan tidak akan kesulitan memeriksa identitas dan asal negara. Jadi, ketika ada suatu hal yang urgent, akan lebih mudah memeriksa identitas diri lewat dokumen ini. 

    Di Indonesia, kartu tanda pengenal yang bisa dibawa tentu saja Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, bisa juga membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai pengganti KTP. Mengingat begitu pentingnya dokumen pribadi ini, sangat disarankan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan jika memungkinkan, simpan juga dalam bentuk digital. 

  2. Paspor

    Paspor merupakan dokumen resmi yang wajib dibawa sebagai bagian dari identitas diri. Dengan paspor, seseorang dapat bepergian dari satu negara ke negara lain.

    Untuk itu, sebelum pergi ke luar negeri, pastikan memiliki paspor yang sah dan sesuai dengan ketentuan. Pastikan juga jumlah halaman paspor cukup agar tak menimbulkan masalah saat berada di negara tujuan. 

  3. Visa Perjalanan

    Selanjutnya, dokumen yang tak boleh luput dari perhatian saat hendak ke luar negeri adalah visa. Ini merupakan dokumen legal yang berfungsi sebagai izin yang diberikan suatu negara kepada warga negara lain untuk memasuki negara tersebut. Untuk itu, beberapa negara memberikan ketentuan dan persyaratan yang cukup ketat sebelum menerbitkan visa.

    Tentunya kebijakan visa akan berbeda-beda di tiap negara. Beberapa negara bahkan memperbolehkan pengunjungnya untuk melengkapi visa on arrival atau visa saat kedatangan saja. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui kebijakan terkait visa perjalanan sebelum berangkat ke negara tujuan agar tak mendapatkan masalah. 

  4. Sertifikat Vaksin

    Situasi pandemi Covid-19 masih belum benar-benar berakhir. Masih banyak negara mengharuskan pengunjung dari negara lain untuk membawa sertifikat vaksin saat berkunjung. Meskipun begitu, kebijakan terkait sertifikat vaksin ini masih sering berubah seiring dengan kondisi global.

    Tapi, akan lebih aman kalau kamu sudah menyiapkan sertifikat vaksin sebelum melakukan perjalanan. Pastikan jenis vaksin yang diterima sesuai dengan ketentuan vaksinasi yang berlaku di negara tujuan. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu kondisi berubah dan diperlukan sertifikat vaksin sebagai syarat bepergian. 

  5. Tiket Perjalanan

    Tiket perjalanan merupakan dokumen yang wajib kamu siapkan juga sebelum bepergian ke luar negeri. Bukan hanya tiket pesawat, tiket pemesanan penginapan maupun tiket lain yang akan dilakukan, baik konser maupun pameran juga harus dipersiapkan. Dengan begitu, persiapan perjalanan kamu akan lebih maksimal dan di negara tujuan kamu tak akan kebingungan. 

    Perlu diperhatikan, di era sekarang ini tiket yang dibutuhkan sudah tersedia dalam bentuk e-ticket. Agar lebih memudahkan, jangan lupa mengunduh terlebih dahulu e-ticket sebelum berangkat ke negara tujuan, ya!

  6. Rencana Perjalanan atau Itinerary

    Sebelum berangkat berlibur, ada baiknya jika membuat rencana perjalan atau itinerary selama berada di negara tujuan. Hal ini akan memudahkanmu dalam menentukan tempat mana saja yang akan dikunjungi serta apa saja yang akan dilakukan. Dengan begitu, waktu berlibur pun akan dihabiskan dengan maksimal.

    Selain itu, itinerary bisa menjadi bukti kalau kamu adalah pengunjung negara tersebut, karena beberapa negara meminta dokumen tersebut sebagai bukti. Dengan adanya dokumen rencana perjalanan ini, petugas dapat memeriksa jadwal dan tujuan liburanmu.

  7. Asuransi Perjalanan

    Asuransi perjalanan menjadi dokumen penting terakhir yang harus dibawa saat bepergian ke luar negeri. Walaupun banyak negara yang tidak mewajibkan pengunjungnya memiliki asuransi perjalanan, tapi dokumen ini bisa kamu siapkan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

    Jadi, pastikan dokumen ini disiapkan dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Sehingga jika dibutuhkan, dokumen tersebut sudah siap.

    Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

    Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Liburan Aman 2022

Pentingnya Melengkapi Dokumen Pribadi Sebelum Bepergian ke Luar Negeri

Melakukan perjalanan ke luar negeri memang hal yang menyenangkan. Apalagi jika dipersiapkan dengan matang, perjalanan pun akan terasa lebih nyaman. Salah satu hal penting yang tak boleh terlewatkan tentu saja dokumen pribadi yang berisikan identitas diri.

Dokumen tersebut akan sangat membantu ketika sedang berada di luar negeri. Dokumen yang sah juga menjadi tanda bahwa kamu adalah warga negara yang legal dan layak berkunjung ke negara lain. Untuk itu, lengkapi dokumen pribadi secara rinci agar tak mendapat masalah saat di luar negeri, ya!

Baca Juga: Liburan Pakai Investasi Reksa Dana? Ini Tipsnya