Ingin Punya Laptop Baru? Yuk, Intip Tips dan Trik Atur Keuangan untuk Membelinya Ini

Bagi kebanyakan orang saat ini, laptop menjadi salah satu gadget yang wajib untuk dimiliki. Mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai pekerja kantoran sekalipun membutuhkan komputer portabel tersebut agar bisa menjalani kesehariannya dengan lebih optimal.

Akan tetapi, bagi kebanyakan orang pula harga dari perangkat terbilang mahal sehingga harus menabung dulu agar bisa membelinya. Tentunya, kamu perlu mempertimbangkan berbagai macam hal sehingga mampu mendapatkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tak kalah pentingnya, kamu juga perlu memahami bagaimana cara atur keuangan untuk membelinya.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut tips dan trik membeli laptop baru yang penting untuk kamu terapkan.

Tips Beli Laptop Baru Sesuai Kebutuhan dan Budget

loader

1. Riset Dulu Produk secara Mendalam

Berbeda dengan komputer, laptop telah memiliki spesifikasi teknis berupa hardware bawaan dari pabriknya. Dalam kata lain, kamu tidak bisa mengutak-atik terlalu banyak spesifikasi laptop saat sudah membelinya. Bagi yang masih awam, hal tersebut tentu membuat proses pemilihan laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu, penting untuk meriset dulu secara mendalam laptop baru yang ingin dibeli. Utamanya, sesuaikan spesifikasi produk yang ingin dibeli dengan budget serta kebutuhan penggunaannya. 

Bagi pelajar atau pekerja kantoran biasa, laptop spesifikasi sedang mungkin sudah lebih dari cukup untuk memenuhi segala kebutuhan penggunaannya. Namun, lain halnya bagi desainer, fotografer, atau yang sekaligus ingin bermain game di laptop. Produk berkualitas tinggi dengan harga yang cukup menguras kantong mungkin menjadi satu-satunya pilihan. 

Terlepas dari apapun kebutuhanmu, selalu riset dulu keunggulan dan kekurangan laptop baru yang ingin dibeli agar tidak menyesal saat sudah membelinya. Jangan ragu untuk membaca review atau deskripsi serta spesifikasi laptop secara mendetail, maupun bergabung dengan komunitas agar bisa saling berdiskusi.   

2. Pilih Laptop Keluaran Beberapa Tahun Lalu

Seperti yang kita tahu, teknologi komputer setiap tahunnya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut membuat harga laptop keluaran terbaru kian mahal dan sulit untuk bisa dijangkau keuangan. 

Tapi, kondisi tersebut bisa menjadi hal baik pula bagi konsumen karena harga laptop keluaran yang lama pasti akan menurun drastis. Walaupun secara spesifikasi dan kualitas tak jauh berbeda, tapi harga laptop keluaran terbaru dan beberapa tahun lalu bisa jauh berbeda. Nah, manfaatkan hal tersebut agar bisa mendapatkan produk sesuai kebutuhan, tapi dengan harga yang lebih ramah di kantong. 

3. Cari Toko Terpercaya yang Tawarkan Promo Menarik

Tips lainnya saat akan membeli laptop baru adalah cari toko terpercaya yang menawarkan promo menarik, seperti diskon atau cashback. Hal ini tentu bisa membuat pengeluaran menjadi lebih hemat dan menguntungkan bagi keuangan. 

Di tengah persaingan bisnis komputer dan laptop yang semakin sengit seiring berjalannya waktu, strategi bisnis yang menguntungkan konsumen seperti ini tentu tidak sulit untuk ditemukan. Yang terpenting, jangan malas mencari produk laptop incaran di banyak toko berbeda yang terpercaya dan tentunya resmi serta cek penawaran yang tersedia.

4. Manfaatkan Promo Bundling

Tak kalah pentingnya, agar membuat pembelian laptop baru lebih menguntungkan, jangan ragu memanfaatkan promo bundling yang ditawarkan oleh toko ataupun brand. Tidak sedikit produk laptop yang dipasarkan sepaket bersama software premium dengan harga mahal, seperti free upgrade sistem Windows terbaru, paket Microsoft Office, atau sebagainya.

Karena termasuk sebagai aplikasi yang wajib tersemat pada laptop, tentu mendapatkan promo bundling tersebut lebih menguntungkan, bukan?

Baca Juga: Biar Tak Boros, Begini Tips Menabung Seminggu Sekali

Trik Atur Keuangan untuk Beli Laptop Baru

loader

1. Ketahui Dulu Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar mampu mengatur keuangan untuk membeli laptop baru adalah mengetahui dulu kondisi keuangan saat ini. Buat list tentang apa saja pengeluaran atau kebutuhan yang harus dipenuhi selama 1 bulan mendatang. Dari situ kamu dapat mengetahui pengeluaran apa saja yang mungkin untuk dihilangkan agar arus kas menjadi lebih lancar.

Sebagai contoh ada rencana makan malam di sebuah restoran yang tidak terlalu penting, atau rencana membeli baju maupun sepatu yang kurang mendesak. Pengeluaran seperti ini bisa dieliminasi agar kamu mempunyai lebih banyak dana untuk dialokasikan membeli laptop baru sesuai kebutuhan. 

2. Mulai Batasi Pengeluaran Harian

Cara lainnya agar pengelolaan keuangan lebih teratur demi mampu meminang laptop idaman tepat waktu adalah membatasi pengeluaran harian. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mulai membiasakan diri masak sendiri di rumah, termasuk membawa bekal ketika bekerja di kantor. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk konsumsi dengan cukup signifikan. 

Trik lainnya, biasakan diri untuk membawa dana tunai secukupnya ketika bepergian. Cara ini bisa membantumu dalam membatasi niat berbelanja berlebihan dan membengkakkan pengeluaran. Misalnya, cukup bawa uang 100 ribu saja di dompet ketika pergi ke mall atau tempat lainnya.

Akan lebih baik jika dengan uang 100 ribu tersebut kamu bisa memenuhi segala kebutuhan selama 2 sampai 3 hari. Agar pengeluaran tetap terjaga, tinggalkan pula kartu ATM. Jadi, kamu pun tidak akan seenaknya dalam berbelanja atau melakukan tarik tunai saat ingin membeli sesuatu. 

3. Pilih Jajanan yang Sekaligus Mengenyangkan

Menikmati cemilan atau jajanan memang bisa menjadi salah satu cara untuk melepas penat dan beban pikiran yang murah. Walaupun begitu, tetap saja membeli jajanan mampu menambah pengeluaran dan beban keuangan jika tidak dibatasi. Terlebih saat berencana untuk membeli laptop baru, alangkah lebih bijak jika kamu memilih jajanan yang tidak hanya mampu memanjakan lidah, tapi juga mengenyangkan perut. 

Beberapa contoh jajanan yang bisa digolongkan pula sebagai makanan berat adalah roti bakar, martabak, dan sebagainya. Dengan begitu, sembari menikmati makanan lezat tersebut, kamu juga sekaligus mendapatkan makan siang atau makan malam secara bersamaan. 

Baca Juga: Daripada Disia-Siakan, Inilah Tips Menabung Uang Receh

4. Bawa Air Minum Sendiri saat Bepergian

Tips lainnya agar mampu menghemat pengeluaran selama berencana membeli laptop baru adalah dengan membawa air minum sendiri ketika bepergian, termasuk saat kerja ke kantor. Khususnya bagi kamu yang tinggal di lingkungan yang panas dan mudah berkeringat, air minum menjadi bekal yang tidak boleh dilewatkan saat bepergian. 

Daripada harus membeli dengan harga yang lebih mahal, kamu bisa membawa air minum dari rumah untuk melepas dahaga dan mencegah dehidrasi. Selain itu, cara ini juga bisa menahanmu untuk tidak membeli minuman kekinian yang harganya terbilang cukup menguras isi kantong.

Kebiasaan ini juga bisa membuatmu tak lagi ingin pergi ke minimarket untuk membeli air minum kemasan, dan merembet membeli jajanan lain yang bisa membengkakkan pengeluaran. Jadi, walaupun terkesan sepele, tapi kebiasaan membawa minuman sendiri saat bepergian ini dapat membantumu menghemat pengeluaran dengan cukup signifikan. 

5. Komitmen Menabung Rutin 

Keinginan untuk membeli laptop baru dengan spesifikasi sesuai kebutuhan akan terasa sulit terwujud tanpa memiliki komitmen untuk menabung. Asal rutin menyisihkan uang, tujuan finansial ini tentu akan bisa terwujud seiring berjalannya waktu.

Sesuaikan rencana atau alokasi tabungan ini dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Misalnya, jika mampu menabung sebesar 500 ribu per bulan, untuk membeli laptop baru seharga 4 juta, artinya kamu harus menyisihkan uang selama 8 bulan. 

Pun dalam skenario lainnya, jika ingin membeli laptop seharga 4 juta dan harus dipenuhi dalam waktu 12 bulan, artinya mulai dari sekarang kamu harus menabung sekitar 300 ribu sebulan. Barulah dengan begitu target membeli laptop baru di kurun waktu tertentu yang telah ditentukan mampu terwujud sesuai rencana. 

6. Beli Laptop di Akhir Tahun

Tips yang terakhir, jika tidak terdesak, tunggu hingga akhir tahun jika berencana untuk membeli laptop baru. Alasannya karena dalam rentang waktu tersebut tidak sedikit toko yang melakukan cuci gudang dan menawarkan banyak promo terhadap produknya. Jadi, kamu pun lebih mudah menyesuaikan budget.  

Manfaatkan Investasi Risiko Rendah untuk Beli Laptop Impian

Selain mengatur keuangan sedemikian rupa dalam membeli laptop impian, tidak ada salahnya ikut memanfaatkan investasi risiko rendah sebagai alternatif tabungan untuk biaya-biaya tambahan yang diperlukan ketika akan membeli laptop impian, seperti aksesorisnya atau upgrade software dan hal lainnya yang diperlukan untuk kamu dalam mendapatkan laptop impian mu sesempurna mungkin.

Pilihan investasi yang bisa digunakan adalah reksadana yang modal investasinya bisa dimulai dari Rp100 ribu saja. Kamu cukup memilih produk reksadana yang sesuai dengan kondisi keuanganmu, pilih yang risikonya cukup rendah dan kamu tinggal atur saja jangka waktu yang dibutuhkan dimulai dari awal investasi sampai waktunya nanti kamu akan membeli laptop.

Idealnya kamu bisa mulai berinvestasi dari sekarang untuk membeli laptop setidaknya paling cepat tahun depan. Dengan pilihan produk investasi reksadana yang tepat, profit yang didapatkan dari investasi reksadana kamu bisa membantu hingga 50% dari biaya yang dibutuhkan untuk membeli laptop yang diinginkan.

Baca Juga: Tips Menabung dan Memilih Jenis Tabungan Berdasarkan Profesi 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Jangan Sampai Salah Pilih Laptop Baru agar Tak Menyesal Belakangan

Itulah sederet hal dan tips yang penting untuk kamu terapkan saat berencana untuk membeli laptop baru. Memiliki harga yang terbilang mahal, pastikan untuk tak sampai salah pilih saat akan membeli produk laptop dan pastikan untuk menyesuaikan budget ataupun kebutuhan. Dengan begitu, kamu pun tak akan sampai gigit jari kalau ternyata laptop yang baru saja dibeli tak sesuai harapan dan keinginan.