Biar Tak Boros, Begini Tips Menabung Seminggu Sekali

Ketika dihadapkan dengan pertanyaan, sudahkah kamu menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung? Pasti ada sebagian orang yang menjawab ‘belum’ karena berbagai alasan. Wajar, menabung memang tidak semudah saat diucapkan.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi sulit menabung, misalnya terlalu sering melihat e-commerce. Jadi, ketika ada produk yang lucu atau yang sedang diskon, tanpa berpikir panjang produk tersebut langsung di beli. Selain itu, sering nongkrong di kafe dengan teman-teman juga membuat uang cepat habis.

Meski begitu, menabung tetap harus dilakukan untuk menjaga finansial menjadi lebih baik dan kondisi keuangan di masa depan tetap aman. Tenang, banyak cara menabung yang bisa dilakukan seperti menabung seminggu sekali agar uang tidak banyak terbuang di pos belanja saja.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, Cermati.com telah menyiapkan beberapa tips menabung seminggu sekali pada ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tetapkan Tujuan Menabung

loader
Tetapkan tujuan menabung

Tentukan apa yang menjadi tujuan utama kamu menabung. Demi masa depan yang sejahtera, ataukah kamu bermaksud meminang si dia atau bisa juga demi memiliki rumah sendiri. Jurus menabung ini tentu saja bukan untuk memuaskan hasrat konsumtif.

Dengan tujuan yang jelas di masa mendatang akan menjadi penyemangatmu untuk menyisihkan pundi demi pundi demi cepat mencapai tujuan tersebut.

2. Hindari Kebiasaan Buruk

Sebaiknya hindari aktivitas di dunia maya yang akan membawamu memiliki perilaku konsumtif berlebihan. Begitu juga saat berbelanja keperluan. Tetap fokus pada apa yang kamu butuhkan, bukan yang diinginkan.

Jangan membeli sesuatu hanya karena terpengaruh oleh influencer Instagram. Padahal, kamu tidak membutuhkannya. Alangkah lebih baik untuk menemukan sektor mana yang membuat rekening ‘bleeding’. Biasanya ada hal-hal kecil yang tidak kamu sadari menjadi penyebab utama keborosan. Setelah menemukannya, berkomitmenlah untuk tidak meneruskan kebiasaan buruk tersebut.

Baca Juga: Tips Jitu Mengatur Keuangan di Usia 20 Tahunan

3. Tentukan Nilai Tabungan

loader
Tentukan nilai tabungan

Ketika sudah mendapatkan gaji bulanan, janganlah langsung dipakai untuk belanja. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyisihkan dan menentukan berapa uang yang bisa kamu sisihkan untuk ditabung dalam seminggu. Pada umumnya, uang yang disisihkan untuk ditabung sekitar 10% atau lebih setiap bulannya. Setelah itu, dari 10% kamu bisa membagi 4 minggu.

4. Memanfaatkan Fitur Perbankan

Di era milenial ini, kita dapat menemukan berbagai aplikasi dengan fitur yang dapat mengontrol pengeluaran kita. Kamu bisa memilih, aplikasi perbankan mana yang kira-kira dapat mengendalikan keuangan kita dengan baik. Terutama, jika sudah berniat untuk menabung.

Atau, bisa juga dengan mengunci tabungan. Jika kamu termasuk orang yang memiliki penghasilan di luar pekerjaan utama, pisahkan pendapatan-pendapatan itu di rekening yang berbeda. Sehingga, kamu dapat mengendalikannya dengan lebih mudah.

Baca Juga: Daripada Disia-Siakan, Inilah Tips Menabung Uang Receh

5. Cashless

loader
Cashless

Batasi uang cash dalam saku atau dompet dengan memperhitungkannya terlebih dahulu. Berapa kira-kira total pengeluaranmu dalam bentuk tunai dalam sehari. Dana yang ‘pas-pasan’ dalam saku, dapat mengontrolmu agar tidak terlalu ‘ringan tangan’, dalam merogoh kocek.

Dengan maraknya berbagai gerbang pembayaran digital, ‘cashless’ memang menjadi sebuah gaya hidup baru bagi orang-orang di era ini. Namun, tetaplah bijak. Banyaknya promosi yang ditawarkan kadang bukan membuat kita menjadi lebih hemat, malah semakin boros.

6. Minta Dukungan dengan Orang Terdekat

Tips selanjutnya yang dapat menjadi penyemangat untuk tetap fokus menabung adalah dengan mengutarakan niatmu pada orang-orang terdekat, seperti orangtua, kakak atau adik dan lainnya. Dengan begitu, mereka juga bisa berperan untuk memberi dukungan agar niat baikmu bisa tercapai.

Apalagi, jika tujuannya demi masa depan seperti menikah misalnya, atau membeli rumah. Karena dengan begitu, ada orang lain yang dapat selalu mengingatkan agar kamu tidak mengeluarkan uang demi hal yang tidak terlalu penting, dan tetap fokus pada tujuan.

Konsisten Kunci Utama Kesuksesan Menabung

Rencanakan menabung dengan matang, sebab banyak yang bisa diraih dari manfaat menabung, misalnya kondisi keuangan akan tetap aman, akan tercapai tujuan menabung. Namun, semua itu akan tercapai dengan mudah jika ada niat yang teguh dan konsistensi.

Baca Juga: Tips Menabung dan Memilih Jenis Tabungan Berdasarkan Profesi