Ini Persiapan untuk kamu yang akan Jalani Medical Check Up

Merekrut karyawan yang benar-benar siap menangani berbagai tugas merupakan kebutuhan tersendiri bagi perusahaan. Hal ini bertujuan untuk bisa mendapatkan karyawan yang kompeten dan selalu mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. 

Pada umumnya perusahaan melakukan serangkaian tes terlebih dahulu, termasuk pemeriksaan kondisi kesehatan atau yang lazim disebut dengan medical check up. Tes yang satu ini biasanya menjadi yang paling terakhir dari seluruh rangkaian tes penerimaan karyawan. Lalu, sudah siapkah Anda menjalani medical check up ini dengan sukses?

Kebanyakan orang berpendapat bahwa medical check up merupakan tes formalitas saja dan tidak begitu penting. Anggapan seperti ini tentu salah, mengingat perusahaan juga menjadikan medical check up sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan. 

Bukan tidak mungkin, kondisi yang tidak prima justru membuat pelamar gagal diterima bekerja. Medical check up ini biasanya menjadi salah satu poin penting dalam tes, terutama jika Anda melamar untuk posisi yang vital atau bahkan melamar di sebuah perusahaan yang besar. 

Pastikan Anda mempersiapkan diri sejak awal, agar medical check up bisa berjalan sukses.

Berikut ini adalah beberapa persiapan penting, yang wajib Anda lakukan agar bisa lolos dan sukses dalam medical check up saat melamar:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Tidur yang cukup dan berkualitas

tidur yang berkualitas

Jam tidur yang cukup akan sangat penting bagi Anda yang akan menjalani medical check up. Setidaknya, Anda harus mendapatkan tidur yang berkualitas selama 7 jam di malam sebelum melakukan medical check up

Hal ini penting, untuk membantu Anda bisa dalam kondisi yang bugar dan prima di pagi harinya. Anda akan benar-benar siap untuk menjalani aktivitas dengan maksimal, termasuk medical check up dalam proses melamar pekerjaan tersebut. Jika Anda kurang tidur saat menjalani medical check up, hasil yang Anda dapatkan juga akan sangat merugikan.

Saat Anda dalam kondisi kurang tidur, maka bukan hanya penampilan Anda saja, kondisi kesehatan tubuh Anda juga tidak akan baik. Kurang tidur bisa saja memicu berbagai hal buruk di dalam tubuh, termasuk tekanan darah tinggi. Selain itu, Anda akan tampak kelelahan dan tidak benar-benar siap untuk memulai sebuah pekerjaan yang baru. 

Jangan sampai laporan medical check up Anda tidak bagus, hanya karena Anda tidak cukup tidur saja. Istirahatlah yang cukup di malam sebelumnya. Anda bisa tidur lebih awal, agar mendapatkan tidur yang cukup dan bisa bangun lebih pagi saat akan menjalani medical check up tersebut.

Baca Juga: Tips Finansial untuk Persiapan Pemeriksaan Kesehatan

2. Berpuasa sesuai anjuran 

puasa

Saat akan menjalani medical check up, sebagian perusahaan mewajibkan peserta berpuasa. Durasi puasa ini beragam, namun biasanya dilakukan selama minimal 8 jam sebelum medical check up dijalankan. 

Puasa sebelum medical check up bertujuan untuk membuat darah tidak memiliki banyak kandungan zat makanan, sehingga hasil cek yang dilakukan bisa lebih akurat. Selain menjalankan puasa, Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih sebelum menjalani medical check up. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan saluran cerna dan juga darah. 

Namun meski begitu, tidak semua perusahaan mewajibkan peserta medical check up untuk menjalani puasa ini. Beberapa perusahaan yang melakukan medical check up, tidak memiliki aturan seperti ini. 

Agar lebih jelas, akan sangat baik jika Anda menanyakannya terlebih dahulu kepada pihak perusahaan. Hal ini akan memudahkan Anda mempersiapkan diri, termasuk jika ternyata puasa menjadi bagian dari medical check up yang akan Anda jalani nanti.

Baca Juga:  Mau Kesehatan Tetap Terjaga? Inilah 7 Tes Kesehatan yang Harus Anda Lakukan

3. Berolahraga teratur

olahraga dengan teratur

Tubuh yang fit dan selalu fresh tentu akan menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan medical check up yang akan Anda lakukan. Kondisi seperti ini bisa Anda dapatkan dengan menjalani olahraga yang teratur. 

Saat Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar, perusahaan akan melihat Anda lebih siap untuk menjalani rutinitas kerja, bahkan untuk aktifitas yang padat sekalipun. Anda akan memiliki kemampuan fisik yang memadai untuk menyelesaikan berbagai tugas dan tanggung jawab Anda di perusahaan.

Olahraga rutin akan membuat peluang Anda sukses dalam medical check up menjadi semakin besar. Namun untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima seperti ini tentu tidak bisa instan. Luangkan waktu Anda untuk berolahraga secara rutin, setidaknya 20-30 menit setiap harinya. 

Lakukan ini di sela-sela kesibukan Anda dalam mencari pekerjaan, agar saat ada panggilan untuk tes, Anda memang sudah benar-benar bugar.

Persiapkan diri Anda untuk Medical Check Up yang Sukses

Menjalani medical check up merupakan bagian penting dari rangkaian tes saat melamar pekerjaan. Ini tahap yang penting, sehingga Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan cara yang tepat dan maksimal, agar medical check up Anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Baca Juga: Calon Pengantin, Ini 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah