Ini yang Harus Dipersiapkan agar Enjoy Saat Datang ke Konser!

Bertemu dengan idola, menyanyi bersama, serta melihat aksi panggung mereka ketika konser tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan dan pastinya meninggalkan kesan yang mungkin tidak akan terlupakan.

Sebab dapat memberikan pengalaman yang berkesan, tak heran mengapa tiket konser seringkali ludes terjual hanya dalam waktu yang singkat. Nah, agar kegiatan nonton konser dapat berjalan aman, nyaman, dan lancar, berikut adalah sejumlah tips untuk mempersiapkan diri ke konser. Simak, ya!

Baca juga: Ternyata Ini Manfaat Konser Musik, Bukan Sekadar Cari Hiburan

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

14 Tips Enjoy Nonton Konser

loader

Nonton Konser

  1. Beli Tiket Konser Secara Resmi

    Syarat untuk bisa masuk venue konser pastinya yaitu mempunyai tiket. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak jarang terjadi fenomena ketika kuota tiket yang disediakan oleh promotor tidak sebanding dengan banyaknya peminat sehingga berujung dengan perang atau war tiket.

    Kini, pembelian tiket hampir selalu menggunakan sistem online melalui website konser. Oleh sebab itu, agar ‘menang’ war kamu harus stand by sebelum waktu booking tiket dimulai dan pastikan pula koneksi tidak bermasalah.

    Selain itu, usahakan untuk membeli tiket di website resmi dan bukan melalui calo agar terhindar dari risiko ditipu.

  2. Periksa Tanggal Konser

    Sebelum memutuskan untuk booking tiket, cek terlebih dahulu tanggal diselenggarakannya konser. Pastikan bahwa tidak ada schedule penting yang bertabrakan dengan tanggal tersebut. Kamu pun bisa mengajukan cuti sejak jauh hari agar tak disibukkan dengan urusan pekerjaan ketika bersiap untuk bertemu idola.

  3. Mau Lebih Seru? Ajak Teman-Teman!

    Jika ingin menikmati konser dengan lebih seru, ajak teman-teman untuk ikut hadir. Selain untuk meramaikan momen, kamu pun bisa lebih mudah apabila ingin mengambil dokumentasi seperti foto dan video selama konser. Sebab ada teman, kamu tidak perlu repot atau sungkan jika ingin meminta tolong untuk mengambil foto dirimu saat menghadiri konser.

  4. Cek Barang yang Akan Dibawa

    Poin yang satu ini adalah hal yang sangat penting sebelum berangkat ke konser. Sebab, banyak orang yang hadir, pastikan untuk senantiasa amankan barang bawaan selama konser agar tak ada barang yang jatuh atau hilang.

    Beberapa benda yang wajib masuk list bawaan ke konser, yakni air minum, masker, power bank, dan uang. Di samping itu, kamu juga bisa membawa jas hujan sebagai tindakan preventif apabila tiba-tiba turun hujan saat konser di area terbuka. Dengan begitu, barang bawaan tetap aman dan tetap bisa menikmati konser.

    Walaupun banyak barang yang diperlukan, bukan berarti semuanya harus dibawa, ya. Cukup pilih yang penting-penting saja agar tidak ribet dan berat saat dibawa.

  5. Fisik Harus dalam Kondisi Prima

    Sekalipun tersedia pilihan CAT dengan numbered seat, menghadiri konser bisa menjadi kegiatan yang sangat melelahkan. Mulai dari persiapan menuju venue, antre masuk, mencari lokasi sesuai kategori tiket, hingga menyaksikan konser adalah rangkaian yang panjang dan menguras energi.

    Agar tak kelelahan atau sakit saat konser berlangsung, persiapkan kondisi fisik dengan berolahraga, makan makanan yang sehat, serta imbangi dengan istirahat teratur.

  6. Ikuti Akun Social Media Konser

    Tips yang satu ini dapat memudahkan untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru terkait konser yang akan diselenggarakan. Informasi tersebut antara lain kategori dan price list tiket, line up, hingga do and don’ts ketika konser.

    Apabila ada pertanyaan, kamu pun bisa menghubungi contact person melalui DM akun media sosial konser tersebut untuk mendapatkan jawaban yang akurat.

  7. Pelajari Do and Don’ts Konser

    Berbeda idola, biasanya berbeda pula peraturan yang ditetapkan ketika konser. Nah, untuk mengatahu apa saja yang boleh dan tidak dilakukan ketika konser, pelajari do and don’ts terlebih dahulu sebelum mendatangi konser.

  8. Jangan Melanggar Peraturan Konser

    Dibuatnya peraturan atau do and don’ts bertujuan agar konser dapat berjalan aman dan tertib, sehingga baik pihak idola maupun penggemar pun bisa sama-sama merasa nyaman dan nyaman selama konser berlangsung. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mematuhi peraturan konser, ya!

  9. Coba untuk Menghafalkan Lagu Sebelum Konser

    Salah satu cara menikmati konser yaitu dengan bernyanyi bersama. Sebab ini adalah pengalaman yang berharga, ada baiknya untuk menghafal lagu-lagu idola sebelum konser agar bisa ikut bernyanyi. Pasti seru!

  10. Pakai Pakaian yang Nyaman

    Tips lain yang dapat diterapkan agar bisa menikmati konser yaitu menggunakan pakaian atau outfit yang nyaman. Tujuannya tentu untuk memudahkan agar bisa leluasa bergerak dan tidak merasa gerah. Dengan mix and match yang tepat, kamu pun bisa tampil stylish namun tetap nyaman selama konser.

  11. Hadir Lebih Awal

    Proses untuk bisa masuk ke venue konser tidaklah singkat. Kamu harus menempuh perjalanan terlebih dahulu, kemudian mengantre dan mencari lokasi sesuai kategori tiket. Sebab memakan waktu yang tidak singkat, lebih baik datanglah lebih awal agar bisa santai dan tak terburu-buru untuk masuk ke venue, sehingga kamu tidak melewatkan penampilan idola di stage.

  12. Perhatikan Berapa Lama Konser Berlangsung

    Biasanya, konser hanya berlangsung kurang lebih 1 hingga 2 jam saja. Namun, konser bisa mencapai 8 hingga 12 jam apabila banyak line up yang mengisi konser. Nah, agar bisa mempersiapkan diri, pastikan terlebih dahulu kira-kira berapa lama durasi konser yang ingin dikunjungi.

  13. Bolehkan Membawa Kamera ke Venue?

    Perlu diketahui bahwa kamera profesional dilarang untuk dibawa ke venue konser. Akan tetapi, kamu tetap bisa mengambil berbagai foto dan video dengan handphone. Selain kamera profesional, flash pun juga dilarang penggunaannya karena dapat mengganggu ketika konser berlangsung.

  14. Perhatikan Batas Usia Minimal

    Ketentuan batas usia minimal antara satu konser bisa saja berbeda dengan konser yang lain. Umumnya, pengunjung konser harus berusia setidaknya 11 tahun. Ada pula konser yang mengharuskan pengunjungnya berumur minimal 18 tahun. Jadi, apabila kamu masih underage atau berencana mengajak anak di bawah umur, pertimbangkan kembali, ya.

Baca juga: Rasakan Lagi Keseruan Nonton Konser Tanpa Khawatir Keuangan Boncos dengan Tips Nabung Ini

Ikuti Aturannya Demi Kemanan dan Kenyamanan Selama Konser

Menghadiri konser idola adalah pengalaman yang pastinya tidak terlupakan. Jadi, agar meninggalkan kesan yang menyenangkan, ikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak promotor agar kamu bisa merasa aman dan nyaman, sehingga bisa enjoy saat konser. Mudah sekali, kan?

Baca juga: 15 EDM Music yang Wajib Didengar, Beat-nya Bikin Semangat