Investasi Saham Saat Virus Corona Menyerang, Why Not? Intip Strateginya Biar Cuan

Virus corona atau COVID-19 menyebar dengan cepat. Di situasi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi prioritas agar imunitas tubuh senantiasa kuat dan terindar dari serangan COVID-19 yang ganas. Selain menjaga kesehatan diri, jangan lupa jaga kesehatan keuanganmu. Pastikan kondisi keuangan tetap sehat, tabungan dan investasi terjaga.

Menyoal investasi, sudahkah kamu berinvestasi di saham? Tahukah kamu jika saat ini termasuk momen yang tepat untuk nabung saham. Kenapa dibilang tepat? Sebab, ada banyak saham-saham ‘potensial’ dengan harga ‘diskon’ akibat virus corona.

Nah, disinilah peluangmu untuk investasi saham. Kamu bisa beli saham dengan harga murah, dan menikmati hasil cuan investasimu di masa depan. Tapi, jangan sembarangan investasi biar tidak merugi. Kamu perlu tahu strategi aman berinvestasi saham ketika virus corona merebak. Apa saja itu? Simak ulasan tips investasi saham dari cermati.com berikut ini.   

1. Terapkan Mindset Investasi Jangka Panjang

Main Saham
Miliki pola pikir baru dan hasilkan investasi saham sesuai harapan

Niatkan dirimu membeli saham untuk investasi jangka panjang (long term) yakni lebih dari lima tahun. Semakin lama semakin bagus. Ingat, cuan atau untung dari investasi saham akan lebih terasa dalam jangka panjang. Jadi, ciptakan mindset untuk menjadi investor jangka panjang demi masa depan keuangan yang lebih baik.

Keuntungan yang didapatkan ketika kamu berinvestasi long term ialah kamu tak perlu pusing dengan dampak short term virus corona yang menyebabkan ekonomi hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan. Kamu juga akan lebih diuntungkan karena gara-gara corona harga saham turun, jadi lebih murah. Justru disini kamu bisa membeli banyak saham yang memiliki potensi kenaikan di masa mendatang.

Menyoal investasi, jangan dianggap berat. Anggap saja, kamu sedang menabung tetapi dalam bentuk saham. Cara menabung saham juga gampang dan modalnya terjangkau. Kamu bisa buka rekening saham full digital, tanpa deposit dengan modal minimal Rp100.000,- melalui platform IPOTSTOCK dari PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier).

Dalam berinvestasi, usahakan untuk konsisten menabung saham. Biasakan diri menyisihkan pendapatan sebesar 10-15% untuk beli saham di IPOTSTOCK setiap bulannya. Biar enggak lupa, kamu bisa memanfaatkan fitur investasi berkala IPOTSTOCK yang akan membantu melakukan pembelian saham secara otomatis pada tanggal dan nominal yang telah kamu pilih setiap bulannya. Dijamin, kamu bisa rutin berinvestasi, tanpa khawatir lupa.

2. Beli Saham Fundamental Kuat

Main Saham
Pilih saham yang fundamentalnya kuat

Sebagai investor, membeli saham juga tak boleh sembarangan. Ada strateginya sebab tidak selamanya saham-saham ‘murah’ itu bagus lho! Pastikan kamu tidak tergiur membeli saham karena harganya murah banget.

Di sikon seperti sekarang ini, strategi yang dianjurkan ketika menabung saham adalah tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dalam membeli saham. Tipsnya, belilah saham-saham yang masuk kategori under value tapi memiliki fundamental yang bagus. Lalu, cek juga apakah saham-saham tersebut masuk dalam sektor-sektor saham yang berpotensi naik pasca COVID-19 mereda.

Be smart and be selective ketika membeli saham ‘diskonan’ biar tak buntung. Pastikan kamu memilih saham-saham berfundamental kuat dengan harga murah di IPOTSTOCK yang masuk kategori saham blue chip, LQ45, syariah hingga saham perusahaan baru listing atau IPO (Initial Public Offering).

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur kemudahan investasi di IPOTSTOCK seperti Stock Screener yang akan membantumu memilih saham-saham perusahaan tertentu kedalam kategori idaman. Serta fitur Auto Trading Machine, yang akan membantumu dalam menentukan perintah jual & beli secara otomatis. IPOTSTOCK juga merupakan platform investasi online yang terintegrasi, jadi tak cuma beli saham, kamu bisa berinvestasi di reksa dana, ETF dan Obligasi.

3. Tingkatkan Ilmu Investasi dan Sabar

Main Saham
Pelajari dan miliki kemampuan dalam berinvestasi saham

Kunci sukses meraup cuan dari investasi saham adalah menerapkan strategi investasi yang tepat dan sabar. Untuk piawai dalam berinvestasi, asah kemampuanmu seputar saham secara gratis dengan mengikuti training edukasi bersama pakar saham di IPOTSTOCK, seperti belajar analisis fundamental dan analisis teknikal saham.

Lalu, ingat ya, berinvestasi jangka panjang itu diperlukan kesabaran agar cuan yang didapatkan bisa maksimal. Artinya, kamu tak perlu panik jual saham ketika pasar tiba-tiba anjlok, atau buru-buru jual gara-gara harga saham melesat naik.

Ketahui bahwa investor long-term cenderung tak gegabah dalam bertindak. Mereka akan wait and see menyikapi pasar saham yang kini sedang tertekan dengan tren penurunan. Mereka melihat peluang disaat kondisi tertekan dan tetap optimistis, percaya badai virus corona ini akan berlalu, lalu bursa saham akan kembali menguat dan mereka pun akan meraup untung besar.

Yuk Mulai Investasi

Persiapkan masa depan keuanganmu dengan investasi saham. Tak perlu bingung mau mulai dari mana. Kamu bisa mulai dengan membuat akun di IPOTSTOCK, platform investasi saham online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada banyak keuntungan yang bisa diraih ketika kamu berani membuat keputusan untuk investasi demi masa depan yang lebih baik. Yuk, mulai investasi hari ini!