Jadi Karyawan Senior atau Junior, Ini yang Harus Dilakukan

Kantor merupakan tempat yang heterogen. Di mana kita bisa menemukan orang-orang dari berbagai suku, bangsa, jenis kelamin, dan umur. Oleh sebab itu, sebagai karyawan yang baik, Anda perlu menerapkan tata krama dan norma-norma yang berlaku pada budaya Timur, seperti Indonesia ini dalam menjalani hubungan dengan orang-orang di kantor.

Misalnya, kita harus menghargai orang yang umurnya lebih tua. Tak sedikit para karyawan dari fresh graduated yang masih awam terhadap budaya di kantor. Mereka cenderung malu-malu pada karyawan yang lebih senior, dan malah menghindarinya.

Padahal hal tersebut tidaklah baik dan akan dianggap tidak bisa membaur dengan yang lain. Oleh sebab itu, mengetahui cara menjalin hubungan yang baik dengan senior di kantor sangatlah penting.

Tentu saja, antara karyawan senior maupun junior itu memiliki keunggulan masing-masing. Dan hal itu sangat berguna bagi keduanya dan kemajuan perusahaan.

Nah, bagi Anda karyawan senior maupun junior, inilah cara bersikap atau hal yang harus dilakukan.

Karyawan Senior

1. Karyawan Senior Bisa Membagikan Pengalaman

Bagi karyawan yang sudah senior, tentunya sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak ketimbang yang masih baru lulus kuliah. Oleh karena itu, bila Anda karyawan senior, bisa membagi pengalaman tersebut kepada karyawan junior.

Hal ini juga bisa memberikan nilai lebih kepada perjalanan karier Anda nantinya. Sebab Anda memiliki tingkat kepedulian untuk membangun perusahaan bersama-sama.

Peluang Anda untuk naik jabatan pun semakin terbuka lebar. Sebab, ketika Anda melakukan transfer ilmu atau pengalaman kepada para junior, maka sama halnya Anda tengah memberikan estafet pekerjaan kepada mereka. Anda tinggal mengarahkan dan memantaunya.