Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

Memiliki kulit glowing adalah impian banyak orang. Kulit glowing dan sehat dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita, meskipun tanpa make up. Tak heran kalau wanita cukup picky saat memilih skincare, karena salah sedikit dapat berakibat fatal bagi kondisi wajah. 

Pemakaian skincare wajah bagi kebanyakan orang adalah hal yang wajib dilakukan dan tak boleh seharipun dilewatkan. Tujuannya tidak lain untuk menjaga kondisi kulit agar senantiasa sehat dan nampak awet muda.

Namun, tahukah kamu bahwa skincare untuk kulit wajah tersebut tidak boleh diaplikasikan dengan sembarangan? Salah urutan pemakaian skincare wajah dapat memberikan efek tak maksimal pada kondisi kulit. Bahkan, hal tersebut juga dapat memicu berbagai masalah pada kulit wajah.

Selain itu, untuk jenis skincare wajah di pagi hari dan malam hari juga memiliki aturan pemakaian yang tak sama, lho! Bagi kamu yang rutin memakai skincare wajah setiap harinya, pasti sudah tidak asing lagi dengan urutan pemakaian produk kecantikan tersebut. Namun, bagi kamu yang masih awam dan belum lama merawat kulit wajah, yuk cari tahu dulu urutan penggunaan skincare wajah di pagi dan juga malam hari berikut ini.

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

loader

Pemakaian skincare wajah di pagi hari lebih difokuskan untuk menjaga kulit dari paparan radiasi sinar UV dan juga polusi udara.

Skincare routine di pagi hari sebenarnya sangat simpel. Kamu cuma butuh serum, pelembap, dan sunscreen yang teksturnya ringan agar wajahmu tidak kelihatan cakey atau berminyak saat beraktivitas.

Agar manfaat tersebut bisa didapatkan secara optimal, beginilah urutan pemakaian skincare pagi.

  1. Sabun Pembersih Wajah (Facial Foam / Wash)

    Mencuci muka di pagi hari itu penting meskipun wajah tidak terkena debu atau kotoran di malam hari. Ketika kulit wajah bersih, maka produk skincare yang dipakai akan menyerap sempurna di kulit. Manfaat dari produk itu sendiri pun akan terlihat seiring berjalannya waktu.

    Cuci muka dengan cleanser yang pH-nya tidak lebih dari 5,5. Pastikan teksturnya lembut agar tidak melukai kulit wajah. Sebaiknya hindari pencuci muka yang terlalu banyak busa, karena kandungan sabunnya dipercaya dapat mengurangi kelembapan kulit.

  2. Toner Wajah

    Setelah mengaplikasikan pembersih wajah, kamu dapat menggunakan toner wajah agar sisa kotoran dan juga minyak dapat terangkat. Selain itu, pemakaian toner wajah bagi kamu yang memiliki masalah jerawat juga dapat membantu redakan peradangan, mengecilkan jerawat, hingga mencegah jerawat baru muncul. Pengaplikasian toner juga membuat pH kulit kembali normal dan menjadikan kulit lebih siap untuk menerima produk perawatan kulit lainnya.

  3. Essence

    Di urutan yang ketiga, essence menjadi salah satu produk skincare pagi yang wajib dimiliki para wanita. Essence berguna untuk melembapkan kulit serta memudahkan produk skincare wajah selanjutnya untuk meresap ke dalam kulit.

    Tidak hanya itu, essence juga berfungsi untuk menenangkan serta menutrisi kulit, dan mencegah penuaan. Cara pengaplikasian essence ini juga cukup mudah, yakni dengan menuangkan beberapa tetes produk tersebut pada telapak tangan dan mengoleskan atau menepukannya secara merata ke permukaan wajah.

  4. Serum Wajah

    Selanjutnya, kamu dapat mengaplikasikan serum wajah pada rutinitas skincare di pagi hari. Dibandingkan dengan krim wajah atau pelembap, serum wajah dianggap mampu meresap pada kulit dengan lebih efektif. Cara pengaplikasiannya pun tidak jauh berbeda dengan essence, yakni dengan menuangkan sedikit pada permukaan tangan dan mengoleskannya secara merata pada kulit wajah juga leher. Kamu juga bisa melakukan tap-tap agar produknya mudah menyerap.

    Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika ingin kulit kelihatan lembap, aplikasikan serum yang mengandung hyaluronic acid. Jika ingin menyamarkan noda hitam, aplikasikan serum yang mengandung vitamin C.

  5. Moisturizer atau Pelembap

    Kamu boleh saja melewatkan penggunaan serum di pagi hari, tapi tidak untuk yang satu ini. Penggunaan pelembap sangat disarankan untuk semua jenis kulit agar kelembapan kulit tetap terjaga saat beraktivitas. Penting terutama bagi yang bekerja di ruangan ber-AC.

    Fungsi dari produk perawatan kulit ini adalah untuk melembapkan serta menghaluskan kulit wajah. Bagi kamu yang mempunyai kondisi kulit wajah yang kering, usahakan untuk memilih pelembap yang memiliki tekstur krim.

    Sementara untuk tipe berminyak, pelembap dengan tekstur gel atau cair lebih cocok untuk dipilih. Pemakaian moisturizer dapat dilewati jika serum wajah atau toner dirasa sudah mampu melembapkan kulit, khususnya pada tipe kulit berminyak.

  6. Sunscreen atau Tabir Surya

    Step skincare di pagi hari yang tak boleh dilupakan adalah tabir surya, terutama untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya akan membantu melindungi kulit dari jahatnya sinar UV yang dapat merusak lapisan kulit.

    Tabir surya disarankan yang SPF 30 ke atas. Semakin tinggi kandungan SPF-nya, semakin baik karena akan semakin terlindungi pula kulitmu.

    Agar memberikan manfaat maksimal, usahakan untuk mengaplikasikan sunscreen 15 sampai 30 menit sebelum beraktivitas agar mampu diserap sempurna oleh kulit. Aplikasikan ulang tabir surya setelah 3 atau 4 jam untuk memberikan perlindungan optimal bagi kulit.

    Saat tabir surya ini selesai dioleskan pada kulit, kamu dapat mengaplikasikan produk make up maupun riasan wajah seperti biasa.

Urutan Pemakaian Skincare Malam

loader

Berbeda dengan pemakaian di pagi hari, pengaplikasian skincare di malam hari berguna untuk menenangkan kulit wajah. Sebaiknya gunakan skincare yang kandungannya lebih powerful agar manfaatnya semakin kelihatan, apalagi kulit akan beristirahat di malam hari.

Walaupun urutannya tak jauh berbeda dengan yang di pagi hari, penggunaan skincare di malam hari memiliki beberapa tahapan tambahan. Untuk lebih jelasnya, inilah urutan yang tepat pada pemakaian skincare malam.

  1. Make Up Remover

    Hal pertama yang wajib dilakukan pada rutinitas skincare di malam hari adalah membersihkan kosmetik pada wajah setelah seharian beraktivitas dengan make up remover. Tujuannya tidak lain agar kesehatan kulit terjaga dan terhindar dari efek samping produk kosmetik yang menempel pada wajah.

    Double cleansing di malam hari sangat disarankan agar kulit bersih secara maksimal, karena kamu telah beraktivitas seharian. Ambil kapas, lalu tuangkan micellar water secukupnya. Bersihkan wajah secara menyeluruh.

    Umumnya, kamu dapat memakai make up remover dengan bahan dasar minyak agar kosmetik dengan kandungan minyak dapat lebih mudah dihilangkan. Sebab, kemampuan untuk mengangkat makeup jauh lebih baik dibandingkan yang tipe water. Namun, bagi orang dengan tipe kulit berminyak, pembersih make up dengan bahan dasar air mungkin lebih baik dipilih agar kulit tidak menjadi makin berminyak. Jika sudah selesai, baru lanjut ke step skincare berikutnya.

  2. Pembersih Wajah

    Sekarang membersihkan muka pakai cleanser yang dipakai di pagi hari. Tuangkan cleanser secukupnya ke tangan, lalu tambahkan sedikit air. Aplikasikan ke seluruh kulit wajah dengan gerakan memutar sambil memijat wajah.

    Cleanser akan mengangkat sisa-sisa makeup yang mungkin belum terangkat sepenuhnya dari penggunaan makeup remover. Selesai dicuci, wajah akan terasa halus. Produk skincare yang dipakai selanjutnya pun akan lebih meresap sempurna ke kulit.

  3. Eksfoliasi atau Scrub Wajah

    Pembersihan kulit wajah dengan eksfoliasi atau scrub wajah mampu menyempurnakan tahapan pemakaian skincare wajah pada malam hari. Dengan produk tersebut, sel kulit mati pada wajah akan terangkat. Meski begitu, pahami bahwa pemakaian eksfoliasi ini tak boleh dilakukan setiap hari, melainkan cukup 1 kali saja dalam seminggu.

  4. Toner

    Selain untuk melembapkan, penggunaan toner dipercaya dapat menyeimbangkan pH dan mencegah peradangan pada kulit. Aplikasikan toner secukupnya ke kulit wajah. Jika kulitmu kering, kamu bisa reapply toner hingga 2 atau 3 kali agar kulit lembap maksimal.

    Mau dituang di tangan atau di kapas, sama saja. Kamu bebas pilih yang nyaman dan paling praktis menurut versimu. Hal ini tidak akan mengurangi manfaat dari toner itu sendiri selagi produk yang digunakan sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit.

  5. Essence

    Merupakan tahapan yang sebenarnya tidak terlalu krusial, cuma tetap bisa dilakukan jika ingin memaksimalkan manfaat produk skincare yang dipakai di malam hari. Essence berfungsi untuk melembapkan, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit. Pengaplikasiannya sama seperti toner, bisa dituang di tangan atau di kapas.

    Essence bisa dipakai setiap hari, jadi jangan khawatir. Selagi essence tersebut tidak mengandung zat untuk exfoliating, ya! Sebab, kandungan exfoliating disarankan untuk diaplikasikan sebanyak 2-3 kali saja dalam seminggu.

  6. Serum Wajah

    Memberikan nutrisi tambahan pada kulit sangatlah penting. Nutrisi tersebut akan memaksimalkan hasil dari produk-produk yang kamu gunakan sebelumnya. Serum yang dipilih di sini sebaiknya difokuskan pada masalah kulitmu saat ini.

    Jika masalah kulit berupa penuaan dini, pilihlah serum yang anti-aging. Beberapa kandungan yang baik untuk anti-aging, seperti hyaluronic acid, ceramide, retinol, dan vitamin C. Khusus untuk yang mengandung retinol, kamu harus berhati-hati saat memilih produknya karena iritasi dan masalah kulit akan muncul apabila produknya tidak sesuai.

  7. Eye Cream atau Krim Mata

    Tak dilakukan saat pagi hari, rutinitas skincare malam memerlukan pemakaian eye cream atau krim mata. Penggunaan skincare ini amat penting, terutama untuk kamu yang mempunyai masalah kantung mata, mata panda, maupun kerutan. Pengaplikasian serum atau krim mata dapat memberikan kelembapan yang baik untuk mengatasi kerutan atau penuaan dini, lho! Jadi, step ini jangan diabaikan begitu saja.

    Hasilnya mungkin tidak secepat saat kamu mengaplikasikan serum di kulit wajah. Khasiat eye cream lebih lama kelihatan, maka dibutuhkan kesabaran ekstra. Aplikasikan secukupnya di bawah dan kelopak mata.

    Tips dalam memilih eye cream, pastikan menggunakan produk dengan kandungan konsentrat tinggi, sebagai contoh, peptida dan antioksidan.

  8. Pelembap atau Krim Malam dan Sleeping Mask

    Kulit membutuhkan kelembapan ekstra di malam hari. Makanya, penggunaan pelembap sangat disarankan meskipun bagi pemilik kulit berminyak. Kulit yang lembap dipercaya dapat terhindar dari penuaan dini.

    Pelembap yang digunakan di malam hari sebaiknya dibedakan dengan yang di pagi hari. Pelembap atau krim malam harus lebih heavy lagi teksturnya. Produk yang digunakan sebagainya memiliki kandungan aktif, seperti hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, dan peptide.

    Sementara itu, pemakaian sleeping mask bersifat opsional. Akan tetapi, jika menginginkan hasil perawatan kulit yang lebih maksimal, kamu dapat rutin mengaplikasikan sleeping mask ini sebelum tidur.

  9. Lip Balm atau Cream

    Urutan skincare malam terakhir adalah lip balm atau lip cream. Penting karena bagaimanapun juga, bibirmu harus tetap lembap. Sewaktu bangun keesokan paginya, bibir tidak kering dan pecah-pecah.

    Kamu bisa menggunakan lip scrub terlebih dahulu sebelum menggunakan lip balm. Penggunaan lip scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Dengan demikian, bibir akan terasa kenyal.

Tips Mengatur Keuangan untuk Kebutuhan Skincare

Merawat kesehatan kulit dan wajah memang penting, tapi yang tidak kalah penting lainnya adalah juga menjaga kesehatan finansial. Belanja kebutuhan skincare boleh-boleh saja asal kamu sudah menyesuaikan kondisi finansial se-ideal mungkin agar kebutuhan skincare dan lainnya yang sama pentingnya tetap terlaksana dengan baik.

Berikut beberapa tips mudah mengatur keuangan agar tetap bisa membeli kebutuhan skincare secara rutin.

  1. Sisihkan 5% dari penghasilan khusus untuk tabungan skincare.
  2. Beli jenis skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan perawatan yang dibutuhkan kulit saja.
  3. Usahakan membeli skincare dari toko yang sama agar bisa memanfaatkan promo bundle atau gratis ongkos kirim jika membelinya secara online.
  4. Buat membership jika ada agar bisa mendapatkan promo-promo spesial, reward point atau cashback dari produk skincare yang rutin dibeli.
  5. Bandingkan produk skincare yang cocok untuk kulitmu untuk mendapatkan harga yang paling cocok untuk keuanganmu.
  6. Hindari membeli produk skincare yang jauh dari kemampuan budget-mu.
  7. Jangan sampai jumlah uang yang disisihkan untuk kebutuhan skincare lebih besar daripada kebutuhan primer lainnya seperti bahan makanan, tagihan bulanan, dana darurat dan tabungan.

Tetap Sesuaikan Produk Skincare Wajah dengan Jenis serta Kebutuhan Kulit untuk Hasil Maksimal

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebutuhan produk skincare yang berbeda-beda. Selengkap apapun produk perawatan kulit yang kamu gunakan, kalau digunakan dengan cara yang tidak tepat atau tidak cocok dengan kondisi kulit, hasilnya juga akan menjadi tak maksimal. Oleh karena itu, selain mengikuti tips rutinitas skincare di pagi dan juga malam hari di atas, pastikan kamu menggunakan produk skincare yang memang cocok dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.