Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

Pemakaian skincare wajah bagi kebanyakan orang adalah hal yang wajib dilakukan dan tak boleh seharipun dilewatkan. Tujuannya tidak lain untuk menjaga kondisi kulit agar senantiasa sehat dan nampak awet muda.

Namun, tahukah kamu jika skincare untuk kulit wajah tersebut tidak boleh diaplikasikan dengan sembarangan? Salah urutan pemakaian skincare wajah dapat memberikan efek tak maksimal pada kondisi kulit. Bahkan, hal tersebut juga dapat memicu berbagai masalah pada kulit wajah.

Selain itu, untuk jenis skincare wajah di pagi hari dan malam hari juga memiliki aturan pemakaian yang tak sama, lho! Bagi kamu yang rutin memakai skincare wajah setiap harinya, pasti sudah tidak asing lagi dengan urutan pemakaian produk kecantikan tersebut. Namun, bagi kamu yang masih awam dan belum lama merawat kulit wajah, yuk cari tahu dulu urutan penggunaan skincare wajah di pagi dan juga malam hari berikut ini. 

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

skincare pagi

Pemakaian skincare wajah di pagi hari lebih difokuskan untuk menjaga kulit dari paparan radiasi sinar UV dan juga polusi udara. Agar manfaat tersebut bisa didapatkan secara optimal, beginilah urutan pemakaian skincare pagi.

  1. Sabun Pembersih Wajah (Facial Foam / Wash)

    Setelah bangun tidur, usahakan untuk langsung mengaplikasikan sabun cuci muka agar kotoran dan minyak yang mengendap semalaman bisa langsung dibersihkan. Dengan begitu, saat kondisi wajah sudah bersih, kamu dapat lebih mudah mengaplikasikan produk skincare selanjutnya agar mampu meresap maksimal pada kulit. 

  2. Toner Wajah

    Setelah mengaplikasikan pembersih wajah, kamu dapat menggunakan toner wajah agar sisa kotoran dan juga minyak dapat terangkat. Selain itu, pemakaian toner wajah bagi kamu yang memiliki masalah jerawat juga dapat membantu redakan peradangan, mengecilkan jerawat, hingga mencegah jerawat baru muncul. Pengaplikasian toner juga membuat pH kulit kembali normal dan menjadikan kulit lebih siap untuk menerima produk perawatan kulit lainnya. 

  3. Essence

    Di urutan yang ketiga, essence menjadi salah satu produk skincare pagi yang wajib dimiliki para wanita. Essence berguna untuk melembapkan kulit serta memudahkan produk skincare wajah selanjutnya untuk meresap ke dalam kulit. 

    Tidak hanya itu, essence juga berfungsi untuk menenangkan serta menutrisi kulit, dan mencegah penuaan. Cara pengaplikasian essence ini juga cukup mudah, yakni dengan menuangkan beberapa tetes produk tersebut pada telapak tangan dan mengoleskan atau menepukannya secara merata ke permukaan wajah.

  4. Serum Wajah

    Selanjutnya, kamu dapat mengaplikasikan serum wajah pada rutinitas skincare di pagi hari. Dibandingkan dengan krim wajah atau pelembap, serum wajah dianggap mampu meresap pada kulit dengan lebih efektif. Cara pengaplikasiannya pun tidak jauh berbeda dengan essence, yakni dengan menuangkan sedikit pada permukaan tangan dan mengoleskannya secara merata pada kulit wajah juga leher.

  5. Moisturizer atau Pelembap

    Fungsi dari produk perawatan kulit ini adalah untuk melembapkan serta menghaluskan kulit wajah. Bagi kamu yang mempunyai kondisi kulit wajah yang kering, usahakan untuk memilih pelembap yang memiliki tekstur krim.

    Sementara untuk tipe berminyak, pelembap dengan tekstur gel atau cair lebih cocok untuk dipilih. Pemakaian moisturizer dapat dilewati jika serum wajah atau toner dirasa sudah mampu melembapkan kulit, khususnya pada tipe kulit berminyak. 

  6. Sunscreen atau Tabir Surya

    Urutan terakhir pada pemakaian skincare pagi hari adalah sunscreen atau tabir surya. Dengan menggunakan skincare, kulit akan terjaga dari radiasi sinar matahari yang mampu memicu penuaan. 

    Agar memberikan manfaat maksimal, usahakan untuk mengaplikasikan sunscreen 15 sampai 30 menit sebelum beraktivitas agar mampu diserap sempurna oleh kulit. Barulah saat tabir surya ini selesai dioleskan pada kulit, kamu dapat mengaplikasikan produk make up maupun riasan wajah seperti biasa. 

Baca Juga: Bikin Wajah Jadi Glowing Alami, Mulai Perbanyak Konsumsi 7 Makanan Ini

Urutan Pemakaian Skincare Malam

skincare malam

Berbeda dengan pemakaian di pagi hari, pengaplikasian skincare di malam hari berguna untuk menenangkan kulit wajah. Walaupun urutannya tak jauh berbeda dengan yang di pagi hari, penggunaan skincare di malam hari memiliki beberapa tahapan tambahan. Untuk lebih jelasnya, inilah urutan yang tepat pada pemakaian skincare malam. 

  1. Make Up Remover

    Hal pertama yang wajib dilakukan pada rutinitas skincare di malam hari adalah membersihkan kosmetik pada wajah setelah seharian beraktivitas dengan make up remover. Tujuannya tidak lain agar kesehatan kulit terjaga dan terhindar dari efek samping produk kosmetik yang menempel pada wajah.

    Umumnya, kamu dapat memakai make up remover dengan bahan dasar minyak agar kosmetik dengan kandungan minyak dapat lebih mudah dihilangkan. Namun, bagi orang dengan tipe kulit berminyak, pembersih make up dengan bahan dasar air mungkin lebih baik dipilih agar kulit tidak menjadi semakin berminyak. 

  2. Pembersih Wajah

    Setelah make up pada wajah telah dibersihkan, kamu perlu membersihkan kembali kulit dengan pembersih wajah. Hal ini berguna untuk memastikan tak ada lagi kotoran, minyak, maupun sisa kosmetik yang tertinggal pada kulit wajah. 

    Tergantung dari jenis kulit, kamu dapat menggunakan micellar water, cleansing milk, ataupun cleansing oil untuk membersihkan wajah dengan maksimal. Pastikan untuk membilas sabun pembersih wajah ini hingga bersih dengan air mengalir. 

  3. Eksfoliasi atau Scrub Wajah

    Pembersihan kulit wajah dengan eksfoliasi atau scrub wajah mampu menyempurnakan tahapan pemakaian skincare wajah pada malam hari. Dengan produk tersebut, sel kulit mati pada wajah akan terangkat. Meski begitu, pahami bahwa pemakaian eksfoliasi ini tak boleh dilakukan setiap hari, melainkan cukup 1 kali saja dalam seminggu.

  4. Toner

    Tak jauh berbeda dengan rutinitas skincare di pagi hari, kamu dapat memakai toner setelah mencuci muka. Dalam urutan skincare wajah ini, aplikasikan toner dengan kandungan asam hialuronat, gliserin, dan asam laktat agar kulit mampu menjaga kelembapannya sepanjang malam. 

  5. Serum Wajah

    Setelah toner, serum wajah menjadi urutan selanjutnya pada perawatan kulit saat malam hari. Serum wajah mempunyai fungsi yang mirip saat diaplikasikan sebagai skincare malam, yaitu melembapkan serta menghaluskan kulit di wajah. 

  6. Eye Cream atau Krim Mata

    Tak dilakukan saat pagi hari, rutinitas skincare malam memerlukan pemakaian eye cream atau krim mata. Penggunaan skincare ini amat penting, terutama untuk kamu yang mempunyai masalah kantung mata, mata panda, maupun kerutan. Tips dalam memilih eye cream, pastikan menggunakan produk dengan kandungan konsentrat tinggi, sebagai contoh, peptida dan antioksidan.

  7. Krim Malam dan Sleeping Mask

    Tidak hanya eye cream, pemakaian krim malam dan sleeping mask juga krusial dilakukan saat menjalani rutinitas skincare malam. Krim malam ini memiliki fungsi yang mirip dengan pelembap yang digunakan pada rutinitas skincare pagi hari. Namun, produk perawatan kulit tersebut memiliki peran tambahan, yakni, memudarkan flek atau noda hitam dan menyamarkan kerutan di wajah. 

    Sementara itu, pemakaian sleeping mask bersifat opsional. Akan tetapi, jika menginginkan hasil perawatan kulit yang lebih maksimal, kamu dapat rutin mengaplikasikan sleeping mask ini sebelum tidur. 

Tetap Sesuaikan Produk Skincare Wajah dengan Jenis serta Kebutuhan Kulit untuk Hasil Maksimal

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebutuhan produk skincare yang berbeda-beda. Selengkap apapun produk perawatan kulit yang kamu gunakan, kalau digunakan dengan cara yang tidak tepat atau tidak cocok dengan kondisi kulit, hasilnya juga akan menjadi tak maksimal. Oleh karena itu, selain mengikuti tips rutinitas skincare di pagi dan juga malam hari di atas, pastikan kamu menggunakan produk skincare yang memang cocok dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Make up dan Skin care