Jangan Jadi Hobi Aja, Bawel di Podcast Bisa jadi Uang dengan Cara Ini

Setelah tren Youtuber, Selebgram dan Influencer sekarang muncul lagi profesi baru yang berawal dari hobi yaitu menjadi Broadcaster atau Penyiar di Podcast.

Podcast adalah salah satu perkembangan media baru yang sedang hype dan digemari oleh banyak anak mudah terutama para generasi millenial. Podcast sendiri adalah singkatan dari ‘iPod Broadacsting’ atau siaran lewat iPod. Tapi saking populer dan diminati oleh banyak orang, Podcast saat ini seakan menjadi merk milik bersama dan memiliki banyak platform juga tidak lagi terikat dengan makna asli dari singkatannya.

Jadi, jika dulu Podcast hanya bisa dinikmati di perangkat iPod sekarang Podcast bisa dinikmati disegala jenis smartphone atau gadget lain seperti laptop dan komputer dengan hanya mendownload aplikasi online tertentu yang memiliki fitur Podcast.

Walaupun merupakan penyiaran bersifat audio, konsep Podcast benar-benar jauh berbeda dengan radio. Sama dengan Youtube, siaran di Podcast tidak menyiarkan siarannya secara linear dengan AM/FM. Podcast disiarkan secara on demand dan bisa didengarkan lagi secara berulang-ulang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Mulai dari Youtuber sampai Artis Terkenal punya Podcast

artis punya podcast

Meskipun baru hype sekarang sebenarnya Podcast sudah ada sejak lama, bahkan lebih lama dari Youtube. Podcast lahir seiring dengan dengan kelahiran perangkat ciptaan Steve Jobs yaitu iPod pada tahun 2001. Pertama kali dilakukan di Amerika, Podcast di Amerika baru benar-benar berkembang pada tahun 2005, tahun yang sama dengan lahirnya Youtube.

Di Indonesia sendiri perkembangan Podcast semakin meningkat tajam semenjak aplikasi streaming musik popular Spotify mulai mempromosikan fitur podcast mereka dengan intens baik di aplikasi mereka sendiri atau di media lain.

Berpotensi jadi ladang emas baru, sekarang tidak hanya komentator dan penyiar radio saja yang ikutan punya podcast, youtuber, selebgram sampai artis papan Indonesia pun mulai ikutan buka akun podcast sebagai lahan baru untuk menambah penghasilan.

Baca Juga: Punya Hobi? 4 Hobi Ini Bisa Jadi Sumber Pemasukan Tambahan

Tips Dapat Uang dari Podcast

dapat uang dari podcast

Kamu juga mau punya penghasilan dari Podcast?

Mumpung lagi hype, manfaatkan hobi ceriwis mu jadi uang dengan membuka akun podcast dan jadi penyiar di podcast mu sendiri. Ini dia tips bagaimana bisa dapat uang dari podcast:

1. Pilih Topik Siaran Podcast yang Benar-Benar Dikuasai

Walaupun hanya suara, tapi menyiapkan konten untuk Podcast sama serius dan sulitnya dengan membuat sebuah naskah siaran radio. Walaupun ada beberapa podcast populer yang terkesan hanya asal bicara tapi sebenarnya tema dan bahan dari siaran tersebut sudah benar-benar dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Nah, walaupun kamu masih pemulai memiliki attitude yang sama dengan podcast populer juga bisa mengantarkan podcast mu jadi populer juga. Dan langkah paling awal yang harus dilakukan adalah menentukan tema dari Podcast mu sendiri.

Cari topik yang benar-benar kamu kuasai, sehingga kamu jadi lebih mudah dalam mempersiapkan naskah dan rundown siaran mu sendiri. Coba kaitkan topik yang kamu kuasai tersebut dengan kategori-kategori yang populer seperti film, musik, KPOP atau kuliner dan fashion.

Menggunakan kategori yang populer akan lebih cepat membuat channel podcast mu diketahui orang banyak. Jadi, jangan sampai asal siaran yah!

2. Atur Jadwal dan Jam Siaran

Cari tahu dengan benar-benar di hari apa dan jam berapa orang-orang banyak mendengarkan podcast?

Bocoran nih yah, biasanya kebanyakan orang mendengarkan podcast adalah di jam makan siang, sore hari ketika pulang kerja, dan dimalam hari sebelum tidur. Nah cobalah secara konsisten melakukan siaran di jam-jam tersebut. Setidaknya untuk awal cobalah usahakan untuk melakukan siaran sekali dalam sehari untuk mengumpulkan pendengar.

3. Perhatikan Durasi Siaran

Atur durasi dimana kamu sanggup melakukan siaran secara fokus dan baik. Biasanya tahap ini baru bisa dilakukan setelah beberapa kali siaran.

Kenapa durasi siaran harus diatur? Ini untuk mencegah kamu jadi ngelantur ketika berbicara dan akhirnya melenceng jauh dari topik utama. Daya fokus orang berbeda-beda jadi ketahui durasi berapa lama yang sanggup kamu jalani. Apakah itu 30 menit atau 1 jam?

4. Punya Platform Khusus untuk Interaksi dengan Pendengar

Banyak dari pendengar podcast yang tidak hanya ingin mendapatkan hiburan tapi juga pengetahuan dan solusi. Jika kamu tidak hanya ingin punya banyak pendengar tapi juga pendengar setia, maka berinteraksi dengan pendengar adalah cara yang paling tepat.

Bagaimana caranya?

Kamu bisa memanfaatkan sosial media kamu sebagai platform mereka untuk bertanya langsung ke kamu. Misalnya DM (direct message) ke twitter atau instagram kamu. Dengan membuka kesempatan untuk pendengar bisa bertanya atau berinteraksi langsung dengan kamu, maka semakin baik pula ikatan yang kamu miliki dengan pendengar mu.

Ingat, terkadang pendengar setia lebih penting daripada pendengar yang banyak!

5. Tentukan Gaya Bicara yang Tepat

Jika topik/bidang siaran yang kamu pilih adalah topik yang serius seperti keuangan, pendidikan atau berita. Tentu saja gaya bicaranya tentu berbeda dengan mereka yang memilih topik/bidang siaran yang non-formal seperti gaya hidup, hiburan dan komedi.

Gaya bahasa itu mempengaruhi minat pendengar loh. Jadi jangan asal bicara, perhatikan cara berbicara dan nada bicara ketika melakukan siaran. Sesuaikan dulu gaya bicara dengan tema siaran biara siaran kamu lebih enak didengar.

6. Hadirkan Tamu Spesial dalam Siaran

Jika kamu memiliki teman yang dikira cukup ahli dalam tema yang akan kamu siarkan kenapa tidak diajak untuk dijadikan tamu dalam siaran podcast kamu?

Memiliki narasumber lain dalam sebuah podcast akan membuat diskusi tema menjadi lebih seru. Kamu dan tamu spesial siaran kamu bisa lebih bertukan pendapat dan berbagai informasi yang tentunya juga bisa bermanfaat untuk para pendengarmu. Terutama bagi mereka yang memang ingin menambah ilmu dengan mendengar podcast mu.

7. Bikin Video Dirimu ketika Podcast untuk Bisa Diupload di Youtube

Sejauh ini, Podcast belum memiliki sistem monetize atau google adsense seperti youtube yang bisa otomatis kirim uang ke rekening kamu jika sudah mencapai jumlah subscriber atau penayangan tertentu. Jadinya, sumber uang dari Podcast masihlah datang dari sponsorship dan endorsement.

Jadi, barengi bikin akun podcast bersamaan dengan akun youtube agar bisa memanfaatkan apa yang Youtube miliki untuk menghasilkan uang, jika Podcast kamu masih sepi dari panggilan untuk pasang iklan.

Baca Juga: Bisa Punya Penghasilan Tambahan Lewat Beberapa Website Menarik Berikut Ini

Tiada Usaha yang Tanpa Hasil, Selalu Disiplin dan Jaga Komitmen

Layaknya membangun bisnis sendiri, memulai podcast kamu sendiri tentu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai goal yang diinginkan.

Untuk itu, jangan sampai kamu menyerah di tengah jalan. Perkuat motivasi untuk bisa sukses sepanjang kamu menjalani job baru kamu sebagai penyiar di podcast.

Jika podcast kamu sudah mendapatkan angka pendengar yang banyak, hal seperti sponsorship atau endorsement akan datang dengan sendirinya. Asalkan kamu benar-benar mengolah podcast kamu seserius mungkin.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kualitas konten yang akan disiarkan. Ikuti terus tren yang ada sesuai dengan tema yang kamu pilih agar podcast kamu punya fungsi ganda tidak hanya sebagai sarana hiburan tapi juga menambah wawasan orang banyak.

Baca Juga: Bakal Jadi Tren Hiburan Berikutnya, Ini Dia 15 Channel Podcast yang Millenial Wajib Tau!