Hal yang Bisa Menambah Pahala di Bulan Ramadan, Segera Lakukan!

“Marhaban Ya Ramadhan” yang artinya Selamat datang wahai bulan Ramadan. Bulan Ramadan merupakan satu-satunya bulan yang paling ditunggu umat Islam. Sebab, pada bulan yang suci ini mereka bisa mendapatkan banyak pahala.

Bagaimana tidak? Di bulan yang juga penuh berkah ini setiap amal ibadah atau kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. Untuk itu, setiap umat Islam tidak hanya menjalankan puasa Ramadan saja, tapi mereka juga menjalankan ibadah dan kebaikan lainnya.

Nah, bagi yang ingin mendulang banyak pahala di bulan Ramadan, sebaiknya jangan sia-siakan bulan suci Ramadan ini dengan melakukan serangkaian amalan ibadah dan kebaikan berikut ini.

Bayar Zakat Fitrah dengan mudah hanya di Cermati!

Bayar Zakat Fitrah Sekarang!  

Amalan-Amalan di Bulan Ramadan

  1. Puasa Ramadan

    loader
    Puasa Ramadan

    Ya, puasa menjadi kewajiban utama yang harus dilakukan umat Islam selama bulan Ramadan. Seseorang yang berpuasa bukan hanya menahan rasa lapar dan haus dari azan subuh hingga azan magrib saja, tapi juga harus menahan hawa nafsu lainnya, seperti menjaga emosi, menundukan mata dari hal tercela, memelihara lisan dari ghibah, memelihara telinga dari hal-hal yang dibensi agama dan sebagainya.

    Jika itu dijalankan dengan baik, seseorang akan mendapatkan pahala yang jumlahnya berkali-kali lipat, bahkan puasanya juga bisa menghapus dosa-dosa yang dilakukan pada masa lalu, baik dosa kecil maupun dosa besar.

  2. Salat Lima Waktu, Dzikir, dan Berdoa

    loader
    Salat lima waktu, zikir dan doa

    Salat lima waktu merupakan ibadah yang wajib dijalankan karena salat menjadi tiang agama umat Islam. Bila kesehariannya saja bagi umat Islam yang menjalankan salat lima waktu mendapatkan pahala, maka bila ini dilakukan juga selama bulan puasa, pahala yang didapat bisa berlipat-lipat ganda dan satu rakaatnya menjadi lebih berkah dari rakaat di bulan lainnya.

    Pahala yang didapatkan bahkan akan lebih besar, jika salat dilakukan secara berjamaah dan tepat waktu di masjid. Awali dan akhiri salat dengan salat sunnah rawatib sehingga pahala di bulan Ramadan yang didapatkan juga lebih berlimpah. Setelah salat janganlah langsung berdiri atau menyudahi salat begitu saja. Tutuplah salatmu dengan zikir dan doa agar ibadah salatmu makin maksimal.

  3. Sahur

    loader
    Sahur

    Terkadang, waktu sahur disepelekan bagi kebanyakan orang. Sebab, mereka khawatir kesiangan yang pada akhirnya tidak sahur. Untuk mengatasinya, mereka memilih makan malam sebelum tidur kemudian tak lupa juga membaca niat puasa. Padahal, waktu sahur yang dianjurkan adalah dipenghujung malam sekitar jam 03:30 dini hari hingga menjelang imsak. Dengan melaksanakan sahur juga, seseorang yang berpuasa akan mendapatkan keberkahan dari Allah.

  4. Menyegerakan Berbuka Puasa

    loader
    Menyegerakan buka puasa

    Waktu berbuka puasa dianjurkan untuk disegerakan ketika sudah mendengar azan magrib. Jadi, bagi yang sedang dalam perjalanan pulang dari kantor menuju rumah atau masih perjalanan dalam bepergian lainnya, sebaiknya berhenti terlebih dahulu untuk membuka puasa. Alangkah baiknya juga jika sebelum melakukan perjalanan, kamu sudah menyiapkan minuman dan kurma atau hidangan sederhana lainnya.

  5. Salat Tarawih

    loader
    Salat Tarawih

    Setelah berbuka puasa, bukan berarti ibadah dalam satu hari telah usai. Ada rangkaian ibadah lain, yaitu kamu dianjurkan salat tarawih yang dijalankan setelah salat Isya. Salat tarawih ini bisa dilakukan secara sendiri atau berjamaah bersama keluarga atau di musala atau masjid dekat rumah. Bukan hanya pahala yang akan didapatnya, tapi dosa yang telah lalu juga akan diampuni oleh Allah bagi yang menjalankan ibadah salat tarawih ini.

  6. Membaca Al Qur'an

    loader
    Membaca Al Qur'an

    Pastinya semua umat Islam sudah tahu kalau Al Qur'an pertama kali turun pada bulan suci Ramadan. Maka, bulan ini sangat istimewa bagi orang-orang yang membaca Al Qur'an, sebab satu huruf Al Qur'an yang dibaca akan dihitung sebagai satu kebaikan. Tak heran bila di bulan ini, tak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk menghatamkan Al Qur'an hingga berkali kali.

  7. Bersedekah

    loader
    Bersedekah

    Bersedekah memang dilakukan umat Islam untuk membersihkan rezeki yang diperolehnya. Tapi, jika bersedekah di bulan Ramadan bukan hanya itu saja, banyak keuntungan lainnya yang bisa didapat, antara lain membuat seseorang lebih dapat bersyukur atas apa yang dimilikinya, pahala di bulan Ramadan dilipatgandakan, bisa mempermudah kamu jalan menuju surga.

    Banyak cara yang bisa dilakukan dengan bersedekah mulai dari memberikan sebagian rezekimu kepada orang yang berhak, memasukan rezekimu ke kotak amal di musala atau masjid, memberikan menu buka puasa kepada umat muslim yang juga sedang menjalankan ibadah puasa dan sebagainya.

  8. Zakat Fitrah

    loader
    Zakat Fitrah

    Tak ada manusia yang sempurna. Bisa saja dalam satu bulan Ramadan ada perkataan, sikap atau lainnya yang membuat ibadah menjadi tak sempurna. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menyempurnakan ibadah yang telah dijalani selama satu bulan penuh dengan membayar zakat fitrah.

    Zakat fitrah diperintahkan bayar pada mulai terbenamnya matahari 1 syawal hingga sebelum salat Idulfitri. Tapi, tak menutup kemungkinan untuk mulai membayarnya pada pertengahan Ramadan. Adapun rumus zakat fitrah yang perlu diketahui, yaitu:

    • Ukuran Liter Beras

      Per orang = 3,5 liter x harga per liter beras dipasaran.
      Misal, harga beras Rp15 ribu.
      Jadi, setiap orang wajib membayar 3,5 liter x Rp15 ribu= Rp52,5 ribu

    • Ukuran Berat Beras

      Per orang = 2,5kg x harga per kg beras di pasaran.
      Misal, harga per kg Rp18 ribu.
      Jadi, setiap orang wajib bayar 2,5kg x Rp18 ribu = Rp45 ribu

  9. Silaturahmi

    loader
    Silaturahmi

    Tak bisa dipungkiri lagi, dengan bersilaturahmi banyak manfaat yang akan didapat nantinya. Dari berbagai hadis mengungkapkan bahwa silaturahmi dapat melampangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya. Apalagi bila menjalankan silaturahmi di bulan puasa, kebaikan ini tentunya akan menghadirkan pahala lebih di bulan Ramadan. Silaturahmi ini bisa dilakukan selepas salat tarawih atau di saat menghadiri buka puasa bersama dengan teman atau tetangga rumah.

  10. Menambah Pengetahuan Agama Islam

    loader
    Menambah pengetahuan Agama Islam

    Memang benar, lebih baik tidur ketimbang mendengarkan ghibah orang lain. Tapi, seharian tidur di hari libur juga tidak baik bahkan tidak mendapatkan pahala. Alangkah baiknya, isi waktu liburmu dengan menambah pengetahuan soal agama Islam.

    Hal ini bisa dilakukan tanpa harus mencari pengajian dekat rumah yang sedang berlangsung. Selain bisa membaca arti dari isi Al-quran dan membaca buku tentang agama Islam, kamu juga bisa memanfaatkan internet dengan mencari ilmu-ilmu agama. Sekarang ini sudah banyak ustad dan ustazah yang menyampaikan dakwahnya lewat video yang diunggahnya di Youtube. Jadi, kamu bisa lebih mudah belajar agama dan plusnya lagi bisa mendapatkan banyak pahala di bulan Ramadan.

  11. Mempersiapkan Finansial untuk Kewajiban Selama Ramadan dan Menyambut Lebaran

    loader

    Selain membayar zakat fitrah yang merupakan kewajiban yang dijalankan saat menjelang hari lebaran atau di minggu terakhir bulan Ramadan. Selain itu, beramal atau berbagi dengan sesama juga menjadi hal yang lumrah dilakukan saat bulan puasa tersebut. Pastikan kamu menjalankan kedua kewajiban ini nanti dengan baik di bulan Ramadan.

    Persiapkan keuangan untuk memenuhi semua kewajiban yang berkaitan dengan bulan Ramadan seperti di atas. Kebutuhan lainnya juga kemungkinan akan meningkat selama bulan Ramadan dan membutuhkan dana lebih. Namun, hal ini tentu tidak menjadi masalah, jika sudah mengelola dan mempersiapkan keuangan dengan baik dari sekarang.

Baca juga: Hindari Hal Makruh dalam Puasa Ramadan Agar Lebih Maksimal Pahalanya

Lakukan dengan Hati yang Ikhlas

Setiap umat muslim yang melaksanakan amalan selama bulan puasa memang akan mendapat pahala yang berlimpah. Namun, bila semua amalan dilaksanakan dengan terpaksa tentu saja akan sia-sia. Sebab, pahala yang didapat tidak akan maksimal. Untuk itu, lakukanlah semua amalan ibadah dan kebaikan dengan hati yang ikhlas sehingga selain akan mendapatkan pahala di bulan Ramadan yang maksimal, kamu juga akan mendapatkan dampat kebaikan lainnya.

Baca juga: Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa?