Jenis Velg Mobil dan Rekomendasi Merek Terbaiknya

toko velg mobil terdekatVelg mobil merupakan salah satu item yang paling menarik dan selalu menarik perhatian dari kendaraan roda empat. Bagaimana tidak, velg racing mobil maupun jenis velg mobil lainnya biasanya akan membuat penampilan mobil menjadi lebih unik dan menarik untuk dipandang. 

Penggunaan velg mobil ring 17 atau velg mobil ring 15 tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan itu sendiri. Pada dasarnya, baik velg mobil ring 17 maupun velg mobil ring 15 memiliki ukuran ban yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

Harga velg mobil ini juga terbilang beragam, tergantung dari jenis bahan baku pembuat velg itu sendiri. Saat ini, ada banyak toko velg mobil terdekat yang menyediakan berbagai jenis velg racing mobil dan harga velg mobil yang variatif, sehingga pemilik kendaraan roda empat bisa memilihnya dengan leluasa. 

Baca Juga: Bengkel Mobil: Jenis dan Servis Lengkapnya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Jenis-jenis Velg Mobil 

loader

Velg Mobil

Sebelum mendatangi toko velg mobil terdekat untuk mendapatkan velg racing mobil, ada baiknya untuk memahami dengan baik jenis velg mobil itu sendiri. Bukan hanya ukuran velg mobil ring 17 dan velg mobil ring 15 saja, pemilihan jenis velg juga akan mempengaruhi akselerasi serta handlingnya. 

Berikut ini adalah beberapa jenis velg berdasarkan bahan bakunya yang bisa ditemukan di toko velg mobil terdekat: 

  1. Velg Baja

    Velg mobil yang satu ini juga biasa disebut dengan nama velg kaleng, sebab bentuknya memang terlihat seperti kaleng. Namun pada dasarnya, pembuatan velg ini menggunakan bahan baku baja, di mana baja sendiri adalah paduan dari material besi, aluminium dan karbon.

    Jika dibandingkan dengan material lainnya, maka velg mobil ring 17 maupun velg mobil ring 15 yang terbuat dari baja merupakan jenis yang terkuat. Namun penggunaan velg baja biasanya akan memberi dampak terhadap berat roda kendaraan, sehingga bisa mempengaruhi performanya. 

    Bukan hanya itu saja, velg yang terbuat dari baja ini juga hanya memiliki desain terbatas. Hal tersebut tentu akan membuat bentuknya terlihat monoton, bahkan cenderung terlihat mirip dengan kaleng. 

  2. Velg Alumunium

    Jenis velg mobil yang satu ini termasuk salah satu yang paling populer dan terbilang cukup banyak digunakan oleh pemilik mobil. Velg aluminium bahkan kerap dianggap menjadi pengganti velg baja yang banyak digunakan pada berbagai jenis mobil retro (klasik). 

    Velg aluminium itu sendiri terbuat dari perpaduan aluminium, magnesium, dan juga nikel. Hal ini membuat jenis velg tersebut digadang-gadang lebih ringan dari jenis lainnya, namun lebih kokoh dan kuat. Bukan hanya itu saja, velg mobil yang satu ini juga bisa ditemukan dalam berbagai desain yang menarik di toko velg mobil terdekat

  3. Velg Magnesium

    Jika dibandingkan dengan jenis velg racing mobil lainnya, maka jenis velg yang satu ini kurang populer, meskipun terbilang lebih kuat dan ringan dari jenis velg aluminium. Selain, itu, velg ini juga memiliki kemampuan yang lebih baik untuk meredam guncangan serta panas yang berasal dari rem. 

    Kondisinya yang terbilang rentan pada korosi membuat velg magnesium ini tidak populer. Pada umumnya, velg mobil yang satu ini lebih sering dipakai untuk kebutuhan balapan saja. Meskipun materialnya mudah terbakar, velg magnesium ini justru diklaim tidak mudah terbakar. 

  4. Velg Karbon

    Velg karbon menjadi jenis velg yang paling ringan dan sekaligus paling kuat jika dibandingkan dengan jenis velg mobil lainnya. Hal ini sekaligus membuat jenis velg yang satu ini menjadi yang paling populer dan banyak disukai oleh para pemilik kendaraan roda empat. 

    Pada umumnya, material karbon banyak dipakai untuk membuat chassis maupun body untuk supercar yang bisa melaju kencang. Namun di dalam pratiknya, pembentukan material ini tidak akan berjalan mudah dan cepat, sebagaimana pada material besi dan aluminium. Selain itu, harga velg mobil ini juga lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis lainnya. 

10 Rekomendasi Velg Mobil Terbaik di Pasaran 

Pada dasarnya, toko velg mobil terdekat tentu menyediakan banyak pilihan velg mobil ring 17 dan juga velg mobil ring 15 yang bisa dijadikan pilihan. Namun harga velg mobil tersebut tentu akan sangat tergantung pada jenis dan merk velg mobil itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi velg racing mobil terbaik yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

  1. Volk Rays 

    loader

    Ini merupakan merek velg mobil yang terbilang populer di pasaran. pada awalnya, velg keluaran Jepang ini hanya dipakai oleh mobil jalanan saja. Volk Rays bisa memberi tampilan yang sporty sebagaimana yang ditemukan pada mobil balap. Meski harga velg mobil ini sekitar Rp6 jutaan, velg yang satu ini tentu bukan yang termahal di pasaran, namun kualitasnya cukup baik dan mampu bersaing dengan yang lainnya. 

  2. BBS

    loader

    Ini merupakan velg mobil keluaran Prancis dan cukup banyak diminati di pasaran. BBS sendiri mengeluarkan sejumlah seri yang berbeda, antara lain: BBS, BSCHR, BBS F1 dan juga BBS LM. Bukan hanya itu saja, produsen yang satu ini juga menyediakan velg mobil dalam berbagai ukuran yang berbeda, mulai dari 15 inchi hingga 19 inchi. Biasanya velg ini populer dan banyak dipakai oleh peminat modifikasi Hellaflush, sebab motifnya terbilang rapat. 

  3. OZ Racing 

    loader

    Velg yang satu ini cukup populer di tanah air dan kerap dijadikan pilihan oleh para modifikator lokal. OZ Racing merupakan velg keluaran Italia dan dikenal memiliki desain-desain yang menarik. Selain itu, kualitas velg yang hadir dalam berbagai ukuran ini juga tidak perlu diragukan. Ada beberapa model yang bisa ditemukan di pasaran, antara lain: Superturismo LM Limited Edition, OZ Racing Formula HLT dan juga Superturismo GT Limited Edition. 

  4. Borbet 

    loader

    Ini adalah velg mobil keluaran Jerman dan diminati di tanah air. Borbet hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari 14 inchi sampai 22 inchi. Bukan hanya itu saja, velg mobil yang satu ini juga hadir dalam sejumlah desain yang berbeda, antara lain: Commercial, Premium, Sport dan juga Classic. Meski harganya mulai dari Rp4 jutaan saja, velg Borbet ini bisa memberikan tampilan yang mewah pada mobil.

  5. HRE 

    loader

    Jika ingin velg mobil keluaran Amerika, maka yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. HRE hadir dalam beberapa jenis yang berbeda, antara lain: 4 Piece, monoblock, dan juga 3 Piece. Selain itu, velg ini juga hadir dalam berbagai ukuran yang berbeda, mulai dari 17 inchi sampai 24 inchi. Velg mobil ini cukup diminati di Indonesia, sebab HRE dibuat menggunakan bahan baku besi yang paling ringan. 

  6. Club Linea 

    loader

    Velg mobil yang satu ini cukup populer di kalangan pecinta otomotif. Club Linea hadir dalam berbagai tipe yang berbeda, termasuk linea sport modulo Japan R20 belang dan velg linea 15 4×100/114 lebar 7/8. Kedua tipe ini menjadi yang paling banyak dipakai di tanah air. Desainnya yang mewah membuat velg mobil ini banyak diminati, bahkan dalam kondisi bekas sekalipun.  

  7. Vossen 

    loader

    Vossen merupakan velg mobil keluaran Amerika yang terbilang sangat banyak diminati di Indonesia. Tahap finishingnya yang ketat membuat produk ini memiliki kualitas terbaik di pasaran. Vossen hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari 19 inchi sampai 24 inchi. Selain itu, model velg ini juga cukup beragam, antara lain: S17, HF, VFS, CV dan juga VWS.  

  8. Auto Speed 

    loader

    Jenis velg mobil yang satu ini sangat sering digunakan pada mobil berjenis sedan maupun hatchback. Desainnya yang kokoh membuat tampilan Auto Speed terlihat elegan. Selain itu, velg mobil ini juga dibuat dengan bahan baku berkualitas dan menjalani tahap finishing yang sangat baik, sehingga akan membuat penampilan mobil menjadi lebih menarik. 

  9. RC-04

    loader

    Velg mobil yang satu ini termasuk salah satu yang terbaik di antara yang lainnya. RC-04 memiliki desain yang kokoh dan dilengkapi dengan 10 palang yang membuatnya kuat. Selain itu, velg mobil ini juga terbuat dari material yang berkualitas sangat baik, sehingga bisa mendukung performa kendaraan secara maksimal. 

  10. Advan 

    loader

    Advan adalah salah satu merek velg mobil keluaran Jepang yang cukup populer di dunia otomotif. Velg mobil ini hadir dalam berbagai model, seperti RS dan juga RG yang banyak diminati di tanah air. Bukan hanya itu saja, Advan juga bisa ditemukan dalam berbagai desain, ukuran dan warna yang berbeda, sehingga pemilik mobil akan sangat leluasa untuk memilih yang paling sesuai untuk kendaraan kesayangan mereka. 

    Baca Juga: Lebih Baik Angin Biasa atau Nitrogen untuk Isi Ban? Berikut Perbedaannya

Pilih Velg Mobil dengan Bahan dan Merek yang Tepat 

Velg mobil merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan roda empat. Selain ukurannya, pastikan untuk mengenali bahan baku pembuat velg dengan baik terlebih dahulu. Pilih velg mobil dengan bahan dan merek yang tepat, agar tampilan dan performa kendaraan bisa berjalan maksimal.

Baca Juga: Ban Mobil Bocor di Tengah Jalan? Ini Panduan Lengkap Untuk Menggantinya