Mengenal Modifikasi Mobil: Jenis dan Tips Melakukannya

Modifikasi mobil bukan lagi sebuah hal yang baru bagi pecinta otomotif, terutama mereka yang menyukai perubahan-perubahan pada kendaraan kesayangan mereka. Untuk mewujudkan hal ini, sebagian pecinta modifikasi bahkan tak sungkan untuk membeli mobil bekas untuk dimodifikasi secara khusus.

Pada dasarnya, modifikasi tidak selalu harus dilakukan secara besar-besaran (menyeluruh). Pemilik mobil bisa saja melakukan modifikasi pada bagian tertentu yang mereka inginkan saja, misalnya: modifikasi pada bagian velg, modifikasi interior, modifikasi mesin, dan yang lainnya.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Apa itu Modifikasi Mobil?

loader

Modifikasi Mobil

Secara umum modifikasi bisa diartikan sebagai tahap penggantian komponen dari komponen aslinya. Meskipun penggantian komponen yang dilakukan pada mobil hanya dalam bentuk kecil saja, hal ini akan tetap dikategorikan sebagai modifikasi.

Modifikasi biasanya dilakukan di bengkel modifikasi khusus yang menyediakan layanan yang satu ini, sebab tidak semua bengkel menyediakannya. Biasanya hanya mekanik tertentu yang memiliki keahlian khusus saja yang bisa melakukan modifikasi pada mobil.

Di dalam praktiknya, modifikasi mobil memiliki aliran tertentu, sehingga tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Penting untuk melakukan modifikasi dengan terencana dan konsep yang jelas, agar hasil yang didapatkan dari proses ini benar-benar sesuai dengan harapan.

Jenis-jenis Aliran Modifikasi Mobil

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, modifikasi mobil tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pada umumnya, para pemilik mobil akan memilih konsep tertentu yang mereka anggap menarik untuk digunakan pada kendaraan kesayangan mereka.

Idealnya modifikasi mobil memang dilakukan dengan tujuan membuat mobil memiliki tampilan yang lebih menarik. Namun, hal ini juga harus dilakukan tanpa mengganggu performa mobil itu sendiri. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memilih jenis/ konsep modifikasi yang tepat sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa jenis atau aliran modifikasi mobil yang dikenal di dunia otomotif.

  1. Sleeper Car

    Meski disebut dengan istilah “Sleeper Car” jenis modifikasi yang satu ini tidak akan mengubah mobil menjadi mobil untuk tiduran sebagaimana namanya. Jenis modifikasi ini biasanya akan membiarkan tampilan body serta interior mobil tetap standar dan tidak menonjol, masih seperti bawaan pabriknya.

    Namun sebaliknya, bengkel modifikasi akan melakukan banyak perubahan pada bagian mesin mobil. Modifikasi yang dilakukan ini biasanya bertujuan untuk membuat performa kendaraan roda empat tersebut menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Jika dilihat dari tampilannya, mobil masih akan sama seperti mobil keluaran pabrik lainnya. Namun, sentuhan modifikasi yang satu ini akan membuat performa mesinnya lebih garang dan berbeda jauh dengan tampilannya. Jenis modifikasi yang satu ini terbilang banyak diminati saat saat ini.

  2. Stance

    Jenis modifikasi mobil selanjutnya adalah Stance. Ini merupakan modifikasi yang akan memberikan sejumlah perbedaan pada tampilan mobil, seperti ground clearance dengan posisi yang terbilang sangat rendah, sehingga tampilan mobil akan menjadi sangat ceper.

    Bengkel modifikasi akan membuat perubahan yang fokus pada area kaki-kaki mobil, yakni pada bagian shock, velg dan bannya. Penggunaan air suspension pada mobil akan tetap membuat kendaraan tersebut nyaman dan tetap bisa menyesuaikan dengan kondisi jalanan yang dilaluinya.

  3. Camber

    Aliran modifikasi lainnya yang cukup banyak peminatnya adalah Camber. Meski sama-sama berfokus pada area kaki-kaki mobil, jenis modifikasi yang satu ini terbilang lebih ekstrim daripada Stance. Dalam modifikasi Camber, biasanya kaki-kaki mobil akan (terutama roda) akan terlihat keluar dari fender, sedangkan ban serta velgnya terlihat miring.

    Kemiringan pada area ban dan roda ini dibuat degan cara menyetel sudut-sudut geometri roda itu sendiri. Sedangkan ukuran fender body mobil biasanya akan di-costum lebih lebar (wide body) dengan tujuan untuk menutupi roda offset dan membuat tampilannya menjadi berbeda.

  4. Street Racing

    Jenis modifikasi mobil yang satu ini identik dengan anak muda. Street racing menjadi tren tersendiri bagi para anak muda yang menggemari kecepatan ketika berkendara dengan mobil kesayangan mereka. Modifikasi mobil ini akan sangat identik dengan tampilan sporty dan sangat muda.

    Dalam Street Racing, bengkel modifikasi akan membuat tampilan mobil mirip dengan mobil balap yang kerap tampil di sirkuit profesional. Namun meski begitu, mobil-mobil ini biasanya masih nyaman dan tetap bisa digunakan untuk rutinitas harian. Ada banyak jenis mobil yang biasa dimodikasi Street Racing, antara lain sedan, hatchback, MPV, dan SUV.

  5. VIP

    Sesuai dengan namanya, jenis modifikasi yang satu ini memang banyak dilakukan pada mobil-mobil mewah, seperti Mercedes-Benz dan yang lainnya. Modifikasi VIP pada umumnya bertujuan untuk memberi tampilan yang lebih mewah pada bagian interior dan juga eksterior mobil yang pada dasarnya memang sudah mewah tersebut.

    Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti: mengganti jok menjadi lebih mewah, memasang TV dengan ukuran besar, membuat mini bar yang akan memberi kenyamanan selama berkendara. Pada umumnya, modifikasi VIP akan menggunakan velg dengan ukuran besar dan berwarna chrome berkilau dengan profil ban yang tipis untuk membuat penampilannya lebih mencolok.

  6. JDM

    Jenis modifikasi yang satu ini juga terbilang populer di kalangan pecinta otomotif. Japanese Domestic Market atau yang populer dengan istilah JDM merupakan aliran modifikasi yang banyak diminati oleh anak-anak muda. Aliran ini terinspirasi oleh sejumlah film-film balapan yang populer dan berasal dari Negeri Sakura.

    JDM sendiri memiliki ciri khas yang unik, yakni menggunakan berbagai komponen, aksesoris dan juga sparepart yang langsung didatangkan dari Jepang. Tampilan body mobil biasanya akan dibuat simpel dengan pilihan warna yang bersih dan tambahan stiker khas Jepang untuk melengkapinya.

  7. Hot Rod

    Jenis modifikasi yang satu ini pada umumnya dilakukan pada mobil-mobil klasik. Hot Rod akan menonjolkan area mesin block mobil yang terdapat di bagian atas kabin kap mesin, di mana velg mobil dibuat menjadi warna chrome dengan paduan ban yang memiliki ukuran besar dan dibuat keluar dari body-nya.

Tips Melakukan Modifikasi Mobil dengan Sukses

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan modifikasi mobil yang sukses.

  • Tentukan Tema dan Konsepnya

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema dan konsep modifikasi itu sendiri. Ini penting, untuk memastikan bahwa tema dan konsep yang akan diterapkan pada mobil bisa sesuai antara satu dengan yang lainnya. Tema dan konsep ini tidak hanya sekedar mencakup bagian eksterior saja, namun juga interiornya, seperti: pemilihan jok, setir, dashboard, dan yang lainnya.

  • Hitung Biayanya

    Jika sudah menentukan poin di atas, maka lakukan perhitungan estimasi biaya yang akan dibutuhkan untuk modifikasi ini. Lihat apa saja komponen yang akan diganti dan mulailah membuat daftar harganya secara detail. Jika perlu, lakukan survey atau carilah informasi online yang paling akurat, agar estimasi biaya ini akurat untuk digunakan. Sediakan budget yang tepat dan siapkan juga sejumlah dana tambahan, jika sewaktu-waktu biaya tersebut meleset.

  • Pilih Bengkel yang Sesuai

    Pilihlah bengkel modifikasi yang tepat dan sudah profesional. Lakukan riset khusus untuk mencari informasi akurat terkait bengkel yang akan digunakan, agar hasil yang didapatkan juga sesuai dengan harapan. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi secara detail, terutama terkait biayanya sehingga kelak modifikasi yang dilakukan bebas masalah.

  • Mulailah dari Bagian Mesin

    Mesin merupakan poin utama yang menjadi fokus ketika melakukan modifikasi, jadi jangan abaikan ini. Konsultasikan dengan baik kepada pemilik bengkel terkait mesin mobil terlebih dahulu. Namun jika tidak ingin melakukan perubahan pada mesin, maka mintalah mereka untuk melakukan pengecekan kondisi mesin, agar kelak hal ini tidak membuat proses modifikasi terganggu.

  • Eksterior

    Jika urusan mesin sudah selesai, lanjutkan dengan memodifikasi bagian eksterior mobil. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari pemasangan stiker, penggantian ban serta velg, membuat bodykit, dan yang lainnya.

  • Interior

    Modifikasi interior bisa menjadi fokus berikutnya. Hal ini bisa dilakukan dengan berfokus pada berbagai komponen yang terdapat pada interior mobil, seperti: setir, jok, dashboard, karpet, dan yang lainnya. Lakukan modifikasi interior ini dengan tetap fokus pada tema dan konsep yang sudah dipilih sebelumnya.

  • Aksesoris Lain

    Jangan lupa untuk menambahkan berbagai aksesoris tambahan lainnya dalam modifikasi. Namun, tetap lakukan penambahan aksesoris ini sesuai dengan budget yang sudah dihitung sebelumnya, termasuk dengan tema dan konsep yang sudah dipilih sejak awal.

  • Pahami Syaratnya Agar Asuransi Tidak Hangus

    Mobil yang dimodif berlebihan dapat menghanguskan asuransi mobil yang sebelumnya dimiliki. Oleh karena itu, pahami persyaratannya dengan benar dan jangan lupa laporkan pada perusahaan asuransi.

Percantik Kendaraan dengan Modifikasi Mobil

Modifikasi merupakan salah satu cara untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih maksimal. Bukan hanya pada bagian interior dan eksterior saja, modifikasi mobil juga bisa membuat performa mobil menjadi lebih maksimal. Pilih jenis modifikasi yang tepat dan lakukan di bengkel modifikasi profesional, agar hasil modifikasi yang didapatkan benar-benar maksimal.