Profil Keisya Levronka, Pelantun Lagu Tak Ingin Usai yang Dicintai Banyak Penggemar

Keisya Levronka dikenal sebagai bintang muda yang sedang naik daun. Lagu Tak Ingin Usai (2022) yang dinyanyikannya laris manis di pasaran. Tak hanya menjadi trending di YouTube, lagu tersebut juga paling sering diputar di Spotify dan tembus hingga ratusan ribu streaming. Lagu Tak Ingin Usai bahkan mendapatkan penghargaan dari Universal Music Malaysia untuk kategori Recognition of Digital Single Achievement di Negeri Jiran.

Selain sukses bermusik, Keisya juga menjajal aktingnya lewat film dan sinetron Lara Ati (2022). Keisya yang menjadi pembawa acara Geng Lahap (2020) ini pun hadir dalam serial web berjudul Jingga dan Senja (2021), My Nerd Girl (2022) dan lainnya.

Baca Juga: Menelaah Perjalanan Karier Lyodra Ginting, Indonesian Idol Termuda

Biodata Keisya Levronka

Keisya Levronka ialah putri kedua dari pasangan Levi Leonita dan Havron Liebchen. Adiknya bernama Lexi Valleno, sementara kakaknya ialah Garry Milano. Keisya ialah satu-satunya anak perempuan dari tiga bersaudara di keluarganya.

Keisya menyelesaikan pendidikannya di SD Negeri Sawojajar 1 (2009-2015) lantas melanjutkan ke SMP Negeri 14 Malang (2015-2018). Ia kemudian bersekolah di SMA Negeri 9 Malang dan mengambil jurusan IPS. 

Namun, tahukah kamu kalau Keisya tak pernah mendaftarkan diri untuk mengikuti audisi Indonesian Idol? Kilas balik ke masa itu, ternyata ibunyalah yang mendaftarkan Keisya. Ia pun sempat marah pada sang mama. Pasalnya, ia merasa kurang percaya diri dengan kesanggupannya bernyanyi. 

Kendati demikian, Keisya mampu bertumbuh dan mengatasi rasa takutnya. Ia pun sanggup memberikan performa terbaiknya sewaktu audisi dan mengantongi golden ticket. 

Berikan yang Terbaik di Indonesian Idol 2019 Season X

Di awal Oktober 2019, Keisya mendapatkan golden ticket dan lulus babak audisi Indonesian Idol 2019. Ketika itu ia membawakan lagu Celengan Rindu milik Fiersa Besari. 

Keisya pun mengikuti serangkaian babak eliminasi dengan menyanyikan sejumlah lagu hits, baik lokal maupun mancanegara. Ketika itu, Keisya mempertontonkan kemampuan olah vokalnya dengan melantunkan Don’t You Remember (Adele), If I Ain’t Got You (Alicia Keys), dan Just a Friend to You (Meghan Trainor).

Kemudian saat memasuki babak berikutnya, Keisya sempat menyanyikan serangkaian lagu hits lainnya. Seperti Fly Me to the Moon (Kaye Ballard), Risalah Hati (Dewa 19), Rumpang (Nadin Amizah), Menanti Sebuah Jawaban (Padi), dan Dari Mata (Jaz).

Namun Keisya tak berhasil masuk jenjang selanjutnya dan tereliminasi di babak spekta 12 besar. Waktu itu (Desember 2019), ia membawakan lagu Setia dari Jikustik.

Rilis Sejumlah Karya Ciamik

Kendati tak menjadi juara di Indonesian Idol 2019, namun Keisya berhasil merilis sejumlah karya musik di bawah naungan label Universal Music Indonesia. Sebagai solois, Keisya sudah mengeluarkan sejumlah rilisan lagu-lagu yang menjadi hits

Pada tahun 2020 lalu, dara dengan zodiac Aquarius ini merilis dua buah lagu yang berjudul Jadi Kekasihku Saja dan Tergesa. Sementara di tahun 2022, ia kembali menyapa dunia melalui single bertajuk Lagu untuk Hari Ini serta Tak Ingin Usai. Adapun lagu Tak Ingin Usai diciptakan oleh Mario Gerardus Klau dan diproduseri oleh gitaris dan musisi kawakan Tohpati.

Tak Ingin Usai Meledak di Pasaran

Tak Ingin Usai rupanya melejit dan dicintai publik. Kesuksesan Tak Ingin Usai yang menjadi hits menempatkan nama Keisya Levronka sebagai penyanyi pendatang baru yang diperhitungkan. 

Berkat lagu tersebut, Keisya sukses merajai 50 lagu teratas di Spotify Indonesia selama lebih dari dua bulan lamanya. Sejak rilis di bulan Mei 2022, lagu Tak Ingin Usai sudah didengar lebih dari 48,4 juta kali di Spotify.

Tak hanya itu, Tak Ingin Usai juga mengantarkan Keisya menjadi pemecah rekor artis perempuan lokal yang lagunya paling sering diputar dalam waktu 24 jam di Indonesia. Adapun totalnya mencapai lebih dari 735 ribu streams dalam sehari.

Baca Juga: Kisah Sukses Raja Giannuca, Rajin Ikuti Banyak Ajang Bakat hingga Jadi Top 4 Indonesian Idol 2020

Tak Pernah Ikuti Kursus Vokal

Keisya mencuri hati banyak orang karena suara merdunya yang indah. Namun ternyata, selama ini Keisya tak pernah mengikuti kursus olah vokal sama sekali. 

Ia hanya mengasah bakatnya itu secara otodidak. Salah satu caranya yakni dengan menjadi vokalis band, hingga mengikuti sejumlah kegiatan lain yang mendukung olah vokalnya.

Sukses Berkiprah Sebagai Aktris

Sebagai aktris, Keisya menunjukkan kebolehannya berakting dalam sebuah serial web berjudul Jingga dan Senja (2021). Berperan sebagai Fio, web series ini menjadi debut perdananya dalam seni peran. Adapun serial web ini diketahui tayang di Vidio.

Masih dalam serial web, selanjutnya ia berperan sebagai Intan dalam My Nerd Girl di tahun 2022. Ia juga kembali memerankan Fio dalam serial web Jingga dan Senja 2 yang masih dalam proses produksi. 

Selain itu, Keisya Levronka bermain dalam film Lara Ati (2022). Dalam film tersebut, ia berperan sebagai Ajeng. Untuk film Lara Ati, Keisya ikut melakoninya dalam versi serial televisi dan memerankan tokoh yang sama.

Menurut jadwalnya, Keisya dikabarkan ikut melakoni sejumlah judul serial web. Di antaranya ialah Kisah Cinta dalam 3 Babak (sebagai Nadira Azzahra), Mozachiko (memerankan tokoh Nancy Prasetya), dan juga Septihan.

Berkecimpung Sebagai Pembawa Acara

Setelah kemunculannya sebagai kontestan Indonesian Idol Season 10 di tahun 2019 lalu, Keisya kembali tampil di layar kaca. Namun belakangan ia tampil sebagai pembawa acara Geng Lahap yang tayang sejak tahun 2020.

Keisya lantas hadir sebagai presenter tamu dalam Tanah Air Beta di beberapa episodenya. Acara tersebut ditayangkan pada tahun 2021-2022.

Diapresiasi Atas Akting yang Menawan Serta Suara Emasnya

Kabarnya, Keisya Levronka tengah menantikan keputusan dari sejumlah ajang penghargaan di bidang seni peran dan seni musik. Di tahun 2022 ini, namanya masuk nominasi Festival Film Bandung untuk kategori Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Serial Web. Namanya menjadi nominator berkat aktingnya dalam web series berjudul Jingga & Senja

Selain itu, lagu Tak Ingin Usai juga dinominasikan dalam Anugerah Industri Muzik yang dihelat Malaysia. Lagu yang dinyanyikan Keisya Levronka itu masuk nominasi Lagu Bahasa Melayu Terbaik yang Dipersembahkan oleh Artis Luar Negara. 

Ingin Jadi Duta Besar

Gadis berparas cantik dengan penampilan menarik ini ternyata kerap mengikuti kontes modeling. Sebelum sukses jadi penyanyi dan aktris seperti sekarang, ia pernah meraih Juara 1 Putri Kartini Photogenic 2019 Malang.

Sewaktu SMA, ia juga pernah menjadi wakil ketua OSIS serta mengikuti ekstrakurikuler Broadcasting. Selain itu, Keisya pernah mengikuti pertukaran pelajar ke Malaysia ketika duduk di kelas 10.

Dan kendati sudah sukses berkarier sebagai entertainer muda, ternyata Keisya menyimpan cita-cita lainnya. Ia ingin kuliah di jurusan Hubungan Internasional agar kelak bisa menjadi duta besar.

Performa Jadi Perbincangan Publik

Keisya Levronka baru-baru ini sempat jadi perbincangan netizen. Kontroversi terjadi karena penampilan live Keisya yang dinilai kurang prima di beberapa kesempatan. Di bagian klimaks lagu Tak Ingin Usai yang menjadi andalannya, Keisya tak berhasil mencapai nada tinggi dari lagunya sendiri, sehingga terdengar fals.

Dalam sebuah acara yang menghadirkan Keisya sebagai bintang tamu, ia bahkan kena sindiran pedas dari Ivan Gunawan dan Astrid Tiar. Penampilannya yang dinilai kurang maksimal tersebut membuatnya terkena kritik dan hujatan dari banyak pihak.

Namun ia menerima semua kritikan dan berterima kasih atas masukan yang dilayangkan publik kepadanya. Ia mengaku akan memperbaiki kualitas performanya agar sesuai ekspektasi ideal serta menjadi lebih well-prepared lagi di kemudian hari. 

Bekerja dengan Sepenuh Hati

Kepada media massa, Keisya sempat berbagi kisah. Menurutnya, musik ialah teman di setiap momen hidupnya dan ia meyakini banyak orang yang juga merasakan hal serupa dengannya.

Oleh sebab itu, Keisya selalu berusaha untuk menyentuh hati orang banyak melalui musiknya. Ia kerap senantiasa mencurahkan hati dan pikirannya secara penuh kepada pekerjaannya sebagai penyanyi solo.

Kini, Keisya yang mempunyai fanbase bernama Keisyakeys ini menikmati popularitas dan hasil kerja kerasnya. Lagu Tak Ingin Usai menjadi viral dan booming. Tak hanya kerap diputar di beragam platform musik. Single itu pun sering dijadikan backsound di berbagai video TikTok banyak orang. 

Baca Juga: Resmi Berpacaran dengan Rizky Febian, Inilah Profil Penyanyi Cantik Mahalini Raharja