Menelaah Perjalanan Karier Lyodra Ginting, Indonesian Idol Termuda

Lyodra Margareta Ginting kian jadi sorotan berkat suara merdunya yang indah. Di ajang bergengsi Indonesian Idol ke-10, Lyodra berhasil mengalahkan para finalis lainnya, menjadi juara, dan merilis album self-titled miliknya.

Sebagai aktris dan penyanyi remaja, ia telah menjadi populer semenjak tahun 2014. Suaranya yang khas dan merdu sangat cocok menyanyikan lagu bergenre Pop/ Balada serta R&B.

Di tahun 2017, ia bahkan memenangkan Artis Solo Perempuan Anak-anak Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia. Memasuki 2020, ia lantas meraih predikat Pendatang Baru Terdahsyat dan Genk Terdahsyat dari Dahsyatnya Awards 2020.

Baca Juga: Pernah Manggung Dibayar Kecil, Kini Tiara Andini Sudah Bisa Beli Rumah Sendiri dari Bernyanyi

Biodata Lyodra Ginting

Gemar bernyanyi membuat wanita kelahiran Medan, 21 Juni 2003 ini senang mengikuti beragam lomba dan kompetisi, dari tingkat lokal hingga internasional. Ia pun semakin sering melatih talenta bernyanyinya sejak kelas 5 SD. 

Pada tahun 2014, ia sempat mengikuti kompetisi Kirana Semen dan terus menjadi juara, bahkan hingga mewakili tingkat nasional. Lyly lantas mendaftar untuk audisi Indonesia Mencari Bakat (IMB) ke-4. Ia pun berhasil menempati peringkat keenam dalam ajang beken tersebut.

Impian untuk menjadi penyanyi terkenal pun terus dikejarnya dan kariernya semakin berkembang setelah Gita Gutawa dan Erwin Gutawa menemukannya. 

Keluarga Gutawa lantas membawa Lyly untuk tergabung dalam proyek musik Di Atas Rata-Rata 2 (DARR). Proyek musik tersebut melibatkan kumpulan anak-anak dengan bakat yang bersinar di ranah musik. 

Hingga di tahun 2016, Lyodra kemudian didapuk untuk terlibat dalam tim DARR 2 dan tampil di acara Kemerdekaan RI 17 Agustus 2016 yang dihelat di Istana Merdeka, Jakarta. Selain itu, ia pun ikut mengisi ajang bergengsi Java Jazz Festival di tahun yang sama.

Beranjak ke tahun 2017, Lyodra berhasil memenangkan Kategori A3 dalam kontes bernyanyi solo internasional untuk anak-anak, Festival Sanremo Junior 2017. Dengan membanggakan, Lyly sukses mengalahkan 22 peserta dari 18 negara. Adapun kompetisi akbar yang membuat namanya mulai tenar ini digelar di Kota Sanremo, Italia.

Memenangkan Indonesian Idol X

Awalnya, Lyodra mengikuti ajang Indonesian Idol X dan mendapatkan Golden Ticket. Ketika itu, ia berhasil mengesankan para juri lewat teknik vokal memukaunya sewaktu menyanyikan I’ll Never Love Again milik Bradley Cooper dan Lady Gaga. Penguasaan teknik vokal yang memikat di usia muda membuat juri memberikan peluang kepada Lyodra. 

Pasalnya, bahkan para juri pun tak sanggup meniru teknik yang dikenal paling sulit tersebut. Adapun tim juri waktu itu terdiri dari Anang Hermansyah, Judika, Bunga Citra Lestari, Maia Estianty, dan Ari Lasso.

Alhasil, video penampilan Lyodra ketika itu pun menjadi trending di platform YouTube. Lebih dari sejuta penonton penasaran dan terpana melihat kebolehannya mengolah vokal dengan indahnya.

Saat babak Grand Final, alumni SMP Santo Ignasius dan SMA Santo Thomas 2 Medan ini pun berhasil menyisihkan Tiara Andini dan tercatat sebagai juara dari Indonesian Idol paling muda, yakni di umur 16 tahun 255 hari. Tak hanya kontrak rekaman yang ia dapatkan sebagai hadiahnya. Lyodra pun diganjar dengan uang sebesar Rp150 juta, pulsa dari Smartfren untuk setahun, seunit motor Honda Beat, dan seunit mobil All New Nissan Livina.

Baca Juga: Gisella Anastasia, Jebolan Indonesian Idol yang Kini Sukses Jadi Artis Sekaligus Pebisnis Tajir

Kemampuan Vokal Suara Tertinggi Manusia

Tentunya keberhasilan tersebut menambah deretan prestasi yang telah dicapai Lyodra. Apalagi jika mengingat warna vokal Lyodra yang khas. Ia diberkati dengan kemampuan untuk menjangkau suara paling tinggi di atas falsetto, yakni whistle register/ whistle voice.

Seperti diketahui, tak semua penyanyi professional bisa dengan fasih menguasai teknik yang satu ini. Whistle register/ whistle voice adalah suara lengkingan lebih tinggi dari falsetto yang terdengar hampir serupa siulan atau peluit. Namun, wanita bersuara Sopran ini ternyata sanggup menguasainya.

Tentunya, kemampuan tersebut tak serta merta ia dapatkan begitu saja. Pada mulanya, putri pertama dari Natalia Johanna Tarigan dan Simar Ginting ini mempelajari teknik pengambilan suara tinggi dari guru vokalnya. 

Setelah itu, Lyly terus tekun berlatih mengambil nada suara yang lebih tinggi lagi. Ia terus berimprovisasi menaikkan nada yang ditargetnya hingga bisa mencapai teknik head voice.

Belakangan, ia pun berinisiatif mengolah sendiri teknik vokalnya agar bisa menguasai whistle register/ whistle voice, seperti Mariah Carey dan Agnez Mo yang menjadi idolanya. Lyodra sempat menyebutkan bahwa kesalahan metode saat berlatih whistle voice bisa mengakibatkan seraknya suara dan hal itu pernah terjadi kepadanya sewaktu ia berlatih dengan berlebihan.

Tak hanya serak, suara Lyodra Ginting bahkan sempat hilang total. Alhasil ia pun harus berobat ke dokter THT agar pita suaranya kembali pulih. Kendati demikian, Lyodra yang juga berminat untuk menjajal modeling dan akting ini sudah sukses menguasai whistle voice/ whistle register tersebut. 

Berprestasi Membanggakan di Usia Belia

Nama Lyodra Margareta Ginting telah menjadi nominasi beberapa ajang bergengsi. Dia juga berhasil menyabet sejumlah trofi dan berbagai penghargaan. 

Lyodra berhasil memenangkan Artis Solo Perempuan Anak-anak Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia 2017. Ia kemudian meraih Pendatang Baru Terdahsyat dari Dahsyatnya Awards 2020. Dari ajang yang sama, ia pun membawa pulang Genk Terdahsyat bersama Ziva dan Tiara.

Sementara dalam Indonesia’s Beautiful Women 2021, ia pun ikut menyabet penghargaan ini dengan 21 wanita berprestasi lainnya. Selain itu, ia juga meraih Best Dress Indonesian 2021 dalam acara tersebut.

Album Perdana yang Sempat Tertunda

Sebelum berhasil merilis Lyodra (2021), Lyly pernah terlibat dalam sejumlah album kompilasi. Di antaranya yaitu Di Atas Rata-Rata (2015), Musik Anak Terbaik: Di Atas Rata-Rata (2017), Berlin And Friends (2019), dan Musikini Super Hits 2 (2021).

Hingga akhirnya, setelah sempat tertunda selama setahun lamanya karena pandemi Corona, Lyodra pun berhasil mengeluarkan album perdananya. Dalam album tersebut, ia menyajikan delapan lagu yang menampilkan totalitasnya dalam bernyanyi.

Dalam albumnya, Lyodra didukung oleh para musisi senior seperti Yovie Widianto, Ade Govinda, Anji, Dipha Barus, hingga Mario G. Klau. Dihadirkan secara fisik, album tersebut berupa Lyodra Special Box Set Bertanda Tangan berisi notebook lirik, kalender, foto, serta kepingan CD seharga Rp300 ribu. Adapun versi pre-order dibanderol seharga Rp250 ribu secara online, dengan 200 album limited edition langsung ludes terjual dalam waktu kurang dari satu jam.

Makin Tenar di Kancah Mancanegara

Lyodra pun sudah semakin populer dengan beraneka hits andalannya. Lagu-lagu seperti Mengapa Kita #TerlanjurMencinta, Sabda Rindu, dan Kalau Bosan telah digemari masyarakat dan kian melambungkan namanya. Demikian pula dengan Pesan Terakhir, Tentang Kamu, dan Gemintang Hatiku juga sukses mengisi hati para penggemar musik Tanah Air. 

Adapun lagu Pesan Terakhir telah sukses disorot dunia dan mengharumkan belantika musik Indonesia. Lagu tersebut berhasil berada dalam daftar Top 50 Global Viral Chart di platform Spotify.

Nama Lyodra Ginting bahkan bersaing dengan para musisi kawakan seperti Doja Cat dan Justin Bieber. Di samping itu, lagu Pesan Terakhir dan Kalau Bosan juga bertengger di Top 50 Indonesia Viral Chart Spotify.

Selalu Menjaga Performa dan Suara

Lyodra kini berhasil mewujudkan impiannya menjadi nyata berkat kerja keras dan rajin berlatih. Selain itu, bersikap sebagai pemenang juga diperlukan agar kemenangan dan impian pun dapat menjadi kenyataan.

Untuk menjaga kualitas suaranya, wanita yang merambah akting dan berperan sebagai Gina dalam web series 7 Hari Sebelum 17 Tahun ini berusaha agar waktu istirahatnya senantiasa tercukupi. Ia juga senantiasa menjaga kesehatan secara keseluruhan dengan minum dan makan secukupnya. 

Biasanya, Lyodra tidak mengonsumsi gorengan dan minuman dingin sebelum manggung. Selain itu, ia juga mewajibkan untuk pemanasan vokal sebagai persiapan untuk tampil prima di setiap panggung yang dinaikinya.

Dengan kariernya yang kini kian menanjak, Lyodra Ginting pun menjadi salah satu inspirasi anak muda yang berbakat dan wanita berprestasi membanggakan.

Baca Juga: Indonesian Idol Jadi Ajang Pencarian Bakat Bergengsi di Indonesia, Ini Ulasannya