Kelamaan di Rumah Aja? Coba Liburan Staycation di saat New Normal

Terlalu banyaknya waktu yang dihabiskan dirumah baik karena aturan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dan banyaknya tempat untuk berkumpul atau sementara tentu saja bisa menumbuhkan rasa jenuh hingga stres.

Karena terbatasnya tempat liburan yang bisa didatangi akibat pandemi, staycation pun akhirnya menjadi jenis/kegiatan berliburan baru yang tiba-tiba menjadi hype, terutama dikalangan banyak generasi milenial yang tidak betah berlama-lama dirumah karena PSBB dan pandemi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Staycation, Liburan Murah, Aman dan Praktis

staycation

Nah, sudah masuk era new normal nih dan pandemi masih jadi situasi paling terkini artinya pergi liburan pun bakal masih dipersulit dengan berbagai aturan persyaratan baru. Apalagi jika rencana liburan kamu adalah keluar kota yang membutuhkan transportasi masa seperti pesawat dan kapal laut.

Daripada tambah stress dirumah, kamu yang sudah kebelet liburan bisa mencoba staycation baik sendirian atau bersama keluarga dan teman-teman untuk memuaskan keinginan liburan kamu yang tertahan karena pandemi.

Murah dan jauh dari kata ribet. Dengan liburan ala staycation, kamu tidak perlu repot-repot mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan bepergian ke luar kota seperti kartu kewaspadaan kesehatan dan surat bebas covid. Cukup dengan bersantai dengan menyewa hotel/apartemen dekat rumah kamu sudah bisa liburan dengan tenang dan aman.

Apalagi dimusim pandemi saat ini banyak hotel dari mulai bintang 5 dan apartemen mewah sedang banyak yang memberikan diskon besar-besaran akibat sepi pengunjung.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk sekali-sekali mencoba staycation di hotel atau apartemen kelas atas untuk berlibur mumpung masih murah.

Baca Juga:  Batal Liburan, Refund Tiket Pesawat Aja! Ini Cara Refund Tiket Maskapai Biar Gak Rugi

Tips Staycation saat New Normal

tips staycation

Tertarik untuk staycation?

Sebelum bikin planning staycationnya kemana dan sama siapa. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar liburannya makin asik dan aman:

1. Buat Daftar Aktivitas selama Staycation Biar Tidak Bosan

Sama seperti jenis liburan lainnya, daftar/list aktivitas yang ingin dilakukan selama liburan juga perlu dipersiapkan ketika kamu aka ber-staycation ria. Baik sendiri ataupun bersama keluarga, jadwal kegiatan selama staycation akan menjaga suasasan liburan tetap menyenangkan dan jauh dari kata bosan.

Walaupun hanya berada di hotel, apartemen atau villa bukan berarti tidak bisa menciptakan kegiatan seru yang bisa dinikmati bersama ataupun sendiri saat staycation. Misalnya, makan bersama, bermain board/video game bersama, nonton bersama, masak bersama, berenang dan masih banyak lagi.

2. Siapkan Peralatan dan Perlengkapnya dengan Apik

Berlibur ala staycation sebenarnya tidak membutuhkan banyak barang bawaan. Jadi dari sekian kegiatan yang sudah di persiapkan cobalah bagi tugas dengan orang-orang yang kamu ajak staycation bersama. Siapa bertugas membawa apa.

Jika rencananya ingin movie marathon maka pastikan wifi dihotel/apartemen tempat staycation memiliki wifi dan fasilitas atau alat lain untuk mendukung acara nonton bersama kamu. Jangan lupa juga siapkan snack biar makin seru.

Jangan membuat jadwal terlalu padat sampai lupa bersantai yah. Cukup pilih 2 kegiatan saja agar masih ada waktu untuk kamu bersantai dan menikmati suasana liburan.

3. Persiapkan Bujetnya

Mempersiapkan bujet membuat rencana liburan lebih terarah. Dengan mengukur kesiapan bujet yang bisa dikumpulkan kamu jadi bisa memiliki bayangan hotel/apartemen seperti apa yang bisa dituju untuk staycation baik sendiri atau bersama keluarga.

Berikut kisaran harga setiap kelas dan jenis hotel/apartemen biar kamu bisa mempersiapkan bujet liburan dengan lebih baik:

Hotel/Apartemen mewah: Rp3-4 juta permalam

Hotel/Apartemen suite: Rp1-2 juta permalam

Hotel/Apartemen standard: Rp500 ribu - Rp 1juta permalam

Hotel/Apartemen tipe studio: Rp450 ribu - Rp1 juta permalam

Tentu saja daftar di atas bukanlah semua jenis tipe kamar yang biasa disediakan oleh hotel/apartemen tapi tipe-tipe di atas adalah pilihan yang biasanya paling banyak dipilih untuk staycation.

Jangan khawatir, kisaran harga di atas hanya kisaran umum, karena sebenarnya setiap hotel bisa menawarkan harga yang jauh lebih murah atau lebih mahal untuk masing-masing tipenya. Tergantung dari status dan level hotel itu sendiri dan kualitas baik pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan.

4. Wajib Cek Promo Dulu sebelum Berangkat Liburan

Ingat walaupun cuman staycation, namanya cari promo dan diskon spesial itu tetap lah kewajiban. Biar liburan makin murah, hemat dan tentunya bikin kantong tidak bocor.

Pertama-tama kamu bisa cek promo di website-website yang jadi lapak banyak hotel dan apartemen pasang iklan dan penyewaan. Biasanya di musim pandemi seperti ini banyak loh hotel atau apartemen high class berikan diskon gila-gilaan dengan fasilitas yang lumayan mewah.

Jangan lupa juga cek promo kartu kredit jika ada. Jika kamu member hotel tertentu atau program reward ‘miles’ lihat apakah hotel yang kamu ingin tuju menawarkan promo tambahan untuk member program reward ‘miles’ yang sama dengan kamu.

5. Jangan Terlalu Banyak Mengajak Orang

Awalnya staycation adalah pilihan liburan untuk mereka yang ingin menghabiskan waktu sendirian di tempat lain agar bisa mendapatkan ketenangan dan menghilangkan stress dari rutinitas sehari-hari.

Jadi, jika kamu ingin berlibur ala staycation tapi tidak mau sendirian, bisa mengajak teman atau keluarga boleh saja, tapi jangan terlalu ramai yah. Intinya kamu harus bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri ketika staycation seperti membaca buku, nonton drakor favorit atau sekedar mandi cantik di bathub hotel.

6. Mengetahui dan Mematuhi dengan Baik Protokol Kesehatan Baru ketika di Hotel/Apartemen

Dimusim pandemi seperti ini, selalu lindungi diri dengan menggunakan masker kemanapun, social distancing, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, jika perlu gunakan face shield ketika keluar kamar.

Ingat melindungi diri sendiri artinya kamu juga melindungi keluarga dan orang lain. Jadi jangan sepelekan aturan dan protokol kesehatan di hotel/apartemen tempat kamu staycation yah. Apalagi hotel/apartemen adalah tempat orang berkumpul tidak hanya dari berbagai daerah tapi juga berbagai negara.

Jadi kamu harus semakin ekstra dalam melindungi diri sendiri dari risiko terpapar virus.

7. Pilih Lokasi Hotel yang Dekat dari Restauran atau Tempat Makan

Ada banyak hotel yang menutup fasilitas restaurant didalam hotel agar tidak menimbulkan keramaian. Akhirnya pihak hotel pun hanya bisa menawarkan makanan dari hotel itu sendiri yang biasanya harganya terlalu mahal.

Nah, biar menghemat biaya makan daripada memanfaatkan makanan dari room service sebaiknya kamu order saja lewat gofood atau grabfood. Atau membeli sendiri makanannya di tempat-tempat makan terdekat di hotel.

Karena harga makanan dari luar hotel jauh lebih murah, jadi cek lokasi hotel dulu yah sebelum check in.

Baca Juga: 5 Cara Memotong Budget ketika Berlibur dan Untuk Liburan Berikutnya

Serunya Dapat, Stressnya Hilang

Tidak hanya murah dan menyenangkan, staycation setidaknya bisa menyembuhkan rasa kerinduan liburan kamu walaupun sedikit. Staycation pun tidak harus hanya di hotel atau apartemen di daerah perkotaan. Jika kamu ingin, bisa juga menyewa villa di puncak atau pinggir pantai.

Yang penting adalah kamu harus ekstra berhati-hati ketika keluar kamar, patuhi aturan dan protokol kesehatan, membawa alat perlindungan diri yang lengkap dan selalu menjaga kebersihan. Jangan keluar kamar (hotel/apartemen) atau villa jika tidak perlu.

Baca Juga:  Ingin Liburan dengan Mobil? Teliti 6 Hal Ini Agar Perjalanan Aman dan Lancar