Ketahui Jam Bursa Saham dan Kapan Membeli dan Menjual Saham yang Tepat

Bermain saham sekarang tidak hanya sekedar menjadi hobi yang menguntungkan lagi, tapi juga sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Baik sebagai investor dan trader, dalam bermain saham terdapat beberapa informasi dan hal-hal mendasar terkait peraturan dalam bermain saham.

Salah satu hal mendasar tersebut adalah jam bursa saham. Jam bursa saham adalah waktu yang diberikan oleh lembaga-lembaga yang membuka sarana jual-beli saham untuk para investor dan trader dalam memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli bursa saham.

Melakukan transaksi jual-beli saham diluar jam bursa saham yang sudah ditetapkan tidak akan berhasil dan tidak sah. Karena jual-beli saham sendiri harus diawasi oleh beberapa lembaga pengawas, jadi transaksi bursa saham harus dilakukan sesusai waktu yang sudah ditentukan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jam Bursa Saham di Indonesia per 2021

loader

Sebelumnya perdagangan BEI di pasar reguler dan negosiasi berlangsung mulai prapembukaan 08.45 hingga pasca penutupan pukul 15.15 waktu JATS. Waktu perdagangan yang lebih singkat itu berlangsung sejak 30 Maret 2020.

Kebijakan itu diberlakukan agar bisa menyesuaikan dengan pemendekan jam operasional Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) serta mendukung kebijakan pemerintah terkait penerapan work from home (WFH) dalam meminimalisasi penyebaran pandemik COVID-19.

Namun sekarang, kembali lagi ada perubahan jam bursa saham yaitu penambahan perpanjangan waktu sebesar 15 menit. Dan perubahan ini akan diterapkan sampai waktu yang belum ditentukan. Penambahan waktu ini telah berlaku sejak bulan Juli 2021.

Berdasarkan dokumen BEI, penambahan waktu 15 menit ini setelah pasar reguler tutup pada pukul 16.15 waktu Jakarta Automated Trading System (JATS). Dengan demikian, nantinya perdagangan dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 16.30 waktu JATS.

Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan perpanjangan waktu perdagangan Bursa dilakukan untuk menghindari adanya crossing tomorrow di pasar negosiasi.

Namun, peraturan libur jam bursa saham tetap sama yaitu Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tidak ada transaksi yang dijalankan oleh bursa.

Selain itu, kamu juga tidak bisa melakukan aktivitas jual beli saham diluar jam yang sudah di tetapkan pada hari kerja (Senin-Jumat). Tapi kamu bisa memanfaatkan sesi pre-opening yakni jam sebelum pembukaan yang dimulai dari pukul 08.45 sampai 08.55 dan pukul 08.55 sampai 08.59 WIB.

Baca Juga: Pasar Saham Indonesia: Pengertian, Jenis, dan Jam Perdagangan

Jadwal Jam Perdagangan Bursa Saham

Berikut adalah jadwal jam perdagangan bursa saham di Indonesia yang harus diketahui oleh investor dan trader. Guna bisa memastikan jam jual-beli saham yang tepat.

Jam Perdagangan Pasar Reguler

Hari

Senin – Jumat

Sesi I

Pukul 09:00:00 s/d 11:30:00

Sesi II

Pukul 13:30:00 s/d 14:49:59

Jam Perdagangan Pasar Negosiasi

Hari

Senin – Jumat

Sesi I

Pukul 09:00:00 s/d 11:30:00

Sesi II

Pukul 13:30:00 s/d 15:15:00

Jam Perdagangan Pasar Tunai

Hari

Senin – Jumat

Sesi I

Pukul 09:00:00 s/d 11:30:00

Pra Pembukaan

Waktu

·       14:50:00 - 15:00:00

 

 

·       15:00:01 - 15:04:59

 

·       Anggota Bursa Efek memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli.

 

·       JATS melakukan proses pembentukan Harga Pembukaan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Pembukaan berdasarkan price dan time priority.

Pra Penutupan

Waktu

 

·       14:50:00 - 15:00:00

 

 

·       15:00:01 - 15:04:59

 

 

·       Anggota Bursa Efek memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli.

 

·       JATS melakukan proses pembentukan Harga Penutupan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Penutupan berdasarkan price dan time priority.

Pasca Penutupan

Waktu

 

·       15:05:00 - 15:15:00

 

 

·       Anggota Bursa Efek hanya dapat memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli pada Harga Penutupan, dan JATS memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli untuk Efek yang sama secara keseluruhan maupun sebagian berdasarkan time priority.

Jam Perdagangan Derivatif - Kontrak Berjangka

Senin s.d Jumat

·       Sesi I  08:45:00 - 11:30:00 Waktu JATS

·       Sesi II 13:30:00 - 15:15:00 Waktu JATS

Untuk seri kontrak yang jatuh tempo, maka perdagangannya akan berakhir pada sesi II pukul 15:00:00 waktu JATS.

Jam Perdagangan Derivatif - Kontrak Opsi

Senin s.d Jumat

·       Sesi I  09:30:00 - 11:30:00 Waktu JOTS

·       Sesi II 13:30:00 - 15:00:00 Waktu JOTS

Untuk seri kontrak yang jatuh tempo, maka perdagangannya akan berakhir pada sesi II pukul 15:00:00 waktu JOTS.

Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui FITS

Senin s.d Jumat

·       Sesi I  09:00:00 - 11:30:00 Waktu FITS

·       Sesi II 13:30:00 - 15:00:00 Waktu FITS

Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA)

Senin s.d Jumat

·       Pukul 09:00:00 - 15:00:00 Waktu SPPA

Pelaporan Transaksi Efek melalui Sistem Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE)

Senin s.d Jumat

·       Pukul 09:30:00 - 15:30:00 Waktu Sistem PLTE

*Sumber jadwal dari https://www.idx.co.id/investor/jam-perdagangan/

Dengan mengetahui jadwal perdagangan saham seperti diatas. Kamu juga bisa dengan tepat membuat keputusan dalam melakukan transaksi jual-beli saham yang tepat baik sebagai investor ataupun trader.

Baca Juga: Breakout Saham: Pengertian, Jenis dan Cara Trading Saham saat Breakout

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Saham?

loader

Menurut banyak ahli dan orang-orang yang sudah bepengalaman dalam bermain saham. Periode terbaik untuk membeli saham adalah pada bulan Mei, Agustus, November dan Februari. Karena pada bulan-bulan tersebut, perusahaan sudah merilis laporan keuangan, sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda membeli saham.

Selain itu, ada beberapa tips lainnya dalam menentukan waktu yang tepat untuk membeli saham yaitu:

1. Membeli saham tiap kuartal

Kammu bisa mempertimbangkan untuk membeli saham tiap kuartal (3 bulan sekali) atau sebanyak 4 kali dalam setahun. Pada waktu-waktu tertentu, kamu dapat mulai membeli saham yang terlihat murah dengan fundamental yang mendukung.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kamu bisa melakukan transaksi beli saham pada bulan Mei, Agustus, November dan Februari.

2. Ketika perusahaan incaran sedang dalam kondisi yang baik

Ketika kamu sudah memutuskan untuk membeli saham suatu perusahaan, pastikan Anda telah mengidentifikasi analisis fundamental sederhana. Analisis ini bisa kamu peroleh dengan cara membaca berita-berita mengenai kondisi perusahaan incaran.

Selain itu, pelajari rencana bisnis perusahaan incaran, misalnya ekspansi, akuisisi perusahaan baru, atau justru ada penyusutan bisnis. Jangan lupa juga untuk melihat kinerja perusahaan sebelum memutuskan membeli saham suatu perusahaan, terutama perusahaan yang sudah lama kamu incar.

Jangan Lupa Pelajari juga Strategi yang Tepat dalam Bermain Saham

Mengetahui jadwal jam bursa saham dan cara jual-beli saha saja tidak cukup untuk mengawal kamu menuju kesuksesan dalam bermain saham. Kamu juga perlu mempelajari berbagai strategi dalam bermain saham. Kamu bisa mempelajari ini baik dari para ahli dan mereka yang sudah berpengalaman.

Dengan strategi yang tepat, kamu tidak hanya sukses tuai cuan tapi juga jaminan keuangan aman dalam jangka waktu yang lama. Selamat bermain saham!

Baca Juga: Stock Split BCA: Sejarah, Harga, dan Cara Beli Saham BBCA