Ketahui Syarat Gadai BPKB Motor Di Bank, Apa yang Mesti Diperhatikan?

Meminjam uang adalah salah satu cara untuk mendapatkan dana tambahan untuk menutup kebutuhan tertentu di mana pendapatan yang ada masih kurang untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Meminjam uang bisa dilakukan kepada banyak lembaga keuangan, salah satunya yang mungkin paling kredibel sekaligus mempunyai sistem peminjaman uang paling jelas adalah meminjam uang ke bank.

Salah satu jenis produk pinjaman bank yang paling populer belakangan ini adalah Kredit Multiguna atau KMG. Kredit Multiguna (KMG) adalah salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman, di mana peminjam (debitur) diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan. Dengan begitu, besarnya pinjaman yang dapat diperoleh disesuaikan dengan taksiran harga barang atau properti yang dijadikan jaminan tersebut.

Kredit Multiguna memiliki beragam keuntungan sebagai salah satu solusi keuangan nasabah. Pada artikel kali ini akan  kita bahas lebih lanjut tentang Pinjaman atau Kredit Multiguna terkait dengan syarat-syarat pengajuan, keuntungan serta hal terkait lainnya. Berikut rangkumannya kami sajikan untuk Anda.

Ketahui Persyaratannya, Lengkapi Dokumennya

Dokumen Pribadi\

Kumpulkan Dokumen Secara Lengkap via ueatexas.com

 

Beberapa bank menerapkan syarat tertentu yang mungkin berbeda dengan bank-bank lainnya. Tetapi pada dasarnya persyaratan dasar yang harus dipenuhi relatif sama, antar bank. Hal ini karena model kredit multiguna memang dikembangkan sebagai salah satu produk perbankan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dengan kata lain, model Pinjaman atau Kredit Multiguna dikembangkan sebagai salah satu dukungan dunia perbankan terhadap perkembangan iklim usaha yang sehat dan kompetitif.

Banyaknya produk kredit yang beredar di masyarakat membuat sebagian orang, terkadang bingung membedakan antara syarat yang diajukan sebuah bank dengan dokumen pendukung yang harus dilampirkan ketika seseorang akan mengajukan kredit multiguna. Lalu apa sajakah syarat yang umum diajukan oleh pihak bank, yang membuat calon peminjam (debitur) dianggap layak untuk mengajukan pinjaman multiguna? Berikut adalah syarat yang harus Anda miliki;

  • Calon debitur memiliki usia lebih dari 21 tahun
  • Pada akhir masa angsuran, calon debitur memiliki usia maksimal 55 tahun
  • Memiliki gaji yang cukup, beberapa wilayah tertentu memiliki aturan penerapan yang berbeda
  • Mempunyai penghasilan yang tidak berubah-ubah atau tetap, serta mampu mengangsur
  • Memenuhi persyaratan penilaian bank

Persyaratan di atas adalah bersifat rangkuman tentunya. Sebab pada dasarnya poin syarat terakhir adalah merupakan poin paling penting, yaitu Anda harus memenuhi persyaratan penilaian dari pihak bank di mana Anda mengajukan pinjaman. Selain itu, ada juga dokumen pendukung yang mutlak harus Anda persiapkan. Dokumen pendukung pengajuan Pinjaman Multiguna yang biasa menjadi persyaratan dari pihak bank, diantaranya:

  • Fotocopy pemohon
  • Foto 4×6 berwarna sebanyak 3 lembar
  • Fotocopy KK
  • Fotocopy serta Fisik Jaminan Asli
  • Slip gaji
  • Surat keterangan kerja
  • Fotocopy buku tabungan selama 3 bulan terakhir

Dokumen pendukung tersebut hanya berlaku global, artinya kebanyakan bank mensyaratkan adanya kelengkapan dokumen tadi bagi calon debiturnya. Tapi tentu ada beberapa syarat spesifik yang diterapkan oleh bank-bank tertentu. Seperti misalnya, foto kopi surat nikah bagi yang sudah menikah tetapi Kartu Keluarga yang dipegang masih belum memecah dari KK induknya. Ada juga bank yang menambahkan dokumen pendukung bukti usaha, seperti misalnya NPWP, SIUP atau Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan.

Sekedar tips bagi Anda yang ingin mengajukan Pinjaman Multiguna, ada baiknya Anda datang terlebih dahulu ke kantor bank dan bertanya pada Layanan Pelanggan atau Customer Service tentang apa saja terkait dokumen pelengkap pengajuan pinjaman serta syarat yang diajukan oleh bank. Ini penting agar proses pengajuan pinjaman Anda berlangsung lancar dan tidak memakan waktu yang lama dari segi persiapan pengajuannya.

Baca Juga: 6 Biaya Tambahan Untuk Pengambilan KTA dan KMG

Yakinkan Pihak Bank, Pastikan Pengajuan Anda Memang layak untuk Disetujui

Kredit Disetujui

Buat Kredit Anda Disetujui via credit.com

 

Kebanyakan orang yang pernah memiliki pengalaman mengajukan pinjaman ke bank, mengeluhkan sulitnya sebuah pinjaman disetujui. Tetapi pada dasarnya, jumlah pinjaman yang dicairkan memang memiliki limit atau batasan tertentu yang setidaknya hanya diketahui oleh pihak bank saja. Dengan kata lain, tidak semua aplikasi pengajuan pinjaman akan disepakati oleh bank, baik terkait dengan jumlah pencairan ataupun cair tidaknya aplikasi peminjaman Anda tersebut.

Tapi sebaiknya Anda tidak berkecil hati, karena sebenarnya Anda tetap bisa mendapatkan pinjaman dari bank dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini;

  • Perhatikan Penampilan Anda

Berpakaian yang rapi ketika menemui pihak bank. Pastikan kesan yang baik yang akan muncul ketika Anda akan bertemu dengan pihak bank.

  • Siapkan Argumen yang Tepat

Yakinkan pihak bank dengan kata-kata yang Anda kuasai, pastikan Anda memang memiliki Alasan yang kuat terkait dengan pinjaman yang akan Anda ajukan. Hindari argumen yang berbelit. Pastikan pula Anda mampu meyakinkan pihak Bank bahwa Anda mampu membayar Angsuran.

  • Pastikan Kelengkapan Dokumen dan Persyaratan

Lengkapi dokumen yang di minta oleh pihak bank dengan lengkap, jangan ada 1 buah dokumen yang tidak Anda lengkapi, karena dokumen yang Anda berikan akan mempunyai nilai plus tersendiri, karena di situ bank akan menilai tingkat keseriusan Anda dalam meminjam.

  • Hindari Penggunaan Identitas Yang Tidak Asli

Beberapa orang melakukan beragam cara agar pinjaman mereka disetujui. Ini adalah hal yang tidak patut. Penggunaan identitas asli yang menjadi bagian dari kelengkapan pengajuan pinjaman termasuk dengan pengakuan yang sejujurnya tentang atas nama Agunan atau Jaminan adalah satu nilai tambah yang positif bagi pihak bank. Dengan demikian, besar kemungkinan pinjaman Anda bisa disetujui oleh pihak bank.

  • Pastikan Anda Mudah Untuk Dihubungi

Salah satu alasan yang menguatkan pihak bank untuk mencairkan pinjaman Anda adalah alasan kemudahan. Kemudahan di sini adalah utamanya Anda mudah untuk dihubungi. Serta ditemukan di tempat dimana Anda mengaku pada pihak bank sebagai tempat domisili Anda. Beberapa Bank mungkin memberlakukan survei usaha, jika pengajuan pinjaman Anda berkait dengan alasan pengembangan usaha. Pastikan Anda untuk bisa dengan mudah dihubungi dan ditemui oleh pihak bank setidaknya saat perwakilan dari bank melakukan survei ke lokasi Anda.

Hal yang perlu Anda catat adalah Bank sangat menghindari penerima pinjaman yang namanya telah berada dalam BI Check atau Blacklist Bank Indonesia. Dengan kata lain, jika Anda pernah bermasalah dengan pinjaman, besar kemungkinan bahwa aplikasi pinjaman Anda selanjutnya tidak akan disetujui oleh pihak bank.

Baca Juga: Memahami Risiko Gadai Sertifikat Rumah Sebelum Ajukan Kredit Multiguna

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Syarat Lengkap dan Akurat serta Mengerti Proses adalah Kunci Sukses Persetujuan Kredit

Salah satu prinsip dasar dari dunia perbankan adalah “Kepercayaan” atau “Trust”. Kepercayaan di sini berarti bahwa Anda memang bisa dan dapat dipercaya untuk menjadi penerima pinjaman dari bank. Kepercayaan bisa dimulai dengan pengajuan berkas kredit yang lengkap dan akurat, memahami dan mengikuti semua proses kredit dengan baik dan tentu saja memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Kredit dengan Jaminan Akta Jual Beli Properti, Apa Bisa?