8 Keuntungan Beli Rumah Minimalis Bagi Finansial

Rumah minimalis merupakan model yang digemari masyarakat dewasa ini. Selain bentuknya yang simpel, rumah minimalis juga cocok untuk pasangan yang baru saja menikah. 

Rumah minimalis memiliki tata ruang yang sederhana, polos, dan efisien dengan volume ruang bertingkat. Bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada keleluasaan pandangan adalah ciri khas dari denah rumah minimalis.

Bagi finansial, rumah minimalis juga memberi keuntungan tersendiri. Kira-kira apa saja keuntungan rumah minimalis? 

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Harga Rumah Lebih Murah

loader

Dari segi harga, rumah minimalis lebih murah daripada rumah lain karena ukurannya lebih kecil. Tak heran jika banyak anak muda mengincar rumah minimalis, ditambah lagi pemasarannya lebih gencar dilakukan. Tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga di kota lain yang mulai berkembang.

Jika berencana memiliki rumah minimalis, sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pembangunannya. Dengan demikian, harga beli yang didapatkan jauh lebih murah daripada saat rumah resmi dipasarkan kepada masyarakat luas.

2. Hemat Perabotan

Ukuran yang lebih kecil dan konsep yang sederhana membuat rumah minimalis hemat perabotan. Tak perlu membeli banyak perabotan agar rumah kelihatan berisi karena perabotan inti, seperti lemari, meja, dan kursi saja sudah cukup. Hal ini secara otomatis membuat pengeluaran lebih hemat.

Jika ingin beli perabotan, pilihlah yang berwarna monokrom atau natural karena sesuai dengan konsep rumah yang sederhana. Bijaklah dalam memilih dan utamakan fungsi dari perabotannya, bukan sekedar tampilan luarnya saja.

3. Hemat Waktu

Kenapa rumah minimalis hemat waktu? Sebab, membersihkannya jauh lebih mudah daripada rumah tipe lain. Hal ini tidak lepas karena ukuran rumahnya yang lebih mini, tidak terlalu banyak sekat atau ruangan terpisah. 

Ini artinya, tidak perlu menyisihkan waktu khusus untuk bersih-bersih rumah. Kamu bisa gunakan waktu luang setelah pulang kerja untuk membersihkan debu yang menempel di sela-sela ruangan, jadi tinggal pun tetap nyaman.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Dua Lantai dan Tips Membangunnya dengan Biaya Murah

4. Barang Jauh Lebih Awet

Hubungannya dengan keawetan adalah karena fokus pada kualitas barang saat membelinya, jadi bukan hanya karena harganya murah saja. Barang yang dibeli pun tidak sekedar estetik, tapi benar-benar memiliki fungsi seperti yang diinginkan. 

Dalam membeli barang, sebaiknya carilah referensi brand yang kualitasnya bagus agar tidak asal beli. Lebih baik waktumu habis untuk mencari referensi, tapi dapat barang berkualitas daripada asal cari dan kualitasnya buruk. Kamu sendiri tidak mau kalau harus beli terus-menerus, kan?

5. Pencahayaan yang Baik

loader

Rumah minimalis biasanya didesain dengan konsep sederhana, tapi terang. Dalam arti, rumah ini memiliki kualitas pencahayaan yang baik untuk menerangi rumah, terutama di siang hari. Alhasil, bisa menghemat energi karena tidak perlu menyalakan cahaya untuk menerangi rumah.

Selain itu, pencahayaan yang baik juga membantu meminimalisir kemunculan rayap yang dapat merusak perabotan. Penghematan yang dilakukan menjadi lebih banyak karena tidak perlu ada budget tambahan untuk beli perabotan lagi. Sebab, perabotan di rumah awet.

6. Banyak Pilihan

Konsep boleh sama-sama minimalis, tapi tipe rumahnya sudah pasti berbeda antara satu developer dan lainnya. Pilihanmu tentu semakin banyak, jadi bisa bandingkan berbagai tipe sekaligus sebelum memutuskan untuk membeli satu buah hunian yang sesuai kebutuhan.

Pilihan rumah hadir dengan berbagai harga yang bisa disesuaikan langsung dengan budget yang dimiliki. Jika rumahnya oke, tapi budget kurang, kamu bisa beralih ke tipe lain yang tak kalah menarik dan nyaman.

7. Jual Kembali Cukup Mudah

Tahukah kamu kenapa semakin banyak developer yang membangun rumah berkonsep minimalis? Itu karena minat beli masyarakat tinggi yang membuat rumah lebih mudah untuk dijual kembali jika seandainya bosan tinggal disana.

Keuntungan yang satu ini tidak mengurangi harga jual rumah. Justru jika rumah minimalis terawat, lokasinya mudah diakses, dan fasilitasnya masih bagus, kamu bisa jual dengan harga yang tinggi. Untungnya jadi berlipat ganda, deh!

Baca Juga: Sukses Ajukan KPR Pertama Kali dengan Strategi Ini

8. Investasi yang Menguntungkan

Harga rumah minimalis yang terjangkau membuat rumah tipe ini menjadi investasi incaran, baik anak muda yang belum menikah maupun sudah menikah. Pangsa pasarnya juga luas, jadi tak perlu khawatir saat menjual atau menyewakannya kepada orang lain. 

Jika punya uang lebih, tidak ada salahnya untuk melirik rumah minimalis yang sedang dibangun oleh developer di kota tempat tinggal. Dalam 10 atau 15 tahun kemudian, kamu mungkin bisa memperoleh keuntungan berlipat ganda. 

Selain Nyaman, Rumah Harus Memberi Keuntungan Pula

Bagi yang ingin beli rumah minimalis dan menjadikannya sebagai tempat tinggal, maka pilihlah yang nyaman. Tidak berhenti sampai disitu, pastikan pula rumah tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi finansial, baik saat ini maupun masa mendatang. Sebab perjuangan untuk membeli rumah tersebut besar, jadi untungnya pun diharapkan sebanding dengan perjuanganmu.

Baca Juga:  6 Tips Atasi Uang Muka KPR yang Mahal