Keuntungan Menabung dan Cara Pilih Tabungan yang Bikin Kamu Makin Untung

Sudahkah kamu membiasakan diri untuk rutin menabung? Atau kamu masih belum bisa menyisihkan uang untuk ditabung karena banyaknya kebutuhan hingga godaan belanja dan jajan online?

Buat kamu yang sudah terbiasa menabung, selamat! Teruskan kebiasaan baik menabung. Tapi, jangan berpuas diri dulu sebab bisa jadi strategi menabung kamu kurang pas sehingga hasilnya uang di tabungan segitu-gitu aja atau malah terpotong biaya-biaya bank.

Nah, buat kamu yang saat ini masih berusaha agar bisa menabung, semangat! Mulai dulu dengan menyadari keuntungan menabung dan mengenal produk tabungan yang pas untuk keuanganmu.

Secara sederhana, menabung adalah kegiatan menyimpan uang untuk tujuan memenuhi kebutuhan atau keperluan yang sifatnya mendadak atau sudah terencana. Misalnya, menabung untuk biaya nikah tahun depan, menabung untuk simpanan dana darurat atau menabung untuk beli mobil.

Apapun tujuan keuanganmu, pastikan kamu sudah paham manfaat menabung dan cara memilih rekening simpanan / tabungan yang dapat memberikan keuntungan. Lebih lanjut, simak ulasan dan tips berikut ini. 

Keuntungan Menabung di Bank

loader

Menabung memiliki manfaat positif untuk keuangan sebab menabung akan melatih diri dalam menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan dan digunakan nantinya. Pahami jika menabung di bank memiliki banyak keuntungan dibandingkan menabung di rumah atau celengan. Keuntungannya antara lain:

  • Uang yang Tersimpan di Bank Dijamin oleh LPS

Tahukah kamu bahwa uang yang kamu tabungkan di bank akan terlindungi alias aman. Tak perlu khawatir uangmu akan hilang sebab Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin simpanan nasabah bank yang berbentuk tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, dan bentuk lain yang dipersamakan dengan itu. Nilai simpanan yang dijamin oleh LPS paling tinggi sebesar Rp 2 milyar per nasabah per bank sejak 2008.

  • Dapat Imbal Balik atau Bunga Bank Per Bulannya

Uang yang tersimpan di bank akan mendapatkan bunga bank setiap bulannya. Nilainya, tergantung dari kebijakan setiap bank dan biasanya, semakin besar nominal uang yang tersimpan di dalam rekening,  bunga yang diperoleh bisa lebih besar.

  • Transaksi Keuangan Makin Praktis

DI zaman sekarang, menyimpan uang di bank memiliki banyak keuntungan sebab tersedia berbagai akses untuk melakukan transaksi keuangan. Mulai dari transfer uang, bayar cicilan kartu kredit, bayar listrik PLN hingga investasi. Pastikan rekening simpanan kamu sudah aktif untuk internet banking atau mobile banking. Supaya lebih mudah untuk akses dan melakukan berbagai transaksi keuangan kapan aja.

  • Nikmati Berbagai Promo dan Hadiah Menarik

Sebagai nasabah bank, kamu berkesempatan untuk menikmati berbagai tawaran promo dan hadiah menarik dari bank. Misalnya, promo diskon belanja atau potongan harga di merchant yang telah bekerjasama dengan bank tersebut dan lain sebagainya.

Biaya-Biaya Potongan Simpan Uang di Bank

loader

Setelah kamu mengetahui keuntungan menabung di bank, selanjutnya kamu wajib tahu juga kalau menyimpan uang di bank itu juga ada potongan biaya-biaya perbankan.

Berikut biaya-biaya potongan yang wajib kamu ketahui saat kamu menyimpan uang di bank:

Biaya Bank Keterangan
1. Biaya admin bank Bank akan memotong saldo rekening nasabah setiap bulannya. Semisal biaya admin bank sebesar Rp17.500 per bulan, maka saldo kamu akan tergerus sebanyak Rp210.000,- per tahun.
2. Biaya tarik tunai di ATM bank lain Tarik tunai uang di ATM beda bank dikenai biaya sekitar Rp6.500,-. Apabila kamu melakukan 20x transaksi tarik tunai dalam sebulan maka saldo rekening terpotong sebanyak Rp130.000,-.
3. Biaya transfer ke bank lain  Umumnya, biaya transfer ke beda bank adalah Rp6.500,- per 1x transaksi. Apabila kamu harus transfer uang beda rekening sebanyak 10 kali transfer saja, siap-siap saldo akan terpotong Rp65.000,-.
4. Biaya top up e-wallet  Biaya top up e-wallet tidak gratis, nilainya terlihat receh (seribu-seribu). Tapi kalau keseringan top-up, pasti biayanya jadi ‘besar’ juga. Misalnya, dalam setahun kamu transaksi top-up e-wallet sebanyak 50x, maka saldo sudah terpotong Rp50.000,-

Sekarang bayangkan apabila keempat transaksi diatas terjadi setiap bulan maka saldomu akan tergerus sebesar Rp 265.000. Dalam setahun, uang di tabungan akan terkuras bisa lebih dari Rp3 juta. Nah, uang sebesar ini tentu sayang sekali jika harus diberikan ke bank. Akan lebih baik kalau kamu bisa menggunakan uang itu untuk dana liburan atau tabungan dana darurat. 

Pilih Tabungan OCTO Savers, Bebas Biaya dan Bikin Makin Untung 

loader

Memilih tabungan atau rekening simpanan yang bisa memberikan keuntungan, kenyamanan dan keamanan itu penting. Kamu pasti ga mau kan, kalau sudah rajin nabung, terus jadi kesal gara-gara uangmu tergerus kena biaya potongan bank.

Untungnya, kini ada tabungan OCTO Savers dari CIMB Niaga. Rekening simpanan yang dirancang khusus memahami semua kebutuhan finansial dan memberikan keuntungan. Pakai OCTO Savers bisa bikin hidupmu jadi makin happy karena ada gratis biaya-biaya bank dan keuntungan lainnya yang bisa dinikmati langsung, yaitu: 

  • Gratis biaya administrasi bulanan

Bebas khawatir saldo kepotong karena biaya admin bank, karena rekening OCTO Savers memberikanmu gratis biaya admin bulanan.

  • Gratis 60x transaksi untuk transfer ke semua bank, top up e-wallet, dan tarik tunai di ATM bank manapun

Mau transaksi apapun tak perlu khawatir saldo terpotong. Nikmati manfaat langsung yang pastinya bikin kamu makin untung karena setiap bulan kamu bisa gratis 20x tarik tunai di jaringan ATM Bersama, Prima, MEPS maupun Cirrus, gratis 20x transfer tanpa biaya ke bank lain melalui OCTO Mobile dan OCTO clicks dan gratis 20x top-up e-wallet tanpa biaya admin saat top-up pakai OCTO Mobile & OCTO Clicks.

  • Transaksi perbankan makin mudah dengan OCTO Mobile

Semua transaksi keuangan, mulai menabung, transfer hingga bayar-bayar tagihan, nggak pakai ribet, tinggal klik langsung transaksi. Kapan saja dan dari mana saja kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat dan aman melalui aplikasi OCTO Mobile. Selain itu, ada juga fitur cardless dengan scan QR dan bisa tarik tunai cardless dari aplikasi OCTO Mobile.

Saatnya kamu buat tabungan OCTO Savers, cuma 5 Menit! Berikut caranya:

  1. Unduh aplikasi “OCTO Mobile by CIMB Niaga” di Apple AppStore (IOS), Google Play (Android) atau Huawei AppsGallery
  2. Buka aplikasi OCTO Mobile, pilih “Buka Rekening Tabungan Pertama Saya”
  3. Sediakan e-KTP dan NPWP. Kemudian pilih “Buka Rekening Pertama Saya”
  4. Pilih jenis tabungan OCTO Savers, dilanjutkan dengan mengisi detail informasi yang diminta.
  5. Upload foto e-KTP dan NPWP kamu dan lengkapi detil untuk masing-masing identitas.
  6. Buat user ID dan PIN OCTO Mobile, kemudian selesaikan proses verifikasi via video call dengan video banking officer CIMB Niaga.

Praktis dan Untung, Pilih OCTO Savers untuk Semua Transaksi

Setelah kamu memahami keuntungan menabung dan mengetahui produk simpanan atau tabungan yang benar-benar bisa memberikan keuntungan, saatnya kamu take action. Ayo, buka tabungan OCTO Savers sekarang juga karena bakal dapat e-voucher Viu Premium yang bisa digunakan untuk nonton drama korea terbaru tanpa gangguan iklan yang bisa digunakan untuk 2 bulan. Cek info selengkapnya: cimb.id/octosavers-viu.