Khawatir Sulit Mendapatkan Visa Amerika? Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini

Sebagai satu-satunya negara adidaya di dunia, tak dapat dipungkiri jika banyak yang beranggapan bahwa Amerika Serikat adalah negara yang kuat dan populer. Tak hanya di bidang politik dan militer, Amerika Serikat juga memiliki banyak daya tarik wisata yang wajib untuk dikunjungi. Karena alasan itu pulalah banyak wisatawan dunia yang menjadikan Amerika Serikat sebagai destinasi wisata idaman.

Akan tetapi, meski banyak orang yang ingin bersinggah ke negara tersebut, untuk bisa memasuki wilayah Amerika Serikat tidaklah mudah. Dibanding dengan negara pada umumnya, Amerika memiliki aturan yang sangat ketat kepada setiap warga negara asing yang ingin mengurus visanya. 

Aturan ketat dalam pembuatan visa Amerika ini juga dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang ingin berkunjung ke negara tersebut. Jika negara lain mayoritas hanya membebankan pemohon dengan syarat dokumen untuk membuat visa, Amerika Serikat memiliki lebih banyak tahapan yang harus dilalui. Salah satu tahapan yang paling sulit dilalui adalah wawancara yang dilakukan secara detail oleh petugas. 

Namun, jangan mudah putus asa. Dengan mengetahui pengalaman pemohon yang berhasil mendapatkannya, mengajukan visa negara adikuasa tersebut tidaklah sesulit yang dibayangkan. Untuk itu, bagi Anda yang berencana untuk bepergian ke Amerika Serikat, kenali cara mendapatkan visanya berikut ini. 

Kenapa Harus Mengurus Visa Amerika Serikat?

loader

Sama halnya dengan negara lain, Amerika Serikat juga mewajibkan semua warga negara asing untuk memiliki visa saat berkunjung ke wilayahnya. Visa menjadi bukti bahwa warga negara asing tersebut telah diizinkan untuk bersinggah di Amerika Serikat selama kurun waktu yang telah ditentukan. 

Selain itu, visa juga menjadi penunjuk tujuan seseorang pergi ke negara lain. Seperti, berwisata, menuntut pendidikan, dan lain sebagainya. Visa akan ditempatkan pada paspor ataupun dokumen perjalanan dan hanya bisa diterbitkan oleh kedutaan besar Amerika Serikat di negara tersebut. 

Visa Turis atau Pengunjung

Dalam mengurus visa Amerika Serikat, pemohon biasanya mengajukan visa dengan jenis visa turis atau pengunjung. Visa jenis ini banyak diajukan karena bisa digunakan untuk dua tujuan kunjungan berbeda, yakni untuk keperluan bisnis dan juga wisata. Jadi, secara singkat, yang dimaksud dengan visa pengunjung adalah visa bagi non-imigran yang ingin bersinggah atau memasuki wilayah negara tersebut untuk jangka waktu tertentu.

Adapun beberapa aktivitas legal yang biasa dilakukan adalah liburan, mengunjungi kerabat, dan mengikuti kursus pendek tanpa gelar. Melakukan perawatan medis, dan melakukan kegiatan sosial yang diadakan oleh organisasi setempat juga termasuk sebagai hal yang diperbolehkan.

Pemilik visa jenis ini juga biasanya melakukan partisipasi amatir pada bidang olahraga, musik, atau kontes yang tidak memiliki hadiah. Untuk itu, jika kunjungan Anda ke Amerika Serikat adalah untuk salah satu hal tersebut, maka disarankan untuk membuat visa turis saja.

Baca Juga: Menghitung Biaya Hidup di Kota Besar di Amerika Serikat

Berkas yang Dibutuhkan untuk Membuat Visa Amerika Serikat

loader

Sama halnya dengan membuat visa dari negara manapun, pemohon akan diminta untuk menyerahkan beberapa berkas . Terdapat dua jenis berkas yang harus dibawa oleh pemohon visa, yakni berkas wajib dan berkas pendukung. Pemohon harus bisa menyertakan seluruh persyaratan ini saat akan mengajukan visa Amerika Serikat. 

1. Berkas Wajib

Jika diketahui berkas tidak lengkap, maka tanpa pikir panjang pihak petugas pembuatan visa akan menolak permohonan tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk telah menyiapkan berkas-berkas persyaratan visa Amerika Serikat di bawah ini:

  • Formulir

Berkas pertama yang harus dibawa oleh pemohon visa Amerika Serikat adalah formulir DS 160 atau formulir permohonan visa elektronik non imigran. Formulir tersebut bisa didapatkan secara online pada situs resmi kedubes Amerika Serikat  (id.usembassy.gov).

  • Paspor dengan Masa Aktif yang Masih Panjang

Selain formulir permohonan visa, pemohon juga harus telah memiliki paspor yang masih berlaku saat akan melakukan perjalanan ke AS. Petugas pembuatan visa biasanya akan melihat masa berlaku paspor. Jika diketahui masa aktifnya kurang dari 6 bulan saat berada di Negeri Paman Sam, maka besar kemungkinan permohonan visa akan ditolak. 

  • Pas Foto

Petugas visa Amerika Serikat juga akan meminta pas foto berjumlah 1 buah dengan ukuran persegi 2 inci atau sekitar 5 centimeter di setiap sisinya. 

  • Tanda Terima Pembayaran

Terakhir adalah tanda terima pembayaran dari proses pengajuan visa Amerika Serikat non imigran.

2. Berkas Pendukung

Keempat berkas di atas adalah syarat wajib yang harus dibawa oleh pemohon visa jenis apapun. Pastinya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemohon visa AS bisa juga melampirkan berkas pendukung. 

Fungsi dari memberikan berkas pendukung ini adalah untuk menjadi bahan pertimbangan petugas konsuler saat tahapan wawancara dengan pemohon. Jadi, jika dirasa penting dan perlu dibawa, tidak ada salahnya bagi pemohon untuk menambahkan berkas pendukung ini pada saat mengajukan permohonan visa. 

  • Bukti Pendapatan

Berkas pendukung pertama yang bisa dibawa oleh pemohon visa AS adalah yang berhubungan dengan kondisi finansial. Berkas finansial ini bisa berupa bukti pendapatan, tagihan pajak, surat properti yang dimiliki, hingga bisnis atau aset yang dipunya. 

  • Jadwal Perjalanan

Pemohon juga bisa memperlancar tahapan wawancara dengan menunjukkan jadwal perjalanan ke Amerika Serikat serta rencana perjalanannya. 

Biasanya, pihak pewawancara akan menanyakan dengan detail perihal lokasi menginap, tujuan perjalanan, hingga relasi yang mungkin berada di negara tersebut. 

  • Catatan Pidana

Meski beberapa orang menganggap berkas ini sebagai privasi, namun, catatan pidana dan surat pernyataan jabatan juga dapat membantu pemohon untuk bisa mendapatkan visa Amerika Serikat. Saat pemohon visa diketahui sebagai warga negara yang baik, maka sudah pasti permohonan visa akan lebih dipermudah.

  • Akta Kelahiran (untuk anak di bawah 14 tahun)

Bagi wisatawan yang berusia kurang dari 14 tahun, disarankan untuk melampirkan akta kelahiran. 

Jadi, agar wawancara dapat berjalan lebih lancar, pemohon disarankan untuk menambahkan berkas pendukung ini saat mengajukan visa Amerika Serikat.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Tahapan Mendapatkan Visa Amerika Serikat

Setelah semua berkas persyaratan wajib dan pendukung disiapkan, pemohon visa diharuskan untuk melakukan beberapa tahapan pengurusannya. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Bayar Biaya Visa

Tahapan mengurus visa Amerika Serikat yang pertama adalah membayar biaya visa. Jika jenis visa yang diajukan adalah jenis B atau turis, maka biaya yang dibebankan adalah sekitar 160 Dolar Amerika atau 2.320.000 Rupiah. Pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan metode transfer melalui EFT atau Electronic Fund Transfer.

Untuk jenis visa yang lainnya, pemohon dapat melihat rincian biayanya di situs ustraveldocs.com. Perubahan harga pembuatan visa yang disebabkan oleh nilai kurs juga dapat dilihat melalui situs tersebut. Jadi, pemohon dapat memastikan biaya yang harus dibayarkan saat membuat visa Amerika Serikat.

2. Mengisi Formulir

Selesai membayar biaya visa, pemohon dapat mengisi formulir aplikasi visa, DS 160 di situs resmi Kedubes Amerika Serikat. Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diminta dengan benar karena proses pengisian tidak bisa diulang.

3. Buat Akun 

Setelah itu, pemohon diharuskan untuk membuat profil atau akun di situs aplikasi visa tersebut. Dengan memiliki akun aplikasi visa, pemohon dapat membuat jadwal wawancara yang bisa di klik di bagian menu. 

Isi semua kolom dalam bagian tersebut dengan informasi yang ada di paspor serta bukti pembayaran. Kode angka yang berjumlah 10 di formulir DS 160 juga akan diminta untuk diisi dan dapat memilih jadwal wawancara visa Amerika Serikat. 

Pastikan untuk bisa menyisihkan waktu pada jadwal wawancara agar proses pembuatan visa tidak terhambat. 

Sedikit tips, jangan lupa juga untuk mendengarkan setiap arahan dan larangan yang diberitahukan oleh petugas saat melakukan wawancara. Dengan begitu, potensi wawancara berjalan dengan lancar akan menjadi lebih tinggi. 

Dengan selesainya tahapan wawancara, pemohon hanya tinggal menunggu apakah permohonan visa disetujui atau tidak. Jika lolos, maka visa akan secara langsung dikirimkan ke tempat yang telah dituliskan oleh pemohon. Tidak lama, setelah dinyatakan lolos, visa sudah dapat diterima dalam kurun waktu maksimal 9 hari kerja. 

Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan Bisa Online dan Offline, Cek Disini

Tidak Sulit Mendapatkan Visa Amerika Serikat Asal Tahu Tahapannya

Dibandingkan dengan negara lain, visa Amerika Serikat memang bisa dibilang memiliki tahapan pengajuan yang ketat. Akan tetapi, jika dipahami dengan seksama, tahapan permohonan visa Negeri Paman Sam tersebut tidaklah sulit untuk dilalui. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui tahapan serta berkas yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum mengajukan visa Amerika Serikat.