Komponen Mesin Diesel yang Perlu Kamu Ketahui

Mesin diesel merupakan mesin yang menggunakan panas kompresi untuk membakar bahan bakar yang akan diinjeksi ke dalam ruang bakar dan mempunyai efisiensi termal yang terkenal paling baik di antara mesin lainnya karena terdapat rasio kompresi yang tinggi. Mesin diesel sendiri memiliki julukan nama yaitu mesin ICE atau Internal Combustion Engine yang memiliki kemampuan tekanan kompresi dan membuat bahan bakar yang digunakan jauh lebih terjangkau.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Komponen-Komponen pada Mesin Diesel

loader

Berikut ini adalah komponen-komponen pada mesin diesel yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik mobil diesel.

  1. Kepala Silinder

    Kepala silinder merupakan salah satu komponen terpenting karena memiliki peran sebagai tempat pembakaran bahan bakar dan udara yang terkompres. Kepala silinder sendiri memiliki beberapa bagian yaitu valve, spring, dan rocker arm yang mengatur aliran udara serta bahan bakar ke ruang pembakaran. Komponen ini terletak di atas blok silinder. Fungsi dari kepala silinder sendiri adalah sebagai penutup ruang bakar.

  2. Blok Silinder

    Selain kepala silinder, blok silinder merupakan komponen dengan peranan yang cukup vital karena berfungsi sebagai tempat meletakkan banyak komponen mesin. Karena blok silinder terbuat dari besi, maka besi yang dipilih pun harus memiliki presisi yang tinggi. Logamnya juga harus kuat dan memiliki lubang-lubang silinder yang berfungsi agar piston naik turun tanpa masalah.

    Blok silinder ini juga tidak bekerja sendiri, tetapi juga dilengkapi dengan penunjang kinerja mesin lainnya mulai dari tempat pengisian minyak, water jacket, dan silinder.

  3. Penampung Oli

    Komponen ini memiliki fungsi untuk menampung oli saat mesin berjalan dan terbuat dari besi tipis yang menggunakan material kuat. Selain itu, penampung oli mempunyai bantalan jurnal atau jurnal bearing untuk menyalurkan oli ke dalam blok silinder. Kebocoran penampung oli dapat berbahaya pada mesin sehingga harus segera diperbaiki.

  4. Piston (Torak)

    Piston digunakan untuk menerima tekanan dari hasil pembakaran yang terjadi pada kepala silinder. Komponen silinder ini bergerak naik turun dalam lubang silinder dan penting untuk mengompresi campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar. Gas hasil pembakaran akan didorong keluar dari mesin. Piston ini umumnya melakukan satu siklus gerakan naik turun sebanyak 2-4x putaran poros engkol.

  5. Batang Piston (Connecting Rod)

    Pada piston, terdapat batang piston yang digunakan sebagai penghubung antara piston dan poros engkol. Dalam kinerja mesin, batang piston harus bisa berputar secara baik dan berbahan kokoh serta tahan pada temperatur tinggi.

  6. Klep (Valve)

    Klep merupakan komponen yang berbentuk seperti payung dengan besi pipih di bagian atasnya dan digunakan untuk jalan keluar masuknya uap hasil pembakaran dengan cara membuka serta menutup.

    Apabila valve berfungsi dengan baik, maka siklus kerja mesin akan lebih bagus karena hasil pembakaran yang maksimal.

  7. Timing Gear

    Timing gear merupakan pengatur ritme penginjeksian proses pembakaran bahan bakar dan pengatur klep untuk bisa membuka dan menutup. Komponen ini adalah roda gigi yang terhubung dengan poros engkol dan poros nok untuk mengatur waktu antara buka-tutup katup.

    Timing gear akan memastikan sinkronisasi yang tepat antara gerakan piston dan gerakan katup. Sinkronisasi yang tepat akan membuat proses pembakaran dan pengeluaran gas lebih optimal.

  8. Poros Engkol

    Poros engkol merupakan komponen yang bekerja berkesinambungan dengan piston dan batang piston yang digunakan untuk mengubah gerak naik turunnya piston. Gerakan ini akan otomatis juga menggerakkan flywheel.

  9. Roda Gila (Flywheel)

    Flywheel merupakan mesin yang digunakan untuk menyimpan tenaga yang ada pada mesin agar kinerja mesin jadi seimbang. Komponen ini terpasang dengan poros engkol.

    Dengan banyaknya serta canggihnya komponen dari mesin diesel ini, terdapat satu hal yang terkesan sepele tapi selalu menjadi penyebab rusaknya mesin diesel. Penyebabnya ialah salahnya pengguna menggunakan bahan bakar yang baik untuk mobilnya. Maka dari itu, filter solar pada mesin akan cepat kotor dan injektor tersumbat.

Setiap Komponen Memiliki Peran yang Penting

loader

Itulah komponen-komponen mesin diesel agar mobil diesel berfungsi dengan baik. Setiap komponen harus rutin dirawat untuk memastikan kinerja mesin tetap prima. Jangan ragu pergi ke bengkel untuk servis atau apabila mengalami kerusakan komponen. Semoga informasi ini membantu!