Kredit Motor Anda Ditolak? Ini Alasannya!

Di zaman modern yang serba bisa ini, membeli motor dengan cara kredit bukanlah lagi menjadi hal yang sulit. Banyak sekali dealer-dealer atau perusahaan  leasing yang menawarkan kredit motor dengan DP (uang muka) yang sangat kecil, hingga angsuran yang mudah setiap bulan. Meskipun terbilang mudah, namun ada juga beberapa orang yang mengalami penolakan saat mengajukannya. Entah dengan alasan tidak memenuhi syarat yang diberikan atau  kemampuan finansial calon kreditur. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit motor, ada baiknya jika Anda juga tahu hal-hal apa saja yang harus dihindari agar pengajuan kredit motor Anda diterima.

Berikut alasan pengajuan kredit motor Anda ditolak :

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor

1. Anda Masuk Daftar Black List

  Blacklist

Masuk Dalam Daftar Hitam Kredit Macet via creditrepairnewyork.net

 

Inilah mengapa semua perusahaan leasing menyarankan untuk membayar kredit tepat waktu. Jika Anda sering telat dalam melakukan pembayaran dan membuat motor tersebut ditarik kembali oleh pihak kreditur, hal ini bukan tidak mungkin akan membuat Anda masuk dalam daftar black list di Bank Indonesia. Catatan pembayaran yang tidak baik (sering telat atau bahkan tidak bayar) akan berpengaruh pada saat Anda mengajukan kembali kredit lain nantinya.

Alasan penolakan pengajuan kredit yang paling sering ditemui di Indonesia, di mana banyak orang memiliki catatan pembayaran kredit yang buruk. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda yang memiliki tanggungan kredit motor atau lainnya, agar selalu membayarnya tepat waktu hingga lunas, sehingga nama Anda tidak masuk dalam daftar hitam tersebut.

 

2. Tidak Memiliki Penghasilan Tetap

Tidak memiliki penghasilan tetap

Tidak Memiliki Penghasilan Tetap via i.huffpost.com

 

Salah satu alasan pengajuan kredit motor anda ditolak adalah, penghasilan anda setiap bulannya tidak seimbang, tidak cukup atau masih belum tetap. Pada saat mau pengajuan kredit, perusahaan leasing atau bank mempunyai tim khusus yang akan menganalisis pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Dari hasil analisis tersebut, pihak calon kreditur akan mempertimbangkan apakah kredit motor yang Anda ajukan diterima atau tidak dari kemampuan finansial Anda setiap bulannya.  Dengan kata lain, Anda harus bisa menyesuaikan budget bulanan yang Anda miliki dikurangi pembayaran angsuran bulanan kredit motor.

 

3. Persyaratan Yang Tidak Lengkap

Persyaratan Tidak Lengkap

Persyaratan Tidak Lengkap via cache-blog.credit.com

 

Persyaratan yang tidak lengkap sering kali menjadi alasan umum yang ditemui saat kredit motor seseorang ditolak. Dalam kasus tertentu, Anda akan diminta untuk menyiapkan beberapa persyaratan, terutama dokumen dokumen persyaratan seperti surat keterangan bukti kepemilikan rumah, surat keterangan domisili, surat keterangan kematian, surat keterangan nikah, cerai, hingga surat keterangan kerja. Jika saat diminta untuk memberikan persyaratan tersebut Anda tidak bisa memberikannya dengan alasan yang tidak logis, maka kemungkinan kredit Anda akan ditolak. Pengajuan persyaratan dalam kasus tertentu ini memang cukup merepotkan, biasanya hal ini dilakukan untuk klarifikasi data Anda yang sebenarnya-benarnya.

Bagi Anda yang ingin melakukan kredit, persyaratan tambahan dalam kasus tertentu seperti yang dijelaskan diatas hanya diberlakukan pada kondisi tertentu. Pada kondisi normal, Anda tidak harus memberikan persyaratan-persyaratan tersebut. kalaupun dibutuhkan dokumen tambahan, paling hanya satu hingga dua dokumen saja dari beberapa dokumen informasi tambahan seperti yang dijelaskan di atas.

Meski semua dokumen yang diminta telah Anda berikan, pengajuan kredit Anda tetap tidak akan berjalan jika dokumen itu tidak bisa terbaca jelas. Biasanya masalah ini terjadi saat proses fotocopy. Pastikan hasil fotocopy dokumen Anda bisa jelas terbaca sebelum memberikannya kepada pihak bank.

 

4. Tidak Kooperatif

  Tidakk dapat bekerjasama

Bersikaplah Kooperatif via fgecolombia.com

 

Alasan lain mengapa kredit motor Anda ditolak adalah karena perilaku Anda yang kurang kooperatif. Kurang kooperatif di sini berarti Anda tidak bisa mengajukan persyaratan dengan benar, Anda tidak sopan dan ngotot tetap ingin kredit motor dengan persyaratan yang kurang, Anda tidak mengajukan informasi data diri yang benar terhadap perusahaan kreditur.

Banyak orang yang yang pada saat mengajukan kredit motor tidak bisa memberikan data informasi diri dengan benar. Dengan kata lain, data tersebut adalah data palsu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya. Jika pada saat survey ditemukan hal yang seperti demikian, maka sudah bisa dipastikan pengajuan kredit motor Anda akan ditolak.

Ada juga kasus di mana sang konsumen yang tidak bisa berkooperatif dengan baik saat pengajuan kredit motor, yaitu kurang berperilaku baik. Contohnya adalah pada saat survey sang konsumen yang ingin mengajukan kredit motor tidak mengizinkan tim survey untuk masuk ke dalam rumah, hal ini tentu tidak bisa dibenarkan dan kemungkinan besar kredit anda akan ditolak karena perilaku yang semacam ini dianggap salah satu bentuk ketidak kooperatifan tersebut.

 

5. Melakukan Fraud

Melakukan Fraud

Jangan Melakukan Fraud via ticketbooth.com.au

 

Jangan pernah mencoba untuk memalsukan apapun saat mengajukan kredit, baik itu berupa data diri, informasi, atau dokumen. Jika Anda melakukan penipuan, sudah dipastikan pengajuan kredit Anda ditolak karena bank akan melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum menyetujui pengajuan kredit Anda. Pastikan semua data, informasi, dan dokumen yang Anda cantumkan benar seperti apa adanya.

Baca Juga : Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Kredit Motor

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Cek Kembali

Untuk menghindari pengajuan kredit motor ditolak oleh perusahaan leasing, maka sangat disarankan bagi Anda untuk tidak memasukkan nama sendiri pada daftar hitam Bank Indonesia. Karena, kemungkinan besar ketika Anda sudah masuk ke dalam daftar tersebut, Anda akan dipersulit untuk mengajukan kredit motor lagi. Intinya, lakukanlah semua prosedur pengajuan kredit dengan benar, dan tentunya Anda juga harus mempunyai penghasilan bulanan yang cukup dan tetap. Hal ini ditujukan agar tim analis dari perusahaan leasing dapat mengambil kesimpulan bahwa Anda bisa membayar kredit tanpa hambatan tiap bulannya.

Jika Anda merasa telah melengkapi semua persyaratan dengan benar, namun pengajuan kredit motor masih ditolak. Coba teliti kembali apakah ada dari salah satu poin di atas yang masuk dalam kriteria Anda.

Baca Juga : Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya