Lebih Cantik dan Elegan, Kenali Perhiasan Rose Gold dan Berbagai Kelebihannya

Memiliki berbagai perhiasan logam mulia merupakan kebutuhan tersendiri bagi kebanyakan wanita. Perhiasan kerap digunakan sebagai pelengkap penampilan atau bahkan sebagai instrumen investasi di dalam keuangan. 

Jika kamu termasuk orang yang senang mengoleksi perhiasan, maka sudah pasti tidak asing lagi dengan perhiasan emas yang memiliki warna khas kemerahan ini. Perhiasan yang terbuat dari rose gold sudah begitu familiar dan banyak disukai, sebab warnanya yang unik bisa memberikan kesan yang feminin bagi pemakainya. 

Namun bukan hanya wanita saja, belakangan perhiasan berbahan rose gold juga banyak diminati kaum pria, terutama dalam bentuk cincin. Kesan hangat yang terpancar dari warnanya yang cantik memang menjadi daya tarik tersendiri. 

Selain itu, perhiasan rose gold juga akan cocok jika dijadikan sebagai pengikat berlian maupun batu permata lainnya. Saat ini kamu bisa menemukan perhiasan rose gold dalam berbagai bentuk, dari yang simpel hingga yang terbilang unik sekalipun. Lalu, apa kamu sudah mengenal perhiasan ini secara mendalam?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Perhiasan Rose Gold Dikenal Sejak Abad ke-18

loader
Perhiasan Rose Gold

Pada dasarnya perhiasan emas bisa ditemukan dalam 3 jenis yang berbeda, yakni: emas putih, emas kuning, dan emas merah muda (pink) atau yang lazim disebut dengan rose gold. 

Di antara ketiga jenis perhiasan emas ini, rose gold terbilang cukup banyak diminati, terutama selama beberapa tahun belakangan ini. Emas yang berwarna merah muda ini memang menarik dan berbeda dari kedua jenis perhiasan emas lainnya. 

Rose gold merupakan logam yang dibuat dengan menggunakan campuran emas dan juga perunggu. Campuran inilah yang pada akhirnya memberikan warna yang menarik dan unik pada logam ini, terutama jika dibentuk menjadi perhiasan dengan desain unik. Perhiasan rose gold pada umumnya dibuat dengan kombinasi campuran 75% emas kuning ditambah dengan 25% perunggu. 

Kombinasi campuran di dalam rose gold tentu akan mempengaruhi kadar emas rose gold itu sendiri. Semakin banyak campuran perunggu di dalam perhiasan rose gold, maka akan semakin rendah juga kadar emas perhiasan tersebut. 

Hal inilah yang menimbulkan perbedaan kadar dan juga warna di dalam perhiasan rose gold. Biasanya perhiasan rose gold bisa ditemukan dalam beberapa kadar yang berbeda, mulai dari kadar 22 karat, 18 karat, bahkan hingga kadar 10 karat. 

Harga perhiasan rose gold ini akan dipengaruhi oleh kadar emas yang dikandungnya. Semakin tinggi kadar emasnya, maka akan semakin mahal juga harga perhiasan rose gold tersebut. 

Meski baru populer di tanah air selama belasan tahun belakangan, ternyata tren perhiasan rose gold sudah dikenal sejak tahun 1800-an. Rusia menjadi negara dimana awalnya perhiasan rose gold mulai dikenal dan diminati secara luas di abad ke-18. 

Namun tren perhiasan yang satu ini sempat menghilang seiring dengan merebaknya perang dunia ke-2. Meski begitu, di dalam perkembangannya sebagian orang masih menyebut perhiasan rose gold ini dengan sebutan “Emas Rusia” hingga saat ini. 

Baca Juga: Jadi Simbol Pernikahan, Ini Tips Memilih Cincin Nikah Sesuai Bujet

Kelebihan perhiasan rose gold

loader
Perhiasan Rose Gold

Bagi yang ingin mulai mengoleksi perhiasan rose gold, kamu tentu harus memiliki pertimbangan yang tepat terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa kelebihan perhiasan rose gold yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. Lebih awet dan tahan lama

Berbeda dengan emas putih yang menggunakan campuran rhodium, rose gold justru dibuat dengan menggunakan campuran perunggu. Kombinasi emas kuning dan juga perunggu ini menghasilkan perhiasan yang lebih kokoh, jika dibandingkan dengan emas yang menggunakan campuran lainnya. Hal ini akan membuat perhiasan rose gold jauh lebih awet dan tahan lama, bahkan jika kamu menggunakannya sebagai perhiasan sehari-sehari. kamu tidak perlu sering-sering “mencucinya”, sebab kilaunya akan tahan lama.  

2. Cocok dipakai semua orang 

Warna kemerahan pada perhiasan rose gold memang memberi keunikan tersendiri, apalagi jika kamu membuatnya menjadi perhiasan yang cantik. Rose gold memang memberikan kesan yang hangat, sehingga cocok dipakai oleh semua orang. 

Perhiasan rose gold akan cocok untuk semua jenis kulit, baik itu untuk kulit yang terang maupun jenis kulit yang cenderung gelap. Inilah salah satu alasan mengapa perhiasan ini banyak peminatnya. 

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harga Perhiasan Platinum Mengalahkan Emas

3. Harganya variatif

Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan perhiasan ini dengan harga sangat bervariasi, sebab perhiasan ini hadir dalam beberapa pilihan kadar yang berbeda. 

Perbedaan kadar rose gold tentu akan mempengaruhi harganya juga, sehingga kamu akan leluasa untuk memilih perhiasan yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuanganmu. 

Perhiasan Rose Gold Bisa Jadi Simpanan

Bagi kamu yang hobi mengoleksi perhiasan, pastikan kamu memiliki rose gold yang kadarnya tinggi agar lebih awet. Selain cantik dan menarik, perhiasan rose gold juga akan memberikan keuntungan sekaligus, yaitu bisa dijadikan simpanan. Jadi, jika kamu membutuhkan uang, kamu bisa menjual kembali perhiasan yang kamu miliki.

Baca Juga: Investasi Emas: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan