Ingin Liburan ke Amerika Tanpa Kuras Tabungan? Yuk Hitung dan Tips Menghemat Biayanya!

Dianggap sebagai kiblat peradaban dunia, bukan hal yang mengherankan jika Amerika menjadi destinasi liburan menarik dan kerap dijadikan pilihan oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Negara dengan julukan Negeri Paman Sam tersebut menjajakan beragam suguhan tempat wisata yang ciamik, mulai dari yang bernuansa alam ataupun modern. 

Misalnya, jika kamu ingin menikmati alam dengan pemandangan yang menyejukkan mata, ada Niagara Falls, Yosemite National Park, hingga Grand Canyon. Sementara untuk destinasi wisata yang berada di pusat kota dan menjajakan banyak wahana modern, kamu bisa berkunjung ke Disneyland dan Disney World. 

Tentunya, untuk bisa mewujudkan impian liburan ke Amerika, kamu juga harus mempersiapkan biayanya secara realistis. Lantas, berapa sih budget yang harus disiapkan untuk bisa liburan ke Amerika? Tak perlu bingung, berikut terangkum perhitungan biaya liburan ke Amerika dan sederet tips untuk menghematnya agar beban keuangan menjadi lebih ringan. 

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Beragam Kebutuhan untuk Liburan ke Amerika

loader

Sebelum membahas tentang besaran biayanya, kamu perlu tahu lebih dulu apa saja hal yang dibutuhkan untuk berlibur ke Amerika. Selayaknya saat berlibur ke negara lain, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum liburan ke Amerika, antara lain:

1. Paspor

Hal pertama yang mutlak harus disiapkan sebelum berlibur ke luar negeri adalah paspor. Tanpa dokumen ini, siap-siap merelakan rencana liburanmu ke Amerika menjadi angan belaka karena sudah pasti akan mendapat banyak kendala. Untuk mengajukannya sendiri kamu perlu menyiapkan KTP dan dokumen seperti ijazah, akta kelahiran, maupun surat nikah, lalu menghubungi pihak imigrasi.

2. Visa

Sama halnya dengan paspor, visa juga penting untuk dimiliki sebelum bepergian ke negara lain. Proses pengajuannya pun mirip dengan paspor, yakni menyiapkan dokumen persyaratan, melakukan pembayaran, mengisi formulir, hingga wawancara.  

3. Budget Liburan

Setelah mengantongi paspor dan visa, kebutuhan lain saat berencana liburan adalah budget. Untuk liburan ke Amerika, budget ideal yang harus disiapkan adalah 30 juta. Kamu bisa melihat perinciannya di penjelasan di bawah. 

4. Itinerary Liburan

Itinerary atau rencana liburan juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk disiapkan. Dengan memiliki itinerary, perjalanan liburan lebih mungkin untuk berlangsung dengan lancar sesuai rencana dan minim kendala. 

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Amerika Serikat, Syarat Masuk Amerika Serikat 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Kisaran Budget Liburan ke Amerika

loader

Sebagai negara dengan jarak yang cukup jauh dari Indonesia, liburan ke Amerika tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini berarti budget yang perlu disiapkan juga tak kalah besarnya. Agar lebih mudah menghitung berapa anggaran yang dibutuhkan untuk liburan ke Amerika, simak perkiraan kisaran budgetnya berikut ini. 

1. Tiket Pesawat

Tiket pesawat ke negara ini memang bisa dibilang cukup mahal harganya. Namun, jika kamu tahu tentang celah menentukan kapan waktu terbaik untuk membelinya, budget tiket pesawat ini bisa ditekan dengan cukup signifikan. 

Apabila memilih waktu yang tak terlalu ramai, bukan tidak mungkin tiket yang kamu dapatkan dibanderol dengan harga miring. Untuk kisarannya sendiri adalah 12 juta per orang dan sudah termasuk tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Amerika. Tentunya, harga dari tiket pesawat tersebut bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung dari maskapai yang dipilih dan waktu keberangkatan. 

2. Biaya Pengajuan Visa Turis

Ketika bepergian ke negara lain, setiap wisatawan asing diharuskan untuk memiliki visa turis. Hal ini berlaku pula jika kamu ingin berkunjung ke Amerika. Terkait pembayaran biaya visa turis asing sendiri dilakukan via bank yang bisa memproses biaya EFT, dengan kisaran harga 160 USD atau setara 2,5 jutaan. 

3. Biaya Menginap atau Hotel

Biaya selanjutnya yang perlu disiapkan saat liburan ke Amerika adalah biaya menginap. Kisaran biayanya sendiri terbilang cukup beragam tergantung dari jenis penginapan yang dipilih. 

Jika ingin lebih menghemat biaya, ada baiknya untuk menghindari hotel sebagai tempat menginap. Melainkan, pilih hostel sebagai alternatif tempat bermalam karena biaya sewanya cenderung lebih terjangkau. 

Untuk biaya per malam di hostel berkisar 800 ribu sampai 1 jutaan rupiah. Sehingga, jika berencana untuk berlibur selama 4 sampai 5 hari, besaran biaya menginap di hostel adalah sekitar 4 juta sampai 5 juta.

4. Akomodasi

Tak kalah pentingnya, kamu juga perlu memperhitungkan biaya akomodasi atau kebutuhan sehari-hari selama liburan ke Amerika. Terkait biaya konsumsi harian, kamu setidaknya perlu menyiapkan budget 15 sampai 20 dolar untuk sekali makan, atau sekitar 200 ribu hingga 300 ribu. 

Pengeluaran tersebut belum termasuk camilan atau minuman kemasan untuk dibawa selama bepergian. Selain itu, ada pula biaya transportasi yang nominalnya bervariasi tergantung dari itinerary liburanmu dan potensi munculnya biaya tidak terduga. Sehingga, anggaran akomodasi sebaiknya perlu dilebihkan guna mengantisipasi hal tersebut. 

5. Biaya Rekreasi

Terakhir ada biaya rekreasi yang mencakup biaya tiket tempat wisata, wahana, dan sebagainya. Terkait biaya ini, ada baiknya kamu mengecek berapa tarif masuk destinasi wisata yang dituju sesuai dengan keterangan pada situs resminya agar memperkirakan anggaran yang harus disiapkan.

Sekaligus dengan biaya akomodasi, biaya rekreasi sebaiknya kamu pasang di angka 8 juta sampai 10 juta agar lebih aman dan tak berisiko mengganggu rencana liburan nanti. 

Baca Juga: Ragam Jenis dan Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburanmu yang Lebih Menyenangkan

Tips Menghemat Biaya Liburan ke Amerika

loader

Besarnya biaya berlibur ke Amerika pasti bisa memberi beban yang cukup signifikan bagi kondisi keuanganmu. Nah, agar bisa lebih mudah menghematnya tanpa mengurangi pengalaman saat berlibur, simak tips-tips berikut ini.

1. Pesan Tiket di Bulan Februari Hingga April

Dari seluruh rincian budget liburan ke Amerika, tiket pesawat memiliki porsi yang paling besar. Mengetahui hal tersebut, kamu perlu mencari cara agar bisa menghemat pengeluaran tersebut dan tak sampai membengkakkan anggaran. Salah satunya dengan membeli tiket di bulan Februari hingga April. 

Pasalnya, pada kurun waktu tersebut, minat turis berkunjung ke Amerika umumnya rendah dan tak sepadat biasanya. Hal tersebut membuat tidak sedikit maskapai penerbangan yang menurunkan harga tiket pesawatnya guna menarik minat wisatawan. Ketika sudah masuk bulan Mei di mana musim panas dimulai, harga tiket pesawat biasanya akan kembali meningkat. 

2. Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Dengan menggunakan layanan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan sejumlah tawaran promo menarik untuk memangkas biaya perjalanan. Terutama jika memiliki kartu kredit yang khusus untuk traveling, kamu bisa menggunakannya agar mendapat potongan harga atau cashback. Selain itu, pengguna kartu kredit juga bisa mendapat akses gratis ke lounge di bandara, diskon restoran, hingga tambahan kapasitas bagasi saat dibutuhkan. 

3. Pilih Destinasi Wisata yang Murah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Amerika merupakan negara dengan banyak sekali pilihan tujuan wisata. Tidak sedikit diantaranya bahkan bisa dikunjungi dengan biaya yang terjangkau, bahkan gratis. 

Dalam kata lain, jika ingin menghemat budget, jangan paksakan diri berkunjung ke tempat wisata dengan biaya mahal dan pilih destinasi yang ramah di kantong. Karenanya, penting untuk menyusun rencana liburan seoptimal mungkin dan lakukan survei tentang destinasi wisata menarik untuk dikunjungi dengan menyesuaikan anggaran yang dimiliki. 

4. Jadikan Hostel Sebagai Tempat Menginap

Sempat dijelaskan sebelumnya jika hostel bisa menjadi alternatif tempat menginap yang murah tapi tetap menyuguhkan kenyamanan. Di Amerika sendiri ada banyak pilihan hostel dengan beragam tipe dan layanan yang harganya bisa disesuaikan dengan anggaran. 

5. Sesuaikan Waktu Liburan dengan Musimnya

Tips yang terakhir, Amerika merupakan negara yang memiliki 4 musim dengan suguhan daya tarik yang berbeda-beda. Banyak orang yang berpendapat jika bulan Februari sampai April adalah waktu terbaik berkunjung ke negara ini karena sedang musim semi, dan intensitas penerbangan ke sana sedang melandai. Alhasil, ada banyak tempat wisata yang memiliki pemandangan ciamik yang mampu memanjakan mata, cuaca yang tak terlalu panas atau dingin, dan harga tiket pesawatnya lebih terjangkau. 

Tepat Susun Rencana agar Impian Liburan ke Amerika Bisa Terwujud

Lokasinya yang jauh dan membutuhkan biaya tidak sedikit, rencana berlibur ke Amerika tentu harus disiapkan dengan sebaik mungkin. Terlebih saat terkendala masalah biaya, keinginan berlibur ke Amerika berisiko hanya menjadi mimpi di siang bolong belaka. Karenanya, agar bisa tepat dan akurat menyusun rencananya, pastikan untuk mengikuti penjelasan kisaran biaya liburan ke Amerika dan tips menghemat pengeluarannya di atas, ya!

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan