Memahami Istilah London Gold Fix pada Investasi Emas, Ini Arti dan Cara Kerjanya

Kamu pasti menyadari jika seiring berjalannya waktu, harga emas dunia pasti mengalami perubahan, baik itu menurun atau meningkat. Tapi, apakah kamu tahu bagaimana penentuan harga acuan emas dunia tersebut berfluktuasi? Nyatanya, harga acuan emas dunia ditentukan dengan metode khusus, yang salah satunya disebut London Gold Fix atau saat ini lebih dikenal sebagai LBMA Gold Price. 

Secara umum, London Gold Fix adalah metode yang dilakukan untuk menyesuaikan harga emas per troy ons dalam dolar Amerika Serikat atau USD. Metode ini diganti dengan LBMA Gold Price atau the London Bullion Market Association pada tahun 2015. Lalu, seperti apa sih maksud dan tujuan dari dilakukannya penyesuaian harga emas menggunakan metode London Gold Fix ini?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa menyimak penjelasan tentang apa itu London Gold Fix, cara kerja, dan perannya pada aktivitas investasi atau trading bullion. 

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Apa Itu London Gold Fix?

loader

London Gold Fix adalah sebuah metode yang dulunya digunakan untuk menyesuaikan harga per troy ons emas dalam USD atau dolar Amerika Serikat. Metode ini diubah pada tahun 2015 oleh LBMA atau London Bullion Market Association dengan Gold Price. Penyesuaian harga ini terus dilakukan secara rutin setiap hari di jam 10.30 dan 15.00 waktu London dalam mata uang USD. 

Tugas utama dari London Gold Fix adalah untuk menyesuaikan harga dari emas yang didapat dari 5 perbankan bullion terbesar di dunia, trader, dan penyuling atau refiner logam mulia di awal tahun 1900an. Kelima perbankan bullion terbesar dunia tersebut adalah yang tergabung pada grup London Gold Market Fixing, antara lain, N.M. Rothschild, Pixley & Abell, Mocatta & Goldsmid, Sharps Wilkins, dan Samuel Montagu & Co., di mana praktik London Gold Fix ini dilakukan pertama kali di tahun 1919. 

Bagaimana Cara Kerja London Gold Fix?

Proses London Gold Fix secara umum diawali dengan mengajukan harga emas yang mendekati harga emas di pasar spot atau spot market. Selanjutnya, setiap entitas yang terlibat menyatakan limit ordernya, entah itu pada pesanan beli atau jual, dan memperkirakan jumlah emas yang bisa mereka beli atau jual pada posisi saat ini. 

Melalui proses tersebut, London Gold Fix atau saat ini dikenal sebagai LBMA memelihara dan menerbitkan daftar harga logam mulia, baik itu emas atau perak. Daftar harga tersebut kemudian dijadikan sebagai acuan atau tolok ukur harga emas batangan dan perak batangan di dunia. 

Tentang LBMA atau London Bullion Market Association

loader

Bagi yang belum tahu, LBMA atau London Bullion Market Association adalah sebuah lembaga yang dibentuk di tahun 1987 oleh Bank of England yang kala itu bertugas sebagai regulator pasar bullion. Peran dari LBMA sendiri adalah menentukan dan memantau standar penyulingan, membuat dokumentasi trading, dan menyokong pengembangan praktik trading yang baik. 

Lalu, untuk tata kelola dari LBMA Gold Price dilakukan oleh IBA atau ICE Benchmark Administration. IBA sendiri adalah pihak yang menyediakan platform pelelangan, metodologi, sekaligus administrasi dan tata kelola independen dari LBMA Gold Price, dengan LBMA sebagai pemegang hak milik intelektual terhadap aktivitas tersebut. 

LBMA adalah pihak yang mencakup dan mewakili partisipan kunci dari pasar beserta kliennya pada London Bullion Market. Para anggota dari lembaga ini mencakup refiner, fabricator, trader, dan pengangkut tempat penyimpanan dan keamanan. 

LBMA juga merepresentasikan para anggotanya tersebut melalui pengelolaan dan publikasi dari daftar Good Delivery. Terdapat 15 partisipan pasar yang telah terakreditasi dan berkontribusi pada LBMA Gold Price. Daftar partisipan tersebut terdiri dari lembaga yang beragam, mulai dari bank nasional dan perusahaan trading. 

Peran London Gold Fix dan LBMA pada Dunia Trading Bullion

Jika melihat sejarah, perdagangan bullion dunia memiliki basis di London dengan keanggotaan global dan menjadi client base atau sumber keuntungan dan bisnis utama sebuah perusahaan. Fenomena gold rush atau demam emas pertama di tahun 1697 membawa hasil emas dari Brazil ke London, dan kemudian dibangun brankas untuk menyimpannya oleh Bank of England. Lalu, hasil tambang dari aktivitas gold rush lanjutan yang dilakukan di California, Australia, dan Afrika Selatan juga disimpan di London. 

Selanjutnya, proses penyulingan dilakukan untuk mengolah emas tersebut dan dilakukan di tempat yang tidak jauh dari Bank of England. Di tahun 1750, Bank of England membuat daftar London Good Delivery untuk emas, yang secara resmi mengakuinya untuk memproduksi emas batangan yang mampu memenuhi standar yang ditentukan. 

LBMA mengambil alih peran dari London Gold Market & Silver Market yang telah berlaku sejak pertengahan abad 19. Saat ini, LBMA memiliki dan mengelola daftar Good Delivery untuk produk emas dan perak. 

Jadi, Sudah Tahu Cara Harga Acuan Emas Dunia Disesuaikan dengan London Gold Fix?

Sebagai metode untuk menentukan dan menyesuaikan harga emas dunia, investor dan trader bullion tentu harus memahami tentang apa itu London Gold Fix. Metode yang telah digantikan dengan LBMA Gold Price di tahun 2015 ini merupakan cara agar bisa mengetahui berapa harga emas dunia yang sesuai dengan penawaran harga beli dan harga jual pada spot market. Dengan begitu, trader dan investor bullion dunia bisa mendapatkan kisaran harga emas dalam satuan troy ons pada mata uang USD ketika hendak melakukan transaksi.