Makin Cantik, ini Tips Berhijab Sesuai Bentuk Wajah

Saat ini, pilihan hijab pun sudah sangat beragam baik dari sisi kualitas, jenis bahan, model, hingga desainnya. Jadi, pilihan pun menjadi lebih bervariasi, sehingga juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Akan tetapi, salah satu hal yang kerap menjadi masalah bagi para muslimah yakni menentukan style hijab yang sesuai dengan bentuk wajah. Pasalnya, meski memiliki kualitas dan desain yang menarik, jika tak sesuai dengan wajah, hasil akhirnya pun tidak akan bisa maksimal.

Nah, agar tak sampai salah pilih style hijab, berikut kami rangkum beberapa gaya berhijab yang sesuai bentuk Anda. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Style Hijab Wajah Lonjong

View this post on Instagram

A post shared by Tasya Farasya (@tasyafarasya) on

Perlu diketahui, pada pembahasan mengenai style hijab ini, wajah lonjong berbeda dengan oval. Perbedaannya yaitu wajah lonjong terkesan lebih panjang dibandingkan dengan wajah kebanyakan orang.

Bagi wanita dengan wajah lonjong, gaya berhijab yang sangat direkomendasikan yaitu Turkish style dan hijab bergaya Arab. Keduanya dianggap cocok bagi pemilik wajah lonjong. Untuk menerapkan style tersebut, ciput menjadi item yang wajib dipakai, dan diperlihatkan pada bagian dahi. 

Dengan metode tersebut, wajah pun bisa menjadi lebih berkurang kesan lonjongnya, sehingga penampilan pun terlihat lebih menarik.

2. Style Hijab Wajah Bulat

Perempuan dengan wajah bulat memang memberikan kesan menggemaskan. Namun, pemilihan gaya berhijab yang salah justru bisa memberikan penampilan yang kurang memuaskan. 

Nah, agar tak sampai salah mengenakan hijab, pilihlah style yang menutupi bagian pipi sehingga bisa membuat wajah terlihat lebih tirus. Selain itu, utamakan untuk memilih hijab dengan bahan yang memberikan kesan jatuh. 

Saran lainnya, baik pashmina maupun jilbab segi empat, sebisa mungkin pilih yang tidak memiliki banyak aksesoris dan juga tidak ketat. 

Baca Juga: Cara Mulai Usaha Hijab dari Nol

3. Style Hijab Wajah Oval

View this post on Instagram

A post shared by Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) on

Nah, bagi pemilik wajah oval, bersyukurlah karena tipe wajah ini adalah idaman dari sebagian besar orang karena dianggap yang paling ideal. 

Bagaimana tidak? Semua style hijab bisa memberikan hasil akhir yang menarik pada pemilik wajah oval. Jadi, jika Anda adalah salah satunya, cukup padu padankan pakaian dengan hijab berwarna serasi ataupun senada, dan Anda pun akan tampil memukau!

4. Style Hijab Wajah Kecil

Agar tak membuat wajah semakin ‘hilang’, muslimah dengan wajah kecil sangat direkomendasikan untuk mengenakan hijab dengan style yang terkesan loose dan berbahan yang bisa membuat hijab terlihat ‘jatuh’.

Selain itu, poin penting yang bisa dicoba yakni tarik hijab hingga ke belakang tulang pipi. Lalu, sematkan jarum, peniti, atau pin agak jauh dari dagu. Dengan gaya tersebut, wajah pun akan terlihat sedikit lebih lebar. 

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 10 Vlogger Hijab Cantik yang Populer di Indonesia

5. Style Hijab Wajah Segitiga

Walaupun langka, wanita dengan wajah segitiga tetap bisa tampil cantik dengan hijab, loh. Khusus pemilik wajah dengan tipe ini, jilbab yang bisa dipilih yaitu yang bahannya sedikit kaku, seperti segi empat organza. 

Style-nya pun sederhana saja seperti penggunaan jilbab segi empat pada umumnya. Setelah terpasang rapi, bentuk agak lancip di atas dahi, dan beres!

6. Style Hijab Wajah Segi Empat

View this post on Instagram

A post shared by Karin Novilda - @Novilda.ID (@awkarin) on

Dibandingkan dengan segitiga, orang-orang dengan wajah segi empat lebih sering dijumpai. Teruntuk muslimah dengan tipe wajah tersebut, sebisa mungkin pilih jilbab berbahan cotton yang mudah diatur alias tidak licin, serta memberikan kesan sedikit jatuh.

Sebab yang membuat seseorang memiliki wajah berbentuk segi empat adalah karena bentuk rahangnya yang lebih besar daripada orang pada normalnya, jadi, kenakan hijab hingga menutupi sebagian rahang untuk mengurangi kesan lebar.

Pilih Gaya Hijab yang Nyaman

Apapun bentuk wajah kamu, yang paling terpenting adalah utamakan memilih gaya hijab yang nyaman. Dengan begitu, maka aktivitas kamu tidak akan terganggu dengan hijab dan akan tampil lebih percaya diri.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Bisnis Hijab Bisa Untung Jutaan Rupiah!