Makin Hype di Indonesia! Ini 6 Fakta Menarik Tik Tok yang Perlu Diketahui

Meski kehadirannya di Indonesia baru tiga tahun, Tik Tok mampu mencuri perhatian masyarakat khususnya kalangan anak muda untuk menuangkan imajinasi dan mengekspresikan kreativitas mereka dalam membuat video hiburan berdurasi singkat dengan berbagai tema mulai dari komedi, membuat makanan, make up, horor dan sebagainya.

Lalu apa saja fakta menariknya dari perjalanan Tik Tok di Indonesia hingga sekarang ini? Agar tak penasaran, simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tik Tok Kalahkan Facebook dan Instagram

View this post on Instagram

A post shared by TikTok (@tiktok) on

Pasti banyak orang yang bakal enggak menyangka, kalau aplikasi video singkat Tik Tok ini semakin populer di dunia. Pengguna Tik Tok pun tak pandang usia, mulai dari kalangan bocah hingga dewasa. Hingga akhirnya, kini Tik Tok berhasil mengalahkan Facebook dan Instagram.

Menurut Store Intelligence dari Sensor Tower yang dikutip dari kompas.com, pada akhir 2019 Tik Tok menempatkan diri pada posisi ketiga setelah WhatsApp dan Messenger sebagai aplikasi non-gaming yang banyak diunduh dari Android dan iOs. Kemudian, baru disusul aplikasi Instagram dan Facebook.

Berikut data unduhannya dari laporan Sensor Tower per Q3 2019:

  • WhatsApp : 707,4 juta unduhan
  • Messenger: 636,2 juta unduhan
  • Tik Tok: 614 juta unduhan
  • Facebook: 587 juta unduhan
  • Instagram: 376,1 juta unduhan

2Banyak Orang Indonesia yang Jadi Terkenal Berkat Tik Tok

View this post on Instagram

A post shared by ocappp🦖 (@aryafebriannnn) on

Ya, masyarakat Indonesia memang sangat cerdas dalam menemukan peluang untuk menjadi terkenal dan pada akhirnya bisa mengumpulkan pundi-pundi ke kantongya mereka. Bukan hanya dari bisnis atau kerja di kantoran saja, tapi banyak juga yang memanfaatkan platform hiburan, salah satunya Tik Tok.

Hingga saat ini sudah terdapat puluhan orang Indonesia yang berhasil menjadi seleb Tik Tok, tapi beberapa diantaranya Prabowo Mondardo alias Bowo Alpenliebe, Shandy, Arya Febrian, Adey Dedey, Nurraini, Nadia Zerlinda, Barbiebel, dan masih banyak lagi.

3. Makin 'Hits' Karena 'Challenge'

View this post on Instagram

A post shared by Luna Maya (@lunamaya) on

Yang membuat banyak orang penasaran mencoba Tik Tok adalah, banyaknya pengguna yang memposting video Tik Tok di akun instagramnya dengan berbagai hastag challenge, baik dari program Tik Toknya ataupun dari pengguna yang membuat challenge tersebut menjadi viral.

Sebut saja, #jelahahkuliner dan #belajarbareng yang merupakan program dari Tik Tok. Kemudian, challenge yang sedang viral, antara lain #anysongchallange, #djtariuburubur, #theweekend, #lalalachallenge, #aroundtheworldchallenge, #handswapchallenge, #chickennoodlesoupchallenge dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Patut Dicoba! ini 6 Aplikasi Edit Foto Andalan Selebgram

4. Banyak Artis Indonesia Demam Tik Tok

View this post on Instagram

A post shared by TikTok ID Official (@tiktokofficialindonesia) on

Ya, bukan hanya dari kalangan biasa saja, tapi belakangan ini semakin banyak diketahui kalangan artis cantik, ganteng, papan atas pun mengunggah hasil video jogetnya dengan aplikasi Tik Tok di akun instagramnya masing-masing.

Kebanyakan dari mereka, tergiur untuk mencoba Tik Tok karena rasa penasaran yang tinggi, ingin mengikuti tren, bahkan ada juga yang karena dipaksa oleh anak-anaknya. Alhasil, para artis ini joget dengan gerakan yang kompak bersama teman dan juga keluarganya.

Berikut deretan artis yang mulai demam Tik Tok, antara lain Luna Maya, Ayu Ting Ting, Gisella Anastasia, Giring Nidji, Ardi Bakrie, Dian Sastro, Marion Jola, Marsha Aruan, Wulan Guritno, Rano Karno, Andre Taulany, dan masih banyak lainnya.

5. Pernah Diblokir Kominfo hingga Punya Akun untuk Sosialisasi

View this post on Instagram

A post shared by TikTok ID Official (@tiktokofficialindonesia) on

Jika melihat kebelakang, tak sedikit orang yang beranggapan kalau aplikasi Tik Tok ini engga ada gunanya, ya cuma sekedar joget-joget saja. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pernah memblokir Tik Tok karena banyak akun-akun yang memuat konten negatif.

Melansir dari tirto.id, Fernandus Setu, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo mengungkapkan, pemblokiran Tik Tok terjadi dalam waktu seminggu, yaitu pada 3-10 Juli 2018 dengan alasan banyak konten dan akun yang berunsur pornografi. Setelah Tik Tok berhasil menghapusnya, barulah Tik Tok dibuka kembali.

Mengingat kian kemarin Tik Tok banyak digunakan untuk kegiatan positif, pihak Kominfo pun tak mau ketinggalan. Lembaga ini juga membuat akun Tik Tok sejak Agustus 2019. Bukan untuk joget, tapi lewat Tik ToK, Kominfo bisa mensosialisasikan program-program, seperti anti hoaks dan lainnya. Dengan begitu, informasi yang disampaikan Kominfo bisa sampai ke anak muda.

6. Tik Tok Bisa Jadi Promosi Bisnis

View this post on Instagram

A post shared by TikTok ID Official (@tiktokofficialindonesia) on

Tik Tok memiliki 625 juta pengguna aktif dan ini akan lebih besar lagi jumlahnya. Artinya, disana ada target konsumen dan ini menjadi peluang yang sangat besar bagi para pebisnis untuk menggunakan Tik Tok sebagai media promosi barang dagangan mereka. Meski hasil video berdurasi 15 detik, cara kerjanya yang sederhana dengan adanya tambahan musik, filter atau efek, tapi dengan menciptakan konten yang kreatif, tentu promosi bisnis dengan Tik Tok akan berhasil.

Untuk memudahkan para pebisnis agar sukses dalam promosi bisnisnya lewat Tik Tok, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

- Pelajari Fitur Aplikasi

Hal pertama yang perlu dilakukan para pebisnis adalah mempelajari ada apa saja yang terdapat pada aplikasi Tik Tok, mulai dari pembuatan akun, hingga fitur-fitur yang bisa membuat hasil video promosi semakin menarik, seperti

  • Musik

Musik memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan video. Pada Tik Tok, fitur musik terbagi menjadi beberapa kategori seperti Valentine, K-Pop, Party, Indonesia dan sebagainya. Selain itu musik yang tersedia juga bisa disesuaikan dengan jenis video, misal kalau promosinya memakai konten komedi, maka musik tema komedi bisa dipilih.

  • Stiker dan Effek

Jika pebisnis sudah memastikan konsep yang akan dibuat, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan stiker dan efek sebagai pelengkapnya di video promosi tersebut.

  • Filter

Seperti pada aplikasi edit foto, di Tik Tok juga menyuguhkan fitur filter yang dapat memainkan tona dan rona sesuai obyeknya. Misal, filter pemandangan, makanan, dan sebagainya.

  • Voice Changer Function

Tik Tok memiliki efek suara yang sangat unik. Terdapat delapan efek suara yang bisa dicoba mulai dari suara mirip tupaim suara pria, vibra, elektronik, echo, mic, elf dan raksasa.

- Hasilkan Video yang Kreatif

Meski terbilang video sederhana, tapi pastikan video yang dibuat juga memiliki kreativitas yang tinggi. Misalnya saja, dengan membuat video dengan ekspresi yang gembira dan musik serta efek yang sesuai akan lebih menarik perhatian penonton. Biar

- Pakai Challenge Hastag

Untuk memaksimalkan promosi bisnis di Tik Tok, para pebisnis juga bisa mencoba dengan meluncurkan challenge hastag yang merupakan sebuah video tantangan khusus pengguna Tik Tok untuk membuat ulang kembali dan menambahkan hastag bermerek bisnis Anda di dalamnya.

- Iklan di Tik Tok

Pebisnis bisa menggunakan iklan di Tik Tok. Tapi pebisnis perlu ketahui bahwa ada 4 jenis iklan yang bisa dipilih, antara lain:

  • Konten Asli: Jenis iklan ini mirip dengan iklan stories Snapchat atau Instagram dan mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi.
  • Penyebutan Brand: Ini memungkinkan brand mengambil alih TikTok untuk hari itu. Mereka dapat membuat gambar, GIF, dan video dengan link ke laman yang dituju atau challenge hashtag.
  • Challenge Hashtag: Daripada membuat tantangan hashtag menjadi viral sendiri, Anda dapat menggunakan hashtag yang dipromosikan untuk mendapatkan lebih banyak engagement.
  • Lensa Brand: Lensa berisi konten brand ini seperti lensa Snapchat 2D dan 3D untuk wajah dan foto.

Baca Juga: 10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis

Bisa Menciptakan Karya yang Menarik

Tik Tok bukan hanya sebagai media hiburan bagi yang menontonnya saja, tapi Tik Tok juga bisa digunakan sebagai media untuk mendorong dan mengasah kreativitasnya dalam menciptakan karya yang menarik untuk ditonton. Dengan Tik Tok, pengguna bisa memulai merencanakan ide-ide dengan konsep yang bermanfaat hingga mengedit video dengan menggunakan berbagai fitur dari Tik Tok.

Baca Juga: Google Indonesia Rilis Kormo, Aplikasi Lowongan Kerja Khusus Fresh Graduate