Punya Kegunaan Selain Aset Berharga, Ini 10 Manfaat Emas bagi Kesehatan

Jika mendengar tentang emas, kebanyakan orang pasti langsung berpikiran tentang manfaat logam mulia ini sebagai perhiasan atau instrumen untuk investasi. Tapi, tahukah kamu di samping kegunaannya sebagai aset berharga, emas juga memiliki manfaat dalam hal kesehatan atau medis?

Walaupun masih jarang diketahui, tapi manfaat emas bagi kesehatan ini bisa dibilang cukup ampuh dalam menangkal berbagai macam penyakit.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

10 Manfaat Emas Bagi Kesehatan

loader

Menarik untuk dibahas, berikut adalah 10 manfaat emas bagi kesehatan yang penting untuk kamu ketahui. 

1. Ampuh Jadi Pengatur Suhu Tubuh

Manfaat emas bagi kesehatan yang pertama adalah terkait kemampuannya dalam mengatur suhu dalam tubuh. Tidak sedikit orang mengalami masalah hot flashes, kedinginan, serta kondisi kesehatan lain yang dikarenakan variasi suhu tubuhnya. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, emas kerap dijadikan solusi populer karena mampu mengatur suhu di dalam tubuh secara alami. Sebagai contoh, wanita yang tengah mengalami menopause dan merasakan hot flashes atau sensasi panas secara tiba-tiba di tubuh bagian atas bisa mengatasinya dengan mengenakan emas perhiasan. Hal ini dipercaya mampu meredakan kondisi hot flashes ini dengan mengontrol suhu tubuh agar lebih normal. 

2. Bisa Jadi Cara Merawat Luka atau Nyeri

Sudah sejak lama emas dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan pada kondisi nyeri atau luka di tubuh. Alasannya karena emas mampu mencegah risiko infeksi pada luka dengan cara mengoleskannya di sekitar bagian luka. Karena manfaatnya tersebut, penggunaan emas ini mampu membantu proses penyembuhan luka serta nyeri dengan lebih maksimal. 

3. Memberikan Energi Positif

Selain itu, manfaat emas bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya dalam memberikan energi yang positif kepada pemilik atau penggunanya. Karena itu, emas bisa menjadi solusi untuk mengatasi perasaan down atau khawatir yang tengah dirasakan oleh seseorang. 

Bahkan, energi positif yang dipancarkan oleh emas ini mampu memberi getaran hangat yang menenangkan serta mampu membuat pembuluh darah lebih rileks. Sehingga, aliran oksigen menjadi lebih lancar dan mampu menyebar secara merata di dalam tubuh. Kondisi ini efektif membuat tubuh untuk bekerja dengan optimal sekaligus meningkatkan motivasi dalam beraktivitas. 

Perlu digaris bawahi, aliran darah yang lancar adalah aspek penting untuk mencegah muncul penyakit. Oleh karena itu, tidak sedikit orang mengenakan perhiasan emas agar bisa mendapatkan manfaat ini di dalam tubuhnya. 

4. Menjadi Obat untuk Masalah Radang Sendi

Bagi penderita arthritis atau penyakit radang sendiri, tidak jarang salah satu gejala yang dialaminya adalah rasa sakit atau nyeri. Gejala tersebut umumnya dirasakan pada bagian jari tangan serta kakinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan emas di kulit agar memberi efek menenangkan serta meredakan gejalanya. 

Manfaat emas bagi kesehatan yang satu ini bahkan telah diteliti dan memberi hasil yang positif. Walaupun begitu, penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak pasti dari metode pengobatan ini masih perlu dilakukan sembari tetap memberi rekomendasi terkait solusi terbaik dalam mengobati masalah radang sendi atau arthritis ini pada penderitanya. 

5. Menjauhkan Rasa Cemas dan Sumber Stres

Rasa cemas dan stres bagi sebagian orang adalah masalah yang seakan selalu dialami setiap harinya. Ketika suasana hati tengah gundah dan beban pikiran sedang meninggi, tidak jarang efeknya bisa begitu buruk bagi kesehatan dan rasa semangat hingga merasa tidak ingin untuk melakukan aktivitas apapun. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa meningkatkan mood dengan mengenakan perhiasan emas. Dengan menggunakan logam mulia ini sebagai perhiasan atau aksesoris, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, kesejahteraan emosional juga bisa kamu dapatkan untuk sekaligus menghilangkan rasa stres dan kecemasan berlebihan. 

6. Populer Dijadikan Bahan untuk Merawat Kulit

Selain yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat emas bagi kesehatan yang satu ini berkaitan dengan perawatan kesehatan. Bahkan, berdasarkan jejak sejarah, ratu Mesir Cleopatra dulunya memakai emas untuk mengatasi masalah penuaan dan diyakini membuahkan hasil. Sang ratu pun dianggap sebagai ikon kecantikan di zaman tersebut.

Di era Romawi juga emas kerap dijadikan sebagai bahan dasar untuk merawat kulit, khususnya yang berkaitan dengan masalah infeksi kulit. Kini, tidak sedikit kaum Hawa yang menjadikan emas ini sebagai cara untuk melakukan perawatan kulit. Dokter kulit pun percaya jika emas mempunyai khasiat untuk menyembuhkan masalah kulit tertentu. 

7. Berguna untuk Meningkatkan Imunitas

Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit. Untuk meraih kondisi tersebut, kamu perlu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh agar mampu menangkal sumber penyakit untuk menghinggapi tubuh.

Dengan banyaknya risiko terjangkit patogen yang selalu berkeliaran di sekitarmu, cara untuk menyiasatinya bisa dengan menggunakan perhiasan emas. Karena sifat emas yang sejatinya mampu menangkal dan memberi perlindungan ekstra dari infeksi, mengenakan emas mampu meningkatkan imunitas tubuh. Jadi, jika kamu memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan rentan terkena penyakit, tidak ada salahnya menjadikan emas untuk mengatasi hal tersebut. 

8. Mengatasi Masalah Saraf dan Sistem Endokrin

Dari banyaknya manfaat emas bagi kesehatan, perannya dalam mengatasi masalah saraf dan sistem endokrin tentu menjadi salah satu yang cukup menarik bagi dunia medis. Berdasarkan studi, pasien yang mengalami masalah saraf serta sistem endokrin menunjukkan tingkat kesembuhan tinggi ketika gemar mengenakan perhiasan emas.

Penelitian tersebut tentu akan terus diidentifikasi terkait bahan apa yang terdapat pada perhiasan emas yang mampu meningkatkan potensi kesembuhan terhadap pasien. Sehingga, berlandaskan dari penemuan tersebut, tidak sedikit orang terus mengenakan perhiasan emas ini guna mengatasi penyakit saraf dan endokrin yang dideritanya. 

9. Menurunkan Rasa Sakit pada Terapi Akupunktur

Menjadi salah satu praktik kesehatan tertua dunia, akupunktur memiliki rekam jejak yang panjang dan terus dikembangkan. Agar bisa meningkatkan efek terapinya, beberapa ahli akupuntur memakai jarum dengan bagian ujung berbahan emas. 

Hal tersebut dipercaya mampu meredam rasa sakit yang dialami pasien serta mampu melepas aliran energi di dalam tubuh. Metode penyembuhan alternatif ini pun kerap menggunakan kristal dengan warna emas agar mampu mendorong kualitas penyembuhan.

10. Digunakan di Industri Kecantikan dan Dental

Manfaat emas bagi kesehatan yang tak kalah menarik untuk diketahui adalah penggunaannya pada industri kecantikan dan kedokteran gigi. Berkat manfaatnya untuk kesehatan kulit, tidak sedikit produk kecantikan mencampurkan logam mulia ini dengan kadar tertentu. Manfaat yang diberikan bisa berupa mempercepat penumbuhan sel kulit yang baru, mencegah penuaan, meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas, sampai melancarkan sirkulasi darah serta membuat warna kulit lebih cerah. 

Sedangkan di dunia kedokteran gigi, emas kerap dijadikan sebagai tambalan gigi. Hal ini dikarenakan emas memiliki sifat anti bakteri dan tak beracun. Karena itulah mengapa emas sering kali digunakan di industri kedokteran gigi sampai saat ini.  

Makin Banyak Alasan Gunakan Emas Setelah Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak hanya menjadi instrumen investasi yang menjanjikan dan perhiasan, ternyata emas mempunyai berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan. Mulai dari mengatur suhu tubuh, menyembuhkan luka, sampai meningkatkan imunitas dan perawatan kulit menjadi sederet manfaat emas bagi kulit yang penting untuk diketahui. Nah, setelah memahami sederet manfaatnya tersebut, kamu jadi lebih punya banyak alasan untuk menggunakan logam mulia ini, bukan?