Manfaat Selada Air bagi Kesehatan, Bisa Meningkatkan Sistem Imun Lho!

Selada mungkin menjadi salah satu sayur yang paling dikenal oleh masyarakat. Namun, hanya beberapa di antaranya yang tahu mengenai selada air. Padahal selada air juga memiliki segudang manfaat di dalamnya.

Memiliki penampilan fisik yang cukup berbeda dari selada biasa. Selada air justru memiliki penampilan yang hampir sama seperti kangkung atau bayam. Daun yang berbentuk bulat kecil dengan tangkai yang kurus.

Biasanya daun ini dinikmati sebagai lalapan. Sehingga disajikan dalam keadaan mentah. Beberapa juga ada yang menikmatinya sebagai sayur untuk direbus atau ditumis. 

Sebagai contoh, dalam 100 gram selada air, terdapat 17 kalori yang kemudian diubah menjadi energi. Di dalamnya juga ada 2,2 karbohidrat, 3,1 gram protein, dan 0,7 gram serat. Itu semua adalah asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh (per hari).

Tidak cukup sampai di situ, pemilik nama asli Nasturtium officinale ini juga mengandung fosfor, zat besi, kalsium, kalium, natrium, seng, tembaga, dan vitamin B, C dan K. 

Lalu, apa saja manfaat selada air untuk kesehatan? Berikut uraiannya.

Baca Juga: Selain Jaga Kinerja Jantung, ini 5 Manfaat Lain Bayam Hijau untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Selada Air

loader

Selada Air

  1. Memperkuat Sistem Imun

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selada air mengandung vitamin C. Vitamin ini dapat membantu tubuh dalam membangun antibodi. Semakin rutin asupan vitamin C diberikan, sistem imun dalam tubuh juga akan semakin kuat.

    Tidak hanya itu, sayuran yang biasa disebut dengan watercress ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan ada 40 jenis flavonoid (antioksidan yang biasa terkandung dalam sayuran) yang terkandung dalam selada air. 

    Fungsi dari flavonoid adalah untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebab, semakin sering tubuh terpapar radikal bebas semakin tinggi juga kemungkinan orang tersebut terjangkit penyakit-penyakit kronis.

  2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

    Selada air menjadi sayuran yang harus rutin dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Sebab salah satu manfaat selada air adalah menurunkan tekanan darah, melalui kandungan nitrat yang ada di dalamnya.

    Berdasarkan riset dari British Journal of Clinical Pharmacology pada 2013, senyawa ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Secara bersamaan, nitrat juga membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. 

    Singkatnya, pengonsumsian sayur hijau ini akan menambah kadar oksida nitrat dalam darah. Hal inilah yang kemudian menurunkan tekanan darah yang tinggi. 

    Jadi, mengonsumsi selada air sangat disarankan bagi penderita tekanan darah tinggi .

  3. Mengurangi Potensi Serangan Jantung

    Pembuluh darah yang tidak tersumbat dan tekanan darah yang stabil akan sangat berpengaruh kepada kesehatan jantung. Peredaran darah ke seluruh tubuh pun jadi tetap lancar.

    Inilah manfaat selada air yang ketiga. Manfaat ini didapatkan dari kandungan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan berjenis karotenoid itulah yang berfungsi untuk mencegah munculnya penyakit jantung. 

  4. Menurunkan Kadar Kolesterol

    Mengonsumsi sayuran hijau ini secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, penderita penyakit jantung, kolesterol, dan darah tinggi selalu dianjurkan untuk memperbanyak asupan sayuran yang menyerupai bayam ini.

  5. Mencegah Munculnya Kanker

    Tidak hanya berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kandungan beta karoten dan lutein yang ada di dalam selada air bisa mencegah munculnya sel-sel kanker. 

    Tidak hanya itu, kandungan phytochemical dan isothiocyanate juga berfungsi sebagai anti-karsinogenik. Senyawa yang mencegah munculnya pemicu sel kanker dan tumor.

    Berbagai riset dari Healthline dan Toxicology and applied Pharmacology menyebutkan bahwa phytochemical dan isothiocyanate terbukti mampu mencegah kanker usus, paru, prostat, kulit, dan payudara.

  6. Menjaga Kesehatan Mata

    Dalam riset yang dilakukan Acta Ophthalmologica Journal dijelaskan bahwa vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin C berfungsi sebagai pencegah munculnya katarak.

    Tidak hanya itu, senyawa lutein dan zeaxanthin juga mampu mencegah munculnya makula di mata. Ini merupakan salah satu penyakit degenerasi yang muncul karena usia dan dapat mengganggu penglihatan seseorang.

    Biasanya penyakit ini akan muncul di umur 60 tahun. Ada beberapa penyebab makula di mata selain usia. Seperti, obesitas, merokok, riwayat keluarga, dan pola hidup tidak sehat. Mengonsumsi selada air secara rutin bisa menghindarkan seseorang dari penyakit-penyakit tersebut.

  7. Mencegah Osteoporosis dan Menjaga Kesehatan Tulang

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selada air mengandung vitamin K yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Pengonsumsian vitamin K secara rutin bisa membuat seseorang terhindar dari osteoporosis.

    Tidak berhenti di situ saja, selada air juga mengandung banyak sekali zat yang dibutuhkan tulang. Seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. 

  8. Memenuhi Asupan Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

    Mengonsumsi selada air setiap hari akan memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi. Terlebih kepada perempuan yang sedang hamil. 

    Watercress juga mengandung asam folat, zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memberikan nutrisi pada dirinya dan si jabang bayi. 

  9. Menjaga Hormon Tiroid

    Tiroid adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar yang ada di bagian leher. Hormon ini memiliki andil yang cukup besar kepada tubuh. 

    Termasuk dalam mengatur irama pada detang jantung dan tekanan darah, menurunkan atau menaikkan suhu tubuh, serta mengontrol tubuh saat melakukan reproduksi sel.

    Jika ada masalah dengan hormon tiroid, kesehatan dan aktivitas seseorang pun akan terganggu. Mereka akan mudah lelah, detak jantung menjadi lebih lambat atau cepat, hingga berat badan yang turun atau naik secara drastis (tergantung jenis kasusnya),

    Selada air memiliki yodium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur jumlah hormon tiroid. Hampir sama seperti garam, mengonsumsi secara rutin sayuran ini juga bisa mencegah seseorang dari penyakit tiroid dan gondok.

  10. Menjaga Kesehatan Rambut

    Berbagai macam vitamin yang terkandung dalam salah satu sayuran hijau ini juga bisa membantu menyehatkan rambut. Salah satu yang memiliki peranan besar adalah vitamin B, yang berguna untuk menguatkan rambut. 

Baca Juga: Diantar ke Rumah, Ini Daftar 15 Aplikasi Belanja Sayur dan Kebutuhan Dapur Lengkap

Imbangi dengan Pola Hidup Sehat 

Kini kita semua sudah mengetahui segudang manfaat yang diberikan oleh selada air. Mengonsumsi sayuran ini bahkan bisa memberikan manfaat dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. 

Namun hal tersebut tentunya tidak akan dirasakan atau didapatkan jika pola hidup Anda masih tidak sehat. Mengonsumsi selada air ataupun sayuran lainnya juga perlu diimbangi dengan pola hidup yang sehat pula agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat adalah dengan mengatur pola tidur alias istirahat yang cukup, olahraga secara rutin, meminum air putih yang banyak, dan masih banyak lagi. 

Satu hal yang perlu diingat dan tidak boleh dilupakan adalah selada air tidak bisa digunakan sebagai obat. Jika ada muncul gejala-gejala penyakit yang sudah disebutkan. 

Ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke rumah sakit (RS) atau dokter terdekat. Sehingga bisa mendapatkan pertolongan dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Brokoli untuk Kesehatan