Selain Jaga Kinerja Jantung, ini 5 Manfaat Lain Bayam Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Jangan hanya memikirkan kelezatan dari makanan yang dikonsumsi saja, tapi kamu juga perlu memperhatikan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Dengan begitu, makanan yang dikonsumsi baik untuk kesehatan tubuh.

Di antara banyak jenis makanan yang kerap dikonsumsi, sayuran hijau merupakan salah satu yang terpenting dan tak boleh diabaikan. Sayuran hijau ini mengandung nutrisi sangat lengkap. 

Misalnya saja pada bayam hijau, banyak mineral dan juga vitamin, seperti Beta Karoten, Niacin, Vitamin B1 dan B2, bahkan Vitamin C juga. Selain itu, juga mengandung banyak serat, sehingga nutrisi di dalamnya menjadi lebih lengkap. 

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan gizi yang ada pada bayam hijau tersebut, tentunya akan banyak manfaat baik yang didapatkan untuk kesehatan tubuh. Bagi kamu yang belum tahu? Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Menjaga Kesehatan Mata

mata
Menjaga kesehatan mata

Selama ini kamu mungkin berpikir bahwa wortel menjadi satu-satunya sayuran yang baik bagi mata. Namun jangan salah, bayam hijau juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk organ penglihatanmu tersebut.

Bayam yang lezat ini memiliki kandungan xanthone, lutein, dan bahkan beta-karoten yang bisa membantu menjaga kesehatan mata dengan baik. Asupan vitamin A di dalam tubuh akan tercukupi dengan dukungan beta-karoten di dalamnya, sehingga tubuhmu bisa mendapatkan vitamin ini dalam jumlah yang mencukupi.

Kandungan xanthone dan juga lutein yang terdapat pada bayam akan bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan ini bekerja untuk menangkal berbagai radikal bebas yang terjadi di area mata, termasuk mencegah terjadinya katarak pada mata. Konsumsi bayam hijau secara teratur juga bisa mencegah berbagai gangguan lainnya yang kerap terjadi pada mata, termasuk ulkus mata dan juga rasa gatal di sekitar area mata.

Baca Juga: Selain Batasi Penggunaan Gadget, ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

2. Mencegah Terjadinya Kanker

Bayam juga menjadi salah satu sayuran yang ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Kandungan klorofil pada sayuran hijau yang satu ini bisa menangkal efek karsinogenik dari amina heterosiklik. 

Bukan hanya itu saja, melalui penelitian lainnya yang pernah dilakukan pada seorang pasien wanita yang menderita tumor di area serviks, bayam juga terbukti dapat membantu menahan pertumbuhan sel tumor pada tubuh. 

3. Menjaga Kinerja Jantung

jantung
Menjaga kinerja jantung

Jantung menjadi organ yang terbilang vital pada kesehatan tubuh. Untuk menjaga kinerja jantung dengan baik, kamu bisa mengkonsumsi bayam hijau secara rutin. Sebab, bayam hijau ini akan membuat otot-otot yang berada di area jantung bekerja dengan maksimal.

Bayam memiliki kandungan koenzim Q-10 (C0-Q10) yang unik dan berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu jantung bekerja dengan maksimal untuk menjalankan fungsinya di dalam tubuh. 

Selain itu, koenzim ini juga dapat mencegah berbagai resiko penyakit lainnya yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti: hipertensi, jantung koroner, dan bahkan gagal jantung.

4. Mengelola Risiko Diabetes

Kandungan antioksidan atau asam alfa-lipoat yang terdapat di dalam bayam dapat membantu menurunkan gula darah, mencegah oksidatif, dan bahkan menambah sensitivitas insulin di dalam tubuh. 

Bayam hijau juga memiliki kandungan asam alfa-lipoat yang dapat menekan risiko neuropati perifer dan otonom pada penderita diabetes. Konsumsi bayam secara teratur akan baik untuk penderita diabetes karena kandungan sayuran hijau ini bisa mencegah terjadinya komplikasi.

5. Lengkapi Nutrisi pada Masa Kehamilan

hami
Lengkapi nutrisi pada masa kehamilan

Bayam juga bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, termasuk untuk janin yang dikandungnya. Kandungan asam folat akan sangat dibutuhkan janin di dalam perkembangan saraf, termasuk untuk mencegah berbagai resiko kesehatan lainnya, seperti sumbing atau cacat pada area mulut. Sayuran yang satu ini akan memberikan banyak nutrisi baik selama masa kehamilan, bahkan setelah bayi lahir dan masa menyusui.

Baca Juga: Ini Dia Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil

6. Menghindari Risiko Hipertensi

Bayam juga sangat berguna untuk orang-orang yang menderita hipertensi, karena bisa menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil. Bayam memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga resiko hipertensi bisa dicegah dengan baik. 

Selain itu, kandungan folat yang terdapat di dalam bayam juga ampuh menenangkan area pembuluh darah di dalam tubuh, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan stabil.

Olah Bayam Hijau Jadi Hidangan Menarik

Agar manfaat yang didapatkan untuk kesehatan tubuh lebih maksimal, maka kamu perlu mengkonsumsi bayam hijau ini secara rutin. Agar tidak bosan, kamu bisa mengolah bayam hijau menjadi hidangan yang menarik dan lezat. Misalnya saja, selain di bikin kuah bening, bayam hijau juga bisa dijadikan kripik yang gurih, campuran di pasta dan sebagainya.

Baca Juga: Makanan Khas Korea yang Mudah di Buat dan Bergizi untuk Sahur