Tak Hanya Berkilau, Ini 10 Manfaat Vitamin Rambut yang Perlu Kamu Ketahui!

Rambut yang sehat dan berkilau merupakan idaman banyak orang, khususnya kaum hawa. Pasalnya untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau secara alami, selain mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga harus rutin menggunakan berbagai produk perawatan rambut. 

Selain sampo dan conditioner yang tentunya sudah familiar dan sering kamu gunakan, ada pula vitamin rambut yang seharusnya diaplikasikan secara rutin setiap habis keramas. 

Artikel kali ini akan membahas berbagai manfaat vitamin rambut dan bagaimana cara pemakaiannya yang benar. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Cegah Kebotakan, Ini Deskripsi, Manfaat, Efek Samping, dan Cara Pemakaian Minoxidil

10 Manfaat Vitamin Rambut

loader

Manfaat Vitamin Rambut

Penggunaan vitamin rambut seringkali dianggap sebagai produk perawatan yang tidak terlalu dibutuhkan. Padahal, penggunaan vitamin rambut secara rutin dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau dan sehat. 

Tak hanya itu, penggunaan vitamin rambut sangat direkomendasikan khususnya bagi kamu yang memiliki permasalahan rambut, seperti rambut kering, rontok, dan mudah kusut. Kok bisa? 

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Cermati.com sudah merangkum berbagai manfaat vitamin rambut yang perlu kamu ketahui. 

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut 

    Manfaat vitamin rambut yang pertama adalah mendukung pertumbuhan rambut. Vitamin rambut umumnya mengandung vitamin A, B, C, D, dan E yang diformulasikan secara khusus untuk merangsang pertumbuhan rambut. 

    Tak hanya itu, vitamin rambut juga diperkaya oleh kandungan zat antioksidan yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala agar setiap helai rambut mendapatkan nutrisi yang seimbang. 

  2. Mengurangi Kerontokan Rambut 

    Pada dasarnya, rambut rontok merupakan kondisi yang normal secara medis asalkan jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. 

    Jika lebih dari jumlah tersebut, maka kamu perlu berkonsultasi pada dokter untuk menemukan solusi yang tepat. Pasalnya, kondisi rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tubuh yang kekurangan vitamin. 

    Oleh sebab itu, penggunaan vitamin rambut secara rutin sangat dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki masalah kerontokan rambut. 

  3. Mempertahankan Kilau Alami Rambut 

    Apakah rambut kamu tidak berkilau seperti model iklan shampoo? Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kekurangan nutrisi serta terlalu sering melakukan styling dengan suhu tinggi. 

    Vitamin rambut umumnya memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan rambut yang rusak agar rambut terlihat lebih sehat dan berkilau ala model iklan shampoo. Jadi lebih percaya diri deh!

  4. Melindungi dari Kerusakan Rambut 

    Seperti halnya kulit, rambut juga terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan paling luar (kutikula) memiliki struktur yang paling kuat. Lapisan ini menjadi pelindung bagi lapisan dalam rambut. 

    Sayangnya, meskipun kutikula menyandang predikat sebagai pemilik struktur paling kuat pada lapisan rambut namun hal tersebut tidak berarti lapisan ini tidak bisa rusak. 

    Faktor penyebab kerusakan kutikula cukup beragam, mulai dari proses styling rambut yang terlalu sering, kekurangan nutrisi pada rambut, bahkan gaya hidup yang kurang sehat. 

    Nah, penggunaan vitamin rambut sangat bermanfaat untuk menutrisi sekaligus melapisi rambut pada saat proses styling guna meminimalisir risiko kerusakan kutikula serta menjaga kesehatan rambut. 

  5. Menambah Volume Rambut 

    Selain merangsang pertumbuhan rambut, penggunaan vitamin rambut juga dapat membuat rambut tampak lebih bervolume. Sebagaimana kamu ketahui, rambut yang bervolume merupakan salah satu indikator rambut yang sehat. 

    Kandungan vitamin E yang umumnya terkandung dalam berbagai produk vitamin rambut memberikan tambahan nutrisi pada rambut sehingga tekstur dan tampilan akhirnya menjadi lebih bervolume. 

  6. Rambut Lebih Mudah Diatur

    Tak hanya lebih bervolume, kandungan vitamin E juga dapat menjadikan rambut lebih mudah diatur meskipun tanpa melalui proses styling, yang sebagian besar dilakukan dengan cara memanaskan rambut pada suhu tinggi. 

    Oleh sebab itu, penggunaan vitamin rambut sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur rambut atau memiliki karakter rambut yang mudah kusut. 

  7. Menghilangkan Ketombe 

    Ketombe adalah sebutan untuk sel kulit kepala yang mati dan mengering sehingga mengakibatkan pengelupasan berwujud serpihan berwarna putih dan umumnya menempel di baju atau rambut. 

    Ya, hampir sebagian besar orang di dunia mengalami masalah yang satu ini. Bahkan dalam beberapa kasus, ketombe juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri. 

    Meskipun ketombe sebenarnya merupakan permasalahan pada kulit kepala, namun kamu juga bisa mengatasinya dengan menggunakan vitamin rambut secara rutin.

  8. Solusi Rambut Lepek dan Bau 

    Rambut lepek umumnya disebabkan oleh sekresi minyak dalam jumlah berlebih pada kulit kepala. Sementara kondisi rambut yang bau dapat dipicu oleh berbagai faktor, misalnya paparan sinar matahari, keringat, dan polusi. 

    Beberapa produk vitamin rambut juga diformulasikan secara khusus untuk mengontrol sekresi minyak pada kulit kepala, serta memiliki aroma yang menyegarkan dan lebih tahan lama dibanding kombinasi aroma antara shampoo maupun conditioner yang kamu gunakan. 

    Selain membuat rambut terasa lebih bersih dan segar, aroma yang segar ini juga dapat mengembalikan kepercayaan diri kamu. 

  9. Memperlambat Penuaan Rambut 

    Siapa bilang kalau hanya kulit yang bisa mengalami penuaan? Rambut juga bisa, lho! Beberapa tanda penuaan rambut di antaranya adalah munculnya rambut putih atau uban, kulit kepala menjadi lebih sensitif, dan volume rambut yang terus menipis. 

    Nah, masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan penggunaan vitamin rambut secara rutin. 

  10. Menjaga Kelembapan Rambut 

    Manfaat vitamin rambut yang terakhir adalah menjaga dan mengembalikan tingkat kelembapan rambut. 

    Apabila kelembapan rambut terjaga, maka kamu bisa memanjangkan rambut tanpa khawatir rambut akan bercabang atau patah.

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Cara Mengaplikasikan Vitamin Rambut dengan Benar

loader

Cara Mengaplikasikan Vitamin Rambut dengan Benar

  1. Pilih Produk Sesuai Kebutuhan

    Sebelum mengaplikasikan vitamin rambut, pastikan bahwa produk vitamin rambut yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan. 

    Misalnya, jika rambut kamu sudah cukup lembap maka hindari untuk menggunakan produk vitamin rambut yang berfungsi untuk melembapkan agar rambut tidak menjadi mudah lepek. 

    Sebaliknya, jika rambut kamu tergolong kering dan kusam maka pilihlah produk vitamin rambut yang dapat mengembalikan kelembapan rambut. 

    Agar dapat memilih produk yang sesuai, maka pastikan untuk mempelajari sedikit tentang kandungan yang terdapat di dalamnya. 

  2. Gunakan Secukupnya 

    Kedua, pastikan untuk menggunakan vitamin rambut secara teratur dalam jumlah secukupnya, kurang lebih dua sampai tiga tetes setiap pemakaian. 

    Pemakaian vitamin rambut berlebih, apalagi di area akar rambut dan kulit kepala, akan menyebabkan sekresi minyak berlebih dan membuat rambut mudah lepek atau bahkan lebih kering.

    Oh ya, jangan lupa untuk mengaplikasikan produk vitamin rambut secara merata pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala ya! Hal ini bertujuan agar setiap helai rambut mendapatkan nutrisi yang sama.

    Selain itu, gunakanlah vitamin rambut saat kondisi rambut masih setengah basah agar nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat diserap secara maksimal dan tentunya menampilkan hasil akhir yang maksimal pula. 

  3. Pastikan Memijat Kulit Kepala Sesudahnya 

    Terakhir, pastikan selalu menyempatkan waktu untuk memijat kulit kepala dengan lembut dan perlahan setelah mengaplikasikan vitamin rambut. Memijat kulit kepala dan akar rambut dapat dilakukan dengan gerakan memutar. 

    Hal ini bertujuan agar nutrisi dapat meresap sempurna dan bekerja secara efektif pada akar rambut dan kulit kepala.

Baca Juga: Mau Bleaching Rambut? Kenali Efek Sampingnya Terlebih Dahulu!