Menapaki Jejak Kesuksesan Zayn Malik, Ex One Direction yang Baru Putus dari Gigi Hadid

Sosok tampan Zayn Malik pertama dikenal publik sebagai personel dari One Direction (disingkat 1D). Bersama boyband spektakuler asal Inggris tersebut, ia telah mencetak banyak hits dan menorehkan prestasi dalam taraf masif.

Kini, penyanyi bersuara tenor tersebut makin sukses bersolo karier selepas berpisah dari Louis Tomlinson, Niall Horan, Harry Styles, dan Liam Payne. Sejumlah hits yang melejit sudah dirilisnya, seperti Pillowtalk, Let Me, dan tak ketinggalan Dusk Till Dawn bersama Sia.

Karier solonya tak hanya membuatnya tenar, tapi juga kaya raya. Ia pun disebut sebagai jebolan 1D paling tajir nomor dua, setelah Harry Styles. Ayah dari Khai Hadid Malik ini telah mengumpulkan kekayaan fantastis sebesar 75 juta Dollar AS (setara dengan Rp1,72 triliun) di tahun 2021.

Baca Juga: Mengintip Kisah Sukses Travis Scott, Rapper Mantan Kylie Jenner

Biodata Zayn Malik

View this post on Instagram

A post shared by Zayn Malik (@zayn)

Zain Javadd Malik alias Zayn Malik lahir di Bradford, pada 12 Januari 1993. Ia mewarisi darah Pakistan dari sang ayah dan Irlandia dari garis keturunan ibunya. Pria warga negara Inggris ini ialah putra dari Yaser Malik serta Tricia Banna Malik.

Zayn sendiri mempunyai tiga orang saudari wanita, yaitu Safaa, Waliyha, serta Doniya. Sebelum menikah dengan ayah Zayn, ibunya beragama Kristen dan lantas menjadi mualaf. Oleh sebab itu, pria yang menguasai Bahasa Inggris, Urdu, dan Arab ini pun dibesarkan secara Islam oleh keluarganya.

Belakangan, Zayn menuntut ilmu di Lower Fields Primary School serta Tong High School. Di sanalah dirinya berkenalan dengan musik Hip Hop, R&B, Bollywood, dan juga Reggae berkat sang ayah.

Kecintaannya kepada musik membuat Zayn mengikuti ajang pencarian bakat bernama X-Factor di tahun 2010. Sempat gugur tereliminasi, ia kemudian meraih kesempatan emas dan kembali ke kompetisi itu bersama keempat rekannya. Dari situlah cikal bakal One Direction terbentuk hingga mencapai puncak popularitas.

Sukses Bersama One Direction (1D) Hingga Solo Karier

Zayn Malik tercatat bergabung dengan One Direction pada tahun 2010. Saat itu ia diketahui menandatangani kontrak besar senilai 2 juta Poundsterling (setara dengan Rp38 miliar). 

Tak dapat dipungkiri, keberadaan Zayn dalam formasi One Direction menjadi fondasi yang tak terkalahkan bagi boyband tersebut. Bersama anggota One Direction lainnya, Zayn telah berhasil meraih penghargaan dan prestasi yang fantastis dan mencengangkan.

Totalnya, mereka sudah meraih lebih dari 200 penghargaan dalam waktu singkat. Selain itu, One Direction juga tercatat di dalam 351 nominasi dari beragam ajang penghargaan internasional.

1D diketahui berhasil meraup income kurang lebih Rp4 triliun, yang setara dengan 290 juta Dollar AS. Hits mereka pun berhasil membuat penggemar tergila-gila. Di antaranya seperti You And I, Little Things, Kiss You, Night Changes, Steal My Girl, Best Song Ever, dan lainnya.

Setelah hengkang dari One Direction pada Maret 2015, karier Zayn kian bersinar. Bahkan debutnya sebagai solois telah sukses bertengger di chart kenamaan dunia, Billboard 200. Terhitung, ia telah merilis dua buah album studio yakni Mind of Mine (2016) dan Icarus Falls (2018). 

Baca Juga: Perjalanan Karier Supermodel Bella Hadid, Rela Kerja Keras Demi Mandiri Finansial

Mencetak Banyak Prestasi Membanggakan

View this post on Instagram

A post shared by Zayn Malik (@zayn)

Berkat eksistensinya dalam berkarya, Zayn telah meraih Outstanding Contribution to Music dari The Asian Awards tahun 2015. Prestasinya terus berlanjut dengan penghargaan New Artist of the Year dari American Music Award 2016 yang dimenangkannya. 

Pillowtalk tak hanya laris manis dan ngehits, tapi juga berhasil memenangkan Best British Pop Single dari Popjustice £20 Music Prize 2016. Karena wajahnya yang ganteng, Zayn mengantongi penghargaan Best Look dari MTV Europe Music Awards 2016

Berbagai penghargaan masih terus menghujani sepak terjang Zayn Malik. Dari Teen Choice Awards, ia sukses membawa pulang penghargaan Choice Music: Breakout Artist dan Choice Summer Male Star di tahun 2016. Kemudian Music Choice 2017 memberikannya penghargaan Best New Solo Artist. 

Selanjutnya, Zayn dianugerahi penghargaan Best Collaboration dari MTV Video Music Awards atas lagunya bersama Taylor Swift, I Don’t Wanna Live Forever. Lagu tersebut juga meraih Award-Winning Songs dari BMI Pop Awards 2017.

Selain itu, ia pun mendapatkan Top New Artist dari Billboard Music Awards 2017, Power Artists dari Billboard Power 2017, serta Best Solo Breakout dari iHeartRadio Music Awards 2017. 

Pada tahun 2019, Zayn dianugerahi penghargaan Choice Song In A Movie dari Teen Choice Awards. Penghargaan itu ia dapatkan berkat lagu A Whole New World yang dilantunkan bersama Zhavia Ward. Lagu legendaris yang dibawakan kembali untuk menjadi penutup dari remake film Aladdin garapan Disney.

Terbaru, lagunya yang berjudul Trampoline (dibawakan bersama Shaed) berhasil diganjar penghargaan Best Remix dari iHeartRadio Music Awards 2020. Sebagai catatan, seluruh prestasi ini diraihnya sebagai penyanyi solo dan tidak mencakup penghargaan yang ia dapatkan saat bersama 1D.

Pernyataan Kontroversial Perihal Agama

Terkait keyakinannya, Zayn menuturkan bahwa kedua orangtuanya memang mendidik dirinya secara Islam sedari kecil. Namun ia dibebaskan untuk memilih keyakinan sesuai kehendak pribadinya.

Belakangan kepada media, Zayn sempat mengungkapkan bahwa dirinya tidak memeluk agama Islam. Statement yang menggegerkan ini dicetuskannya dengan lugas dan gamblang sewaktu diwawancara oleh Vogue di tahun 2018 lalu.

Alhasil, publik pun dibuat terkejut atas fakta yang dilontarkannya tersebut. Bahkan fans perempuan muslimah dari berbagai belahan dunia pun dikabarkan jadi kecewa berat, hingga patah hati. Sebagai imbasnya, kontroversi pun terjadi dan menimbulkan pro kontra di ranah publik.

Zayn menandaskan dirinya percaya akan keberadaan Tuhan walaupun kini ia memilih untuk tak beragama. Namun, pelantun lagu Let Me ini tak yakin akan adanya neraka. Ia juga tak percaya ketika seseorang mesti memakan daging hewan sembelihan seusai didoakan.

Selain itu, Zayn juga mengaku tak percaya jika seseorang harus berdoa berulang kali dalam suatu bahasa sebanyak lima kali dalam sehari. Kendati begitu, Zayn berpendapat bahwa selalu ada hal-hal indah yang terdapat di dalam setiap agama. Dan ia merasa senang telah dibesarkan menurut ajaran Islam di dalam keluarganya.

Hubungan Zayn Malik dan Gigi Hadid

View this post on Instagram

A post shared by Zayn Malik (@zayn)

Publik kembali dihebohkan dengan kabar pertengkaran yang terjadi antara Zayn Malik dengan Yolanda Hadid. Tak ayal, nama Zayn, Gigi, dan Yolanda Hadid pun sempat menjadi trending topic di Twitter.

Akibat berseteru dengan ibu kekasihnya itu, Zayn dijerat empat tuntutan hukum. Tak hanya sampai di situ saja, jalinan cintanya dengan Gigi pun kini kandas. Meski demikian, mereka memutuskan untuk merawat dan mengasuh putri mereka bersama-sama.

Adapun insiden dengan Yolanda terjadi di kediaman Zayn di Pennsylvania, AS. Sementara itu, Gigi sedang berada di Paris, Perancis, sewaktu perselisihan itu terjadi.

Sejumlah rumor di internet menyebutkan, kemarahan Zayn terpicu karena Yolanda diduga telah menyebarkan foto cucunya ke wartawan media Amerika secara diam-diam. Padahal sebelumnya, Zayn Malik dan Gigi Hadid sudah sepakat untuk tidak memperlihatkan wajah putri mereka ke kalangan umum.

Menurut Zayn, ia merasa tak nyaman lantaran Yolanda telah memasuki rumahnya tanpa izin. Tak pelak, pertengkaran pun terjadi. Zayn kemudian menghubungi Gigi dan juga melontarkan perkataan kasar kepada ibu dari putrinya itu.

Terjerat Sejumlah Tuntutan Hukum

Selanjutnya Yolanda menuding Zayn telah berkata kasar, memukul dan melakukan serangan terhadapnya. Supermodel kaya raya itu pun membawa kasus ini ke meja hijau. Namun Zayn menyebut itu semua tuduhan tersebut adalah palsu. 

Menurut pengakuan Zayn, ia memang telah mendorong Yolanda dan melontarkan kata makian kepada ibu dari Bella Hadid tersebut. Tapi ia tidak melakukan pemukulan seperti yang dituduhkan Yolanda terhadapnya.

Zayn berharap, perselisihan ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan tanpa mengganggu privasi putrinya yang masih berusia satu tahun. Ia pun harus rela menjalani ancaman hukuman 90 hari masa percobaan. 

Pria yang kini berumur 28 tahun tersebut wajib mengikuti program pengelolaan amarah serta kekerasan di dalam rumah tangga. Tak hanya itu, ia pun dilarang untuk berbicara dengan Yolanda Hadid untuk satu tahun ke depan.

Baca Juga: Kisah Sukses Ariana Grande, Diva dengan Honor Termahal Dunia yang Pernah Kena Bully