Manfaatkan Air Kelapa, Langkah Mudah Mencerahkan Wajah

Sinar matahari yang mengenai kulit wajah secara langsung bisa memicu munculnya beragam masalah, salah satunya membuat kulit terlihat kusam. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kembali kulit wajah, dari mulai melakukan perawatan wajah di salon maupun di rumah. Nah, salah satu cara yang cukup simpel namun efektif dan bisa dilakukan di rumah yakni dengan air kelapa.

Air kelapa disebut-sebut memiliki begitu banyak manfaat, termasuk menghidrasi dan melembabkan serta mencerahkan kulit. Ini karena di dalam air kelapa mengandung banyak mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit, terutama wajah. 

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat baik dari air kelapa untuk kulit wajah? Simak ulasan berikut, selengkapnya. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Tips Menggunakan Air Kelapa untuk Mencerahkan Wajah 

loader

Siapa sih, yang tak suka dengan air kelapa yang punya rasa menyegarkan dan sedikit manis? Meski rasanya manis, namun air kelapa ternyata kandungan gula dan kalorinya cukup rendah. Bahkan, air kelapa kaya akan mineral serta vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit, seperti vitamin C hingga vitamin B2 dan B3.  

Perlu diketahui juga bahwa air kelapa memiliki kandungan phytohormon cukup banyak yang dikenal juga dengan kinetin. Dimana kandungan kinetin tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan dan anti aging. Nah, berikut ini beberapa langkah mudah mencerahkan wajah dengan air kelapa.

1. Rutin Mengkonsumsi Air Kelapa 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulit wajah jadi lebih cerah adalah dengan rutin mengkonsumsi air kelapa. Bahkan, air kelapa dapat dijadikan pilihan sebagai pengganti air putih. Tak hanya mengandung vitamin dan nutrisi yang berlimpah, rasa air kelapa pun juga cukup menyegarkan. 

Konsumsi air kelapa secara rutin, dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh setiap harinya. Sehingga, bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Perlu dipahami, tubuh yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan kulit terlihat kering dan kusam.

Tak hanya itu, rutin mengkonsumsi air kelapa juga mampu membuat kerutan halus di wajah menghilang dan merangsang produksi kolagen di jaringan kulit. Sehingga, membuat kulit tampak lebih muda, cerah dan bercahaya.

2. Dioleskan Langsung ke Wajah 

Air kelapa bisa membantu melembabkan dan menyehatkan kulit wajah ketika dioleskan secara langsung. Ini karena kandungan nutrisi baik di dalam air kelapa, seperti gula, asam amino hingga elektrolit yang cukup tinggi. Menurut Dr. Marie Hayag, seorang dokter kulit sekaligus pendiri 5th Avenue Aesthetics di New York, kandungan tersebut sangat baik untuk membantu mengatasi masalah kulit kering.

Cara penggunaannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, berikut diantaranya.

  • Siapkan kertas masker baru dan bersih, lalu celupkan ke dalam air kelapa hingga basah merata. 
  • Selanjutnya, bersihkan wajah menggunakan kertas masker menutupi wajah secara menyeluruh. 
  • Tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Selain dicelupkan ke kertas masker, air kelapa juga bisa dioleskan ke wajah secara langsung. Hal ini, bisa membantu menenangkan kulit wajah dan menjaganya tetap lembab. Penggunaan secara rutin bahkan, juga bisa membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

3. Gunakan Sebagai Facial Wash

Selain dioleskan secara langsung atau sebagai masker wajah, air kelapa juga bisa digunakan untuk mencuci wajah agar manfaatnya semakin terasa. Jika dilakukan dengan rutin, minimal 2 kali sehari bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan jauh dari kusam.

Cukup dengan membasuh wajah dengan menggunakan air kelapa secara merata, lalu diamkan sebentar. Sebelum benar-benar mengering, bilas wajah segera dengan air hangat.

4. Masker Wajah 

Kandungan nutrisi air kelapa yang cukup berlimpah, seperti vitamin C dan asam amino hingga sifat antibakteri. Hal tersebut diyakini mampu membantu mencerahkan kulit wajah, hingga mengatasi jerawat dan menyamarkan bekasnya. Selain dioleskan secara langsung, kamu juga bisa membuat masker dari air kelapa dengan beberapa bahan tambahan lainnya, seperti susu, kunyit dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi masalah jerawat, bisa campurkan air kelapa dan bubuk kunyit, lalu aduk hingga menjadi pasta. Lalu gunakan sebagai masker wajah dan oleskan merata, tunggu hingga masker mengering sebelum dibilas dengan air hangat. Selain dengan kunyit, kamu juga bisa menambahkan bahan lain untuk bahan masker wajah, seperti dari mentimun, susu dan lain sebagainya.

Banyak Cara Mencerahkan Kulit Wajah dengan Air Kelapa   

Ada banyak cara untuk menjaga kulit tetap sehat dan membuatnya lebih cerah, salah satunya dengan menggunakan air kelapa. Elektrolit alami yang satu ini memang punya manfaat yang cukup luar biasa untuk tubuh, karena memang kandungan nutrisinya yang tak main-main. Namun, sebaiknya jangan lupa untuk mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat. 

Dari mulai mengkonsumsi air putih dengan cukup, pola makan yang sehat, hindari stres dan cukup istirahat. Jika berkegiatan di luar rumah, pastikan untuk memakai tabir surya atau sunscreen agar terhindar dari paparan sinar UV secara langsung.