Mengenal Fitur dan Tips Sukses Berjualan Online di WhatsApp Business

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan aplikasi percakapan yang paling populer di masyarakat dan jumlah penggunanya begitu besar dan berasal dari semua kalangan. Jika melihat kenyataan ini, menggunakan WhatsApp sebagai media bisnis tentu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pada dasarnya, pengembang aplikasi ini sejak lama telah merilis WhatsApp Business yang secara khusus bisa dimanfaatkan untuk aktifitas bisnis secara profesional. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pebisnis yang ingin merintis usaha secara online. WhatsApp Business memungkinkan Anda menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan nyaman.

Aplikasi ini akan membuat komunikasi dengan pelanggan menjadi jauh lebih praktis dan cepat, bahkan dalam 24 jam penuh. Anda dan pelanggan bisa saling bertukar informasi, termasuk lokasi, sebab terdapat fitur berbagi lokasi di dalam aplikasi yang satu ini.

Semua ini akan membuat transaksi dan pengiriman barang menjadi jauh lebih mudah dan aman. Aplikasi percakapan ini memiliki sejumlah fitur unggulan yang dapat membantu dan mempermudah bisnis Anda karena telah didesain khusus untuk kepentingan bisnis.

Ada banyak fitur menarik yang disediakan aplikasi ini untuk mendukung aktivitas bisnis itu sendiri. Berikut ini adalah fitur unggulan dan tips sukes memakai aplikasi WhatsApp Business, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Fitur

a. Katalog

Fitur ini akan memungkinkan Anda bisa berbagi berbagai informasi terkait produk yang dijual maupun layanan yang disediakan di dalam bisnis, sehingga pelanggan bisa lebih mudah untuk menemukan produk/layanan yang mereka butuhkan dan akan dibeli.

b. Tautan pendek

Fitur unggulan ini akan mempermudah para pelanggan baru untuk bisa terhubung dengan Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membagikan tautan pendek yang dibuat dengan cara otomatis, di mana pelanggan dimungkinkan mengirim pesan bisnis melalui tautan tersebut.

c. Fitur perpesanan

Templet perpesanan dalam aplikasi ini juga akan membuat percakapan penting bisa berjalan dengan mudah sejak awal. Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui template ini, seperti, membuat salam/pesan otomatis yang terkirim untuk setiap pelanggan baru, membuat pesan terkait jam operasional ketika bisnis sedang offline, dan yang lainnya.

d. Label

Fitur ini akan memudahkan untuk mengelompokkan pelanggan melalui percakapan mereka, misalnya, pelanggan baru, pesanan yang masuk, dan yang lainnya.

Baca juga: WhatsApp Business, Aplikasi yang Tepat untuk Para Pebisnis

2. Tips Sukses

a. Fokus dengan satu nomor telepon

Hindari untuk menggunakan beberapa nomor telepon yang berbeda dalam mengelola bisnis. Gunakanlah satu nomor dan satu akun WhatsApp saja untuk semua urusan bisnis tersebut, agar pengelolaan bisnis online bisa lebih mudah dan simpel. Pakai nomor tersebut untuk menangnani semua urusan bisnis sekaligus.

b. Tetapkan target penjualan

Tentukan siapa saja yang akan menjadi target penjualan sejak awal. Hal ini akan mempemudah untuk tetap fokus dan bisa mencapai tujuan bisnis dengan maksimal ke depannya.

c. Kelola kontak di ponsel dengan tepat

Jangan lupa untuk mengatur kontak di ponsel dengan baik. Hal ini bertujuan untuk memilah siapa saja yang bisa terhubung dengan aplikasi WhatsApp Business tersebut.

d. Siapkan konten pemasaran yang tepat

Konten pemasaran akan menjadi salah satu cara untuk mencapai target konsumen dalam bisnis. Siapkan konten yang tepat dan berkualitas, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh calon pelanggan.

e. Kirimkan pesan promosi bisnis

Lakukan hal ini secara serentak kepada semua kontak yang ada di dalam WhatsApp. Buatlah konten yang jelas dan berisi tentang detail produk maupun hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

f. Personalisasi calon konsumen

Kelompokkan calon konsumen berdasarkan kategori yang tepat, sehingga Anda bisa menyesuaikan penawaran maupun konten yang tepat untuk masing-masing mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti, berdasarkan usia, kebutuhan, dan yang lainnya.

g. Promosi dengan konsisten dan jaga kualitas pelayanan

Tetaplah lakukan kegiatan promosi dengan konsisten, sehingga tujuan aktivitas tersebut bisa tercapai degan baik. Selain itu, selalu tingkatkan kualitas layanan dalam bisnis, agar konsumen tetap nyaman dan bisa menjadi pelanggan tetap ke depannya.

h. Manfatkan WhatsApp Business secara maksimal

Jika ingin terjun ke dunia bisnis online, tidak ada salahnya untuk menggunakan WhatsApp Business sejak awal. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang akan memungkinkan bisnis online berjalan lancar. Manfaatkan apikasi ini dengan maksimal, agar bisnis online bisa berkembang dan mendapatkan kesuksesan maksimal.