Mengenali Cara Mengatur Keuangan Berdasarkan Urutan Lahir

Mengatur keuangan memang bukanlah hal yang mudah, namun pasti bisa dipelajari. Mengatur keuangan yang tepat tentunya akan menguntungkan Anda ke depannya.

Banyak orang yang selama ini kebingungan tentang pola keuangan yang mereka miliki, apakah sudah tepat atau tidak? Mengatur keuangan ternyata dapat didasarkan dari urutan lahir seseorang.

Bahkan dalam ilmu psikologi, keputusan-keputusan yang terkait dengan finansial bisa dipengaruhi oleh urutan lahir seseorang. Dari anak pertama, tengah, bungsu, maupun tunggal, semuanya memiliki pola keuangan serta solusi yang berbeda beda.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai mengatur keuangan yang didasarkan pada urutan lahir. Seperti apa? Simak ulasan berikut ini.

1. Anak Sulung

Anak sulung seringkali dikenal dengan sosoknya yang dewasa dan bertanggung jawab. Sehingga dalam mengatur keuangannya, anak pertama akan lebih cenderung rajin serta memiliki kebiasaan berbelanja yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga banyak anak pertama yang memang lebih berhasil atau stabil dalam masalah keuangan dan karier. Namun terkadang anak sulung memiliki tujuan yang terlalu visioner akan seperti apa yang mereka perkirakan. Bahkan cenderung protektif dalam keuangan.

Misalnya saja membayar tagihan tepat pada jatuh tempo dan gaya hidup yang hemat dalam hal belanja, serta investasi. Sehingga akan lebih baik jika Anda menghadapi semuanya dengan lebih realistis saja.