Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!

Anda pasti pernah mendengar pepatah dalam Bahasa Inggris yang berbunyi, an apple a day keeps the doctor away? Ya, pepatah tersebut ternyata dibuat bukan tanpa sebab atau alasan. Seseorang yang rutin mengonsumsi apel setiap hari memang memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding dengan yang tidak.

Penyebab utamanya tak lain adalah kandungan dalam buah apel yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia untuk mencegah masuknya berbagai penyakit. Terlebih yang dikonsumsi langsung bersama kulit dari buah apel itu sendiri. Nutrisi dari buah apel yang berlimpah pasti akan membuat Anda tidak akan perlu lagi menemui dokter untuk konsultasi kesehatan. 

Buah yang cukup mudah ditemui dan digemari di Indonesia ini memang memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Namun, di balik rasanya yang lezat, buah apel menyimpan banyak kandungan serat, vitamin c, dan tentunya antioksidan yang mampu menjaga tubuh tetap sehat. Tak hanya itu, karbohidrat, vitamin K, vitamin A, dan folat, serta rendahnya kandungan lemak dan kalori membuat buah ini banyak disarankan untuk dikonsumsi  oleh pegiat gaya hidup sehat. 

Kandungan yang dimiliki oleh buah apel tentu dapat memberikan banyak khasiat untuk menyehatkan tubuh. Penasaran apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari rutin memakan buah apel? Simak beberapa manfaat penting dari mengonsumsi buah apel setiap hari berikut ini. 

Baca Juga: Selain Rasanya yang Lezat, Durian Juga Punya 4 Kandungan yang Bagus untuk Kesehatan

Manfaat Buah Apel bagi Tubuh

loader

Buah apel memang memiliki segudang kandungan untuk membuat tubuh senantiasa terhindar dari penyakit. Namun, manfaat tersebut harus bisa dijelaskan secara ilmiah agar masyarakat bisa lebih paham tentang bagaimana buah apel menjauhkan Anda dari bertemu dengan dokter. 

1. Menjaga Kesehatan Usus

Ternyata, dengan mengonsumsinya, kesehatan usus akan lebih terjaga karena kandungan seratnya yang berlimpah. Bukan hanya serat larut, buah apel juga memiliki serat tak larut yang memperlancar buang air besar. Agar bisa mendapatkan manfaat buah apel ini, disarankan untuk mengonsumsinya sekaligus dengan kulitnya. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang kedua adalah menjaga kesehatan organ vital seluruh makhluk hidup yaitu jantung. Pasalnya, buah apel dipercaya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga risiko penyakit jantung lebih kecil terjadi. Kolesterol dalam tubuh dapat dilancarkan oleh apel akibat pektin, nutrisi nabati, serta antioksidan yang dikandung oleh buah tersebut. 

3. Menurunkan Kadar Gula dalam Tubuh

Penderita diabetes juga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi buah apel. Meski memiliki rasa yang manis, indeks glikemik buah apel ternyata cukup rendah dan mengandung fitonutrien yang mampu mengontrol kadar gula darah tubuh. Zat tersebut pula lah yang mencegah terjadinya lonjakan gula darah karena merangsang sel yang ada dalam pankreas untuk mengeluarkan insulin. 

4. Memperkecil Risiko Penyakit Kanker

Manfaat selanjutnya adalah memperkecil risiko tumbuhnya sel kanker dalam tubuh, khususnya, kanker kolorektal, paru-paru, payudara, dan mulut. Alasan buah apel dapat mencegah kanker adalah karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan mampu mengurangi sakit peradangan. Namun, manfaat mencegah kanker ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kebenarannya.

5. Menjaga Otak

Tak kalah penting, buah apel juga mampu menjaga otak agar tetap sehat dan dapat bekerja optimal. Dengan kandungan flavonoid dan antioksidan kuersetin, sel otak Anda akan lebih kuat dan tidak gampang mati. Sehingga, kekuatan memori serta kesehatan otak lebih terpelihara dan risiko munculnya penyakit stroke maupun Alzheimer juga menjadi lebih kecil.

6. Menurunkan Berat Badan

Buah apel juga sering dijadikan sebagai konsumsi utama masyarakat yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Kandungan air serta serat yang melimpah dapat membantu perut lebih mudah kenyang dan menjaga pola makan. Cukup dengan mengonsumsi tiga buah apel setiap harinya, berat badan akan turun dalam kurun waktu 12 minggu saja. 

7. Mencegah Bau Mulut

Terakhir, meski tidak terlalu signifikan, kandungan pektin pada buah apel juga dapat menjaga mulut agar tidak bau dan meningkatkan produksi air liur agar mulut tetap bersih. Jadi, potensi masuknya bakteri dalam mulut untuk masuk ke tubuh menjadi lebih kecil terjadi. 

Apel Merah Atau Hijau, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi?

Setidaknya ada 7.500 lebih jenis buah apel yang ada di seluruh dunia. Namun, dari ribuan jenis buah apel tersebut dikelompokkan menjadi 2, yakni buah apel dengan kulit berwarna merah dan hijau. Dilihat dari rasanya, kedua apel tersebut memang berbeda, apel merah cenderung memiliki rasa manis, sedangkan apel hijau sedikit memiliki rasa asam di dalamnya.

Nah, yang membedakan dari kedua jenis apel tersebut ternyata bukan hanya warna dan juga rasanya. Akan tetapi, kandungan nutrisi dari jenis apel tersebut juga memiliki perbedaan yang layak untuk disimak. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui jenis apel mana yang lebih baik dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh.

Apel Merah

loader

Untuk apel yang memiliki kulit berwarna merah, kandungan beta karotennya jauh lebih tinggi ketimbang apel hijau. Perbedaan kandungan tersebut bisa mencapai 50 persen lebih banyak dimiliki oleh apel merah. Penyebabnya karena warna merah pada kulit buah apel menyimpan lebih banyak beta karoten di dalamnya. 

Beta karoten inilah yang berguna untuk menjadi antioksidan dalam tubuh. Tak hanya itu, pigmen antosianin dalam apel merah yang juga memberikan warna tersebut pada kulit apel juga diketahui mengandung antioksidan yang diperlukan tubuh. Pigmen antosianin juga mampu menurunkan radang, menjadi antivirus dalam tubuh, hingga menangkal radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kanker. 

Dengan manfaat yang amat penting tersebut, tak mengherankan jika buah apel merah sering dijadikan sebagai buah yang wajib untuk dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, bila memungkinkan, usahakan untuk menyediakan apel merah dalam kulkas di rumah.

Baca Juga: Selain Turunkan Berat Badan, Diet Buah Juga Berikan Manfaat Lain untuk Kesehatan

Apel Hijau

loader

Tidak mau kalah, apel hijau juga menyimpan segudang manfaat yang sama pentingnya dengan apel merah. Pada apel hijau, kadar kalori serta karbohidratnya lebih rendah sekitar 10 persen dibanding apel merah. Karenanya, banyak orang yang ingin diet lebih memilih untuk mengonsumsi buah apel hijau ketimbang yang merah.

Selain itu, apel hijau juga dikenal memiliki polifenol yang berguna sebagai antioksidan dalam tubuh. Dikombinasikan dengan serat dalam apel, polifenol dapat meningkatkan jumlah bakteri baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Bakteri baik yang bertambah dari mengonsumsi apel hijau ini lebih jarang dimiliki oleh penderita obesitas atau berat badan berlebih. 

Saat jumlah bakteri baik dalam usus tersebut sedikit, risiko terjadinya gangguan metabolik serta peradangan akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, buah apel hijau lebih dibutuhkan oleh pemilik berat tubuh berlebih agar kondisi kesehatan ususnya terjaga. Berat badan pun lambat laun akan turut terjaga dan mengarah ke ukuran tubuh yang ideal. 

Tips dalam Mengonsumsi Apel

Agar kandungannya dapat tercerna sempurna dalam tubuh, mengonsumsi buah apel tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jika tidak, bukan tidak mungkin nutrisi yang dimiliki oleh buah tersebut akan terbuang sia-sia sehingga tidak bermanfaat bagi tubuh. Untuk itu, ada beberapa tips yang patut diketahui saat akan mengonsumsi buah apel secara rutin setiap harinya.

  • Pilih Buah yang Segar

    Tips yang pertama adalah pemilihan buah apel yang segar dan memiliki kandungan nutrisi yang maksimal. Pastikan untuk memilih buah apel dengan warna yang terang dan tidak terlihat memiliki memar di permukaannya. Apel yang segar juga memiliki tekstur daging buah yang padat. 

  • Jaga Buah Agar Tetap Segar

    Tips selanjutnya adalah tentang penjagaan buah agar tetap segar. Kandungan dalam buah apel akan tetap terjaga selama disimpan dalam lemari es dengan suhu 2 sampai 4 derajat Celsius saja. Jadi, jangan biarkan buah apel berlama-lama di suhu ruang karena dapat merusak kandungannya.

  • Cuci Buah Sebelum Dikonsumsi

    Tips terakhir yaitu cuci bersih dulu menggunakan air dan bila perlu cairan pembersih buah. Bagian tengah serta bijinya juga sebaiknya dibuang karena mengandung sianida yang dapat berakibat fatal bagi tubuh saat dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Dengan mengikuti tips tersebut, manfaat buah apel setiap hari akan didapatkan dengan optimal dan tubuh akan menjadi jauh lebih sehat.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Petik Buah Paling Seru di Jawa Timur

Ketahui Manfaatnya dan Konsumsi Buah Apel sesuai Kebutuhan Tubuh

Sudah sejak lama dipercaya bahwa buah apel dapat menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit. Meski memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat pastinya, jangan ragu dan sungkan untuk mengonsumsi buah apel setiap hari. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan meningkat dan lebih kuat menangkal serangan penyakit.