Menguak Perjalanan Karier Sarwendah Tan yang Pernah Jadi Waitress di Negeri Orang

Sosok cantik Sarwendah Tan tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ia adalah istri dari presenter kondang dan pengusaha Ruben Onsu. Sebelumnya, Sarwendah juga dikenal sebagai mantan personel girlband bernama Cherry Belle.

Wanita yang lahir di Jambi, 29 Agustus 1989 ini telah terjun ke panggung hiburan sejak tahun 2010. Ia belakangan kian terkenal meniti kariernya sebagai penyanyi, model, aktris, pengusaha dan juga guru Bahasa Mandarin.

Juga dikenal sebagai Wenda Tan, ibu dari tiga anak ini telah merilis beragam karya musik, seperti Kamu Berhak Bahagia (2019). Dalam lagu dengan lirik yang menyentuh tersebut, ia berduet dengan putra angkatnya, Betrand. Single ini turut dibawakan dalam konser tunggal Kilau Konser Betrand Peto Putra Onsu, di MNCTV, September 2020 lalu.

Baca Juga: Menyentuh dan Menginspirasi, Begini Kisah Hidup Betrand Peto Putra Onsu

Tak Sengaja Terjun ke Industri Entertainment

View this post on Instagram

A post shared by Sarwendah29 (@sarwendah29)

Sebelum terkenal, Wenda telah lebih dulu berprofesi sebagai penerjemah dan guru bahasa Mandarin. Tak bermimpi menjadi terkenal, Wenda ketika itu mendampingi sahabatnya untuk mengikuti sebuah audisi. Tak disangka, ia malah terpilih untuk menjadi anggota girlband terkenal, Cherry Belle. 

Setelah mengikuti audisi pada Desember 2010, wanita yang merupakan putri dari Rospita Tjoa dan Hendrik Lo ini terpilih sebagai member, bersama kesembilan orang kandidat lainnya. Wenda dan mereka semua telah berhasil mengalahkan lebih dari 400 calon yang tersisihkan.

Wenda yang bersahabat dekat dengan Devi kemudian berhasil menggalang para fans fanatiknya yang disebut WendAddict. Pada medio 2012, produser terkait kemudian mempensiunkan Wenda karena faktor usianya yang sudah memasuki fase dewasa.

Berjaya di Dunia Tarik Suara

Di dunia tarik suara, Sarwendah Tan telah menelurkan beragam karya menarik, baik bersama Cherry Belle maupun di kesempatan lainnya. Bersama Cherry Belle, Sarwendah sempat merilis Love is You di tahun 2011 silam. 

Mini album tersebut berisi sejumlah hits yang dirilis di bawah naungan Catz Records. Di antaranya adalah Beautiful, I’ll Be There For You, Dilema, Best Friend Forever, dan Love is You.

Setelah hengkang dari Cherry Belle, ia terus berkarya dan mengeluarkan beragam single yang menawan. Di tahun 2013, ia merilis single Kau Bukanlah Segalanya. Suaranya yang lembut dan mendayu terdengar cocok berpadu dengan alunan musik yang riang dan upbeat.

Pada tahun berikutnya, ia berduet dengan Ruben Onsu untuk lagu Cuma Kamu (2014) yang dikemas dalam aransemen Pop yang manis. Kemudian di tahun 2015, ia kembali mengeluarkan Patah Jadi Dua dengan olah vokal yang kian mantap.

Di tahun yang sama, ia kembali menggandeng Ruben Onsu dan meluncurkan Kamu Buah Hatiku. Di tahun itu, Wenda juga merilis Kesakitanku yang bernuansa galau dan mellow.

Memasuki 2016, Sarwendah membawakan kembali lagu lawas bertajuk Antara Benci dan Rindu. Hingga di tahun 2019, ia menyapa penggemar dengan lagi Aku Kamu Kita yang diciptakan oleh Ade Govinda. Di tahun yang sama, ia berkolaborasi dengan anak angkatnya, Betrand Peto Putra Onsu dalam lagu Kamu Berhak Bahagia.

Pada Februari 2021, ia kembali merilis single Suara Hati dengan versi bahasa Mandarin, Xin Sheng. Melalui Media Onsu Perkasa (MOP) Music Channel di YouTube, Wenda mempopulerkan single tersebut ke masyarakat.

Jago berbahasa Mandarin, ia pun membawakan kembali lagu Cinta Luar Biasa dalam versi alih bahasa—Bu Ping Fan De Ai. Lagu yang dikeluarkan di akhir tahun 2020 tersebut kini mendapat sambutan hangat dari para fans dan pendukungnya.

Sibuk Wara-Wiri di Televisi

View this post on Instagram

A post shared by Sarwendah29 (@sarwendah29)

Sejak berkiprah di panggung hiburan, Sarwendah telah tampil di berbagai acara televisi. Di antaranya ialah seri televisi Chibi Chibi Burger, Lolly Love dan Cinta Cenat-Cenut di tahun 2012. 

Adapun di tahun sebelumnya, ia pernah berakting untuk sebuah FTV yang berjudul Happy 21. Sementara di tahun 2019 lalu, wanita yang multitalenta ini sempat melakoni sebuah web series bertajuk Rumah Kasih.

Ia kemudian tampil dalam acara Diary The Onsu sejak 2020 hingga kini. Selain itu ia pun membintangi acaranya sendiri, Diary Sarwendah di tahun 2020 dan Playtime di tahun yang sama.

Baca Juga: Belajar Jadi Orang Kaya Dari Ruben Onsu, Pemilik Geprek Bensu

Menjajal Panggung Layar Lebar

Andal berakting, Sarwendah juga ikut merambah seni peran dan melakoni layar lebar. Pada tahun 2012, ia bersama para personel Cherrybelle bermain dalam film Love is U yang digarap oleh Radikal Pictures dan Daydreams Entertainment.

Memasuki tahun 2013, Sarwendah hadir dalam film Nightmare Side. Film dengan genre horror ini merupakan adaptasi dari program siaran di radio Ardan (Bandung). Di setiap Kamis malam, radio tersebut kerap menyiarkan pelbagai cerita misteri dan mistis yang diambil dari para pendengar selaku narasumbernya.

Sementara di tahun 2018, Sarwendah kembali berperan sebagai tokoh bernama Novi untuk film Kembang Kantil. Film yang bergenre horror thriller tersebut diproduksi oleh Dee Company dan MD Pictures.

Bintangi Beraneka Pariwara

View this post on Instagram

A post shared by Sarwendah29 (@sarwendah29)

Dengan popularitas yang meroket, tak heran bila Sarwendah Tan sering dipercaya membintangi beragam pariwara. Di tahun 2012 contohnya, ia menjadi bintang iklan Honda Beat. Selain itu, iajuga tampil dalam iklan Thromecon Gel di tahun 2017.

Bersama sang suami, Sarwendah muncul dalam iklan HerbaPAIN (2017) dan Antaka - Arisan di tahun 2018. Sementara pada tahun 2020 lalu, Sarwendah membintangi iklan Nestle Cerelac Risenutri hingga Ruangguru.

Membangun Kerajaan Bisnisnya Sendiri

Sebagai wanita karier, Sarwendah Tan pun telah berkarya dan membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Sejumlah usaha yang telah dirintisnya antara lain ialah Snack of Sarwendah (SOS), minuman jus kesehatan herbal dengan label Sarwendah Juice, dan Resep Sarwendah.

Menyukai kuliner, Resep Sarwendah menyediakan berbagai produk panganan lezat. Selain Kulit Pangsit Crispy, Jengkol Balado dan Pakang Balado, tersedia juga Pempek Madam Rose, Tuna Petir, Ayam Jerit Balado, Rendang Mami serta menu menarik lainnya.

Selain itu, ia juga mengelola clothing line miliknya dengan brand bertajuk SW Heart. Sarwendah juga menjajakan koleksi daster pilihannya di akun Instagram @dastersarwendahasli

Untuk urusan perawatan kecantikan, Sarwendah dan bisnis manicure and pedicure yang dikelolanya dapat diintip melalui Instagram, @sarwendahsecretshine.

Pernikahan dengan Ruben Onsu

View this post on Instagram

A post shared by Sarwendah29 (@sarwendah29)

Sarwendah dan Ruben Onsu sepakat mengikat janji suci pernikahan mereka pada 22 Oktober 2013 lalu. Dari pernikahan yang digelar di Bali tersebut, Sarwendah dikaruniai dua orang putri.

Keduanya lantas diberi nama Thalia Putri Onsu dan Thania Putri Onsu. Thalia lahir pada Juni 2015 sedangkan Thania dilahirkan juga di bulan Juni 2019.

Pernah sakit-sakitan hingga alami sampai dua kali mengalami keguguran, Sarwendah bersama suami belakangan sepakat mengangkat seorang putra. Anak angkat tersebut kemudian juga diorbitkan sebagai entertainer, yakni Betrand Peto Putra Onsu.

Pernah Part Time Jadi Waitress di Negeri Orang

Kini Sarwendah telah bahagia bersuamikan Ruben Onsu yang kaya raya. Meski begitu, Sarwendah terkenal sangat giat dalam bekerja. Ia bahkan lebih memilih untuk tetap mencari uang dan menjaga kemandirian finansialnya.

Rupanya etos kerja dan mindset ini telah mengurat akar sejak dulu. Kepada media, Sarwendah berbagi kisah masa lalunya. Saat sekolah, ia telah terbiasa mengambil pekerjaan paruh waktu.

Tak tanggung-tanggung, ia bahkan pernah bekerja menjadi pelayan di sebuah restoran. Waktu itu, Sarwendah masih berusia SMP. Diakuinya, ia selalu mengambil part time dari SMP hingga masa kuliah. 

Sarwendah Tan diketahui menyelesaikan pendidikan SMP di Malaysia, SMA di Taiwan dan masa kuliah di Beijing. Selama itu pula, ia selalu membarengi dengan mengambil pekerjaan part time. Alih-alih hangout dengan teman, ia memilih untuk lebih giat mencari uang.

Baginya, mengambil pekerjaan paruh waktu terasa menyenangkan karena ia bisa menambah uang jajan. Meski mengaku tak pernah kekurangan uang saku, namun Sarwendah mengatakan menambah penghasilan sendiri bisa membuatnya lebih leluasa berwisata kuliner.

Seringkali banyak orang terkecoh dan mengira kehidupan para artis selalu senang lantaran bergelimang harta. Namun di balik kekayaan yang berlimpah, ada kerja keras tanpa malas serta berbagai hambatan yang harus dientaskan. Itulah harga dari sebuah kesuksesan.

Baca Juga: Beginilah Kisah Ruben Onsu Merintis Ayam Geprek Bensu Hingga Meraih Kesuksesan