Menyentuh dan Menginspirasi, Begini Kisah Hidup Betrand Peto Putra Onsu

Kerap menjadi sorotan, nama Betrand Peto Putra Onsu dikenal luas masyarakat sebagai putra angkat Ruben Onsu dan Sarwendah Tan. Betrand semakin digemari publik setelah tembang yang dibawakannya, Titip Rindu Buat Ayah. Lagu ciptaan Ebiet G. Ade itu terdengar sangat cocok dinyanyikan Betrand.

Mulai berkarier sejak tahun 2019, ketenaran Betrand Peto kian mencuat ketika ia berkolaborasi dengan Judika dan membawakan Jikalau Kau Cinta. Alhasil, namanya semakin populer di sejumlah negara Benua Asia. Ia kemudian berhasil meraih penghargaan Penyanyi Cilik Paling Viral dari Anugerah Dangdut Indonesia tahun lalu.

Tak hanya andal bernyanyi, pemilik nama lahir Alfonsus Toribio Tenkudi ini juga punya bakat mumpuni dalam berakting. Meski usianya baru lima belas tahun, namun tampaknya Betrand ingin mengikuti jejak ayah angkatnya sebagai presenter. Baru-baru ini, ia terus mengasah keterampilannya membawakan acara dan menjadi host dalam My Trip My Adventure (MTMA) Kids di Trans TV.

Baca Juga: 7 Selebgram Cilik Unyu-unyu Ini Sukses Bikin Netizen Kepincut. Mana Idolamu?

Pribadi yang Giat dan Rajin

Anak yang lahir pada 14 Maret 2005 ini berasal dari kawasan Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Manggarai. Ia lahir sebagai putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Maria Oktaviana dan Fredy Peto. 

Sebelum menjadi putra keluarga Onsu, Betrand yang orang tuanya sudah berpisah itu diasuh sejak bayi oleh nenek dan kakeknya. Walaupun masih bocah, namun ia sudah menunjukkan karakternya yang rajin dan giat. 

Sebelum akhirnya hijrah ke ibukota, ia selalu membantu sang nenek mengais rezeki sepulang sekolah. Caranya dengan mencari dan menangkap belut tengah malam, hingga berdagang ikan juga babi. Dari ikhtiarnya tersebut, Betrand bisa mengantongi sekitar Rp20 ribu setiap harinya.

Jalani Panjangnya Proses Adopsi

Tak dapat dipungkiri, karier Betrand Peto tak lepas dari sejarah hidupnya yang sedang dalam proses adopsi dengan keluarga Ruben Onsu. Ruben yang telah menikah dengan mantan member Cherrybelle, Sarwendah Tan ini mengadopsi Betrand di umurnya yang menginjak 13 tahun.

Namun meski saat ini Ruben telah mendapatkan hak asuh, status bocah tersebut belum bisa dikatakan anak angkat sepenuhnya. Rupanya, proses adopsi dan pengangkatan anak ini berproses cukup panjang. 

Jika usianya sudah mencapai 17 tahun nanti, ia akan terlibat dalam penentuan hak angkat bagi Ruben Onsu kepadanya. Kendati demikian, Betrand dan keluarga barunya tampak cocok, akur, kompak, dan harmonis. 

Tak hanya sering terlihat saling menyayangi satu sama lain dengan adiknya, Thalia Putri Onsu dan Thania Putri Onsu. Betrand dan keluarga barunya pun punya tingkat kepedulian yang mendalam layaknya hubungan keluarga yang sedarah. Fakta inilah yang kemudian menjadi perhatian dan menarik simpati para penggemar Betrand sekeluarga.

Berbakat dan Jadi Penyanyi Kondang

Di bawah naungan perusahaan rekaman sang ayah, MOP (Media Onsu Perkasa), Betrand mulai mengembangkan sayapnya sebagai penyanyi tanah air. Mengaku bersyukur atas hubungannya dengan Ruben Onsu, Betrand bertekad untuk lebih rajin dan giat mengembangkan talentanya.

Bermodalkan suara merdunya, Betrand sukses menyanyikan ulang sebuah karya apik dari penyanyi senior Ebiet G. Ade. Lagu Titip Rindu Buat Ayah seolah menjadi hiburan baru bagi penikmat belantika musik Indonesia. 

Sejak itu, ia terus menelurkan banyak hits dengan gayanya yang keren dan khas. Tahun 2020 ini saja, ia telah merilis sejumlah karya seperti Bulan Bintang, Jaga Perasaan, Sewu Siji (feat. Saka dan Seika) dan Malaikat Penjagaku.

Ia juga membawakan hits lainnya seperti Apa Salah dan Dosaku, dan Anak Nusantara (feat. Sarwendah Tan). Dalam lagu Happy Family, ia kembali berduet dengan Sarwendah Tan serta Thalia Putri Onsu. 

Kemudian untuk lagu Bapak, Betrand berkolaborasi dengan Saka dan Seika. Sebelumnya, ia juga telah membawakan berbagai lagu top seperti Deritaku, Sahabat Kecil, Pemenang Hidup, hingga Kamu Berhak Bahagia (featuring Sarwendah Tan).

Baca Juga: Terungkap! Ini Pekerjaan Ruben Onsu Sebelum Jadi Artis Tajir dan Bos Geprek Bensu

Raih Prestasi Bersama Keluarga

Berkat ketekunannya mengasah bakat, ia pun berhasil meraih sejumlah prestasi dan penghargaan berharga. Baik sebagai individu maupun bersama keluarga tercinta, bintang iklan Ruangguru dan Vitagen Series ini telah memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi.

Betrand berhasil mengantongi penghargaan Penyanyi Cilik Paling Viral dari Anugerah Dangdut Indonesia 2019. Kemudian ia berhasil meraih penghargaan Idola Kesayangan dari Mom And Kids Awards 2020. Tak hanya itu saja, ia juga membawa pulang penghargaan Keluarga Kesayangan dari ajang yang sama di tahun ini.

Sering Tampil Jadi Host TV

Seiring dengan berjalannya waktu, Betrand juga menapaki kariernya sebagai host di layar kaca. Selain terlibat dalam sebuah acara web bertajuk Rumah Kasih di tahun 2019 lalu, ia kini mengikuti jejak Ruben Onsu dengan menjadi presenter.

Ia tak hanya tampil membawakan My Trip My Adventure Kids yang tayang di Trans TV. Betrand juga diketahui muncul dalam Menebar Berkah ala Bensu, Diary The Onsu, Kontes Dangdut Indonesia 2020, Playtime, hingga Cerita si Ruben. 

Lebih Sejahtera dan Berkecukupan

Setelah tinggal dan hidup bersama keluarga Onsu, Betrand tentu mengalami perubahan hidup secara besar-besaran. Jika dulu harus berjuang menjalani kerasnya kehidupan, kini Betrand sebagai anak sudah mendapatkan hidup yang lebih layak.

Selain hidup berkecukupan dan sejahtera, ia pun tak perlu tidur larut karena menangkap belut di malam hari. Pola tidurnya kini sudah lebih teratur dan terjaga. Demikian juga dengan asupan gizi serta nutrisi yang ia dapatkan dari pola makan empat sehat lima sempurna.

Terlebih, kasih sayang Ruben Onsu dan Sarwendah Tan kepadanya pun tulus dan tak pilih-pilih. Bahkan baru-baru ini, orang tua asuhnya itu telah memberinya kejutan berupa seekor kuda berwarna cokelat. 

Sejak berada dalam pengasuhan Onsu, ia tak hanya dilimpahi dengan kasih sayang, perhatian, dan kepedulian. Ia juga dihujani dengan segala kebutuhan hidup yang lebih dari cukup. 

Betrand diketahui mengenyam bangku pendidikan di sekolah ternama. Terkenal elit dengan patokan biaya yang tak bisa dibilang murah, ia menempuh pendidikan di Jakarta Pusat, tepatnya SMP Perguruan Cikini (Percik).

Saking sayang pada anak asuhnya, Ruben Onsu juga kerap mengantarkannya pulang pergi ke sekolah sebelum pandemic terjadi. Tak jarang, Betrand diantarkan driver pribadi dengan mobilnya.

Berbagi Berkat dengan Sesama

Seperti kisah hidup dan perjalanan karier Betrand Peto, hidup memberikan takdir yang berbeda kepada setiap orang. Namun setiap orang bisa memaksimalkan apa yang ia miliki saat ini dengan sebaik-baiknya. Karena pada akhirnya, kita tak akan tahu pintu keberuntungan mana yang akan terbuka dan memberi jalan. 

Demikian juga dengan kemurahan hati Ruben Onsu dan Sarwendah Tan yang menyentuh dan menginspirasi. Dengan rezeki berlimpah yang telah dititipkan, seseorang dapat melanjutkan berkat tersebut dan menjadi terang dalam kehidupan orang lain yang kurang beruntung.

Baca Juga: Umur Belum 10 Tahun, Influencer Cilik ini Kekayaannya Miliaran!