Menjadi Sales Engineer: Pengertian dan Peluang Kerjanya

Dalam dunia bisnis, proses menjual dan membeli merupakan aktivitas utama atau esensi dari bisnis itu sendiri. Untuk menjalankan bisnisnya seorang penjual harus mencari pembeli dan meyakinkannya agar pembeli membeli produknya dan mendapatkan keuntungan.

Dari sisi pembeli yang mempunyai kebutuhan tertentu pasti akan mencari produk yang sesuai dengan keinginannya. Tidak jarang banyak sekali penjual yang menawarkan produk yang tidak jauh berbeda dan membuat pembeli punya banyak pilihan produk yang mirip.

Tugas seorang sales atau tim marketing adalah memastikan produk yang dipasarkan terjual dengan baik sembari bersaing dengan kompetitor yang menawarkan produk di sektor yang sama. Untuk menjalankan tugasnya seorang sales harus meyakinkan calon pembeli bahwa produk yang ditawarkan lebih baik dari produk kompetitor dengan memberikan deskripsi dan promosi yang sesuai.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sama seperti memasarkan produk lain, seorang sales engineer harus mengenali sepenuhnya mulai spesifikasi, fungsi, cara menggunakan, hingga hal hal yang berhubungan dengan teknis bagaimana produk tersebut bekerja. Tentunya di bidang ini kamu akan banyak sekali menemui istilah istilah teknis yang biasa digunakan para tech-savvy.

Bidang pekerjaan ini bisa memberikanmu benefit yang cukup menjanjikan jika performa penjualan tinggi, selain itu kamu juga harus rela untuk bekerja lebih keras bahkan sampai diluar jam kerja untuk menggaet klien yang potensial. Bagaimana? Sudah mulai tertarik? Mari kita bahas lebih lengkap.

Definisi Sales Engineer

loader

Sales Engineer adalah bidang profesi yang berfokus pada aktivitas penjualan pada produk yang bersifat teknik. Dasarnya sales engineer juga termasuk tim sales tapi yang lebih pada segi teknis. Perbedaan lainnya adalah biasanya sales engineer menjual produknya tidak langsung pada pelanggan perorangan tapi lebih ke perusahaan.

Seorang sales pada umumnya memang harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik tapi khusus untuk bidang ini selain dengan komunikasi yang baik kamu harus punya pengetahuan yang luas dan dalam pada bidang teknologi dan teknis.

Hal ini dikarenakan orang atau perwakilan yang akan kamu temui adalah orang yang secara langsung bertanggung jawab pada bidang teknis jadi kamu harus menyampaikan informasi yang benar dan menjawab kebutuhan calon user.

Tugas Sales Engineer

  • Menyiapkan dan berpresentasi pada calon pelanggan tentang spesifikasi, detail, dan keunggulan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
  • Berdiskusi dengan pelanggan dan tim teknis untuk menentukan jenis atau spesifikasi produk yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan klien.
  • Bekerja bersama tim penjualan yang lain untuk aktivitas pemasaran.
  • Bertanggung jawab atas proses pembuatan pesanan dan mengatur pengiriman atau pemasangan produk.
  • Mengatasi kebutuhan khusus atau kendala yang dialami klien dengan bantuan tim teknis.
  • Memberikan informasi pada klien tentang perubahan yang terjadi pada produk setelah update tertentu atau perubahan biaya layanan.
  • Menganalisa kebutuhan klien atau melakukan riset  permintaan pasar untuk pengembangan produk yang baru. 
  • Terlibat dalam kegiatan pemasaran untuk mendapatkan calon klien baru.

Baca Juga:  8 Prospek Kerja Lulusan Arsitektur yang Bisa Dicoba

Persyaratan dan Peluang Kerja Sales Engineer

loader

Umumnya untuk posisi sales engineer diminta untuk mengetahui segala hal tentang teknik jadi biasanya yang dicari adalah lulusan jurusan teknik, tapi tidak menutup kemungkinan untuk jurusan lain tetap bisa mendaftar dengan pengetahuan dan pengalaman kerja yang relevan, 

Selanjutnya adalah kemampuan berkomunikasi yang baik adalah syarat wajib bagi posisi sales, ditambah dengan kemampuan untuk memahami tentang detail dari produk yang akan dijual. Pekerjaan ini juga bisa jadi penuh tekanan jadi kamu harus bisa bekerja dengan target penjualan tertentu dan memenuhi deadline yang telah ditetapkan.

Biasanya area kerja sales engineer yang umum adalah di area yang memiliki banyak industri besar atau pabrik karena banyak sekali peralatan yang dibutuhkan untuk proses produksi, atau kota besar dimana banyak perusahaan atau kantor yang membutuhkan sistem untuk keberlangsungan operasional.

Baca Juga: Youtuber Pemula, Begini 7 Tips Buat Video Biar Banyak yang Tonton

Penghasilan Menggiurkan sesuai Level Kesulitannya

Menjadi seorang sales engineer memang pekerjaan yang menantang dan menuntut kemampuan ekstra untuk menguasai bidang teknis tertentu, kamu akan dituntut untuk selalu belajar demi memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang cepat bersamaan dengan teknologi yang semakin maju.

Selain itu kamu akan sering bepergian ke banyak tempat baru dimana tempat klien kamu berada dan menemui banyak orang baru yang tentunya akan memberikan pengalaman dan relasi yang sangat berharga untuk kemajuan karirmu kedepannya. 

Jangan lupa, pendapatan sebagai sales engineer sangat menggiurkan karena skala yang ditangani juga cukup besar. Jadi tetap semangat untuk terus berusaha mencapai posisi yang kamu inginkan.

Baca Juga: Ingin Sukses di Bidang Advertising? Kuasai 5 Soft Skill Penting Berikut