Meredakan Pegal Linu dengan Lakukan 5 Cara ini

Otot yang kaku dan tegang pada tubuh akan membuat pergerakan anggota tubuh menjadi tidak nyaman. Anda bisa saja merasakan nyeri pada beberapa bagian atau bahkan seluruh bagian tubuh sekaligus, sehingga menimbulkan pegal linu.

Pegal linu bisa terjadi pada semua usia, mulai dari anak, remaja hingga orangtua sekalipun. Namun kondisi ini biasanya akan lebih sering ditemukan pada mereka yang sudah berusia lanjut. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan pegal linu pada area tubuh, seperti: posisi duduk yang tidak tepat selama kurun waktu yang panjang, olahraga yang terlalu lama, posisi tidur yang salah, mengalami stres, banyak beraktivitas dan yang lainnya. Selain itu, beberapa masalah kesehatan juga bisa memberikan dampak pegal linu ini pada tubuh, antara lain: flu, fibromyalgia, rematik, dan yang lainnya. 

Namun, tak perlu khawatir dengan pegal linu ini karena bisa reda atau hilang dengan melakukan beberapa langkah mudah berikut ini, yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Minum Obat Pereda Rasa Nyeri

loader
Minum obat pereda rasa nyeri 

Kebanyakan orang akan mengambil langkah yang satu ini untuk meredakan pegal linu yang mengganggu di tubuh. Obat pereda rasa nyeri akan bekerja dengan cepat dan mengatasi pegal linu dalam waktu yang terbilang singkat. 

Cara ini sangat praktis dan cocok untuk Anda yang membutuhkan penanganan dalam waktu yang cepat. Selain itu, obat pereda rasa nyeri ini juga terbilang murah dan begitu mudah didapatkan di pasaran, bahkan tanpa resep dokter sekalipun. 

Ada banyak obat pereda rasa nyeri yang bisa dijadikan sebagai pilihan, antara lain: aspirin, paracetamol, naproxen, ibuprofen dan yang lainnya. Pada umumnya obat ini akan bekerja untuk mengurangi rasa sakit pada bagian otot atau sendi yang terasa tegang dan nyeri. Namun sebagaimana obat pada umumnya, hindari mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri ini untuk jangka waktu yang panjang atau secara berlebihan. 

Jika pegal linu dirasa sudah berlebihan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat mulai dari obat hingga anjuran asupan yang harus dikonsumsi.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan yang Berbahaya bagi Penderita Asam Urat

2. Mengompres atau Berendam di Air Hangat

Pegal linu juga bisa diatasi dengan menggunakan kompres air hangat. Cukup letakkan kompres tersebut pada area otot yang tegang dan cobalah untuk rileks dan lakukan selama 20 menit.

Air hangat ini akan membuat area otot menjadi lebih nyaman dan sekaligus melancarkan peredaran darah di sekitarnya, sehingga rasa nyeri akan berkurang. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman setelahnya. 

Selain menggunakan kompres hangat, juga bisa berendam dengan air hangat selama beberapa saat. Hal ini akan membuat seluruh otot tubuh menjadi lebih rileks dan peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga pegal linu berangsur hilang.

3. Melakukan Relaksasi

loader
Melakukan relaksasi

Pegal linu juga bisa disebabkan oleh stres, di mana Anda sedikit tertekan dan menjadi kurang rileks selama menjalankan rutinitas. Kondisi ini pada umumnya ditandai dengan ketegangan di beberapa area tubuh, seperti leher dan juga bagian punggung. 

Anda bisa mengatasi rasa tidak nyaman ini dengan melakukan relaksasi ringan. Cobalah untuk duduk dengan senyaman mungkin, kendorkan semua otot tubuh Anda dan mulai atur pernapasan Anda dengan baik. 

Tarik nafas yang panjang melalui hidung dan keluarkan secara perlahan melalui mulut. Lakukan hal ini selama beberapa menit, hingga akhirnya otot kembali lentur. 

Baca Juga: Inilah Segudang Manfaat Jamu yang Perlu Anda Ketahui

4. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk melakukan segala kegiatan dengan nyaman, tubuh Anda akan membutuhkan asupan air yang cukup sepanjang hari. Jangan abaikan hal ini, sebab kekurangan cairan di dalam tubuh bisa membuat Anda tidak bertenaga dan merasa pegal pada beberapa area tubuh. 

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, sehingga kebutuhan air di tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, lengkapi juga kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik sepanjang waktu.

5. Lakukan Pijatan Ringan atau Terapi

loader
Lakukan pijatan ringan atau terapi

Ketegangan di area otot juga bisa diatasi dengan melakukan pijatan ringan. Pijatan seperti ini akan membuat otot yang kaku menjadi lentur kembali, sehingga rasa nyeri hilang dengan perlahan. 

Anda bisa memijat bagian telapak kaki, tangan, atau bahkan pundak dengan menggunakan minyak esensial. Hal ini akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa melakukan terapi dengan bantuan ahli pijat yang profesional, agar tubuh Anda bisa dipijat dengan menyeluruh.

Pilih Cara yang Tepat dan Mudah Dilakukan

Pegal linu bisa terjadi pada siapa saja dan datang kapan saja. Jika pegal linu menghampiri, jangan panik. Ini hanya akan membuat otot tubuh menjadi lebih tegang dan sakit. Berusahalah untuk tetap rileks dan pilih cara yang tepat untuk mengatasi pegal linu dengan mudah, agar bisa beraktifitas dengan nyaman dan tenang.

Baca Juga: Kaki Pegal-Pegal? Ini Cara Mengatasinya